7 Hal yang di Bahas Saat Money Dates

Keuangan352 Dilihat

Setiap pasangan pasti memiliki caranya masing-masing untuk menikmati kebersamaan, misalnya seperti movie dates, cafe dates, breakfast dates dan lain sebagainya. Tapi apa ada yang pernah mendengar tentang money dates?

Singkatnya, money dates adalah sebuah jadwal perbincangan rutin antara kita dan pasangan tentang uang.

Ini adalah sebuah kesempataan untuk membicarakan keuangan sehari-hari. Seperti mempersiapkan rencana-rencana keuangan jangka pendek ataupun jangka panjang, namun dengan cara yang lebih nyaman dan dimengerti. Bukan asal bicara.

Bagi pasangan yang masih kesulitan atau belum terbiasa membicarakan keuangan dengan pasangan, coba deh memasukan money dates sebagai salah satu agenda dating!

Nah kali ini kita akan membahasnya lebih dalam. Mulai dari manfaat money dates, bagaimana cara merencanakannya dan apa saja yang di bahas saat money dates bersama pasangan.

Maka dari itu, jangan sampai melewatkan setiap poin-poin pentingnya ya. Yuk teruskan membaca artikel ini sampai selesai!

Apa Manfaat Dari Money Dates?

apa manfaat money dates
gambar : unsplash.com/ Yianni Mathioudakis

Memang, money dates mungkin bukanlah seperti kencan romantis di sore hari. Tapi money dates sama-sama penting untuk menjaga kesehatan hubungan antara pasangan.

Kok bisa? Memang apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dengan money dates?

Belajar Mengkomunikasikan Tentang Keuangan

Pertama, memiliki money dates secara teratur sebenarnya akan sangat membantu kita untuk memiliki kebiasaan membicarakan tentang keuangan lebih sering lagi. Dan seperti hal lainnya, semakin sering kita berlatih, maka semakin baik hal yang kita dapatkan.

Mengingat pada umumnya masalah keuangan dianggap topik yang penuh dengan tekanan dan berbelit-belit dan seringkali kita hindari, baik itu dengan diri sendiri ataupun dengan pasangan. Mengapa demikian?

Biasanya, kebanyakan pasangan tidak membicarakan masalah keuangan sampai masalah benar-benar muncul. Mulai dari salah satu pasangan overbudget, telat bayar tagihan ataupun banyak melakukan pengeluaran di luar perencanaan.

Jika demikian, kita memang membicarakan tentang uang ketika hal tersebut menjadi berita buruk ataupun sedang bertengkar dengan pasangan. Sebenarnya ini melatih otak kita untuk percaya kalau uang itu adalah sumber konflik, dan setiap membicarakan tentang uang artinya ada pertengkaran.

Nah dengan money dates, justru kita berlatih membicarakan keuangan secara proaktif sehingga memungkinkan kita untuk meminimalisir konflik.

Baca juga, 9 Tips Membicarakan Keuangan Bersama Pasangan

Membuat Kita Lebih Bisa Beradaptasi dengan Perubahan

Bahkan jika Anda dan pasangan memang sudah terbiasa membicarakan tentang uang, money dates yang teratur akan membuat kita bisa beradaptasi dengan perubahan.

Katakanlah Anda dan pasangan merencanakan untuk memiliki tabungan pernikahan. Beberapa tahun kemudian mungkin ada yang berubah dari kehidupan Anda. Misalnya penghasilan Anda meningkat, ataupun Anda punya cara yang berbeda untuk menghabiskan waktu luang.

Hal ini mungkin akan mempengaruhi keuangan Anda dan pasangan sehingga perlu di update kembali. Money dates yang teratur membantu kita agar tetap sesuai dengan perkembangan hidup kita.

Memastikan Semua Orang Memiliki “Tempat Duduknya”

Money dates memastikan setiap orang mendapatkan “tempat duduknya” di meja yang sama.

Dalam banyak hubungan, dimana pasangan memiliki keuangan bersama ada satu orang yang bertugas mengelola keuangan keluarga. Dan kemungkinan satu orangnya lagi menghasilkan uang lebih banyak dari yang lain.

Kedua hal ini bisa menyebabkan salah seorang diantara pasangan merasa tidak memiliki kedudukan yang setara. Money dates, bisa membantu kita menghindari hal tersebut!

Meski memiliki perbedaan income, Anda dan pasangan adalah satu tim. Sehingga masing-masing memiliki hal untuk bersuara dalam pengambilan keputusan keuangan. Hal ini terjadi akibat seringnya kita mengkomunikasikan soal keuangan.

Cara Merencanakan Money Dates

Money dates tidak akan terlaksana jika kita tidak benar-benar melakukan persiapan yang baik. Untuk itu, coba ikuti tips di bawah ini!

1. Rencanakan Money Dates Sejak Awal

Pertama, pastikan Anda merencanakan money dates sejak awal. Jangan mendadak!

Misalnya money dates akan di lakukan pada weekend di minggu pertama bulan depan.

Sekarang, Anda bisa mengambil kalender dan menandai tanggal tersebut. Jangan lupa komunikasikan hal ini dengan pasangan agar bisa sama-sama bersiap.

2. Buat Money Date Seperti Halnya Sebuah Date

Salah satu sebab kita begitu menghindari pembicaraan tentang uang adalah karena kita memiliki ingatan yang buruk tentangnya.

Mungkin kita terbiasa membicarakan uang saat bertengkar sehingga mengasosiasikannya dengan pertengkaran. Atau kita terbiasa membicarakan keuangan hanya saat ada masalah, sehingga hanya mengasosiasikannya dengan sebuah tekanan.

Mari kita ubah itu dengan money dates!

Jadikan pembicaraan tentang uang sebagai waktu yang bisa di nikmati bersama.

Nyalakan musik favorit, makanlah makanan favorit Anda dan pasangan. Bahkan jika ada resto atau cafe favorit, aturlah keuangan keluarga disana.

Intinya, jadikan ini sebagai pengalaman yang menyenangkan sehingga Anda maupun pasangan tidak merasa takut saat membicarakan keuangan.

3. Siapkan Topik dan Catatan

Terakhir dan tidak kalah penting, yakni siapkan apa saja yang akan di bahas dan juga laptop, tablet atau buku beserta pulpen. Dengan begitu Anda akan lebih mudah mencatat hal-hal penting saat money dates.

Mengenai topiknya, akan di jelaskan lebih lengkap pada poin selanjutnya ya.

List Pembahasan Saat Money Dates Bersama Pasangan

Hal yang di Bahas Saat Money Dates
gambar : unsplash.com/ matt mariannelli

Apa saja yang bisa di bicarakan ketika money dates?

1. Bicarakan Hal-hal yang Terjadi Setelah Money Dates Terakhir

Pertama-tama, ada baiknya mereview hal-hal yang terjadi setelah money dates terakhir. Anda bisa memulainya dengan mengecek anggaran bulan lalu dan seberapa disiplinnya kita dalam mematuhi budgeting tersebut.

Apakah ada hal-hal yang terjadi sehingga pengeluaran melebihi ataupun diluar anggaran?

Jika Anda dan pasangan belum memiliki anggaran bulanan, pastikan Anda mencari tahu apa saja hal yang mungkin akan menyulitkan. Lalu pikirkan pula apa yang bisa di lakukan untuk memastikan kita bisa disiplin pada anggaran bulan depan.

Baca juga :

2. Bicarakan Tentang Impian-impian Keuangan Keluarga

Yang kedua, bicarakanlah tentang impian-impian keuangan keluarga. Data semua impian yang ingin di capai, baik itu secara jangka pendek maupun jangka panjang.

Misalnya saja seperti memiliki dana darurat yang cukup, dana persiapan memiliki anak dan lahiran, menyiapkan dana pendidikan anak, membeli rumah, menyiapkan dana pensiun dan lain sebagainya. Kemudian, buatlah prioritas dari impian-impian tersebut.

3. Cek Progres Tujuan Keuangan dan Pembayaran Hutang

Jika Anda sudah punya impian keuangan keluarga, pada money dates ini Anda dan pasangan perlu cek progresnya.

Sudah berapa persen? Apakah masih sesuai dengan rencana ataukah ada hambatan? Andai ada hambatan, apa yang bisa dan sebaiknya di lakukan?

Lakukan hal yang sama pada progres pembayaran hutang jika Anda dan pasangan memilikinya.

4. Diskusikan Tentang Kontribusi Income

Selanjutnya, Anda wajib mendiskusikan tentang kontribusi income. Baik bagi pasangan yang memiliki double income dimana suami dan istri sama-sama berpenghasilan ataupun hanya salah satu saja.

Bagi yang memiliki double income, Anda dan pasangan bisa membicarakan dari mana saja sumber pemasukan keluarga.

Ada pasangan yang bersepakat untuk menyatukan penghasilan untuk memenuhi semua kebutuhan keluarga. Ada juga yang sepakat menempatkan penghasilan suami sebagai sumber utama untuk memenuhi kebutuhan rutin, sementara penghasilan istri untuk liburan atau pos lainnya.

Tidak ada yang salah dan benar dengan variasi pengaturan keuangan keluarga tersebut. Yang ada hanyalah cocok atau tidak di terapkan dalam keluarga kita.

Maka dari itu sebaiknya bicarakan hal ini dengan pasangan pada saat money dates. Jika ada hal yang terasa mengganjal atau tidak sreg, bisa di jadikan bahan diskusi atau PR untuk di pikirkan kembali.

Selain itu, Anda juga bisa membicarakan perubahan-perubahan yang terjadi. Misalnya gaji naik dan akan di alokasikan untuk apa, salah satu dari Anda sedang merasa sangat kelelahan sehingga butuh mundur dulu dan menurunkan kontribusinya dalam keuangan, atau hal lainnya.

Baca juga, 4 Cara Atur Keuangan Keluarga Ala Prita Ghozie

5. Atur Bugdet dan Cara Memberikan Uang Saku Anak

Uang saku anak biasanya menjadi salah satu topik money dates khususnya bagi mereka yang sudah memiliki anak. Karena budget maupun metode pemberian uang saku anak bisa jadi perlu di ubah mengingat perkembangan usianya yang semakin matang.

Misalnya saja saat anak masih balita, uang jajan mungkin masih di pegang 100% oleh orang tua. Kemudian saat dia sudah mulai mengerti konsep uang, kita perlu memberikan uang saku dengan bijak.

Baca juga, Cara Mengajari Anak Mengelola Keuangan Secara Mudah

6. Rencanakan Liburan Keluarga

Liburan keluarga adalah salah satu perekat hubungan dan juga sebagai salah satu cara melepas penat agar lebih produktif menjalani hari-hari mendatang,

Walaupun begitu jangan sampai, karena liburan justru keuangan keluarga menjadi tidak sehat. Sehingga liburan keluarga mesti direncanakan dengan baik.

Tentukan bagaimana cara Anda berlibur bersama keluarga. Mau menentukan tempatnya terlebih dahulu ataukah kesanggupan menabung terlebih dahulu, tidak masalah. Yang penting pada saat liburan, Anda dan pasangan bisa berlibur dengan maksimal tanpa khawatir soal keuangan.

7. Akhiri Money Dates dengan Sebuah Catatan Bahagia

Seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya, buatlah money dates menjadi asosiasi positif tentang uang. Oleh karena itu, Anda dan pasangan wajib mengakhiri money dates dengan sebuah catatan bahagia.

Misalnya dengan merayakan pencapaian finansial Anda bersama pasangan atau menanyakan hal apa yang membuat kita bersemangat menjalani bulan depan. Hal-hal seperti ini akan membuat money dates berakhir dengan mood yang positif.

Kesimpulan

Diantara beberapa topik money dates di atas, adakah yang pernah Anda bahas bersama pasangan?

Oh ya, dalam money dates, jangan lupa untuk menyiapkan diri jika seandainya ada pembahasan tentang keuangan yang cukup berat. Karena tentu kita tidak bisa menghindari hal ini. Namun tetap usahakan membicarakan hal tersebut dengan jelas dan empati untuk menghindari salah paham.

Namun dengan money dates, kita sebenarnya sedang berupaya membuat asosiasi baru yang lebih positif tentang uang di dalam diri kita. Semoga dengan money dates yang teratur kita dan pasangan bisa meningkatkan kualitas hubungan dan keuangan lebih sehat lagi kedepannya.

Selamat merencanakan money dats Anda bersama pasangan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *