Cara Retur Barang di Lazada, Panduan Lengkap dan Syarat Pengembalian

FOLDERBISNIS.COM – Berikut ini adalah penjelasan terkait Cara Retur Barang di Lazada dan ini adalah Panduan Lengkap dan Syarat Pengembalian yang wajib kamu pahami.

Belanja online atau belanja daring telah menjadi mode yang semakin populer di era digital seperti sekarang ini. Salah satu platform belanja online terkemuka di Indonesia adalah Lazada.

Namun, kadang-kadang barang yang kita pesan tidak sesuai dengan harapan atau bahkan mengalami kerusakan saat tiba di tangan kita.

Untungnya, Lazada memiliki prosedur pengembalian yang mudah untuk membantu kita mengatasi masalah tersebut.

Dalam artikel ini, kami akan membahas dengan detail cara retur barang di Lazada serta syarat-syarat yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga : Cara Bayar Lazada Lewat BRImo Mudah 2023

Cara Retur Barang di Lazada Barang di Lazada

Jika Anda perlu mengembalikan barang yang Anda beli di Lazada, berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti:

Pilih akun dan lihat pesanan yang tertera: Langkah pertama adalah masuk ke akun Lazada Anda dan pilih “Akun.” Kemudian, tekan “Lihat Semua Pesanan” pada bagian “Pesanan Saya.”

Pilih produk yang ingin dikembalikan: Selanjutnya, pilih produk yang ingin Anda kembalikan. Pastikan status pesanan tersebut adalah “Telah Diterima.”

Pilih menu pengembalian: Klik “Pengembalian Saya.”

Isi formulir pengembalian: Isikan semua detail yang dibutuhkan pada Formulir Pengembalian yang akan dikirimkan kepada penjual.

Pilih alasan pengembalian: Pilih alasan pengembalian barang sesuai dengan permasalahan Anda. Lazada menyediakan berbagai opsi alasan pengembalian.

Pilih detail alasan: Selanjutnya, pilih detail alasan yang paling sesuai atau mendekati dengan masalah barang yang ingin Anda kembalikan.

Pilih metode pengembalian dana: Di sini, Anda dapat memilih metode pengembalian dana yang diinginkan. Lazada menyediakan beberapa opsi metode pengembalian.

Konfirmasi penerimaan barang: Konfirmasikan penerimaan barang kepada penjual. Setelah itu, tekan “Kirim” dan tunggu respons dari penjual hingga batas waktu maksimal yang diinformasikan pada halaman detail pengembalian.

Selesai: Anda juga memiliki opsi untuk mengubah atau membatalkan formulir pengembalian, melacak pengembalian, dan melihat riwayat percakapan melalui halaman detail pengembalian produk Anda yang bisa ditemukan pada bagian “Retur dan Pembatalan.”

Baca Juga : 5 Cara Mudah Mengatasi Lazada Paylater Tidak Muncul

Retur Barang COD di Lazada

Bagaimana jika Anda melakukan pembelian dengan metode Cash On Delivery (COD)?

Proses pengembalian barang di Lazada dengan metode COD hampir sama dengan langkah-langkah di atas.

Anda perlu memastikan bahwa barang telah diterima, kemudian mengajukan pengembalian produk dan mengisi formulir pengembalian barang Lazada.

Setelah itu, Anda dapat mengikuti langkah-langkah selanjutnya seperti yang telah dijelaskan.

Baca Juga : Cara Jualan di Lazada Tanpa Stok Barang

Syarat-syarat Retur Barang di Lazada

Lazada memiliki beberapa syarat dan kebijakan terkait pengembalian barang, di antaranya:

Pengembalian barang dapat dilakukan ke gudang Lazada atau pengembalian langsung ke penjual (seller), selama masih dalam waktu jaminan pengembalian barang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Perhitungan waktu garansi pengembalian bervariasi tergantung pada jenis produk yang Anda beli, mulai dari 7 hingga 15 hari.

Pastikan status pesanan “Telah Diterima”: Untuk bisa mengembalikan barang, pastikan status pesanan Anda adalah “Telah Diterima.”

Jaminan pengembalian barang Lazada dapat dilihat pada halaman produk yang dibeli: Perhatikan informasi jaminan pengembalian yang tercantum pada halaman produk saat Anda melakukan pembelian.

Memiliki berkas-berkas seperti bukti pembelian. Anda perlu menyimpan bukti pembelian seperti nomor pesanan dan faktur pembelian.

Jika pembayaran dilakukan melalui Bank Transfer, Klik BCA, COD, atau di konter Alfamart/Indomart, Anda juga perlu mengisi rincian bank pada saat mengisi Formulir Pengembalian Barang.

Alasan pengembalian harus bersifat sah dan persyaratan persetujuan pengembalian barang terpenuhi. Pastikan bahwa alasan pengembalian Anda sesuai dengan persyaratan Lazada.

Kirimkan barang yang ingin dikembalikan ke alamat yang tercantum di formulir pengembalian barang. Pastikan barang yang Anda kembalikan dikirimkan ke alamat yang sudah ditentukan pada formulir pengembalian.

Buka kunci atau hapus kata sandi jika produk berupa gawai atau perangkat yang dilengkapi dengan kata sandi.

Jika produk yang akan Anda kembalikan memiliki kata sandi, pastikan untuk membuka kunci atau menghapus kata sandi tersebut sebelum mengirimkannya ke gudang Lazada.

Biaya pengiriman. Jika Anda mengirimkan produk melalui jasa pengiriman yang berbeda dengan yang dipilih pada saat mengisi Formulir Pengembalian Barang, biaya pengiriman tidak dapat dikembalikan.

Baca Juga : Cara Pinjam Uang di Lazada Tanpa PayLater Terbaru 2023, LANGSUNG CAIR!

Biaya Retur Barang di Lazada

Mengenai biaya pengembalian barang di Lazada, Lazada menyediakan dua metode pengiriman, yaitu “pick up” dan “drop off.” Jika Anda memilih metode “drop off,” Anda dapat mengembalikan barang secara gratis.

Menurut informasi di situs Lazada, “drop off” merupakan layanan pengantaran produk yang ingin Anda kembalikan melalui kantor/gerai/cabang JNE atau J&T, dan tidak dikenakan biaya tambahan.

Tentunya, terdapat ketentuan berat maksimum untuk pengembalian gratis dengan metode “drop off,” seperti yang tercantum di situs Lazada. Pastikan untuk mematuhi ketentuan tersebut agar proses pengembalian berjalan lancar.

Baca Juga : Tabel KUR BRI 100 Juta, Syarat dan Cara Pinjam

Kebijakan Membatalkan Pesanan di Lazada

Selain pengembalian barang, Lazada juga memiliki kebijakan terkait pembatalan pesanan. Beberapa poin penting terkait pembatalan pesanan di Lazada adalah:

Pembatalan pesanan, yaitu maksimal satu jam setelah pesanan kamu buat.

Pembatalan tidak bisa dilakukan jika:

  • Produk yang dipesan merupakan Koleksi Taobao.
  • Pesanan telah diproses di gudang.
  • Pesanan telah diproses oleh pemasok (supplier).
  • Pesanan sudah berada dalam proses pengiriman.
  • Nilai total pesanan setelah pembatalan: Nilai total pesanan setelah satu atau beberapa item dibatalkan harus memenuhi ketentuan penggunaan diskon, voucher, atau promosi lainnya.

Diskon, voucher, atau promosi: Diskon, voucher, atau promosi yang digunakan pada pesanan yang dibatalkan tidak dapat digunakan kembali.

Pembayaran dan waktu pengembalian: Waktu pengembalian dana tergantung pada metode pembayaran yang Anda gunakan. Pembayaran dengan bank transfer memerlukan waktu 3-7 hari kerja setelah diproses oleh Lazada. Sedangkan, pembayaran dengan kartu kredit, KlikPay, atau metode pembayaran lainnya akan dikembalikan dalam waktu 7-14 hari kerja.

Pesanan yang telah dibatalkan: Pesanan yang telah dibatalkan tidak dapat diaktifkan kembali.

Perubahan harga: Harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, sehingga harga yang berlaku adalah harga yang tertera saat pemesanan baru dilaksanakan.

Baca Juga : 10 Peluang Usaha Modal Kecil Bagi Pemula, Pengajuan Modal Bisa Daftar Melalui KUR BRI 2023

Penutup

Dengan memahami prosedur pengembalian barang dan kebijakan pembatalan pesanan di Lazada, Anda dapat berbelanja dengan lebih percaya diri dan yakin bahwa Anda memiliki opsi untuk mengatasi masalah jika diperlukan.

Pastikan untuk selalu memeriksa ketentuan terbaru yang ada di situs Lazada untuk informasi yang lebih akurat.

Tinggalkan komentar