Pinjaman Syariah Tanpa Riba, Dijamin Aman!

FOLDERBISNIS.COM – Berikut ini adalah daftar pinjaman syariah tanpa riba yang dijamin keamanannya dan sudah terpercaya yang bisa menjadi solusi keuangan anda.

Pernahkah Anda mendengar mengenai pinjaman syariah online? Dalam era modern ini, pinjaman online atau yang sering dikenal dengan sebutan pinjol sudah menjadi hal yang umum.

Namun, ada jenis pinjaman khusus yang menerapkan prinsip syariat Islam dalam sistem transaksinya, sehingga tidak menerapkan bunga yang dianggap riba. Inilah yang disebut dengan pinjaman syariah.

Baca Juga : Tabel Angsuran KUR BRI Juni 2023, Pinjaman BRI Bunga 0,5 Persen

Mengenal Pinjaman Syariah Tanpa Riba

Pinjaman syariah adalah bentuk kredit yang disediakan oleh lembaga keuangan dengan prinsip-prinsip syariah Islam sebagai pedoman utama.

Salah satu perbedaannya dengan pinjaman konvensional adalah tidak adanya sistem bunga, yang dianggap sebagai riba dalam Islam.

Prinsip utama dari pinjaman syariah adalah keadilan dan ketidakberpihakan, di mana risiko dan keuntungan dibagi secara adil antara pemberi pinjaman dan peminjam.

Selain itu, dalam pinjaman syariah, denda yang diterapkan pada keterlambatan pembayaran tidak dimaksudkan untuk menghasilkan keuntungan bagi pemberi pinjaman.

Sebaliknya, denda tersebut akan disumbangkan untuk tujuan sosial, sehingga menjadikan sistem ini lebih berpihak kepada masyarakat.

Pinjaman syariah dapat menjadi alternatif yang menarik bagi mereka yang ingin meminjam dana tanpa riba.

Di Indonesia, ada beberapa lembaga keuangan yang menyediakan pinjaman syariah, dan berikut adalah daftar 9 pinjaman syariah online resmi pada tahun 2023 yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca Juga : Tabel Angsuran KUR BRI 2023 dan Plafond Besar Pinjaman, Cek Cicilan Rp 50 Juta dan Rp 100 Juta

Daftar 9 Pinjaman Syariah Online Tanpa Riba Resmi di Indonesia 2023

Alami Sharia

Alami Sharia merupakan salah satu platform peer-to-peer (P2P) syariah yang resmi terdaftar di OJK. Lembaga ini memberikan pinjaman syariah kepada UMKM yang telah beroperasi selama minimal 1 tahun. Alami Sharia tidak memberikan pinjaman untuk sektor industri minuman keras, rokok, dan makanan haram.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan pinjaman di Alami Sharia antara lain:

  • KTP dan NPWP pendiri perusahaan
  • NPWP Perusahaan
  • Dokumen invoice pada pemberi kerja
  • Akta pendirian usaha
  • Laporan keuangan selama 3 tahun terakhir
  • Mutasi rekening koran 6 bulan terakhir.

Investree

Investree adalah layanan P2P yang menyediakan pinjaman dengan sistem konvensional dan syariah. Bagi yang memilih sistem syariah, pinjaman dapat diajukan secara online dengan tingkat imbal hasil yang atraktif hingga 20 persen per tahun.

Pinjaman syariah ini juga dapat mencakup hingga 80 persen dari nilai tagihan dengan plafon maksimal hingga Rp2 miliar dan tenor mulai dari 30 hari hingga 180 hari.

Qazwa

Qazwa adalah penyedia layanan pinjaman yang telah resmi terdaftar di OJK. Mereka fokus pada pembiayaan untuk UMKM di sektor peternakan, perkebunan, dan perdagangan.

Qazwa juga menawarkan pembiayaan dengan skema chain financing, yang merupakan bentuk pembiayaan modal kerja dengan menggunakan sistem rantai pasokan bisnis.

Baca Juga : 10 Situs Tempat Pinjaman Online Terpercaya di Indonesia Tahun 2022

Ammana

Ammana adalah salah satu layanan pinjaman syariah online lainnya. Untuk mengambil pinjaman di Ammana, Anda harus menjadi anggota mitra keuangan syariah terlebih dahulu.

Ada dua produk yang ditawarkan oleh Ammana, yaitu pendanaan P2P dan Pembiayaan Syariah Cepat (PESAT).

Duha Syariah

Duha Syariah adalah layanan pinjaman dana online syariah yang telah terdaftar di OJK sejak 21 April 2021. Terdapat dua jenis produk yang ditawarkan oleh Duha Syariah:

  • Produk pinjaman konsumtif dengan maksimal plafon sebesar Rp20 juta, dengan tenor cicilan 3–12 bulan.
  • Produk pinjaman plafon maksimal Rp30 juta dengan tenor cicilan 12–24 bulan.

Syarat-syarat peminjaman di Duha Syariah meliputi:

  • Usia minimal 21 tahun
  • Penghasilan minimal Rp3 juta
  • Pegawai tetap di perusahaan yang bekerja sama dengan Duha Syariah.

Untuk badan usaha, persyaratan termasuk:

  • Dokumen legalitas usaha.
  • Laporan keuangan.
  • Minimal satu tahun terakhir menghasilkan profit
  • Tempat usaha tetap
  • Bukti mutasi rekening koran selama 3 bulan terakhir.

Syarat dan Ketentuan Pinjaman Syariah Online

Setiap lembaga keuangan yang menyediakan pinjaman syariah online memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, sebelum mengajukan pinjaman, pastikan untuk membaca dengan seksama syarat-syarat yang berlaku di lembaga yang Anda pilih.

Hal ini akan membantu Anda memahami apa yang diperlukan dan bagaimana prosesnya berlangsung.

Memahami Produk Pinjaman Syariah Online

Pinjaman syariah online tidak hanya bermanfaat bagi individu, tetapi juga untuk UMKM yang membutuhkan pembiayaan tambahan.

Produk-produk ini biasanya mencakup pinjaman modal kerja, investasi, dan lainnya. Sebelum memutuskan jenis pinjaman yang Anda butuhkan, pertimbangkan dengan cermat keperluan Anda dan kemampuan untuk mengembalikan pinjaman sesuai dengan syarat yang telah disepakati.

Baca Juga : Pengajuan KUR BCA 2023 Sangat Mudah, Siapkan Dokumen Ini Maka Pinjaman Cair Rp 100 Juta, Simak Juga Syarat dan Cara Mengajukan

Kelebihan Memilih Pinjaman Syariah Tanpa Riba

Memilih pinjaman syariah tanpa riba memiliki beberapa kelebihan. Pertama-tama, Anda dapat meminjam dana tanpa harus khawatir tentang riba, yang dianggap haram dalam Islam.

Selain itu, prinsip keadilan dalam pinjaman syariah juga membuat sistem ini lebih berpihak kepada kedua belah pihak, sehingga risiko dan keuntungan dibagi secara adil.

Selain itu, pinjaman syariah juga memberikan peluang kepada UMKM yang mungkin sulit mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan konvensional.

Dengan berbagai pilihan lembaga yang telah terdaftar di OJK, Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Pinjaman syariah tanpa riba online merupakan alternatif yang menarik bagi mereka yang ingin meminjam dana tanpa riba dan sesuai dengan prinsip syariah Islam.

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung perkembangan UMKM, lembaga-lembaga keuangan syariah telah menyediakan berbagai produk dan layanan yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan keuangan Anda.

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan untuk memahami syarat dan ketentuan yang berlaku di lembaga yang Anda pilih agar pengalaman meminjam dana Anda berjalan lancar dan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yang dijunjung tinggi.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari alternatif pinjaman yang sesuai dengan keyakinan dan kebutuhan Anda.

Tinggalkan komentar