4 Cara Atur Keuangan Keluarga Ala Prita Ghozie

Bebas cicilan, dana darurat keluarga aman, bisa selalu liburan dengan keluarga karena sudah ada anggarannya. Siapa yang ingin kondisi finansialnya seperti mbak Prita Ghozie?

Yang mau, yuk sini merapat!

Sebagian dari Anda pasti sudah tahu siapa sosok Prita Ghozie. Financial consultant sekaligus CEO dari ZAP Finance ini sudah cukup lama menghadiri berbagai event sebagai pembicara keuangan.

Selain menggeluti karir profesionalnya di bidang keuangan, jangan lupa kalau Prita Ghozie juga merupakan seorang ibu rumah tangga. Tentunya ialah yang berperan mengatur keuangan keluarganya selama ini.

Pada suatu kesempatan, mbak Prita pernah mengaku sempat sering mengeluh dan kurang bersyukur atas penghasilan sang suami. Namun karena banyak hal, akhirnya ia berhasil merubah sudut pandang dan bisa mengelola keuangan keluarga hingga mencapai kondisi yang sehat seperti saat ini.

Selain itu, mbak Prita menjelaskan kalau sejauh ini ada 7 rekening rumah tangga yang di kelola olehnya. Hal ini memang di dasarkan pada metode pengaturan keuangan yang dipilih oleh keluarga kecilnya.

Nah bagi Anda yang penasaran bagaimana seorang Prita Ghozie mengelola keuangan keluarganya, yuk simak penjelasan berikut ini!

1. Metode Pengaturan Keuangan Keluarga

Metode Pengaturan Keuangan Keluarga
gambar : unsplash.com/ sandy millar

Secara umum, ada 4 model pengaturan keuangan keluarga yang di temukan oleh Prita Ghozie setelah selama 10 tahun menjadi financial consultant. Diantaranya :

  • Gaji suami dan istri di satukan dan di kelola bersama
  • Gaji suami diberikan seluruhnya kepada keluarga dan istri di beri kebebasan untuk mengelola gajinya sendiri
  • Suami memberikan jatah bulanan kepada istri (biasanya istrinya tidak berpenghasilan)
  • Atur gaji masing-masing untuk memenuhi pos tertentu

Nah, Prita Ghozie sendiri menggunakan metode pengaturan keuangan yang kedua. Yakni gaji suami diberikan seluruhnya kepada keluarga dan mbak Prita sebagai istri beri kebebasan untuk mengelola gajinya sendiri.

Meski bebas mengatur gajinya sendiri, mbak Prita mengaku bahwa ia merasa bersalah jika gajinya di habiskan hanya untuk dirinya sendiri. Hal ini karena menurutnya selama ia bekerja, waktu untuk anak dan suami harus seringkali harus berkurang.

Oleh karena itu, selain untuk kebutuhan pribadi dan dana pensiunnya sendiri, ia mengelola gajinya untuk mengisi pos keuangan keluarga. Salah satunya yakni untuk pos life style & playing supaya bisa berlibur bersama keluarga dengan lebih puas.

Dengan begitu, ini menjadi win-win solution. Dimana mbak Prita tetap merasakan kepuasan karena bisa membeli hal-hal yang di inginkan, keluarga pun juga happy.

2. Mengelola 7 Rekening Rumah Tangga

prita ghozie Mengelola 7 Rekening Rumah Tangga
gambar : unsplash.com/ Microsoft Edge

Uniknya ada 7 rekening yang di kelola oleh mbak Prita Ghozie. Wah banyak sekali ya?

Tapi dengan memisahkan 7 rekening, pengelolaan keuangan terasa jadi lebih mudah. Terlebih lagi bagi ibu bekerja seperti mbak Prita. Mau tahu, rekening apa sajakah itu? Yuk kita lanjutkan membaca artikelnya!

1. Rekening Zakat dan Shodaqoh

Rekening rumah tangga yang pertama adalah rekening khusus untuk zakat dan shodaqoh. Hal ini menjadi sesuatu yang di prioritaskan, sebagai salah satu wujud ibadah dalam agama Islam yang di anut oleh mbak Prita dan suami.

Besaran dana yang di alokasikan untuk rekening ini sama dengan umat Islam secara umum. Yakni minimal 2,5%. Namun mbak Prita sendiri memiliki keinginan bisa mengaggarkan lebih dari itu, setidaknya 10% dari penghasilan.

Kalau di pikir-pikir, rekening zakat dan shodaqoh seperti ini cukup bermanfaat ya? Apalagi bagi kita yang masih sulit mengatur keuangan. Dengan adanya rekening khusus, kita tidak mungkin lupa untuk menyisihkan sebagian penghasilan kita untuk berzakat dan shodaqoh.

2. Rekening Dana Darurat

Dalam berbagai konten yang di buat di Youtube ZAP Finance TV, Prita Ghozie seringkali mengingatkan audiens untuk menyiapkan dana darurat. Saking seringnya, sampai-sampai mbak Prita sendiri disebut netizen sebagai miss dana darurat.

Tapi ia tidak keberatan dengan julukan tersebut, karena memang nyatanya dana darurat sangat penting dimiliki oleh kita yang sudah berpenghasilan apalagi bagi yang sudah berkeluarga.

Hal ini juga terbukti dalam kenyataan, sebagai seseorang yang menilai begitu pentingnya dana darurat, mbak Prita mengaku sudah memiliki dana darurat keluarga yang cukup.

Bagi Anda yang belum punya darurat, dari pada insecure lebih baik mulai cicil dari sekarang yuk!

Baca juga, 7 Tips Nabung Dana Darurat Keluarga Sampai Berhasil

3. Rekening Living

Rekening rumah tangga yang ketiga aadalah rekening living atau kebutuhan hidup sehari-hari. Prita Ghozie mengatakan bahwa saat ini alokasi dana untuk pos living hanya sekitar 30-40% saja dari penghasilan.

Wah, ini adalah pencapaian yang menganggumkan ya. Mengingat saat ini penghasilan mbak Prita dan suami mungkin sudah jauh lebih besar di bandingkan awal menikah.

Salah satu kebiasaan yang membuatnya bisa disiplin soal pos kebutuhan hidup ini adalah karena dirinya menghindari cicilan konsumtif. Dengan kata lain, ia tidak membiasakan diri untuk mencicil apalagi untuk hal-hal yang bersifat life style saja.

4. Rekening Life Style & Playing

Bagi Prita Ghozie kebahagiaan keluarga adalah salah satu hal terpenting dalam hidupnya. Oleh karena itu, ia juga mengalokasikan dana untuk menyiapkan rekening life style dan playing agar bisa selalu liburan bersama keluarga.

Dengan adanya rekening khusus untuk liburan bersama keluarga seperti ini, kita bisa menghindari kebocoran keuangan saat liburan datang. Sebab semua kebutuhan liburan sudah tercover sesuai bugdet yang ada di dalam rekening ini.

Bagaimana dengan Anda? Punya rekening life style & playing untuk keluarga seperti Prota Ghozie?

5. Rekening Investasi

Selanjutnya ada rekening investasi yang tentunya wajib selalu di alokasikan secara rutin. Tentunya rekening investasi dibuat berdasarkan tujuan investasinya.

Prita Ghozie memang tidak menjelaskan secara detail rekening investasi untuk tujuan apa saja yang sedang ia persiapkan. Namun umumnya bagi orang sudah berkeluarga, rekening investasi yang disiapkan kurang lebih untuk membeli rumah, kendaraan, ataupun untuk pendidikan anak.

6. Rekening Shopping Untuk Istri

Rekening rumah tangga yang ke 6 adalah rekening shopping untuk istri, yakni mbak Prita sendiri. Dalam berbagai konten edukasinya, mbak Prita selalu bilang bahwa sah-sah saja kok jika ingin melakukan sesuatu yang kita inginkan (life style), seperti berbelanja, menjalankan hobby dan sebagainya.

Apalagi jika life style tersebut memang di butuhkan secara rutin sebagai salah satu kebutuhan dalam menjaga kesehatan mental ditengah aktifitas yang sangat padat.

Namun, agar tidak kebablasan, kita tetap harus membuat budgeting khusus untuk itu. Nah, inilah salah satu aplikasi dari teori tersebut. Mbak Prita membuat rekening khusus untuk shopping bagi dirinya sendiri yang berperan sebagai istri.

7. Rekening Shopping Untuk Suami

Rekening rumah tangga terakhir yang di kelola oleh Mbak Prita tentunya rekening shopping untuk suami. Masih ingat kan, kalau metode pengaturan keuangan keluarga mbak Prita adalah gaji suami yang di berikan untuk keluarga, sementara istri diberikan keleluasan untuk mengatur gajinya sendiri?

Nah, meski gaji suaminya di berikan semua, namun suami tetap bisa melakukan hobbynya dengan menggunakan rekening shopping untuk suami. Lalu berapa persen yang harus di alokasikan untuk rekening ini?

Alokasi untuk di simpan di rekening shopping bisa bervariasi, bisa 10-15%. Yang penting tidak mengganggu alokasi dana untuk rekening investasi dan kebutuhan lainnya.

Nah, kalau Anda berapa rekening rumah tangga yang saat ini sedang di kelola?

3. Keterbukaan Menjadi yang Utama

prita ghozie Keterbukaan Menjadi yang Utama
gambar : unsplash.com/ Priscilla Du Preez

Mbak Prita mengaku bahwa ia tahu jumlah gaji suaminya sejak awal menikah hingga hari ini. Sebab baginya keterbukaan soal keuangan dengan pasangan sangatlah penting.

Hal ini terbukti dari keharmonisan rumah tangga mbak Prita dan suami yang sudah terjalin selama belasan tahun.

Keterbukaan soal financial memang sangat berpengaruh karena bisa menghindarkan kita dari negatif thinking tentang pasangan. Misalnya prasangka bahwa pasangan terlalu boros, egois, bahkan dari prasangka perselingkuhan.

Apalagi dinamika kehidupan berumah tangga tidaklah mudah. Komunikasi yang kurang sehat khususnya tentang keuangan hanya akan memperumit masalah.

Baca juga, 9 Tips Membicarakan Keuangan Bersama Pasangan

4. Menganut Prinsip Hidup Sebagai Pejuang

Menganut Prinsip Hidup Sebagai Pejuang
gambar : unsplash.com/ dan burton

Menurut mbak Prita, hidup adalah lahan perjuangan. Ia bersyukur memiliki suami yang selalu mengingatkan bahwa sebenarnya rezeki sudah disediakan oleh yang Maha Kuasa. Tugas kita di dunia ini hanyalah berjuang.

Hal ini sangat membantunya melewati apapun masalah bahkan krisis yang sedang di alami. Misalnya ketika proyek tidak sesuai dengan yang diharapkan, atau ketika sedang dihdapkan dengan kondisi kurang menguntungkan lainnya.

Bukan hanya dalam hal finansial, mbak Prita menilai kalau perjuangan itu harus dilakukan dalam berbagai aspek kehidupan lain. Sebab satu dengan yang lainnya seringkali berhubungan.

Contohnya, kondisi mental dengan finansial. Kalau kita tidak berjuang merawat mentalitas kita maka kondisi keuanganpun bisa terganggu. Begitupun sebaliknya.

Baca juga, 6 Cara Mendapat Rezeki Berlimpah dengan Abundance Mentality

Perjalanan Hidup Prita Ghozie

Ada salah satu cerita yang disebut sebagai unexpected moment pernah di bagikan oleh Mbak Prita. Yakni tentang perjalanan hidupnya bangkit dari rasa terpuruk dalam karir.

Anda pasti tahu ZAP Finance.

Tahukah Anda bahwa ZAP Finance yang di dirikan oleh Prita Ghozi adalah buah dari kesabarannya menghadapi krisis di usia 28 tahunan?

Sebagai karyawan swasta, saat itu mbak Prita terpaksa di berhentikan secara halus. Hal ini membuatnya sangat terpuruk karena penghasilannya selama ini sangat bergantung pada pekerjaannya tersebut.

Bingung harus bagaimana, karena modal uang pun masih minim.

Tapi justru ternyata modal skill dan ilmu yang terus di pupuk jauh lebih penting. Sampai akhirnya ia menjadi perencana keuangan seperti hari ini.

Lewat akun sosial medianya, Prita Ghozie berpesan pada para followersnya untuk menikmati apapun peran yang kita lakukan saat ini dan berjuang maksimal sesuai kemampuan kita.

Penutup

Nah itulah beberapa cara mengatur keuangan keluarga ala Prita Ghozie, yang merupakan CEO, sekaligus berperan sebagai ibu rumah tangga. Sebenarnya, mbak Prita juga penulis buku yang tentunya bertema financial.

Wah, keren sekali ya.

Semoga kita bukan hanya bisa mengagumi jejaknya saja. Tapi bisa belajar sesuatu hal yang baru khususnya soal keuangan rumah tangga dari poin-poin di atas.

Tinggalkan komentar