Kisah Sukses Manuel Villar, Anak Penjual Ikan yang Jadi Miliarder Filipina

Photo of author
Written By Anggraini Munanda Effani

Penulis di Folderbisnis.com, Selamat menikmati artikel artikel terbaik kami. 

Baca di Google News

Ada banyak hal yang bisa Anda pelajari dari kisah sukses Manuel Villar. Miliarder sekaligus politikus asal Filipina ini dapat menunjukkan pada kita bahwa kesuksesan bisa didapatkan dengan usaha.

Banyak orang berpikir bahwa untuk menjadi seorang miliarder harus lahir dari keluarga kaya raya. Bagi orang yang terlahir di keluarga biasa-biasa saja, mendapatkan uang miliaran rupiah adalah hal mustahil.

Hal ini membuat semangat serta motivasi mereka cenderung rendah. Mereka beranggapan bahwa sekadar mendapatkan pekerjaan yang bisa menjamin hidup di hari esok sudah lebih dari cukup.

Anggapan ini jelas keliru. Karena ada banyak tokoh sukses yang membuktikan bahwa kekayaan bisa didapat melalui usaha dan kerja keras. Seperti salah satunya adalah Manuel Villar, seorang miliarder asal Filipina.

Mengenal Lebih Dekat Sosok Manuel Villar

Kisah Sukses Manuel Villar, Anak Penjual Ikan Yang Jadi Miliarder Filipina
Kisah Sukses Manuel Villar, Anak Penjual Ikan yang Jadi Miliarder Filipina/Foto: Forbes

Sebelum kami membahas lebih dalam tentang kisah sukses Manuel Villar, kami akan sedikit mengenalkan kepada Anda siapa sosok miliarder tersebut. Mungkin Anda masih asing dengan nama yang satu ini.

Namun jika nama Manuel Villar disebutkan kepada masyarakat Filipina, sebagian besar orang pasti mengetahuinya. Setidaknya, mereka pasti pernah mendengar nama Manuel Villar di televisi ataupun surat kabar.

Manuel Villar atau juga biasa dikenal sebagai Manny Villar sempat menduduki peringkat sebagai orang terkaya di Filipina. Hingga saat ini, ia masih berada di jajaran orang terkaya Filipina.

Meski saat ini Villar tidak lagi menduduki peringkat pertama sebagai orang terkaya di Filipina, jumlah total kekayaannya masih sangat fantastis. Tercatat ia memiliki total kekayaan sebesar 7,3 miliar US Dollar.

Nilai ini setara dengan lebih dari 100 triliun rupiah. Kesuksesan Manny Villar didapat melalui perjalanan panjang yang tak instan. Kish sukses Manuel Villar akan memberikan banyak inspirasi pada Anda.

Selain menjadi orang dengan kekayaan fantastis, Manuel Villar juga cukup sukses di dunia politik. Ia berhasil terpilih sebagai President of the Senate of the Philippines.

Manuel Villar sudah terjun ke dunia politik dari tahun 1992. Meski ia baru menjadi seorang senator pada tahun 2001. Saat ini ia sudah tidak lagi terlibat di dunia politik.

Meski sempat aktif di dunia politik, Manel Villar mengaku bahwa politik tidak menambah kekayaannya. Justru kekayaan yang dimilikinya berkurang ketika ia mulai berkarir di dunia politik.

Masa Kecil Manuel Villar

Masa Kecil Manuel Villar
Masa Kecil Manuel Villar/Unsplash

Kisah sukses Manuel Villar tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masa kecilnya. Sudah bukan menjadi sebuah rahasia lagi bahwa ia lahir di keluarga yang kurang mampu.

Manuel Villar lahir pada tanggal 13 Desember 1949, di sebuah keluarga di daerah Tondo. Daerah Tondo adalah sebuah distrik kumuh dan padat penduduk di Manila.

Ayah Manuel Villar adalah seorang PNS dengan pangkat rendah. Sementara ibunya adalah seorang penjual ikan. Manuel Villar sendiri adalah anak tertua kedua dari 9 bersaudara.

Kondisi ekonomi yang terjadi di keluarganya membuat Manuel Villar harus ikut membantu mencari uang sedari kecil. Pada usia 6 tahun, Villar sudah ikut ibunya berjualan ikan dan udang di pasar.

Sehingga ketika anak seusianya masih tidur, Manuel Villar sudah harus bersiap membantu ibunya pada dini hari. Meski terasa berat, namun kondisi inilah yang justru menjadi permulaan kisah sukses Manuel Villar.

Kesibukan Manuel Villar dalam membantu ibunya berjualan ikan membuat pendidikannya terganggu. Sehingga untuk sementara waktu ia harus merelakan putus sekolah meski saat itu baru kelas 1 SD.

Namun kondisi keseharian di pasar memberikan banyak pelajaran hidup bagi Manuel Villar. Salah satu pelajaran hidup yang didapatkan oleh Manuel Villar dari kehidupan di pasar adalah keberanian.

Karena keberanian ini juga, Villar kecil mendapatkan kepercayaan dari Ibunya untuk mencairkan cek di bank. Ketika mencairkan cek, Villar sempat mendapat keluhan dari teller karena bau ikan.

Guru Terbaik bagi Manuel Villar adalah Ibunya

Ada banyak hal yang dipelajari oleh Manuel Villar selama berada di pasar. Hal-hal ini juga yang pada akhirnya membentuk kisah sukses Manuel Villar di masa mendatang.

Selain keberanian, Villar juga mendapatkan pelajaran mengenai bisnis di pasar. Dengan mengamati bagaimana pengusaha China berbisnis dan mencari keuntungan, ia mengasa kemampuan bisnis miliknya sendiri.

Meski begitu, guru terbaik bagi Manuel Villar adalah Ibunya sendiri. Bagi Villar, sosok Ibunya adalah seorang pengusaha yang sempurna. Banyak pelajaran berharga yang didapatkan Manuel Villar dari Ibunya.

Manuel Villar mendapatkan pelajaran tentang kerja keras dan disiplin melalui Ibunya. Bagaimana tidak, karena sejak berusia 6 tahun, ia selalu diberikan tugas untuk membantu Ibunya mengantar ikan ke pasar.

Selain itu, Manuel Villar juga mendapatkan pelajaran mengenai keteguhan dan banyak akal dalam menjalankan bisnis. Dengan kedua hal itu jugalah, kisah sukses Manuel Villar bisa terjadi.

Manuel Villar sendiri memang diketahui sebagai seorang anak yang cerdas. Meski ia harus putus sekolah untuk sementara waktu, tidak membuat ketajaman akal pikirannya menjadi tumpul.

Justru dengan berada lebih dekat bersama Ibunya di pasar, membuatnya mendapatkan banyak pelajaran yang tidak didapatkan di sekolah. Terlebih sebagai salah satu kakak tertua, Villar menyadari perannya bagi keluarga.

Kesehariannya bersama sang Ibu untuk berjualan ikan juga menumbuhkan ketertarikan Manuel Villar pada dunia bisnis. Karena itulah ketika berhasil kuliah, ia mengambil jurusan administrasi bisnis.

Perjalanan Awal Karir Manuel Villar

Perjalanan Awal Karir Manuel Villar
Perjalanan Awal Karir Manuel Villar/Universitas Filipina

Kisah sukses Manuel Villar ternyata tidak selalu berjalan dengan lancar. Selain masalah ekonomi keluarga dan kondisinya di masa kecil, ia juga sempat mengalami keterpurukan di masa awal karirnya.

Manuel Villar berhasil melanjutkan pendidikan hingga menyelesaikan sekolah menengah. Setelah itu ia melanjutkan pendidikannya di Universitas Filipina dengan mengambil jurusan Administrasi Bisnis. Bahkan ia mengambil gelar MBA di universitas tersebut.

Setelah selesai masa kuliah, Manuel Villar sempat bekerja di sebuah perusahaan bernama Sycip, Gorres, Velayo& Co. Namun dalam waktu singkat ia memutuskan keluar dari perusahaan tersebut untuk memulai bisnisnya.

Manuel Villar memulai bisnisnya pada bidang pemasok makanan laut. Ia menjalin kerja sama dengan salah satu restoran di Manila. Namun bukannya untung, ia justru mendapatkan kerugian dari bisnis tersebut.

Pelanggannya tersebut tidak mampu membayar dagangan Manuel Villar. Hingga pada akhirnya ia harus menerima kerugian dan menutup perusahaan pemasok makanan laut miliknya. Meski begitu Villar tidak patah semangat.

Pada tahun 1975, Manuel Villar mencoba peruntungan pada bisnis real estate. Dengan bermodalkan pinjaman sebesar 10 ribu peso, Villar kembali memulai membangun bisnis miliknya sendiri.

Semangat dan kerja keras Villar tidak berakhir sia-sia. Bisnis real estate tersebutlah yang pada akhirnya mengantarkan Manuel Villar pada kesuksesan di masa mendatang dan menjadikannya seorang miliarder.

Perjalanan Manuel Villar Mendapatkan Kesuksesan

Kisah sukses Manuel Villar pada akhirnya mulai terwujud. Dari pinjaman 10 ribu peso yang dimilikinya, ia memulai langkahnya untuk mendapatkan kekayaan melalui bidang real estate.

Pinjaman tersebut diinvestasikan oleh Manuel Villar pada dua truk bekas. Kedua truk tersebut digunakan oleh Manuel Villar untuk mengangkat kerikil dan pasir. Ia melakukannya untuk BF Homes di Paranaque City.

Dari bisnis tersebut, Villar mendapatkan saham sebesar 80 lot yang pada akhirnya ia jual. Selain saham, Manuel Villar juga banyak belajar mengenai bisnis agen real estate.

Sepertinya kehidupan masa kecil Manuel Villar telah membuatnya terbiasa untuk mengamati keadaan sekitar. Lalu dari hasil pengamatan tersebut, ia terapkan untuk membangun kisah sukses Manuel Villar di masa mendatang.

Setelah merasa memiliki ilmu yang cukup, Manuel Villar memberanikan diri untuk mengambil kredit dari bank pedesaan. Untungnya pada saat itu bank tersebut memberikan bunga rendah.

Kredit yang diambilnya tersebut digunakan oleh Villar untuk membangun rumah. Ia mendirikan perusahaan di bidang real estate bernama C&P Homes. Kemudian, perusahaan tersebut berubah nama menjadi Camella Homes.

Tidak berhenti pada bisnis perumahan, Manuel Villar juga mencoba peruntungan di bidang lain. Salah satunya adalah ia mendirikan perusahaan untuk mengoperasikan dan memelihara sistem distribusi air bernama Prime Water.

Perusahaan ini mampu memproduksi lebih dari 170 juta liter air olahan per hari. Selanjutnya air tersebut akan dikirimkan ke lebih dari 150 rumah yang ada di Filipina.

Perjalanan Politik Manuel Villar

Perjalanan Politik Manuel Villar
Perjalanan Politik Manuel Villar/Unsplash

Kisah sukses Manuel Villar tidak berhenti pada dunia bisnis saja. Ia juga berhasil mendapatkan peran penting di jabatan politik negara Filipina. Manuel Villar memulai karir politiknya di tahun 1992.

Pada awalnya Manuel Villar merupakan anggota Kongres Las Pinas. Kemudian ia menjadi speaker of the Philippine House of Representatives pada tahun 1998 hingga tahun 2000.

Baca yuk, Intip 8 Kunci Sukses Bill Gates Dalam Membangun Bisnis

Lalu ia berhasil menjadi bagian dari Senator of the Philippines pada tahun 2001. Pada 2001 – 2002, Manuel Villar terpilih sebagai President pro tempore of the Senate of the Philippines.

Manuel Villar terpilih sebagai President of the Senate of The Philippines pada tahun 2006 – 2008. Kesuksesannya di bidang legislatif membuat Manuel Villar mencalonkan diri sebagai presiden.

Meski sayangnya ia gagal terpilih menjadi presiden Filipina. Setelah kegagalan tersebut, Manuel Villar memutuskan keluar dari dunia politik dan kembali fokus pada bisnis real estate miliknya.

Pelajaran dari Kisah Sukses Manuel Villar

Sosok yang saat ini menjadi orang terkaya nomor 2 di Filipina memberikan banyak pelajaran. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat kami rangkum sebagai pelajaran dari kisah Manuel Villar.

  • Kekayaan Bukan Diperoleh Melalui Kelahiran

Manuel Villar telah menunjukkan bahwa seorang anak yang terlahir di keluarga miskin mampu menjadi seorang miliarder. Oleh karena itu sangat keliru jika ada orang berkata bahwa kekayaan ditentukan oleh keluarga.

  • Kegagalan Bukanlah Akhir Dari Segalanya

Manuel Villar telah sering kali mengalami kegagalan. Mulai dari putus sekolah ketika kelas 1 SD hingga mengalami kerugian ketika menjalani bisnis pertamanya. Namun ia tidak berputus asa dengan kegagalan tersebut.

Hal itulah yang pada akhirnya mengantarkan Manuel Villar pada kesuksesan. Jika ia memutuskan berhenti dan menjalani hidup tanpa semangat, tentu dirinya takkan mampu mendapatkan kesuksesan.

  • Selalu Belajar

Meski harus sempat putus sekolah, Manuel Villar tidak pernah berhenti belajar. Karena belajar bukan hanya bisa dilakukan di bangku sekolah. Manuel Villar selalu belajar dari keadaan di sekitarnya.

Banyak orang yang memimpikan memiliki banyak uang. Namun tidak banyak orang yang benar-benar menginginkannya. Sehingga pada akhirnya usaha mereka hanya biasa-biasa saja bahkan cenderung tanpa ambisi.

Baca juga kisah sukses lainya, Kisah Sukses Gary Vee dan Pelajaran Hidup yang Bisa Menjadi Inspirasi

Jika Anda memang ingin menjadi seorang miliarder, maka perlu belajar dari Manuel Villar. Karena dari kisah sukses Manuel Villar, kita bisa belajar bahwa untuk menjadi miliarder dibutuhkan tekad dan ambisi.

TRADING FOREX DI OCTA.ID

PerusahaanPT. Octa Investama Berjangka
Regulasi
Bappebti
54/BAPPEBTI/
SI/05/2013
Min.Lot0.1
Min.Deposit$100
Situswww.octa.id

Tinggalkan komentar