Tips Menjalankan Affiliate Marketing untuk Penghasilan Tambahan

Jika Anda sedang mencari penghasilan tambahan, maka tips menjalankan affiliate marketing akan sangat berguna bagi Anda. Karena banyak orang yang telah membuktikan keberhasilan mendapatkan penghasilan tambahan melalui affiliate marketing.

Munculnya internet dan beragam perangkat elektronik memang memberikan banyak kemudahan bagi banyak orang. Kemudahan tersebut dimulai dari berkomunikasi, mendapatkan informasi hingga kemudahan untuk mendapatkan pendapatan tambahan.

Affiliate marketing adalah salah satu cara mendapatkan uang yang muncul karena hadirnya internet. Bahkan cara yang satu ini terhitung sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa saja.

Tidak perlu khawatir jika Anda belum begitu memahami dunia affiliate marketing. Karena dalam artikel ini kami akan menjelaskannya secara rinci serta memberikan tips yang bisa Anda manfaatkan.

Memahami Lebih Detail Tentang Affiliate Marketing

Tips Menjalankan Affiliate Marketing untuk Penghasilan Tambahan
Tips Menjalankan Affiliate Marketing untuk Penghasilan Tambahan/Unsplash

Tips menjalankan affiliate marketingakan berakhir sia-sia jika Anda belum memahami mengenal apa itu affiliate marketing. Oleh karena itu kami akan menjelaskan tentang affiliate marketing kepada Anda secara detail.

  • Pengertian Affiliate Marketing

Affiliate marketingatau pemasaran afiliasi secara umum dapat diartikan sebagai sebuah metode pemasaran digital menggunakan sistem afiliasi. Affiliate marketing berbeda dengan reseller ataupun dropshipper meskipun sama-sama merupakan metode pemasaran digital.

  • Sistem Pendapatan Affiliate Marketing

Affiliate marketing menggunakan sistem komisi untuk memberikan bayaran kepada Anda. Komisi yang diberikan biasanya berbeda tergantung pihak pemilik program affiliate marketing tersebut. Besaran komisi biasanya sekitar 10 – 40 %.

  • Cara Kerja Affiliate Marketing

Untuk bisa menjadi seorang affiliate marketer, biasanya Anda perlu mendaftar terlebih dahulu ke sebuah web atau perusahaan afiliasi. Ada banyak perusahaan yang memiliki program afiliasi.

Setelah mendaftar, Anda bisa mendapatkan link afiliasi yang mengarah ke produk tertentu. Selanjutnya Anda hanya perlu menyebarkan link tersebut agar orang lain membeli produk melalui link Anda.

Ketika ada pembeli yang menggunakan link Anda, maka perusahaan akan memberikan komisi. Semakin banyak orang yang membeli menggunakan link Anda, maka pendapatan Anda juga akan semakin besar.

Keuntungan Menjadi Seorang Affiliate Marketing

Keuntungan Menjadi Seorang Affiliate Marketing
Keuntungan Menjadi Seorang Affiliate Marketing/Unsplash

Banyak orang yang mencari tips menjalankan affiliate marketingkarena cara ini dianggap sangat menguntungkan. Bagi Anda yang merupakan ibu rumah tangga ataupun karyawan swasta pasti bisa melakukannya.

Hal ini juga yang membuat affiliate marketing menjadi salah satu cara favorit banyak orang untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan dari program affiliate marketing.

  • Modal Kecil

Menjalankan pemasaran afiliasi tidak membutuhkan modal yang besar. Karena berbeda dengan menjadi seorang reseller atau dropshipper, biasanya perusahaan penyedia program afiliasi tidak mengharuskan Anda membayar untuk mengikuti program.

Meski terkadang ditemui beberapa perusahaan yang mengharuskan Anda membeli produk agar bisa mendaftar. Namun hal ini hanya perlu Anda lakukan satu kali dan tidak perlu melakukan pembelian kembali.

  • Risiko Kecil

Anda cenderung tidak akan mengalami kerugian ketika melakukan affiliate marketing. Karena Anda tidak perlu melakukan stok barang ataupun menyimpan sejumlah uang sebagai jaminan ke perusahaan penyedia program afiliasi.

  • Bisa Menjadi Pendapatan Pasif

Salah satu alasan banyak orang mencari tips menjalankan affiliate marketing karena pekerjaan ini bisa menjadi passive income. Anda akan terus mendapatkan pendapatan selama ada orang yang membeli melalui link Anda.

  • Jam Kerja Fleksibel

Anda tidak akan terikat oleh jam kerja ketika menjadi seorang affiliate marketer. Sebab Anda bisa membagikan link kapan saja sesuka hati. Sehingga pekerjaan utama Anda tidak akan terganggu.

  • Tidak Terbatas

Anda tidak akan dibatasi hanya boleh mengikuti satu program afiliasi dari perusahaan tertentu. Anda bisa mengikuti beberapa program afiliasi selama syarat satu sama lain tidak bertentangan.

Tips Menjalankan Affiliate Marketing untuk Mendapatkan Banyak Keuntungan

Secara umum Anda telah memahami apa itu affiliate marketing serta keuntungannya. Dengan begitu Anda sudah bisa memulai untuk persiapan melakukan affiliate marketing agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Meskipun melakukan affiliate marketing terbilang mudah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Silahkan simak tips berikut ini agar Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan lebih banyak dari affiliate marketing.

  • Memilih Perusahaan Penyedia Program Afiliasi

Anda memang bisa menemukan banyak perusahaan penyedia program afiliasi. Namun bukan berarti Anda harus mengikuti seluruh program tersebut. Ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal ketika memilih mengikuti program afiliasi tertentu.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan antara lain adalah syarat-syarat, produk dan juga komisi. Dengan begitu Anda bisa mengoptimalkan setiap proses pemasaran dari program afiliasi yang diikuti.

  • Pemilihan Media Pemasaran

Tips menjalankan affiliate marketing selanjutnya adalah memilih media pemasaran yang tepat. Karena media pemasaran sangat berpengaruh besar terhadap banyaknya orang yang membeli melalui link Anda.

Saat ini Anda bisa memanfaatkan berbagai sosial media untuk dijadikan media pemasaran. Mulai dari membuat kanal YouTube, akun Instagram, akun TikTok, akun Twitter atau membangun web sendiri.

  • Buat Promosi Menarik

Pada dasarnya kegiatan affiliate marketing adalah kegiatan memasarkan suatu produk. Oleh karena itu Anda perlu membuat promosi yang menarik untuk mendapatkan banyak pembeli melalui link Anda.

Anda bisa membuat video review untuk menunjukkan keunggulan sebuah produk. Pemberian informasi melalui audio dan visual diketahui mampu menarik perhatian lebih banyak orang jika dibandingkan teks.

Baca juga, 5+ Tips Cara Mendapatkan Uang Monetisasi Youtube

Beberapa Hal yang Perlu Dihindari Ketika Melakukan Affiliate Marketing

Beberapa Hal yang Perlu Dihindari Ketika Melakukan Affiliate Marketing
Beberapa Hal yang Perlu Dihindari Ketika Melakukan Affiliate Marketing/Unsplash

Secara umum tips menjalakan affiliate marketing di atas akan membantu Anda mendapatkan banyak komisi. Namun ada beberapa hal yang sebaiknya Anda hindari untuk membantu proses melakukan affiliate marketing.

  • Keliru Memilih Niche

Beberapa orang kesulitan melakukan affiliate marketing karena keliru dalam memilih niche. Keliru yang kami maksud di sini bukan berarti niche tersebut buruk. Hanya saja niche tersebut tidak tepat baginya.

Ketika Anda memilih niche atau tema produk tertentu, pastikan Anda benar-benar minat terhadap niche tersebut. Karena minat Anda akan sangat berpengaruh terhadap kualitas promosi yang Anda buat.

  • Jarang Membuat Konten

Melakukan affiliate marketing memang memiliki kerja yang leluasa. Namun bukan berarti Anda cukup membuat satu atau dua konten selama seminggu. Jika ingin mendapatkan banyak komisi, maka Anda butuh banyak konten.

Oleh karena itu memperhatikan kuantitas konten yang Anda buat juga merupakan salah satu tips menjalankan affiliate marketing. Semakin banyak konten Anda maka pendapatan komisi juga akan semakin besar.

  • Tidak Membangun Basis Komunitas

Selain membuat konten promosi yang menarik, Anda juga perlu membangun komunitas. Karena dengan begitu Anda akan mendapatkan nilai engagement yang lebih tinggi. Sehingga kemungkinan orang mau membeli akan semakin besar.

Untuk membangun komunitas, Anda perlu melakukan interaksi. Anda bisa melakukannya dengan membalas komentar, membuat video berdasarkan rekomendasi atau interaksi lainnya. Dengan melibatkan penonton Anda, maka mereka akan merasa lebih dekat.

  • Cepat Menyerah

Meski merupakan kegiatan yang mudah, melakukan affiliate marketing tetap membutuhkan usaha. Sayangnya banyak orang yang sudah menyerah hanya karena mendapatkan sedikit komisi pada beberapa bulan pertama mereka.

Tips Membuat Konten Promosi Menarik

Membuat konten menarik merupakan salah satu tips menjalankan affiliate marketingyang utama. Karena keberhasilan Anda dalam menarik orang-orang untuk membeli produk melalui link Anda ditentukan oleh konten.

Oleh karena itu dalam artikel ini kami juga akan memberikan tips membuat konten yang menarik. Silahkan simak tips berikut sehingga Anda bisa membuat konten menarik untuk menjalankan program afiliasi.

  • Buat Review yang Unik

Tidak bisa diungkiri bahwa saat ini Anda bisa menemukan banyak sekali konten review. Agar Anda bisa berbeda dan menonjol di antara konten-konten tersebut, Anda perlu ciri khas tersendiri.

Dengan memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri orang-orang akan memiliki alasan untuk menonton review Anda. Ciri khas juga akan menjadi daya tarik yang bisa menyita perhatian orang banyak.

  • Pahami Masalah Target Audience

Salah satu tips menjalankan affiliate marketing yang banyak dilupakan adalah memperhatikan target audience. Padahal untuk mendapatkan banyak pembeli, kamu harus benar-benar memahami masalah target audience.

Baca yuk review lainya, 9 Rahasia Jualan Laris Manis di Facebook Bagi Pemula

Semakin sesuai konten yang kamu buat dengan masalah target audience, maka konten kamu akan semakin relate. Hal ini membuat mereka semakin paham manfaat produk tersebut dan mau membelinya.

  • Buat Review Personal

Sebuah konten promosi yang dibuat-buat tentu tidak akan mampu meyakinkan banyak orang. Oleh karena itu Anda harus membuat konten yang jujur serta terkesan natural bagi banyak orang.

Salah satu caranya adalah dengan membuat review yang bersifat personal. Sebenarnya hal ini cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu menunjukkan pengalaman Anda dalam menggunakan produk tersebut.

Beberapa Contoh Perusahaan Penyedia Program Afiliasi

Beberapa Contoh Perusahaan Penyedia Program Afiliasi
Beberapa Contoh Perusahaan Penyedia Program Afiliasi/Unsplash

Setelah memahami beberapa tips menjalankan affiliate marketing di atas, maka Anda sudah siap untuk menjadi seorang affiliate marketer. Maka sekarang Anda bisa memulai langkah pertama untuk melakukannya.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memilih perusahaan penyedia program afiliasi. Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami telah merangkum beberapa perusahaan penyedia program afiliasi sebagai berikut ini.

  • Niagahoster

Niagahoster merupakan salah satu perusahaan penyedia domain dan hosting terbesar di Indonesia. Kamu bisa menawarkan produk dari perusahaan ini pada pihak-pihak yang hendak membangun sebuah website.

  • Projects.co.id

Projets.co.id adalah marketplace untuk para freelancer di Indonesia. Situs ini berisi tawaran pekerjaan untuk para pekerja lepas. Anda bisa mendapatkan komisi hingga 20% melalui program afiliasi di situs ini.

  • Shopee

Shopee merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Keuntungan program afiliasi di Shopee adalah pilihan produk yang luas. Sehingga Anda bisa memilih jenis produk sesuai minat Anda.

  • Creative Market

Creative market adalah marketplace untuk produk-produk desain dengan pasar internasional. Situs ini menyediakan program afiliasi dengan komisi sebesar 15% untuk setiap pembelian pertama akun baru melalui link Anda.

  • Amazon

Amazon merupakan marketplace terbesar yang ada di dunia. Oleh karena itu Anda bisa mendapatkan target audience yang lebih luas jika menjalankan program afiliasi dari Amazon.

Perlu dipahami bahwa setiap perusahaan penyedia program afiliasi memiliki ketentuan tersendiri yang berbeda satu sama lain. Oleh karena itu Anda perlu memahaminya dengan detail ketika melakukan pendaftaran.

Baca lainya di, 10 Tips Jitu Laris Jualan di Instagram Bagi Pemula

Affiliate marketing sangat cocok dijadikan sumber penghasilan tambahan. Karena Anda bisa membuat konten promosi di luar waktu kerja utama. Sementara komisi akan terus masuk selama ada pembeli melalui link Anda.

Oleh karena itu Anda harus memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin. Apalagi Anda telah memahami beberapa tips menjalankan affiliate marketing yang mempermudah Anda dalam melakukannya.

Tinggalkan komentar