Memahami Apa itu NFT? Aset Kripto Baru untuk Investasi

Banyak orang yang masih belum mengenal apa itu NFT. Karena memang hal ini masih tergolong baru apalagi untuk Anda yang belum terbiasa dengan dunia kripto.

Cryptocurrency memang tengah menjadi pembicaraan yang cukup hangat di kalangan investor. Karena aset kripto dinilai mampu mendatangkan keuntungan cukup besar dalam waktu yang sangat cepat.

Meski begitu, instrumen investasi ini juga memiliki risiko tinggi. Bahkan tingkat risiko yang dimiliki oleh cryptocurrency lebih tinggi daripada saham. Hanya dalam beberapa minggu, nilainya bisa naik atau turun signifikan.

Saat ini terdapat aset kripto baru yang tengah menjadi trend bagi para investor di dunia kripto. Aset tersebut adalah NFT. Silahkan simak penjelasan mengenai NFT berikut ini.

Mengenal Apa itu NFT

Memahami Apa Itu Nft, Aset Kripto Baru Untuk Investasi
Memahami Apa itu NFT, Aset Kripto Baru untuk Investasi/Unsplash

NFT adalah singkatan untuk Non Fungible Tokenatau token yang dapat dipertukarkan. NFT berupa token kriptografi yang menandakan kepemilikan terhadap barang atau suatu karya tertentu.

Barang atau karya yang dapat direpresentasikan kepemilikannya oleh NFT cenderung bersifat digital. Karya tersebut bisa melingkupi berbagai jenis mulai dari gambar digital, musik, video ataupun karya lainnya.

Sehingga dengan kata lain, NFT bisa diibaratkan sebagai sertifikat kepemilikan terhadap suatu karya yang bersifat digital. Dengan memiliki NFT, Anda dapat melakukan klaim atas kepemilikan suatu karya yang bersifat digital.

Orang-orang yang membeli NFT biasanya adalah para kolektor. Meski terkadang ditemukan beberapa orang membeli NFT hanya untuk mendukung artis yang mereka sukai. Sementara beberapa lainnya membeli NFT untuk dijual kembali.

Setelah mengenai apa itu NFT, pertanyaan lainnya adalah mengapa NFT bisa memiliki nilai dan menjadi sangat berharga? Karena pada akhirnya, barang yang hendak dimiliki sebenarnya bukanlah NFT itu sendiri.

Sebagai representasi terhadap kepemilikan suatu barang, NFT berisi informasi historis mengenai barang tersebut. Mulai dari penerbit token, pemilik pertama hingga pemilik terakhir. Sehingga memalsukan NFT adalah hal sulit.

Suatu karya yang direpresentasikan oleh NFT tetap dapat diduplikasi banyak orang. Hanya saja hasil duplikasi tentu memiliki nilai yang berbeda dengan barang yang terdaftar di dalam NFT.

Baca yuk, Berapa minimal trading bitcoin?

Hal ini seperti jika Anda menduplikasi lukisan karya pelukis terkenal. Meski gambar dari lukisan duplikat tersebut mirip, tetap saja nilai dari lukisan asli akan lebih tinggi daripada lukisan duplikat tersebut.

Persamaan dan Perbedaan NFT dengan Cryptocurrency

Persamaan Dan Perbedaan Nft Dengan Cryptocurrency
Persamaan dan Perbedaan NFT dengan Cryptocurrency /Unsplash

Secara umum Anda telah memahami apa itu NFT. Meski termasuk ke dalam aset kripto, NFT sebenarnya memiliki perbedaan dengan cryptocurrency. Oleh karena itu cara mendapatkan keuntungan melalui NFT juga berbeda.

Bagi Anda yang ingin berinvestasi di NFT, perlu memahami perbedaan ini terlebih dahulu. Sehingga dengan begitu Anda bisa membuat strategi terbaik untuk mendapatkan keuntungan besar melalui NFT.

  • Persamaan NFT dan Cryptocurrency

Hal yang menjadi kesamaan antara NFT dengan cryptocurrency adalah teknologi dalam pembuatannya. Keduanya sama-sama memanfaatkan teknologi blockchain dalam pembuatannya. Namun persamaan di antara keduanya hanya sebatas ini saja.

  • NFT Tidak Dapat Dipertukarkan

Perbedaan mendasar antara NFT dengan cryptocurrency adalah kemampuan untuk dipertukarkan. Anda telah memahami apa itu NFT, yaitu bersifat non-fungible yang artinya tidak dapat dipertukarkan satu sama lain.

Hal ini berbeda dengan cryptocurrency yang memiliki sifat sepadan. Sebagai contoh, nilai 1 Bitcoin akan selalu sama dengan nilai 1 Bitcoin lainnya. Sehingga Bitcoin bisa dijadikan sebagai alat transaksi.

  • Kenaikan Nilai Harga NFT

Jika satu NFT tidak dapat dipertukarkan dengan NFT lainnya, maka bagaimana Anda bisa mendapatkan keuntungan darinya? Jawabannya adalah dengan menjualnya. Oleh karena itu NFT disebut sebagai aset.

Kenaikan nilai harga NFT ditentukan oleh banyak faktor. Mulai dari banyaknya peminat terhadap NFT tersebut atau potensi kemampuan NFT dalam menghasilkan uang di masa mendatang.

Apa Itu NFT? Berikut Karakteristiknya

Selain mengenal dan memahami apa itu NFT, Anda juga perlu memahami karakteristik dari NFT. Sehingga dengan begitu pemahaman Anda mengenai NFT akan menjadi semakin utuh.

Karena sebagai aset kripto, NFT memiliki karakteristik yang cukup unik. Berikut ini adalah beberapa karakteristik dari NFT yang dapat Anda pahami. Pastikan Anda memahaminya dengan tuntas.

  • Bersifat Ekslusif

Karakteristik pertama dari NFT adalah sifatnya yang eksklusif. Karena NFT sendiri merupakan representasi terhadap kepemilikan suatu barang, maka ia harus bersifat unik dan juga langka.

Selain itu, sebuah NFT hanya akan bisa digunakan (atau dinikmati) pada platformnya masing-masing. Contohnya adalah CryptoKitties tidak akan bisa digunakan sebagai karakter di game CryptoPunk.

  • Tidak Bisa Dibagi

Suatu NFT akan selalu dianggap menjadi suatu kesatuan utuh dan tidak dapat dibagi. Hal ini berbeda dengan cryptocurrency seperti Bitcoin yang bisa didenominasi ke dalam satuan lebih kecil seperti Satoshi.

  • Tidak Dapat Dihancurkan

Data dari sebuah NFT tersimpan di dalam blockchain dengan menggunakan fitur smart contract. Hal ini membuat setiap NFT tidak dapat dihapus, dihancurkan ataupun dilakukan duplikasi.

  • Mudah Dilacak

Karena menggunakan sistem blockchain, seluruh catatan transaksi dan kepemilikan dari NFT dapat dilacak dengan mudah. Sehingga proses verifikasi terhadap kepemilikan NFT dapat dengan sangat mudah dilakukan.

Contoh NFT yang Terjual dengan Harga Fantastis

Contoh Nft Yang Terjual Dengan Harga Fantastis
Contoh NFT yang Terjual dengan Harga Fantastis/Twitter
  • Tweet Pertama

Contoh pertama dari NFT yang terjual dengan harga fantastis adalah tweet dari CEO dan pendiri twitter, jack Dorsey. Ia menjual tweet tersebut sebagai NFT dengan nilai 2,5 juta US Dollar.

Baca yuk, Apa Itu Cardao ( ADA )?

Dalam kurs rupiah, tweet tersebut terjual dengan nilai 35 miliar rupiah. Nilai ini tentunya sangatlah besar untuk membeli sebuah tweet. Namun mengingat betapa besarnya platform tweeter, hal ini bisa diwajari.

  • Crossroads

Crossroads adalah sebuah karya seni populer dari seorang seniman yang dikenal sebagai Beeple. NFT atas karya seni individual ini terjual dengan harga 6,6 juta US Dollar.

  • Everydays: The First 5000 Days

Beeple sepertinya memahami betul apa itu NFT dan bagaimana cara mendapatkan keuntungan sebesar mungkin darinya. Selain Crossroads, Beeple juga berhasil menjual karya lain dengan harga yang sangat fantastis.

Everydays: The First 5000 Days adalah kolase karya Beeple sejak pertama kali ia memulai karir pada tahun 2007. Kolase ini berhasil terjual dengan harga lebih dari 60 juta US Dollar.

  • CryptoPunk #3100 & #7804

Aset kripto lainnya yang terjual dalam bentuk NFT dengan harga fantastis adalah CrptoPunk #3100 dan #7804. Kedua aset ini terjual dengan harga lebih dari 7 juta US Dollar.

Marketplace untuk Melakukan Jual Beli NFT

Memahami apa itu NFT tidak akan cukup untuk bisa membuat Anda mendapatkan keuntungan melalui NFT. Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk menjual NFT agar mendapatkan keuntungan.

Beberapa pengembang dari NFT menyediakan metode untuk melakukan pembelian dan penjualan NFT di website milik mereka sendiri. Namun Anda juga bisa melakukan jual beli NFT di beberapa marketplace khusus berikut.

  • Opensea

Opensea merupakan marketplace terbesar di dunia untuk melakukan jual beli NFT saat ini. Di marketplace ini terdapat 200 kategori yang terdiri lebih dari 6 juta barang.

Salah satu kelebihan Opensea adalah kemampuan untuk mengagregasi NFT dari beberapa marketplace. Opensea juga terbuka untuk siapapun sehingga Anda bisa langsung melakukan jual beli di sana.

  • Rarible

Jika Anda masih belum begitu memahami apa itu NFT namun ingin mempelajarinya secara langsung, Anda bisa mengunjungi Rarible. Sebab Rarible adalah marketplace NFT yang ramah untuk pemula.

Sama seperti Opensea, siapapun bisa melakukan jual beli NFT di Rarible. Kelebihan lain dari marketplace ini adalah adanya opsi royalti. Selain itu item yang dijual dapat berupa satuan atau koleksi.

  • Niftygateway

Niftygateway memiliki penekanan pada proses lelang dengan jangka waktu untuk menjual barang-barang koleksi. Namun untuk menjadi seorang kreator di Niftygateway perlu mengajukan aplikasi terlebih dahulu.

  • Superrare

Superrare juga merupakan salah satu marketplace yang cukup besar untuk melakukan jual beli NFT. Hanya saja sama seperti Niftygateway, Anda perlu mengajukan aplikasi untuk menjadi kreator di situs ini.

Cara Membuat & Menjual NFT

Cara Membuat &Amp; Menjual Nft
Cara Membuat & Menjual NFT/Unsplash

Seperti yang kami sebutkan mengenai apa itu NFT, NFT dapat diibaratkan seperti sertifikat kepemilikan terhadap suatu karya tertentu. Maka selain membeli NFT yang telah tersedia, Anda juga bisa membuatnya.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan contoh cara membuat karya seni NFT. Untuk platform marketplace, kami akan memberikan contoh menggunakan Opensea. Perlu diingat bahwa setiap marketplace bisa memiliki aturan berbeda.

  • Buat Dompet Digital

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat dompet digital yang akan menjadi tempat menyimpan NFT dan cryptocurrency. Opensea merekomendasikan Anda untuk menggunakan dompet digital bernama MetaMask.

  • Buat Akun Opensea

Setelah Anda memiliki dompet digital, selanjutnya Anda perlu membuat akun di Opensea. Klik pada bagian kanan atas dan pilih “My Profil” dan klik “Sign in”. Setelah itu ikuti prosesnya.

  • Hubungkan Dompet Digital Dengan Akun Open Sea

Setelah akun Anda siap, langkah selanjutnya yang diperlukan adalah menghubungkan dompet digital dengan akun Anda. Klik pada menu “create” dan pilih “My Collections” untuk menghubungkan akun dengan dompet digital.

  • Tambahkan Karya Anda

Sekarang Anda sudah dapat menambahkan karya Anda ke dalam akun Opensea untuk diperjualbelikan sebagai NFT. Klik “Add New Item” dan masukkan metadata dari NFT Anda. Terakhir tekan tombol “Create”.

Apa Itu NFT? Berikut Potensinya di Masa Depan

Setelah memahami apa itu NFT, mungkin masih ada pertanyaan di dalam diri Anda mengenai potensinya di masa depan. Saat ini NFT sedang mengalami kenaikan tren yang cukup signifikan.

NFT memberikan cara baru dalam melakukan klaim kepemilikan atas aset yang bersifat digital. Bahkan NFT dinilai dapat lebih melindungi orisinalitas karya dari potensi pemalsuan atau duplikasi.

Selain itu NFT juga merupakan metode baru yang sangat disukai oleh para kolektor. Hal ini dapat terlihat dengan nilai uang yang dikeluarkan oleh para kolektor untuk membeli NFT.

Dapat dikatakan bahwa NFT masih sangat memiliki potensi di masa depan. Meskipun sebagian orang beranggapan bahwa NFT saat ini hanya seperti gelembung yang suatu saat akan meletus.

Dunia investasi memang tidak jauh dari risiko. Tentu Anda sudah memahami bahwa semakin besar potensi keuntungan dari instrumen investasi, semakin besar juga risiko dari instrumen tersebut.

Dunia kripto sendiri memang dikenal memiliki tingkat potensi keuntungan dan risiko yang begitu tinggi. Namun setelah memahami apa itu NFT, Anda bisa menghitung sendiri kesempatan berinvestasi pada aset digital ini.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar