Bisnis Kue Berkembang Berkat KUR BRI, Mau?

Terpaksa melepaskan pekerjaan untuk mengurus orangtua yang sakit, kini punya omset jutaan perbulan dari bisnis kue karena dukungan KUR BRI.

Ini adalah sepenggal kisah dari Asriani Rasyid, perempuan mandiri asal Makassar Sulawesi Selatan yang belasan tahun berjuang membangun bisnis kue mencukupi hidup sehari-hari sejak tahun 2011.

Demi mencukup kebutuhan, awalnya tidak berekspektasi tinggi saat memulai bisnis kue di tahun 2011. Seiring berjalannya waktu, kue buatannya di sambut banyak peminat, namun modal selalu menjadi kendala Asrani untuk mengembangkan usahanya.

Namun setelah mendapat pinjaman KUR BRI, hingga saat ini memiliki penghasilan tetap dari bisnisnya tersebut. Ingin seperti Asrani?

Yuk simak kisah inspiratifnya berikut ini, siapa tahu Anda ikut tersinspirasi dan memiliki ide baru untuk emngembangkan bisnis Anda sendiri!

Masa Awal Membuka Bisnis

“Karena ibu saya sakit-sakitan jadi saya berhenti bekerja. Awalnya iseng-iseng karena tidak punya penghasilan, saya coba-coba buat kue ternyata banyak yang minat. Disitu saya jualan online lewat Facebook dan Whatsapp pelan-pelan,” ungkap Asriani Rasyid (dikutip dari sultrakini.com).

Padahal saat itu ia hanya memiliki modal Rp 200 ribu untuk membeli bahan-bahan kue. Pesanan kue mulai berdatangan dan hal ini membuatnya bersemangat.

Apalagi modal tersebut merupakan uang terakhir yang ada di dompetnya, mengingat ia tidak lagi memiliki penghasilan tetap karena sudah resign dari pekerjaannya.

Sebenarnya, Asriani tidak memiliki keahlian dalam pembuatan pastry. Namun semuanya ia pelajari secara otodidak lewat berbagai media sosial, terutama Instagram. Dari sana ia belajar berbagai resep kue, seperti pie susu, riso;, kue ulang tahu, kue kering, dessert box dan kue-kue lainnya.

Selama 12 tahun, Asriani mengalami jatuh bangun saat menjalankan usahanya sebelum meraih kesuksesan seperti hari ini. Perempuan yang saat ini berusia 46 tahun itu memiliki pinsip yang bagus, yakni jatuh bangun, gagal dan mencoba lagi adalah hal biasa yang terjadi dalam dunia bisnis.

Oleh karena itu setiap kali terjatuh, ia selalu bangkit kembali untuk memulai hal baru.

Baca juga, 7 Jenis Usaha yang Bisa Lolos Pengajuan KUR BRI 2023

Mengajukan KUR BRI

Dalam menjalankan bisnis kuenya, masalah modal seringkali menjadi kendala yang cukup sulit bagi Asriani. Hingga pada suatu hari ia bertemu dengan salah satu temannya yang menyarankan agar mengajukan pinjaman KUR ke Bank BRI.

Awalnya Asriani merasa takut untuk meminjam modal, sebab sebelumnya ia tidak pernah berhutang. Namun temannya tersebut menjelaskan tentang KUR dengan cukup jelas, sehingga akhirnya ia datang langsung ke cabang Bank BRI.

“Saya kendalanya modal. Saya pas awal mau kredit, ketakutan saya karena tidak pernah kredit, tidak pernah punya utang. Terus teman saya menjelaskan soal KUR, akhirnya saya datang ke BRI,” kata Asriani.

Karena riwayat kreditnya yang bersih, akhirnya Asriani mendapatn KUR senilai Rp 15 juta apda saat itu. Modal tersebut ia gunakan untuk menunjang kebutuhan usaha kuenya tersebut. Seperti untuk membeli kulkas, alat-alat hingga booth untuk membuka kedai kecil depan rumahnya.

Menurut Asriani, peran KUR BRI sangatlah besar dalam kemajuan usaha kuenya tersebut. Sebab selain membantu dalam permodalan, BRI juga membantunya untuk mendapatkan buyer. Berkat hal tersebut, Asriani kini berhasil mengelola bisnisnya hingga bisa mendapatkan income Rp 10-11 juta perbulan.

Tentunya sebagai orang yang merasakan manfaat KUR BRI secara nyata, Asriani mengucapkan terimaksih kepada pihak Bank BRI. Ia berharap BRI bisa terus mendukung UMKM seperti dirinya untuk bangkit dan berkembang.

Baca juga, Istri Punya Cicilan Lain, Bisakah Ajukan KUR BRI?

Penyaluran KUR BRI Dari Tahun ke Tahun

Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari menyampaikan bahwa pihaknya akan terus mendorong UMKM Indonesia agar bisa mendapat akses permodalan dan mengembangkan usahanya. Dimana salah satunya yakni melalui KUR.

Sebagai salah satu Bank BUMN terbesar, prestasi Bank BRI sebagai penyalur KUR juga patut di acungi jempol. Contohnya pada tahun 2022 lalu, BRI berhasil menyalurkan Rp 252,38 triliun kepada 6,5 juta nasabah penerima KUR.

Selain itu secara kualitas penyaluran, BRI juga mencerminkan kinerja yang positif. Hal ini terlihat dari NPL KUR BRI pada Desember 2022 yang berada di angka 0,83%.

Penutup

Nah itulah sepenggal kisah inspiratif dari salah satu dari sekian banyak pelaku UMKM yang menerima manfaat KUR. Bagaimana, apakah Anda tertarik juga mengajukan KUR tahun ini?

Jika ya, sebelum mengajukan KUR jangan lupa lakukan persiapan dengan baik, seperti emnyiapkan syarat dokumen dan syarat lainnya. Agar pengajuan KUR bisa di terima dan dana cepat cair.

Semoga kisah yang di sajikan kali ini bisa menginspirasi Anda para pejuang UMKM Indonesia!

Tinggalkan komentar