Cara Mengajukan KTA BCA Lengkap dengan Tabel Pinjaman dan Syaratnya

Photo of author
Written By Yulinda Nurlisdiana

Penulis di Folderbisnis.com, Selamat menikmati artikel artikel terbaik kami. 

Baca di Google News

KTA BCA merupakan produk pinjaman perorangan yang di tawarkan oleh Bank BCA. Seperti produk pembiayaan lainnya, KTA BCA tentu memiliki syarat dan ketentuan yang harus di penuhi oleh calon debitur.

Jika Anda tertarik melakukan pinjaman KTA BCA, Anda wajib mencari tahu tentang hal tersebut. Anda juga perlu tahu bagaimana prosedur atau cara mengajukan KTA BCA dan juga simulasi angsurannya (tabel KTA BCA). Itu semua akan di bahas secara lengkap pada artikel kali ini.

Selain KTA, ada juga pinjama sejenis yang sedang banyak peminatnya yakni pinjol (pinjaman online). Tapi walaupun seperti itu, nampaknya KTA (Kredit Tanpa Agunan) dari BCA memang sudah terkenal dan juga masih banyak di minati.

Ada beberapa alasan mengapa banyak orang lebih memilih KTA (Kredit Tanpa Agunan) di banding pinjaman online yang sedang populer sejak fintech semakin berkembang di Indonesia. Di antanya yakni :

  • Karena bunga KTA dinilai lebih rendah di banding pinjol (pinjaman online)
  • Plafon maksimal KTA lebih tinggi di banding pinjol
  • Tenor maksimal KTA juga lebih panjang di banding pinjol

Bagi Anda yang sedang membutuhkan pinjaman dengan plafon lebih dari Rp 10 juta dan tenor yang lebih panjang maka KTA memang lebih tepat di banding pinjol.

Nah jika Anda berniat mengajukan pinjaman KTA BCA tapi belum tahu bagaimana simulasi angsurannya, berikut adalah cara dan syarat mengajukan KTA BCA lengkap dengan tabel pinjamannya!

Kredit Tanpa Agunan BCA

Sebelum membahas lebih dalam mengenai syarat dan cara mengajukan pinjaman KTA BCA, ada baiknya untuk mengenal dulu apa itu KTA BCA.

Mudahnya Kredit Tanpa Agunan (KTA) BCA adalah jenis pembiayaan multiguna (bisa di gunakan untuk berbagai kebutuhan) dari BCA yang tidak perlu jaminan. Sekilas mirip dengan pinajam online bukan? Tanpa jaminan dan bisa di gunakan untuk kebutuhan apa saja.

Kategori Pengajuan

Ada 2 kategori pengajuan KTA BCA yakni : Nasabah payroll BCA dan Nasabah pemilik kartu kredit BCA. Kategori ini akan muncul saat Anda mengisi form kontrak/perjanjian KTA BCA. Apakah yang dimaksud dengan kategori Nasabah payroll BCA dan Nasabah Pemilik kartu kredit BCA?

Nasabah payroll BCA adalah sebutan bagi calon debitur yang berstatus sebagai karyawan dimana pembayaran gajinya dilakukan melalui Bank BCA sehingga angsuran KTA nantinya bisa dilakukan melaui autodebet rekening BCA. 

Sementara Nasabah Pemilik kartu kredit BCA adalah calon debitur yang menjadi pemegang kartu kredit BCA dengan minimal masa keanggotaan 1 tahun dan pembayarannya dapat di kategorikan lancar.

Jadi hanya nasabah payroll BCA yang bisa mengajukan KTA BCA tanpa kartu kredit, jika tidak maka Anda harus melakukan pengajuan kartu kredit BCA terlebih dahulu.

Baca juga, 10 Kartu Kredit Terbaik dan Paling Banyak Digunakan di Indonesia!

Plafon, Tenor dan Suku Bunga

Anda bisa memperhatikan tabel di bawah ini untuk mengetahui berapa plafon maksimal, tenor, suku bunga, dan biaya lainnya yang berlaku pada personal loan (KTA BCA).

Kredit Tanpa Agunan BCAKeterangan
Plafon Rp 5 Juta- Rp 100 Juta
Tenor12, 24, 36 Bulan
(sampai dengan 3 tahun)
Suku Bunga– 12 bulan: 1% flat/bln
– 24 bulan: 1,03% flat/bln
– 36 bulan: 1,07% flat/bln
Premi Asuransi(dari pokok pinjaman)
– 12 bulan = 0,363%
– 24 bulan = 0,693%
– 36 bulan = 1,020%
Biaya Provisiminimum Rp 100.000 atau
sebesar 1%
dari pinjaman yang telah disetujui
Biaya PelunasanRp 200.000
(bisa di bayar jika sudah melakukan
6 kali pembayaran angsuran)
Denda Keterlambatan0.28% per hari dari angsuran
Rasio Angsuran1/3 x Gaji
Rasio Plafon Maksimum3x THP
Plafon, Tenor dan Suku Bunga KTA BCA

Fitur Tambahan : Asuransi

Anda mungkin agak bingung ketika membaca tabel di atas, khususnya pada bagian asuransi. Asuransi apakah yang di maksud?

Nah, asuransi di sini merupakan fitur tambahan BCA personal loan. Tujuan dari adanya asuransi ini adalah untuk melindungi ahli waris.

Misalnya jika seandainya debitur mengalami kecelakaan dengan kondisi yang cukup parah hingga menyebabkan meninggal dunia sedangkan angsuran KTA-nya belum selesai, maka pihak keluarga tidak akan di bebani pembayaran sisa angsurannya. Hal ini karena sisa angsuran akan di bayar oleh asuransi tersebut.

Asuransi ini sifatnya opsional saja jadi tidak wajib di ambil kok. Namun jika Anda berniat menyertakan asuransi dalam pengajuan KTA Anda di BCA, premi asuransi yang di tetapkan sudah tertera pada tabel di atas.

Baca artikel lainya di, Panduan KTA BNI, Tabel Angsuran, Pengajuan Online & Syaratnya

Semakin panjang tenor yang Anda ambil, maka biaya asuransi yang harus Anda bayarkan juga akan semakin besar (sesuai tenornya).

Syarat dan Cara Pengajuan Kredit Tanpa Agunan BCA

Syarat Dan Cara Mengajukan Pinjaman Kta Bca Terbaru
Syarat dan Cara Pengajuan Kredit Tanpa Agunan BCA

Bagaimana cara mengajukan kredit tanpa agunan dari BCA dengan mengikuti langkah-langkah berikut :

  1. Datanglah ke kantor cabang BCA terdekat
  2. Coba beri tahu petugas bahwa Anda ingin mengajukan KTA
  3. Membuat jadwal janji dengan Sales KTA BCA
  4. Mengisi formulir pengajuan KTA BCA
  5. Memenuhi persyaratan pengajuan KTA BCA yang berlaku

Seperti yang telah di bahas sebelumnya, bahwa ada 2 kategori nasabah yang bisa mengajukan KTA BCA. Di antaranya adalah nasabah payroll BCA dan nasabah pemilik kartu kredit BCA. Keduanya memiliki syarat pengajuan yang agak berbeda.

Syarat Nasabah Payroll BCA

Jika Anda merupakan nasabah payroll BCA, Anda bisa memperhatikan syarat-syarat berikut ini!

  • WNI dan berdomisili di Indonesia
  • Punya rekening payroll BCA
  • Minimal berusia 21 tahun dan maksimal 55 tahun saat KTA lunas
  • Khusus untuk nasabah yang berdomisili di daerah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Batam, minimal memiliki penghasilan Rp 2.500.000 THP (Take Home Pay), sementara untuk daerah lainnya minimal sebesar Rp 2.000.000 THP.
  • Bagi yang berstatus karyawan tetap, memiliki masa kerja minimal 2 tahun dan tidka sedang menjalani skorsing
  • Melampirkan KTP dan Slip gaji terakhir (resmi dari perusahaan)
  • Memiliki NPWP (khusus untuk pengajuan mulai dari Rp. 50 juta keatas)

Syarat Pemilik Kartu Kredit BCA

  • WNI dan berdomisili di Indonesia
  • Terdaftar memiliki rekening BCA
  • Khusus untuk nasabah yang berdomisili di daerah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Batamm, minimal memiliki penghasilan Rp 2.500.000 THP (Take Home Pay), sementara untuk daerah lainnya minimal sebesar Rp 2.000.000 THP.
  • Menjadi pemegang Kartu Kredit BCA minimal 1 tahun dengan catatan pembayaran yang lancar
  • Melampirkan KTP dan Kartu Kredit BCA (dengan atas nama yang sama)
  • Minimal berusia 21 tahun dan maksimal 55 tahun saat KTA lunas
  • Melampirkan KTP dan Slip gaji terakhir (resmi dari perusahaan) atau SIUP/TDDP untuk wiraswasta/pengusaha
  • Memiliki NPWP (khusus untuk pengajuan mulai dari Rp. 50 juta keatas)

Jika Anda sudah melakukan langkah-langkah di atas, maka permohonan KTA akan di proses maksimal selama 14 sampai dengan 21 hari kerja. Lama proses pengajuan setiap pemohon mungkin akan berbeda-beda.

Yuk baca artikel lainya, Mengenal Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mandiri (Tabel Pinjaman, Cara Dan Syaratnya )

Hal ini tergantung beberapa fakto seperti kelengkapan dokumen dan juga bagaimana kondisi load kerja di tim analis BCA (jika sedang tinggi-tingginya maka Anda harus sabar menunggu).

Tabel KTA BCA

Sebelum mengajukan pinjaman, penting untuk kita memahami simulasi angsurannya. Anda bisa melihat tabel di bawah ini sebagai contoh simulasi pinjaman KTA BCA!

Tabel Pinjaman Angsuran Kta Bca
Plafon, Tenor dan Suku Bunga

Tips Mengajukan KTA BCA

Pengajuan KTA BCA tidak selalu sukses, maka dari itu penting bagi Anda memperhatikan hal-hal berikut agar permohonan Anda di terima.

1. Pastikan Anda Memenuhi Persyaratan Dokumen

Persyaratan dokumen sangat mempengaruhi lama tidaknya dan diterima atau tidaknya pengajuan kredit Anda di BCA. Oleh karena itu, sebelum pergi ke cabang BCA terdekat, baca dulu persyaratan dokumen dengan teliti dan buat check list dokumen mana yang sudah dan belum di penuhi.

Jika ada yang belum di miliki atau kurang lengkap maka segera usahakan menghubungi pihak-pihak terkait untuk melengkapinya.

2. Punya Track Record BI Checking yang Bagus/ Tidak Punya Kredit Macet

Hampir semua Bank melakukan BI checking sebelum memutuskan memberikan pinjaman kepada debitur. Dalam hal ini Bank tidak akan bisa mentolelir jika ada historis kredit macet.

Walaupun nilai gaji kita di payroll cukup besar, namun jika kita punya catatan kredit macet maka kemungkinan pengajuan KTA akan di tolak.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki kredit di tempat lain pastikan tidak ada riwayat keterlambatan dan hal ini harus di cek sebelum melakukan pengajuan. Lalu bagaimana jika punya riwayat kredit macet?

Kalaupun ada kredit yang terlambat pada saat pengajuan, ada baiknya di lunasi terlebih dahulu. Karena pertimbangan acc KTA memperhatikan status kredit terkini dari debitur.

Baca artikel lainya yuk, Tabel Pinjaman Bank Mandiri Dan Jenisnya.

Nah lain lagi jika Anda mendapati pelaporan kredit yang kurang tepat (tidak akurat), contohnya Anda sebenarnya sudah melunasi kredit namun tercatat masih memiliki tunggakan. Jika kasusnya seperti ini, maka Anda harus segera mengkonfirmasi dan mengurusnya dengan mendatangi Bank tersebut.

3. Perhatikan Jumlah Angsuran Tidak Lebih dari 30% Jumlah Gaji

BCA memiliki ketentuan perhitungan limit KTA yang bisa di setujui yakni berdasarkan maksimal cicilan 30% dari gaji dan plafon 4 x penghasilan.

Mulai sekarang coba berhitung, jadi berapa plafon maksimal yang bisa Anda ajukan, jangan lebih dari jumlah 4 x penghasilan bulanan Anda. Kemudian berapa jumlah cicilan yang bisa Anda bayarkan, hal ini akan mempengaruhi tenor yang sebaiknya di ambil.

4. Perhitungkan Biaya-biaya Pengajuan KTA yang Harus di Siapkan

Selain besaran bunga, jangan lupa bahwa pinjaman KTA juga memiliki sejumlah biaya-biaya yang harus di bayarkan. Seperti biaya provisi, biaya pelunasan bahkan premi asuransi.

Namun banyak konsultan keuangan yang tidak terlalu menyarankan untuk mengambil asuransi pada KTA karena nilainya lebih mahal di banding asuransi biasanya.

5. Jangan Sulit Untuk Di hubungi Pihak BCA

Jika Anda sudah memutuskan mengambil pinjaman KTA BCA dan melakukan proses pengajuan sebaiknya Anda juga siap untuk di hubungi oleh pihak BCA.

Cek handphone secara berkala karena sewaktu-waktu pihak BCA akan menghubungi Anda untuk mengkonfirmasi permohonan. Jika proses verifikasi sudah berhasil, maka tinggal menunggu dana di transfer ke nomor rekening BCA Anda.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai syarat dan cara mengajukan personal loan di BCA. Anda bisa mempelajari simulasi angsurannya juga melakui tabel KTA BCA di atas. Perhatikan juga tips-tips dalam mengajukan Kredit Tanpa Agunan di BCA, agar pengajuan bisa berjalan lancar. Semoga informasinya bermanfaat.

TRADING FOREX DI OCTA.ID

PerusahaanPT. Octa Investama Berjangka
Regulasi
Bappebti
54/BAPPEBTI/
SI/05/2013
Min.Lot0.1
Min.Deposit$100
Situswww.octa.id

Tinggalkan komentar