Hal-hal Terkait KUR 2023 yang Sering Ditanyakan

Terkait KUR 2023 yang Sering Ditanyakan

Bisnis594 Dilihat

Program KUR 2023 telah di buka kembali. Dalam proses pengajuan seringkali calon debitur menemukan beberapa istilah yang masih asing dan juga hal-hal lain terkait KUR yang belum di mengerti. Kamu bisa simak Terkait KUR 2023 yang Sering Ditanyakan.

Hal ini seringkali menyita waktu dan energi hanya untuk mencari tahu dan memahami inti jawabannya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya hendak merangkum beberapa hal yang sering ditanyakan oleh calon peserta KUR.

Baca juga : BNI Internet Banking Terblokir Karena Lupa Password? Ini Cara Mengatasinya!

Harapannya, dengan merangkum inti pertanyaan dan jawaban tentang hal-hal seputar KUR ini, akan membantu Anda mengefektifkan waktu yang Anda miliki. Terutama bagi Anda yang baru pertama kali mengajukan KUR.

Baiklah kita bahas pertanyaanya satu persatu. Yuk simak sampai akhir!

1. Terkait KUR 2023 yang Sering Ditanyakan : Apa yang di Maksud Dengan KUR dan Siapa Sasarannya?

KUR atau Kredit Usaha Rakyat adalah program pembiayaan usaha yang di selenggarakan oleh Pemerintah sejak tahun 2007 dengan subsidi bunga rendah dan tanpa agunan.

Dana KUR disalurkan kepada pelaku UMKM baik itu perseorangan, badan usaha, atau kelompok usaha yang memiliki usaha produktif yang feasible (layak) namun belum bankable.

BAca juga : Ini Ketentuan Suku Bunga Terbaru KUR BRI 2023!

Untuk memahami apa saja usaha yang termasuk UMKM, Anda bisa menyimak UU Nomor 20 tahun 2008 dan PP Nomor 7 tahun 2021.

Baca juga, Jangan Salah! Ini Bedanya KUR dan Kupedes BRI 2023

2. Apa Arti Usaha Produktif yang Feasible Tapi Belum Bankable?

Usaha produktif yang feasible (layak) artinya usaha calon debitur dinilai menguntungkan dan membuatnya mampu membayar kredit pokok beserta bunga bunga sesuai dengan tenor yang di sepakati dengan Bank/ Penyalur KUR.

Sementara usaha produktif yang belum bankable berarti jenis usaha produktifnya tergolong dalam skala UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Dimana usaha ini belum memiliki pesyaratan kredit dari Bank/ LKBB terutama dalam hal agunan/ jaminan.

3. Apa Saja Sektor Usaha yang Bisa Mengajukan KUR?

Sektor usaha yang bisa mendapatkan KUR diantaranya :

  • Pertanian
  • Perikanan
  • Industri Pengolahan
  • Perdagangan
  • Jasa-jasa : penyediaan akomodasi dan penyediaan makanan, transportasi, pergudangan, dan komunikasi, real estate, usaha persewaan, jasa perusahaan, jasa pendidikan, jasa kemasyarakatan, sosial budaya, dan hiburan
  • Pembiayaan Calok TKI dan pekerja magang di luar negeri

4. Berapa Plafon KUR 2023?

Plafon KUR 2023 maksimal yang bisa di ajukan calon nasabah adalah Rp 500 juta. Namun ini tergantung jenis KUR yang Anda ajukan.

Baca juga : KUR BRI untuk Pedagang Bisa Pinjam Mulai 1 Juta hingga 500 Juta

Pada tahun 2023 ini, ada 4 jenis KUR yang di sediakan, yakni :

  • KUR Super Mikro : Maksimal Rp 10 juta
  • KUR Mikro : Maksimal Rp 100 juta
  • KUR Kecil : Maksimal Rp 500 juta
  • KUR TKI : Maksimal Rp 25 juta

5. Berapa Lama Tenor yang di Sediakan KUR? Apakah Bisa Perpanjang?

Jangka waktu pengembalian kredit atau tenor KUR berbeda-beda. Tergantung tujuan pembiayaan dan juga jenis KUR yang di ambil.

  • Khusus KUR Super Mikro dan Mikro maksimal tenor untuk kredit/pembiayaan modal kerja (KMK) yakni 3 tahun. Sementara untuk kredit/pembiayaan investasi (KI) maksimal tenornya 5 tahun.
  • KUR Kecil maksimal tenor untuk kredit/pembiayaan modal kerja (KMK) yakni 4 tahun. Sementara untuk kredit/pembiayaan investasi (KI) maksimal tenornya 5 tahun.
  • KUR TKI maksimal tenornya selama masa kontrak dna tidak lebih dari 3 tahun.

Jika dalam perjalanan pembayaran angsuran terjadi hambatan, tenor KUR bisa di perpanjang. Berikut adalah ketentuan selengkapnya!

  • Untuk KMK tenornya dapat di perpanjang sampai dengan 4 tahun
  • Untuk KI tenornya bisa di perpanjang sampai dengan 7 tahun

Setiap Bank biasanya memiliki kebijakan tersendiri untuk perpanjangan tenor. Misalnya seperti BRI yang biasanya menjunjung musyawarah dengan nasabahnya ketika nasabah kesulitan membayar kredit. Asalkan nasabah bersedia aktif membuka ruang komunikasi dengan pihak Bank.

Baca juga, PAHAMI DULU! Cara Membayar Angsuran dan Denda KUR BRI 2023

Penutup Terkait KUR 2023 yang Sering Ditanyakan

Apakah masih ada pertanyaan lain yang belum terjawab?

Jika iya, Anda bisa membaca artikel kami yang lainnya tentang KUR. Namun jika dirasa perlu, Anda juga bisa menghubungi Bank/ Penyalur KUR dan menanyakannya langsung agar tidak terjadi bias informasi.

Nah itulah bebrapa hal yang sering ditanyakan terutama oleh calon debitur baru program KUR. Semoga cukup jelas dan bisa membantu menjawab pertanyaan Anda seputar KUR.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *