Cara Membuat FB Ads yang Harus Dipahami Para Pebisnis

Seorang pebisnis khususnya bisnis online wajib memahami cara membuat FB Ads. Karena FB Ads merupakan salah satu layanan iklan digital paling besar yang ada pada saat ini.

Pasti Anda sudah mengetahui apa itu Facebook. Facebook adalah sebuah media sosial yang berada di bawah perusahaan bernama Meta. Selain Facebook, Meta juga memiliki beberapa media sosial lain seperti Instagram.

Selain sebagai penyedia media sosial, Meta (yang dahulu bernama Facebook) juga memiliki layanan iklan digital. Layanan iklan tersebut dinamakan dengan Facebook Ads dan cukup menjadi andalan para pebisnis.

Sebab ada banyak tujuan kampanye pemasaran digital yang bisa dilakukan menggunakan Facebook Ads. Melalui artikel ini, kami akan menunjukkan bagaimana cara untuk membuat Facebook Ads.

Alasan Anda Perlu Membuat FB Ads

Cara Membuat Fb Ads Yang Harus Dipahami Para Pebisnis
Cara Membuat FB Ads yang Harus Dipahami Para Pebisnis/Unsplash

Sebelum kami membahas tentang cara membuat FB Ads, sebelumnya kami akan menjelaskan nilai pentingnya terlebih dahulu. Sehingga Anda mengetahui alasan untuk membuat dan mengeluarkan uang pada layanan iklan digital ini.

FB Ads adalah bagian dari digital marketing yang mungkin Anda sudah memahami kelebihannya dibandingkan pemasaran konvensional. Namun secara spesifik, penggunaan FB Ads memiliki beberapa kelebihan seperti berikut.

  • Dapat Menyesuaikan Anggaran

Kelebihan pertama yang membuat Anda perlu menggunakan FB Ads adalah anggarannya dapat disesuaikan dan sangat rendah. Anggaran harian untuk bisa beriklan menggunakan FB Ads hanyalah Rp15.000.

Tentu besaran anggaran ini bisa Anda atur sesuai keinginan. Dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam mengatur besaran pengeluaran untuk melakukan iklan di media sosial.

Selain itu, anggaran yang dapat disesuaikan ini juga membuat Anda lebih fleksibel dalam melakukan evaluasi. Anda bisa melakukan tes iklan dengan biaya rendah terlebih dahulu untuk melihat efektivitasnya.

Setelah menilai iklan cukup efektif, Anda bisa menambahkan biaya iklan. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar di awal sebelum memastikan iklan berjalan efektif atau tidak.

  • Jangkauan Sangat Luas

Alasan kedua Anda perlu memahami cara membuat FB Ads adalah karena jangkauannya yang sangat luas. Perlu Anda ketahui bahwa FB Ads bukan hanya bisa ditampilkan di media sosial Facebook saja.

Sebab Anda juga bisa memilih iklan tersebut untuk ditampilkan di Facebook Messenger dan juga Instagram. Banyak orang yang sepakat bahwa Facebook dan Instagram merupakan dua media sosial terbesar saat ini.

Dengan memasang iklan di dua media sosial tersebut, brand Anda berpotensi dilihat hingga jutaan orang. Selain itu media sosial Facebook dan Instagram juga hampir digunakan oleh berbagai kalangan.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir iklan yang dibuat tidak akan sampai ke target pelanggan. Sebab kemungkinan besar target pelanggan Anda juga memiliki media sosial Facebook ataupun Instagram.

  • Data Pengguna Sangat Komprehensif

Salah satu kelebihan dari Facebook adalah memiliki basis data pengguna yang sangat komprehensif. Karena itu sangat disayangkan jika Anda tidak memahami cara membuat FB Ads.

Dengan basis data yang begitu lengkap tersebut, Anda bisa membuat penargetan secara efektif. Sehingga Anda bukan hanya bisa membuat penargetan berdasarkan pada usia dan jenis kelamin saja.

Namun Anda juga bisa membuat penargetan berdasarkan lokasi, ketertarikan dan beberapa hal lainnya. Sehingga iklan yang Anda buat dapat secara efektif ditujukan pada calon pelanggan potensial.

Sebab tentu Anda sudah memahami bahwa masing-masing bisnis memiliki target pasar masing-masing. Dengan membuat iklan yang sesuai dengan target pasar, kemungkinan keberhasilan konversi akan semakin besar.

Persiapan Sebelum Membuat FB Ads

Persiapan Sebelum Membuat Fb Ads
Persiapan Sebelum Membuat FB Ads/Unsplash

Sebelum melakukan cara membuat FB Ads, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan. Berikut adalah beberapa persiapan yang merupakan syarat utama ketika ingin membuat FB Ads.

  • Membuat Business Manager

Hal pertama yang Anda perlu lakukan adalah membuat akun business manager terlebih dahulu. Untuk membuat akun business manager, tentunya Anda membutuhkan akun Facebook. Sehingga pastikan Anda telah memiliki akun Facebook.

Business manager merupakan sebuah media yang diciptakan Facebook untuk mengelola sebuah akun bisnis. Dengan menggunakan business manager, Anda bisa mengelola akun iklan, fanspage dan berbagai hal lainnya.

Untuk membuat business manager, silahkan kunjungi business.facebook.com. Setelah itu Anda bisa klik pada tombol buat akun atau create account. Selanjutnya silahkan masuk menggunakan akun Facebook Anda.

Setelah masuk menggunakan akun Facebook, Anda bisa klik buat akun kembali. Lalu isi nama bisnis, nama Anda dan juga email bisnis. Setelah itu konfirmasi pembuatan akun melalui email.

  • Membuat Halaman Facebook

Hal perlu dipersiapkan sebelum melakukan cara membuat FB Ads selanjutnya adalah membuat halaman. Halaman ini nantinya akan menjadi tempat Anda untuk membuat konten iklan untuk kampanye digital.

Untuk membuat halaman, Anda bisa membuka Business Manager. Selanjutnya klik pada menu hamburger atau garis tiga, lalu klik pada menu pengaturan bisnis. Setelah itu klik menu halaman.

Klik pada tombol tambahkan dan pilih buat halaman baru. Selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih kategori halaman. Silakan pilih kategori halaman sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika sudah, isi semua form yang diperlukan seperti nama halaman, alamat dan hal lainnya. Lalu klik buat halaman dan tunggu hingga selesai. Maka sekarang Anda telah memiliki halaman untuk beriklan.

  • Membuat Akun Iklan

Persiapan terakhir sebelum Anda melakukan cara membuat FB Ads adalah membuat akun iklan. Sama seperti sebelumnya, untuk membuat akun iklan Anda perlu pergi ke pengaturan bisnis di Business Manager.

Jika sudah, lalu pilih menu akun iklan dan klik tambahkan. Selanjutnya pilih menu buat sebuah akun iklan baru. Setelah itu akan muncul kotak yang harus diisi untuk membuat akun iklan.

Baca, 9 Tips Ampuh Mengoptimalkan Facebook Ads

Masukan nama akun iklan tersebut sesuai keinginan Anda. Lalu pilih zona waktu mengikuti tempat Anda tinggal. Setelah itu ganti pilihan mata uang ke Indonesia Rupiah dan klik buat akun.

Selanjutnya Anda perlu memilih peruntukan akun tersebut serta izin pengelolaannya. Jika akun tersebut akan Anda kelola sendiri, berikan izin pengelolaan akun iklan dan klik terapkan.

Cara Membuat FB Ads dengan Mudah

Cara Membuat Fb Ads Dengan Mudah
Cara Membuat FB Ads dengan Mudah/Unsplash

Setelah seluruh persiapan tersebut selesai, Anda bisa langsung membuat iklan. Meski untuk menjalankannya nanti, Anda perlu mengatur metode pembayaran terlebih dahulu. Namun Anda bisa mengatur hal ini nanti.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa pembuatan Fb Ads mencakup pada tiga bagian. Ketiga bagian tersebut adalah campaign, ad set dan ads. Tentu saja kami akan menjelaskan cara membuat ketiganya.

Cara pembuatan iklan yang akan kami jelaskan berikut tidak termasuk pada pembuatan kreatif iklan. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini agar Anda bisa membuat iklan melalui Facebook Ads.

  • Membuat Campaign
    1. Buka Business Manager Anda terlebih dahulu
    2. Klik pada menu hamburger atau garis tiga lalu pilih pengelola iklan
    3. Setelah itu klik pada tombol buat yang berwarna hijau
    4. Selanjutnya Facebook akan menunjukkan enam tujuan kampanye yang bisa Anda pilih (hal ini mungkin akan berubah menyesuaikan kebijakan Facebook)
    5. Pilih tujuan kampanye sesuai keinginan Anda
    6. Berikan nama untuk kampanye Ada. Namun hal ini bersifat opsional sehingga tidak harus dilakukan. Meski begitu kami menyarankan agar Anda membuatnya
    7. Setelah itu klik lanjutkan
    8. Selanjutnya Anda akan diberikan beberapa pilihan yang bisa dipilih sesuai keinginan
    9. Satu hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam cara membuat FB Ads di bagian ini adalah pengoptimalan anggaran kampanye
    10. Atur anggaran harian yang Anda inginkan pada bagian pengoptimalan anggaran kampanye
    11. Setelah itu klik pada tombol selanjutnya
    12. Campaign selesai dibuat
  • Membuat Ad Set
    1. Untuk membuat ad set bisa dimulai dari memberikan namanya terlebih dahulu. Meski hal ini bersifat opsional, namun kami sarankan agar Anda membuatnya
    2. Pilih Lokasi konversi sesuai kebutuhan Anda
    3. Masukkan tanggal dan jam mulai waktu iklan Anda. Anda juga bisa memasukkan tanggal iklan berakhir meski ini bersifat opsional
    4. Selanjutnya tetapkan target orang-orang yang akan melihat iklan Anda
    5. Anda bisa memasukkan pengaturan pemirsa dari iklan yang telah dibuat sebelumnya
    6. Namun karena baru pertama kali membuat, pilih menu buat baru
    7. Pilih lokasi dari target pemirsa Anda. Anda bisa memilih mulai dari tingkat kecamatan hingga negara
    8. Selanjutnya masukan jenis kelamin dan umur orang-orang yang Anda target melihat iklan
    9. Hal penting dalam cara membuat FB Ads di bagian ini adalah pada penargetan terperinci. Di sini Anda bisa menentukan target pemirsa dengan sangat spesifik
    10. Sesuaikan penargetan pemirsa sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan
    11. Selanjutnya pilih tempat iklan Anda ingin ditempatkan
    12. Sesuaikan pilihan ini dengan jenis iklan yang akan Anda tampilkan
    13. Jika sudah, klik tombol selanjutnya
  • Membuat Ads
    1. Proses membuat Ads dapat dimulai dari memberikan nama pada iklan Anda. Meski hal ini bersifat opsional, namun kami menyarankan Anda untuk melakukannya
    2. Setelah itu pergi ke bagian penyiapan iklan
    3. Lalu pilih buat iklan
    4. Selanjutnya tentukan format iklan Anda
    5. Tersedia format gambar atau video tunggal, carousel atau koleksi
    6. Cara membuat FB Ads selanjutnya adalah memasukan kreatif iklan Anda
    7. Setelah itu isi Teks utama, Judul dan juga deskripsi dari iklan Anda
    8. Pilih ajakan bertindak sesuai dengan jenis produk Anda
    9. Pilih destinasi atau tempat tujuan ketika seseorang klik iklan Anda
    10. Jika sudah, Anda bisa menambahkan pelacakan untuk memantau aksi dari iklan tersebut
    11. Setelah semuanya siap, klik pada tombol terbitkan

Cara Mengoptimalkan Penggunaannya

Cara Mengoptimalkan Penggunaannya
Cara Mengoptimalkan Penggunaannya/Unsplash

Sekarang Anda telah mengetahui cara membuat Fb Ads. Dengan begitu Anda bisa langsung memulai untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan melalui iklan di media sosial Facebook atau Instagram tersebut.

Untuk mengoptimalkan penggunaan iklan, ada hal yang perlu Anda perhatikan. Salah satu hal penting di dalam penggunaan FB Ads terletak pada kreatif iklan yang Anda gunakan.

Baca, Rahasia Jualan Laris Manis di Facebook

Kreatif iklan ini akan menjadi daya tarik utama agar orang-orang melakukan klik. Oleh karena itu jangan sampai kreatif iklan tersebut dibuat secara sembarangan atau asal-asalan sehingga tidak menarik perhatian.

Berbisnis dengan menggunakan media digital diyakini bisa memberikan Anda keuntungan lebih. FB Ads merupakan salah satu layanan iklan digital yang telah dipercaya oleh banyak pebisnis.

Oleh karena itu Anda juga perlu memanfaatkan layanan iklan digital ini untuk mengembangkan bisnis. Silakan gunakan cara membuat FB Ads di atas agar Anda bisa melakukannya.

Yuk Bagikan

Satu pemikiran pada “Cara Membuat FB Ads yang Harus Dipahami Para Pebisnis”

Tinggalkan komentar