Untung dari Koleksi Mainan! Investasi Sekaligus Hobi

Pernahkah Anda membayangkan bahwa bisa untung dari koleksi mainan? Ya benar, mengoleksi mainan ternyata bukan hanya bisa menjadi hobi namun juga investasi yang memberikan keuntungan di masa depan.

Ketika berbicara tentang investasi, biasanya akan menyinggung tentang saham, reksadana ataupun properti. Namun ternyata, aset yang bisa menjadi instrumen investasi tidak terbatas pada hal-hal tersebut saja.

Ada banyak aset unik yang juga bisa menjadi investasi karena nilainya terus bertambah seiring waktu. Salah satu aset unik untuk menjadi instrumen investasi adalah mainan.

Tentunya tidak sembarang mainan bisa menjadi instrumen investasi. Jika Anda ingin tahu lebih dalam tentang aset investasi berupa mainan, silakan simak penjelasan kami hingga tuntas.

Alasan Bisa Untung dari Koleksi Mainan

Untung Dari Koleksi Mainan! Investasi Sekaligus Hobi
Untung dari Koleksi Mainan! Investasi Sekaligus Hobi

Salah satu hobi yang banyak dimiliki oleh generasi millennial dan generasi Z adalah koleksi mainan. Selain memberikan perasaan bahagia, ternyata hobi satu ini juga bisa memberikan keuntungan.

Mungkin bagi sebagian orang, untung dari koleksi mainan terdengar tidak masuk akal. Sebab pada zaman dahulu, banyak anggapan bahwa membeli mainan hanyalah pemborosan dan menghabiskan uang untuk hal tidak berguna.

Namun anggapan bahwa membeli mainan hanya menghabiskan uang mulai berubah seiring dengan berjalannya waktu. Sebab industri pop kultur yang termasuk produksi mainan di dalamnya telah mengalami perkembangan begitu pesat.

Untuk memahami mengapa koleksi mainan bisa menjadi sebuah investasi, Anda perlu memahami bagaimana sebuah aset bisa mengalami peningkatan harga. Karena salah satu poin penting dari investasi adalah peningkatan harga.

Berdasarkan hukum permintaan-penawaran, sebuah aset akan mengalami peningkatan harga ketika banyak permintaan namun persediaan terbatas. Sehingga banyak orang berani mengeluarkan uang lebih banyak untuk mendapatkan aset tersebut.

Pada saat ini, kondisi tersebut bisa terjadi pada mainan dan membuat seseorang untung dari koleksi mainan. Sebab sekarang ada banyak orang yang memiliki minat dan hobi terhadap koleksi mainan.

Hal ini membuat permintaan terhadap beberapa jenis mainan mengalami peningkatan. Di satu sisi, penawaran atau persediaan terhadap produk mainan dengan jenis dan dari merek tertentu tidak selalu ada.

Contoh seperti beberapa mainan yang diproduksi belasan atau puluhan tahun lalu saat ini sudah tidak diproduksi lagi. Bahkan beberapa mainan memang sengaja diproduksi dalam jumlah yang terbatas.

Yuk simak 10 Usaha Mainan Anak Modal Kecil

Maka dengan tingginya permintaan namun persediaan terbatas, membuat harga dari sebuah mainan bisa meningkat. Dengan adanya peningkatan harga tersebut, maka pemilik mainan akan mendapatkan keuntungan ketika menjualnya.

Contoh Mainan yang Bisa Jadi Investasi

Contoh Mainan Yang Bisa Jadi Investasi
Contoh Mainan yang Bisa Jadi Investasi

Jika Anda ingin untung dari koleksi mainan, maka perlu memperhatikan jenis mainan yang dibeli. Sebab tidak semua mainan akan mengalami peningkatan harga dan bisa memberikan keuntungan.

Ada beberapa jenis mainan yang memang dicari oleh para kolektor sehingga bagus menjadi investasi. Berikut adalah beberapa contoh mainan yang bisa dijadikan aset investasi dan memberikan keuntungan.

Action Figure

Salah satu mainan yang sudah biasa menjadi koleksi adalah action figure. Jika Anda ingin mencari untung dari koleksi mainan, maka bisa mempertimbangkan untuk mengoleksi mainan jenis ini.

Action figure sendiri merupakan mainan yang berbentuk karakter atau tokoh tertentu. Biasanya tokoh yang dijadikan action figure berasal dari seri ternama seperti film atau anime.

Beberapa contoh karakter yang dijadikan action figure seperti Ironman dari seri Avenger, Kamen Rider dan Luffy dari animasi One Piece. Jika Anda menyukai seri-seri tersebut, bisa mempertimbangkan untuk mengoleksinya.

Salah satu contoh action figure termahal yang pernah terjual adalah action figure GI Joe produksi Hasbro tahun 1963. Action figure ini berhasil terjual dengan harga USD200.000 atau sekitar Rp2,3 miliar rupiah.

LEGO

Salah satu mainan yang sangat terkenal hingga ke seluruh dunia adalah LEGO. Selain menyenangkan, ternyata Anda bisa untung dari koleksi mainan yang satu ini.

Mainan LEGO sendiri disukai oleh kalangan anak-anak ataupun dewasa. Sebab LEGO merupakan salah satu mainan legendaris yang sudah ada sejak 1932. Oleh sebab itu mainan ini memiliki sejarah tersendiri bagi beberapa orang.

Bahkan tidak sedikit kolektor yang mencari LEGO sampai ke luar negeri. Sebab beberapa seri dari mainan ini terkadang diproduksi secara terbatas dan hanya bisa didapatkan di negara tertentu.

Oleh sebab itulah, seri LEGO seperti ini yang bisa memberikan keuntungan sangat besar. Sebab kolektor yang menyukai LEGO rela menghabiskan uang jutaan rupiah untuk membelinya.

Diecast

Diecast merupakan mainan yang biasanya berbentuk kendaraan. Tentunya Anda juga bisa mendapatkan untuk dari koleksi mainan satu ini. Sebab banyak kolektor yang rela mengeluarkan jutaan rupiah untuk memilikinya.

Mainan ini dibuat dengan cara die casting atau meleburkan logam lalu menuangnya ke dalam cetakan. Mainan diecast biasanya dibuat berdasarkan pada kendaraan yang ada di dunia nyata.

Meski tidak sedikit juga diecast yang dibuat berdasarkan kendaraan fiksi dari sebuah film atau animasi. Beberapa merk diecast ternama yang disukai oleh banyak orang adalah Hot Wheels dan Matchbox.

Biasanya harga sebuah diecast bisa sangat tinggi jika merupakan seri khusus atau eksklusif. Sebab koleksi khusus atau eksklusif tersebut biasanya hanya diproduksi dalam jumlah yang terbatas.

Video Games

Selain mainan fisik seperti action figure, diecast ataupun LEGO, Anda juga bisa dapat untung dari koleksi mainan berupa video games. Contohnya seperti video games klasik yang banyak dicari oleh investor.

Sebab sesuai namanya, video games klasik sudah berhenti diproduksi. Sehingga jumlahnya di pasaran menjadi sangat sedikit dan sulit ditemukan. Di satu sisi, banyak kolektor yang menyukai permainan klasik.

Koleksi barang klasik memang merupakan hal wajar dan banyak ditemukan pada berbagai hobi. Mulai dari koleksi perangko klasik, kendaraan klasik dan tidak ketinggalan video games klasik.

Sehingga jika Anda masih memiliki kaset video games klasik dengan kondisi baik, bisa mengeceknya di marketplace seperti e-bay. Sebab mungkin kaset video games tersebut bisa dijual dengan harga tinggi.

Kartu Permainan

Jika Anda hendak mencari untung dari koleksi mainan, bisa memperhatikan beberapa jenis permainan kartu. Sebab ada banyak kolektor yang mencari item tertentu dari sebuah permainan kartu tertentu.

Contoh permainan kartu yang cukup banyak digemari seperti Yu-Gi-Oh! dan juga Pokemon. Bahkan beberapa kartu dari kedua permainan ini bisa memiliki harga hingga jutaan rupiah.

Biasanya kartu yang memiliki nilai jual tinggi merupakan kartu dengan seri tertentu. Contohnya seperti kartu yang merupakan hadiah untuk pemenang suatu turnamen sehingga jumlahnya terbatas.

Salah satu contoh kartu termahal seperti kartu dari permainan Yu-Gi-OH! yaitu Cyber Stein SJC-EN001. Kartu ini memiliki harga sekitar Rp94,6 juta. Bahkan dalam sebuah forum lelang, kartu ini dihargai Rp310 juta.

Tips Mendapatkan Keuntungan dari Koleksi Mainan

Tips Mendapatkan Keuntungan Dari Koleksi Mainan
Tips Mendapatkan Keuntungan dari Koleksi Mainan

Untuk mendapatkan untung dari koleksi mainan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Sebab ada beberapa hal yang membuat nilai dari koleksi mainan menurun atau bahkan hilang.

Tentunya Anda harus menghindari hal ini agar tetap bisa mendapatkan keuntungan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan agar mendapatkan keuntungan dari koleksi mainan.

Perhatikan Lini Fanbase Mainan

Perlu Anda ketahui bahwa setiap mainan pasti memiliki fanbase atau penggemar tersendiri. Bahkan dari satu jenis mainan, bisa terdiri dari berbagai macam penggemar. Penggemar ini harus Anda perhatikan.

Semakin besar fanbase suatu mainan, akan memberikan Anda untung dari koleksi mainan yang juga lebih besar. Sebab semakin banyak orang yang akan mencari mainan tersebut.

Contohnya jika Anda ingin mengoleksi action figure, pilihlah action figure dari toko terkenal. Misalnya action figure dari tokoh Marvel yang sudah diketahui memiliki penggemar dari seluruh dunia.

Selain itu, fanbase yang lebih besar biasanya juga lebih hidup. Sehingga perkembangan dari lini mainan tersebut cenderung dapat bertahan lama bahkan hingga belasan atau puluhan tahun ke depan.

Perhatikan Lisensi Produksi Mainan

Jika Anda ingin mendapatkan untung dari koleksi mainan, jangan sembarangan dalam membelinya. Pastikan Anda membeli mainan yang berasal dari produsen ternama dan memiliki legalitas untuk memproduksi mainan tersebut.

Sebab untuk membuat mainan dari sebuah seri ternama memerlukan lisensi khusus. Lisensi ini tentu saja tidak bisa didapatkan oleh sembarangan produsen. Lisensi inilah yang membuat mainan tersebut dianggap legal.

Karena produksi mainan dari suatu seri tanpa adanya lisensi termasuk ke dalam pembajakan. Tentunya membeli mainan yang tidak memiliki lisensi tidak akan memberikan Anda keuntungan di masa depan.

Sebab nilai dari mainan tersebut cenderung tidak diakui oleh komunitas dan para kolektor. Sehingga bukannya mendapatkan keuntungan, membeli mainan tersebut justru membuat Anda merasakan kerugian.

Perhatikan Produsen Mainan

Selain lisensi, produsen juga perlu diperhatikan jika ingin mendapatkan untung dari koleksi mainan. Karena beberapa mainan dari produsen tertentu dianggap memiliki kualitas yang lebih baik.

Contohnya untuk action figure dari tokoh-tokoh animasi Jepang, SHF produksi Bandai menjadi favorit para kolektor. Sehingga nilai dari action figure ini cenderung lebih tinggi dibanding keluaran produsen lain.

Tentunya setiap jenis mainan memiliki produsen favorit tersendiri. Oleh sebab itu Anda harus mencari tahu terlebih dahulu produsen yang banyak diminati oleh para kolektor sebelum membeli mainan.

Untuk mencarinya, Anda bisa ikut di sebuah komunitas pencinta mainan tersebut. Lalu perhatikan produsen mainan yang sering menjadi topik pembicaraan para anggota di dalam komunitas tersebut.

Jangan Buang Dus Mainan

Jika Anda memang berniat mencari untung dari koleksi mainan, jangan buang dus mainan yang Anda miliki. Sebab keberadaan dus ini bisa mempengaruhi harga jual kembali.

Bahkan banyak kolektor yang memajang koleksi mainan tetap di dalam dus. Sebab keberadaan dus ini juga akan melindungi mainan dari kotoran dan debu sehingga kualitas mainan tetap terjaga.

Karena seperti barang lainnya, mainan yang rusak atau kotor tentu akan dihargai lebih rendah. Oleh sebab itu, kolektor sangat menjaga mainan tetap berada di kondisi terbaik jika ingin menjualnya kembali.

Selain itu, di dalam jual-beli mainan memang terdapat perbedaan pada mainan yang berada di dalam box dan tidak. Mainan yang masih ada di dalam box dan tersegel cenderung dihargai lebih mahal.

Ada banyak hal yang bisa dijadikan sebagai aset untuk investasi. Salah satu aset menarik yang bisa Anda pertimbangkan menjadi investasi adalah mainan. Apalagi jika Anda memang memiliki hobi untuk mengoleksinya.

Ada banyak jenis mainan yang bisa Anda jadikan koleksi dan juga investasi. Sehingga selain memberikan rasa bahagia, Anda juga bisa untung dari koleksi mainan tersebut.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar