Mau THR Awet? Jangan Beli 3 Hal Ini Saat Menjelang Lebaran 2023!

Keuangan490 Dilihat

Bagaimana ya caranya agar THR awet dan tidak terbuang percuma?

Mungkin pertanyaan ini menghinggapi sebagian dari Anda yang akan atau sudah mendapatkan THR tahun ini.

Awalnya mungkin kita menganggap kebiasaan belanja jor-joran saat lebaran itu lumrah. Namun ternyata justru merupakan hal yang salah kaprah. Sehingga dari sini muncul keinginan untuk menggunakan THR untuk kebutuhan yang lebih bermanfaat dikemudian hari.

Semua orang pasti memiliki preferensinya masing-masing dalam melakukan pembelian barang/ jasa. Namun jika ingin THR awet dan bisa digunakan dengan lebih baik, ada 3 hal yang sebaiknya di hindari untuk di beli.

Memang, biasanya banyak orang menghabiskan uangnya disana ketika lebaran tiba. Dan ternyata justru ketiganya bisa membuat THR bahkan keuangan pasca lebaran boncos.

Penasaran dengan 3 hal yang di maksud? Yuk simak artikelnya sampai selesai!

1. Beli Gadget Hanya Karena Model Terbaru

Hal pertama yang bisa membuat keuangan boncos adalah keinginan untuk membeli gadget semata-mata karena modelnya terbaru.

Mungkin kita pernah melihat ada orang yang berebut membeli gadget terbaru. Bahkan meski tidak punya uang, tetap memaksakan dengan mengambil cicilan/ paylater.

Rasanya pasti seru dan excited bisa mendapatkan gadget keluaran terbaru. Kita merasa keren apalagi kalau jadi pusat perhatian. Namun ternyata sikap fomo (fear out missing out) ini sebenarnya bisa merugikan kita.

Banyak orang yang justru menyesal sehabi membeli gadget dengan alasan ini. Karena teknologi terbaru dari gadget yang di belinya tidak benar-benar di pakai.

Sementara tagihan bulanan karena cicilan gadget tersebut terus mendesak untuk terus dan segera di bayar. Dan ternyata, kebanyakan gadget bisa terasa maish nyaman di pakai dalam jangka waktu 3 tahunan saja.

Oleh karena itu, sebagai saran jangan gunakan THR Anda semata-mata untuk membeli gadget hanya karena modelnya terbaru. Siapkan saja dana untuk membeli gadget jauh-jauh hari dan pastikan spesifikasinya sesuai dengan yang Anda butuhkan.

2. Impulse Buying

Hal kedua yang harus di hindari supaya THR awet adalah impulse buying.

Impulse buying singkatnya adalah berbelanja secara spontan. Sedang jalan-jalan ke mall lihat tas bagus, jadi ingin membeli. Tidak sengaja lihat iklan baju-baju lucu langsung checkout!

Membeli karena sedang diskon, atau membeli hanya karena merasa keren jika memilikinya. Ini termasuk impulse buying. Apakah ini artinya saat mendapatkan THR tidak boleh membeli hal yang sudah menjadi wishlist kita selama ini?

Sebenarnya boleh-boleh saja kok. Namun akan lebih baik lagi jika kita memperhatikan harganya terlebih dahulu untuk menghindari impulse buying.

Misalnya jika pembelian tanpa rencana ini harganya di atas Rp 250 ribu. Maka Anda perlu menahan diri dulu untuk memikirikan kembali, apakah pembelian tersebut worth it?

Kemudian lihatlah anggaran dan tagihan, apakah THR Anda cukup di belikan berang tersebut?

Baca juga, 5 Pos Pengeluaran Wajib Saat Mudik Lebaran

3. Membeli Makanan Karena Lapar Mata Saja

Ketika lebaran tiba, biasanya nafsu makan juga ikut meningkat. Ingin beli ini itu, semua yang belum bisa kita makan saat bulan Ramadhan kemarin.

Hati-hati, THR banyak terbuang untuk membeli makanan hanya karena lapar mata saja.Sebab perut kita punya kapasitas yang terbatas. Jangan sampai nantinya makanan yang di beli jadi mubadzir.

Boleh saja membeli makanan yang kita suka atau inginkan, namun tetap lihat porsiya, berapa total harganya, masih cocokah dengan anggaran THR kita?

Penutup

Nah itulah 3 pembelian yang sebaiknya di hindari saat lebaran supaya THR awet dan tidak terbuang percuma. Bahkan jika kita bisa mengelolanya, THR bisa menjadi modal untuk lebih produktif lagi kedepannya.

Bagaimana dengan Anda? Sudah punya rencana anggaran untuk THR tahun ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *