Anti Mubazir! Ini Cara Sisihkan THR Untuk Investasi

Investasi521 Dilihat

Siapa yang THRnya selalu hanya numpang lewat saja? Kita bisa kok menyisihkan THR untuk investasi. Mau tahu caranya? Sini, baca tipsnya sampai selesai ya!

Jumlah THR bagi setiap orang biasanya berbeda. Tergantung lamanya bekerja. Ada yang seperempat gaji karena baru bekerja 3 bulan, ada yang setengah gaji karena baru bekerja 6 bula, ada juga yang 1 kali gaji bulanan full.

Berapapun jumlah THRnya, intinya ada uang tambahan yang akan kita dapatkan selain dari gaji bulanan.

Nah uang ini biasanya kita gunakan untuk berbelanja keperluan lebaran. Namun sebaiknya kita bisa bijaka dalam berbelanja kebutuhan lebaran, sehingga kita masih punya anggaran untuk berinvestasi.

Lalu bagaimana caranya agar bisa menyisihkan THR untuk investasi? Ada tips dari Senior Financial Advisor AMM and Associates, Bareyn Mochaddin. Menurutnya kita bisa menerapkan netode “THR PAS”.

Apa itu “THR PAS”? Yuk kita bahas tuntas!

1. Terima Dulu Baru Keluarkan

Metode “THR PAS” memiliki arti T yakni, terima dulu baru keluarkan. Maksudnya, jangan sampai kita berhutang karena alasan akan mendapatkan THR.

Menurut beberapa financial planner, berhutang untuk merayakan lebaran sebenarnya adalah hal yang sebaiknya di hindari. Sebab hutang untuk kebutuhan lebaran termmasuk jenis hutang konsumtif yang setelah selesai mudik nanti kita akan memiliki beban untuk melunasinya.

Berhutang untuk kebutuhan lebaran ini secara tidak langsung melatih otak kita untuk berfikir bahwa kita bisa memiliki sesuatu meski belum mampu. Jadi sebaiknya kita bersabar terlebih dulu, ingat, terima dulu baru keluarkan!

Baca juga, Berhutang Untuk Kebutuhan Lebaran? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini!

2. Hanya Untuk Lebaran

Selanjutnya huruf H dari metode “THR PAS” ini adalah kepanjangan dari hanya untuk lebaran. Artinya, kita perlu memfokuskan dana THR untuk kebutuhan lebaran.

Ingat, kebutuhan lebaran ya. Bukan keinginan saat lebaran. Jadi mulai sekarang coba pilah mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan.

Apakah tidak boleh membeli untuk keinginan?

Boleh-boleh saja, namun prioritaskan terlebih dulu hal-hal yang termasuk kebutuhan. Dengan begitu, kita masih memiliki peluang menyisihkan THR untuk investasi.

Lebih detailnya akan di bahas pada poin selanjutnya.

3. Rayakan!

Huruf R dari metode “THR PAS” artinya rayakan!

Gunakanlah dana THR untuk membahagiakan diri sendiri dan orang-orang terkasih saat lebaran nanti.

Jangan sampai justru keputusan pembelian menggunakan uang THR jadi ajang pamer. Dan pada akhirnya uang THR tidak bersisa karena habis digunakan untuk mendapatkan afirmasi dari luar saja.

Membahagiakan diri sendiri dan orang terkasih tidak harus mewah dan mahal. Merayakan idul fitri dengan hal yang bermakna dan sesuai dengan kemampuan justru menjadi langkah yang bijak.

4. Pisahkan Dari Gaji

Selanjutnya, huruf P dari metode “THR PAS” artinya pisahkan dari gaji. Yap, betul sekali, kita perlu memisahkan gaji dengan THR yang kita terima.

Hal ini penting sekali agar kebutuhan lebaran tidak mengganggu gaji bulanan. Jadi kebutuhan lebaran ya hanya menggunakan THR saja. Sebab gaji bulanan tetap digunakan untuk kebutuhan bulanan pasca lebaran.

5. Anggarkan

Kepanjangan huruf A dari metode “THR PAS” adalah anggarkan.

Setelah membuat list kebutuhan lebaran, selanjutnya buatlah anggaran. Jangan sampai asal mengeluarkan uang dan akhirnya malah boncos.

Misalnya saja untuk kebutuhan mudik. Detailkan apa saja kebutuhannya dan berikan anggaran yang sesuai.

Baca juga, 5 Pos Pengeluaran Wajib Saat Mudik Lebaran

6. Sisanya Gunakan Untuk Investasi

Terakhir, huruf S dari metode “THR PAS” yang berarti sisanya gunakan untuk investasi.

Nah jika kebutuhan lebaran sudah jelas prioritas dan anggarannya maka kita bisa menggunakan THR untuk investasi.

Salah satu instrumen favorit untuk investasi lebaran adalah emas. Meski begitu tetap pertimbangkan tujuan dan juga keamanan transaksinya ya. Jangan sampai kita malah rugi karena menjadikan investasi emas sebagai investasi jangka pendek.

Penutup

Nah itulah metode “THR PAS” yang bisa dilakukan agar bisa menggunakan uang THR untuk investasi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *