Cara Kredit Cicilan Tanpa Kartu Kredit di Tokopedia

Berdiri sejak tahun 2009, perjalanan Tokopedia menjadi e-commerce terbesar di Tanah Air tentu tidaklah singkat. Kunci utama kesuksesan platform besutan William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison itu adalah pada layanan inovatif yang mereka miliki, termasuk dengan ketersediaan pembayaran cicilan tanpa kartu kredit.

Yap, Tokopedia paham betul bahwa konsumen yang berbelanja di platform mereka memiliki kondisi finansial yang berbeda. Ada konsumen yang berbelanja dengan uang tunai langsung, tapi ada juga yang menggunakan kartu kredit. Hanya saja seperti yang Anda tahu, tak semua orang memiliki akses memiliki kartu kredit.

Kartu kredit yang digunakan dengan bijaksana memang sangatlah bisa membantu pembelanjaan. Anda tetap memperoleh produk yang diinginkan sekalipun uang tunai tidak cukup. Namun kartu kredit tak dapat dimiliki setiap orang lantaran persyaratan pengajuannya sangat rumit. Nah, untuk mengakomodir mereka yang tak punya kartu kredit, Tokopedia menawarkan program cicilan tanpa kartu kredit.

Seperti namanya, cicilan tanpa kartu kredit ini memungkinkan Anda tetap melakukan transaksi tanpa harus mengeluarkan uang tunai. Istilah lain untuk layanan pembayaran ini kerap juga disebut paylater alias bayar nanti. Sama seperti kartu kredit, skema paylater memungkinkan Anda berbelanja dengan limit tertentu dan kemudian tagihan dibayar secara dicicil.

Tentu saja ada pro-kontra tersendiri mengenai layanan cicilan tanpa kartu kredit yang disediakan oleh Tokopedia. Namun fakta bahwa Tokopedia menjadi marketplace terbesar di Tanah Air dengan traffic share mencapai 32,04% serta jumlah kunjungan 129,1 juta pada Januari 2021, membuat layanan paylater termasuk salah satu yang diminati konsumen Tokopedia.

Baca juga: 10 Fintech Syariah OJK Indonesia (Akad Anti Riba dan Peraturannya)

Keuntungan Pakai Cicilan Tanpa Kartu Kredit di Tokopedia

© Tokopedia

Bagi beberapa orang, melakukan transaksi dengan uang tunai memang lebih bikin puas. Namun ketika kondisi finansial tidak memungkinkan seperti saat pandemi Covid-19 kali ini, keberadaan pembayaran dengan cara dicicil tentu lebih dipertimbangkan. Apalagi kalau ada cicilan yang tak perlu menggunakan kartu kredit, siapa yang tidak mau?

Namun kadang keinginan untuk menggunakan metode pembayaran cicilan tanpa perlu setor kartu kredit ini masih bikin banyak orang bimbang. Alasan utamanya karena metode ini pengajuannya mirip pinjaman online alias pinjol yang membutuhkan verifikasi KTP. Apakah aman? Tak perlu cemas, karena asalkan memilih penyedia layanan berkualitas, Anda tak usah khawatir data diri bakal disebar.

Bahkan ada banyak sekali keunggulan yang ditawarkan oleh metode berbelanja secara mencicil, tanpa perlu memiliki kartu kredit ini. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Kebutuhan Cepat Terpenuhi

Keunggulan pertama yang ditawarkan oleh layanan cicilan tanpa kartu kredit adalah Anda bisa memenuhi kebutuhan jauh lebih cepat. Anggap saja, laptop Anda mendadak rusak dan harus membeli perangkat baru seharga Rp5 juta. Jika penghasilan bulanan Anda adalah Rp3 juta, maka setidaknya kalau ingin membeli dengan uang tunai, butuh dua bulan menabung terlebih dulu.

Itupun setidaknya Anda harus menabung minimal Rp2,5 juta per bulan, yang artinya penghasilan tersisa tinggal Rp500 ribu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Menanti dua bulan sampai uang tunai terkumpul pun bisa bermasalah apalagi jika Anda butuh laptop saat itu juga. Semua permasalahan ini jelas bisa diatasi mudah dengan metode belanja cicilan.

Anggap saja Anda mengajukan layanan cicilan tanpa credit card (CC) dan memperoleh limit Rp6 juta, maka artinya Anda bisa langsung melakukan pembelian laptop seharga Rp5 juta saat itu juga, tanpa harus menanti uang tunai terkumpul dulu.

2. Pengajuan Anti Ribet

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pengajuan pembayaran cicilan tanpa CC ini sama sekali tidak ribet. Mirip dengan pengajuan pinjol, Anda tinggal mengisi formulir aplikasi secara online yang biasanya berupa data diri sesuai KTP, pekerjaan, hingga informasi penghasilan. Kemudian diwajibkan verifikasi dengan foto KTP serta selfie dengan KTP.

Tak butuh berhari-hari atau sejumlah survei seperti pengajuan kartu kredit, prosesnya bahkan bisa terjadi dalam hitungan jam saja. Nanti pihak penyedia layanan cicilan tanpa CC ini akan langsung memberikan informasi apakah pengajuan Anda diterima atau tidak. Jika diterima, Anda bisa langsung memperoleh sejumlah limit yang bisa langsung dibelanjakan.

3. Banyak Promo

Kalau Anda seorang pengguna kartu kredit, tentu paham bahwa ada banyak sekali promo yang diberikan. Promo ini memang untuk meningkatkan penggunaan kartu kredit di kalangan masyarakat. Lantas bagaimana dengan cicilan tanpa kartu kredit?

Tenang saja, penyedia layanan paylater alias beli sekarang bayar nanti ini juga menawarkan sejumlah promo menggiurkan. Mulai dari ’Beli Satu Gratis Satu’, gratis ongkos kirim, diskon untuk pembelian minimal tertentu hingga voucher belanja di marketplace yang sama. Anda bisa menemukan sejumlah promo menggiurkan ini di Tokopedia juga.

4. Tak Cemas Biaya Tambahan

Meskipun sama-sama memberikan metode pembayaran secara angsuran, pengguna kartu kredit biasanya harus siap dengan sejumlah biaya tambahan seperti pajak, overlimit, biaya yang dibebankan oleh merchant dan penambahan lainnya dalam tagihan bulanan. Tentu biaya-biaya yang mendadak muncul ini jelas bisa bikin bingung, bukan?

Hanya saja kondisi berbeda terjadi kalau Anda memilih berbelanja secara mengangsur tanpa kartu kredit. Biasanya pihak penyedia layanan tanpa kartu kredit ini akan memberikan seluruh informasi soal biaya tambahan dari transaksi, sebelum pembayaran dikonfirmasi oleh pengguna. Anda bahkan tahu berapa lama tenor yang diberikan, sisa limit dan total tagihan bulanan.

Dengan informasi biaya tambahan yang jelas, maka Anda akan terhindar dari tambahan biaya mendadak yang merugikan. Namun pastikan Anda memilih penyedia layanan yang memang profesional, bertanggung jawab dan sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) supaya besaran bunga, perhitungan denda dan biaya administrasinya masuk akal.

5. Bisa Dipakai Untuk Apapun

Kalau menurut Anda layanan cicilan tanpa CC ini cuma dapat digunakan di sejumlah merchant tertentu, maka salah besar. Tak hanya Tokopedia, saat ini pembayaran paylater bahkan tersedia untuk hampir seluruh marketplace. Hal ini tentu menjadikan konsumen makin mudah dalam memperoleh barang idamannya.

Tak hanya barang, pembayaran paylater juga dapat dimanfaatkan untuk memesan layanan jasa. Tentunya limit disesuaikan untuk setiap profil risiko pada pengguna, sehingga Anda harus lebih bijaksana dalam menggunakannya. Bahkan kini limit pembayaran mencicil ini juga bisa digunakan di penjual offline yang sudah bekerjasama.

6. Secara Tak Langsung Menabung

Termasuk yang menilai jika belanja secara mencicil itu banyak kerugiannya? Padahal kalau dipikir lagi, metode pembayaran secara kredit justru memiliki satu manfaat tidak langsung yakni belajar menabung. Yap, Anda yang membeli secara kredit entah pakai CC atau tanpa kartu kredit, tanpa sadar ikut menabung.

Ambil contoh laptop lagi seperti sebelumnya, Anda membelinya dengan limit pembayaran cicilan tanpa CC senilai Rp5 juta. Pembelian ini Anda cicil selama satu tahun alias 12 kali pembayaran yang artinya setidaknya Anda harus membayar Rp420 ribu per bulan (belum disertai bunga). Jika penghasilan bulanan Anda Rp3,5 juta, dikurangi cicilan laptop masih tersisa Rp3 juta.

Dengan penghasilan yang tersisa Rp3 juta, bisa Anda alokasikan untuk kebutuhan wajib bulanan Rp1,5 juta, me time sebesar Rp900 ribu dan investasi serta menabung mencapai Rp600 ribu. Namun kalau Anda membeli laptop itu secara tunai, setidaknya harus menabung penuh penghasilan selama dua bulan.

Dari dua bulan penghasilan dan sudah membeli laptop, Anda hanya punya uang tersisa Rp2 juta. Jika Rp1 juta untuk kebutuhan wajib bulanan, Rp600 ribu untuk kesenangan diri dan hanya Rp400 ribu ditabung. Itupun semua baru bisa dilakukan di bulan kedua karena penghasilan bulan pertama tak bisa dipakai untuk menabung, maupun dibelanjakan.

Baca juga: Mau Investasi P2P Lending? Ini 7 Hal yang Harus Anda Perhatikan

Inilah 6 Layanan Cicilan Tanpa Kartu Kredit di Tokopedia

Dari penjelasan sebelumnya, Anda tentu sudah paham bahwa manfaat cicilan tanpa kartu kredit memang cukup banyak. Hal inilah yang akhirnya membuat Tokopedia menyediakan metode pembayaran secara diangsur. Memiliki jumlah kunjungan lebih dari 129,1 juta (per Januari 2021), keberadaan sistem pembayaran mencicil tentu sangat menguntungkan konsumen.

Tertarik ingin mencoba prosedur bayar cicil saat berbelanja di Tokopedia? Apalagi setidaknya ada dua jenis pembayaran kredit yang dimiliki Tokopedia yakni kredit untuk pembiayaan pembelian barang, serta pinjaman dana tunai dan modal usaha, yang bisa diperoleh tanpa jaminan.

Demi memenuhi kebutuhan para konsumennya itu, platform marketplace yang beberapa hari ini mengumumkan merger dengan layanan ride-hiling terbesar di Indonesia, Gojek ini memiliki setidaknya ada tujuh partner yang bekerjasama. Karena itulah Anda bakal lebih mudah jika ingin menggunakan metode pembayaran cicilan tanpa kartu kredit. Lantas apa saja? Berikut ulasannya:

1. Kredivo

Berdiri pada tahun 2016, Kredivo berhasil menjadi salah satu Fintech (Financial Technology) terdepan di negeri ini berkat layanan paylater alias beli sekarang bayar nanti yang mereka kelola. Sebagai penyedia kredit instan yang punya plafond mencapai Rp30 juta, Kredivo pun meluncur di Tokopedia dengan bunga sekitar 2.95% per bulan di Tokopedia.

Mengklaim diri sebagai penyedia pembayaran kredit tanpa CC dengan bunga terendah versi Dailysocial pada Desember 2020, konsumen Tokopedia bisa menggunakan limit dari Kredivo untuk berbelanja saat hendak dicicil. Untuk bisa memperoleh limit, Anda haruslah mengunduh aplikasi Kredivo, melakukan pendaftaran dan mengubah akun menjadi premium.

Ada dua pilihan pembayaran tagihan yang ditawarkan Kredivo yakni dibayar dalam waktu 30 hari untuk seluruh total nilai limit yang terpakai, serta dicicil tanpa DP dengan tiga pilihan tenor yakni 3/6/12 bulan.

Cara Mengajukan Cicilan Kredivo di Tokopedia

  • Pastikan Anda sudah mengunduh dan memasang aplikasi Kredivo serta Tokopedia di smartphone terlebih dulu
  • Lakukan pendaftaran akun premium di Kredivo dengan melengkapi sejumlah syarat dan dokumen yang diminta. Tunggu sampai pengajuan akun premium Anda lolos dan memperoleh limit
  • Jika Anda sudah punya limit, maka Anda bisa langsung berbelanja di Tokopedia. Buka aplikasi Tokopedia dan cari produk barang atau jasa yang Anda butuhkan, lalu pilih menu BELI
  • Anda bisa menentukan detail produk terlebih dulu mulai dari varian warna hingga jumlah barang yang ingin dibeli. Jika sudah sesuai, lanjutkan ke menu BELI lagi
  • Lengkapi informasi soal rincian pengiriman produk seperti alamat pengiriman, nomor dan nama si penerima, serta jenis layanan kurir. Anda akan tahu berapa besar ongkos kirim yang harus dibayar sehingga dapat memilih sesuai dengan kemampuan. Jika informasi pengiriman sudah tepat, Anda bisa lanjut ke menu PILIH PEMBAYARAN
  • Karena Anda menggunakan pembayaran cicilan tanpa kartu kredit dari Kredivo, pilih saja METODE PEMBAYARAN BARU >> KREDIVO
  • Tentukan mengenai jangka waktu pembayaran sebelum akhirnya memilih menu LANJUT. Anda akan diarahkan ke aplikasi Kredivo sebagai konfirmasi akhir
  • Kalau limit Anda masih aktif dan tidak punya tagihan berjalan, maka proses pembelian barang di Tokopedia menggunakan paylater dari Kredivo bisa berjalan lancar. Nantinya Limit Kredivo milik Anda akan langsung berkurang saat pembelian sudah disetujui dan kemudian informasi rincian tagihan bakal Anda peroleh termasuk jatuh tempo

2. Home Credit

Sudah beroperasi sejak tahun 2013, Home Credit adalah perusahaan pembiayaan multiguna nasional. Jika sebelumnya hanya memberikan layanan pembiayaan untuk pembelian secara offline yang mana bekerjasama dengan toko ritel, dealer kendaraan bermotor atau toko elektronik, Home Credit kini merambah online dengan kerjasamanya bersama Tokopedia.

Skema pembiayaan yang ditawarkan Home Credit bagi pengguna Tokopedia adalah cicilan tanpa kartu kredit, tetapi tidak menawarkan limit seperti layanan paylater dari Kredivo. Ada empat pilihan jangka waktu yang dapat dipilih calon konsumen yakni tenor 3/6/9/12 bulan, dengan besaran bunga 2,99% per bulan.

Jika awalnya untuk menggunakan pilihan pembayaran cicilan dengan Home Credit haruslah minimal transaksi Rp1 juta, kini bisa mulai dari Rp500 ribu. Sementara besar transaksi maksimal adalah Rp10 juta. Sebagai penyedia layanan pembayaran cicilan, Home Credit juga menerapkan sejumlah syarat yang harus dipenuhi calon debitur.

Baca juga: 10 Situs P2P Lending Terbaik Indonesia Legal OJK

Cara Mengajukan Cicilan Home Credit di Tokopedia

  • Pastikan Anda memenuhi syarat yang diminta Home Credit seperti berusia minimal 21 tahun dan memiliki KTP sebagai bukti WNI. Lalu Anda harus berdomisili di area layanan Home Credit, serta mempunyai pekerjaan dan penghasilan tetap
  • Jika syarat udah dipenuhi Anda bisa langsung membuat aplikasi atau website resmi Tokopedia untuk memilih barang yang diinginkan. Jika sudah, pilih BELI LANGSUNG > PEMBAYARAN
  • Pada menu METODE PEMBAYARAN, Anda langsung pilih HOME CREDIT dan tentukan tenor yang diinginkan sesuai kemampuan
  • Unggah foto KTP sekaligus foto selfie sambil membawa KTP sesuai ketentuan dari Home Credit
  • Isi seluruh data yang dibutuhkan mulai dari informasi diri, alamat domisili, informasi pekerjaan dan penghasilan sampai kontak darurat. Jangan lupa juga sertakan data akun rekening bank yang diminta Home Credit
  • Tunggu proses pengajuan pembiayaan cicilan ini dalam waktu maksimal 2×24 jam
  • Jika pengajuan pembiayaan cicilan di Tokopedia ini disetujui oleh Home Credit, maka dengan segera pihak Home Credit akan memproses pembelanjaan transaksi Anda. Anda akan segera mendapat produk barang atau jasa yang dimau dan kemudian tinggal menanti informasi tagihan bulanan

3. Indodana

Berpusat di Sidoarjo, Jawa Timur, Indodana adalah salah satu Fintech penyedia pinjaman online cepat cair yang cukup populer di Tanah Air. Berada di bawah naungan PT Artha Dana Teknologi, Indodana sudah berdiri sejak November 2017, meskipun baru mengantongi izin OJK pada Mei 2020. Beberapa layanan yang ditawarkan Indodana seperti pinjol, cicilan tanpa kartu kredit, dan paylater.

Konsumen Tokopedia bisa memanfaatkan fitur paylater dari Indodana untuk membeli produk barang atau jasa yang diinginkan. Dalam website resmi Tokopedia, disebutkan kalau konsumen bisa memperoleh limit kredit mulai dari Rp500 ribu – Rp25 juta saat berbelanja di Tokopedia. Sama seperti Kredivo dan Home Credit, Anda harus terdaftar dulu di Indodana.

Syarat Pengajuan Kredit Indodana di Tokopedia

  • WNI memiliki e-KTP yang berusia 21-50 tahun
  • Punya pekerjaan dan penghasilan aktif minimal Rp3 juta per bulan
  • Berdomisili dan bertempat kerja di area covering Indodana yakni Jabodetabek, Banten (Kota/Kabupaten Tangerang, Tangsel, Serang, Cilegon), Jabar (Bandung, Cimahi, Karawang, Cianjur, Cirebon, Garut, Purwakarta, Subang, Sumedang, Tasikmalaya, Sukabumi), Jateng (Yogyakarta, Semarang, Surakarta), Jatim (Surabaya, Sidoarjo, Malang, Jember, Pasuruan), Bali (Denpasar, Badung), Sumatera (Batam, Palembang, Bandar Lampung, Jambi, Medan, Padang, Pekanbaru), Kalimantan (Balikpapan, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda), serta Sulawesi (Makasar, Manado)
  • Punya rekening bank atas nama pribadi yang telah berjalan minimal tiga bulan
  • Menyertakan dokumen foto KTP dan foto selfie bersama KTP
  • Melakukan pendaftaran di aplikasi Indodana, mengisi formulir dan menanti informasi limit kredit

Biasanya Indodana akan membutuhkan waktu 1×24 jam untuk proses verifikasi apakah pengajuan pembiayaan cicilan tanpa kartu kredit ini disetujui atau tidak. Jika proses pengajuan diterima dan memperoleh limit, Anda bisa langsung berbelanja di Tokopedia dengan memilih metode pembayaran INDODANA PAYLATER.

Sekadar informasi, Indodana menetapkan biaya layanan sebesar 1% dari nilai trnasaksi (minimal Rp1.000) dan biaya tambahan sebesar 2% dari nilai transaksi. Untuk tenor satu bulan tak ada interest rate, tapi untuk tenor 3-12 bulan bakal dibebani bunga sebesar 3% flat tiap bulan.

Meskipun bisa digunakan untuk transaksi di Tokopedia, ada beberapa produk yang tak bisa dibayar dengan limit paylater dari Indodana. beberapa produk itu adalah reksadana, emas, top-up e-money, top-up OVO, voucher deals, voucher game, zakat, donasi, retribusi, tagihan kartu kredit, pajak dan BPJS.

4. BFI Finance

Bagi masyarakat Indonesia, nama BFI Finance memang sudah sangat populer. Berdiri sejak tahun 1982, BFI merupakan perusahaan pembiayaan terbesar di Tanah Air. Ada banyak lini bisnis BFI seperti pembiayaan investasi, modal kerja dan multiguna. Berbeda dengan penyedia pembiayaan belanja online secara kredit tanpa CC, BFI Finance menawarkan layanan khusus kendaraan.

Yap, bagi Anda yang ingin beli kendaraan bermotor di Tokopedia dan mau mengangsur, BFI Finance hadir. Hanya saja meskipun tanpa kartu kredit, calon debitur haruslah memberikan jaminan. Lantaran plafond yang diberikan cukup besar, BFI tentu menerapkan syarat yang cukup ketat untuk calon nasabah pengguna Tokopedia.

Dimana Anda harus menyertakan mutasi rekening, KTP, dokumen bukti tinggal seperti PBB dan rekening listrik, KK sampai sertifikat rumah. Bahkan ada juga syarat tambahan SHM (Surat Hak Milik) dan SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan). Selain skema belanja kredit tanpa CC, BFI Finance juga menawarkan produk pinjaman untuk konsumen Tokopedia.

Dua jenis produk pinjaman itu adalah pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah yang memiliki plafond maksimal Rp1 miliar dan tenor hingga 60 bulan, serta bunga flat 0.9% per bulan. Lalu ada juga pinjaman dengan jaminan BPKB mobil senilai maksimal Rp2 miliar dan bisa diangsur sampai 36 bulan, yang punya bunga flat 0/8% per bulan.

Baca juga: Cara Kredit Shopee, Cicilan Belanja Online Tanpa Kartu Kredit

5. BRI Ceria

Maraknya pinjol hingga layanan paylater tampaknya juga membuat BRI ’gerah’. Bank milik pemerintah yang berstatus sebagai bank terbesar di Indonesia ini bahkan menyediakan fitur finansial berupa metode pembayaran tanpa kartu kredit, bernama BRI Ceria. Sudah dirilis sejak Januari 2020, BRI Ceria seolah ingin ’menggoyahkan’ kekuasaan Kredivo atau Indodana dalam layanan paylater.

Tak kalah dari dua layanan tersebut, BRI Ceria juga memberikan limit mulai dari Rp500 ribu dan maksimal Rp20 juta. Dan sama seperti prosedur belanja kredit tanpa CC lainnya, Anda haruslah memiliki limit dari BRI Ceria terlebih dulu dengan cara melakukan pengajuan di aplikasi BRI Ceria. Anda juga harus melengkapi dokumen KTP, foto selfie dengan KTP dan informasi data diri.

Lantaran merupakan produk dari BRI, Anda haruslah memiliki rekening BRI aktif supaya pengajuan BRI Ceria bisa tembus. Nanti pihak BRI akan melakukan proses verifikasi informasi calon debitur, termasuk informasi keuangannya sebelum akhirnya memproses pengajuan, serta memberikan limit.

Dengan jangka waktu 1-12 bulan, BRI Ceria juga menawarkan besaran bunga yang sangat ringan. Sekadar informasi, bunga untuk kegiatan transaksi kredit di Tokopedia untuk pengguna BRI Ceria dipatok 1.42% per bulan alias 26.95% effective per tahun. Dengan tidak adanya biaya administrasi dan cuma beban bunga saja, BRI Ceria jelas bisa jadi pertimbangan terbaik.

Cara Mengajukan Cicilan BRI Ceria di Tokopedia

  • Pasang dan unduh aplikasi BRI Ceria dulu di smartphone. Proses pendaftaran akun menggunakan nomor ponsel yang terhubung ke rekening BRI
  • Lakukan verifikasi terhadap rekening BRI yang Anda miliki
  • Isi data yang dibutuhkan termasuk data diri, keluarga hingga pekerjaan dan penghasilan minimal Rp3 juta per bulan
  • Unggah foto KTP dan foto selfie bersama KTP, lalu kemudian lakukan verifikasi email terdaftar
  • Tunggu proses digital scoring yang biasanya maksimal 1×24 jam (tergantung kebijakan terbaru BRI Ceria). Jika pengajuan BRI Ceria Anda disetujui, Anda bisa mulai berbelanja di Tokopedia menggunakan limit yang dimiliki
  • Pilih produk yang ingin dibeli di aplikasi Tokopedia. Jika sudah langsung pilih metode pembayaran dengan BRI Ceria sekaligus menentukan jangka waktu pembayaran tagihan entah 3/6/9/12 bulan, sesuai kemampuan finansial Anda

Satu keunggulan yang membuat cicilan tanpa kartu kredit BRI Ceria sangat efektif untuk pengguna Tokopedia adalah pembayaran tagihan lewat autodebet. Yap, setiap tanggal jatuh tempo yang disepakati, BRI Ceria akan langsung melakukan debet otomatis sesuai nominal angsuran pada rekening Anda.

6. OVO Paylater

© Duwitmu

Jauh sebelum akhirnya Tokopedia melakukan merger dengan Gojek dan menjadi satu dalam ekosistem GoTo, platform marketplace ini memang menjalin ’hubungan mesra’ dengan OVO. Seperti yang Anda tahu, OVO merupakan layanan uang dan dompet digital yang dimiliki oleh Grab, pesaing besar Gojek dalam hal penyedia transportasi online.

Kendati kini Tokopedia sudah menjadi GoTo, tampaknya OVO masihlah akan tetap jadi salah satu metode pembayaran pilihan. Tak heran kalau akhirnya OVO Paylater tetap jadi opsi cicilan tanpa kartu kredit terbaik di Tokopedia. Diluncurkan di awal 2019, OVO Paylater bisa digunakan per Mei 2019. OVO sendiri dilaporkan dipakai lebih dari enam juta merchant di Tokopedia.

Sebagai layanan pihak ketiga, Anda haruslah terdaftar sebagai pengguna OVO terlebih dulu agar bisa berbelanja di Tokopedia dengan OVO Paylater. Tidak semua pemilik akun OVO bisa memperoleh fitur ini, karena Anda haruslah meng-upgrade terlebih dulu akun ke OVO Premier supaya bisa mengajukan OVO Paylater.

Nanti jika pengajuan OVO Paylater sudah disetujui, Anda akan memperoleh limit awal maksimal Rp2 juta. Nah, limit inilah yang bisa digunakan untuk berbelanja secara angsuran tanpa kartu kredit di Tokopedia. Sama seperti layanan-layanan lainnya, untuk bisa menggunakan OVO Paylater, tinggal Anda pilih saja di metode pembayaran saat berbelanja di platform Tokopedia.

Asalkan transaksi tidak lebih dari limit yang dimiliki pada akun OVO Paylater, maka Anda bisa memperoleh produk yang diinginkan. Ada empat pilihan jangka waktu pembayaran layanan ini yakni 30 hari, 3/6/12 bulan. Pastikan Anda memeriksa besaran tagihan, bunga dan biaya layanan agar bisa menentukan jangka waktu yang paling sesuai dengan kemampuan finansial.

Jika Anda terlambat membayar tagihan OVO Paylater, bakal dikenai bunga tunggakan sebesar 0.2% per hari dari sisa nilai tagihan yang sudah jatuh tempo. Untuk jatuh tempo pembayaran, OVO menetapkan tanggal 27 setiap bulannya. Kendati penggunanya cukup tinggi, OVO sempat ’menghapus sementara’ layanan OVO Paylater di Tokopedia pada tahun 2020 karena imbas pandemi Covid-19, seperti dilansir Kumparan.

Baca juga: Cara Menggunakan Aplikasi m-BCA Untuk Transaksi

Tren Cicilan Tanpa Kartu Kredit di Indonesia

© Tokopedia

Dengan banyaknya pilihan cicilan tanpa kartu kredit di Tokopedia, membuktikan kalau angsuran bulanan atau paylater dengan jangka waktu 30 hari sangatlah berguna di kalangan masyarakat. Tokopedia dengan ekosistem yang makin bertumbuh, bukan tak mungkin akan menggaet kerjasama dengan pihak luar lagi untuk memperluas metode pembayaran cicilan tanpa CC ini.

Kendati banyak yang menolak, fakta menyebutkan kalau metode beli sekarang bayar nanti ini justru dianggap sebagai solusi terbaik untuk mengelola keuangan dalam kondisi serba sulit seperti saat ini. Setidaknya hal itulah yang terungkap dari survei RISED (Research Institute of Socio-Economic Development), seperti dilansir Detik.

Tercatat selama wabah corona saja, peningkatan penggunaan layanan paylater bahkan melambung hingga 22.52% untuk konsumen yang sangat sering pakai paylater, dan meningkat 7.2% bagi konsumen yang sering. Proses pengajuan yang anti ribet memang dianggap sebagai alasan utama kenapa layanan belanja dengan mencicil ini jadi primadona.

Hanya saja di mana ada market yang sangat besar, maka di situlah oknum tak bertanggung jawab muncul. Yap, masih ada banyak sekali penyedia layanan belanja secara mengangsur ini yang belum terdaftar OJK sehingga mematok bunga super besar dan proses penagihan tidak manusiawi. Enggan merugi seperti itu kan? Beberapa hal berikut bisa Anda perhatikan:

  1. Supaya terhindar dari peretasan data yang merugikan finansial, pastikan kalau penawar pembiayaan belanja kredit ini memang sangat profesional dan sudah memperoleh izin OJK. Dengan begitu Anda bisa tenang mencantumkan data-data pribadi
  2. Tak ada salahnya memperhatikan sistem kredit tanpa CC yang ditawarkan. Mulai dari berapa besar plafond atau limit yang diberikan, berapa lama jangka waktu alias tenor hingga aneka biaya tambahan. Beruntung saat ini semuanya bisa diakses online sehingga lebih efisien
  3. Tak bisa dipungkiri bahwa bunga yang besar kerap jadi masalah seseorang hendak mengajukan metode cicilan tanpa kartu kredit. Tentunya setiap penyedia layanan paylater juga punya perhitungan bunga yang berbeda-beda, agar tetap sesuai dengan kemampuan keuangan, jangan lupa perhitungkan tingkat suku bunga
  4. Nah, tips terakhir yang juga bisa jadi pertimbangan lain adalah hindari membeli produk yang terlalu mahal. Karena semakin mahal produk yang Anda beli, nominal cicilan bulanan dan tingkat suku bunga juga ikut meningkat. Anda harus paham bahwa kondisi perekonomian bisa berubah, sehingga pilih saja produk yang sekiranya tagihannya sesuai kemampuan

Bagaimana? Sangat menarik sekali bukan membahas program cicilan tanpa kartu kredit yang disediakan oleh Tokopedia? Sebagai e-commerce nomor satu di Tanah Air dan sudah merambah Asia Tenggara, keberadaan layanan belanja secara mengangsur tanpa kartu kredit jelas menguntungkan. Anda bisa memaksimalkan kemampuan finansial dan belajar disiplin keuangan.

Supaya tetap bisa berbelanja dengan tenang menggunakan cicilan tanpa kartu kredit di Tokopedia, jangan sampai Anda menunggak dalam melakukan pembayaran tagihan. Tagihan yang terlambat hanyalah memberikan masalah baru dan membuat siapapun tertekan karena selalu dikejar-kejar penagih hutang. Semangat untuk berbelanja online secara sehat, ya!

Tinggalkan komentar