8 Cara Membangun Networking Dalam Bisnis

Bisnis416 Dilihat

Bagaimana caranya membangun networking yang baik dalam bisnis?

Biasanya pertanyaan ini merupakan hal yang sering ditanyakan para pebisnis yang ingin meningkatkan kapasitas bisnisnya. Dan menjawabnya adalah sebuah keharusan karena membangun networking bagi sebuah bisnis sangatlah penting.

Saking pentingnya, bahkan seorang pebisnis perlu menjelaskan rencana networkingnya dalam business plan yang ia buat sebelum memulai sebuah usaha.

Nah, apakah Anda punya pertanyaan yang sama? Jika ya, maka teruskan membaca artikel sampai selesai karena kali ini kita akan membahas seluk beluk mengenai networking dalam bisnis.

Mulai dari hal yang mendasar yakni pengertian dari networking yang sebenarnya, manfaatnya hingga bagaimana cara membangun networking agar bisnis semakin berkembang.

Langsung saja kita bahas yuk!

Apa itu Networking?

Apa itu Networking
gambar : unsplash.com/ towfiqu barbhuiya

Networking atau jaringan artinya merupakan hubungan yang dijalin karena memiliki ketertarikan yang sama.

Nah, dalam bisnis hal ini berarti seorang pebisnis yang menjalin hubungan dengan orang lain, karena umumnya sama-sama memiliki tujuan untuk mengembangkan bisnis. Orang tersebut bisa saja teman, sahabat, keluarga ataupun pebisnis lainnya.

Semakin besar dan berkualitas networking yang di bangun maka akan mempermudah kita untuk mengembangkan bisnis.

Lalu kapan saat yang tepat bagi pebisnis untuk mulai membangun networking? Mengingat, jadwal yang pastinya sangat padat bagi para pebisnis pada masa awal memulai usaha. Apalagi jika usahanya di rintis seorang diri.

Apakah menunggu sampai bisnis cukup stabil baru memikirkannya?

Seperti yang sudah di singgung sebelumnya, saking pentingnya membangun networking bahkan harus di rencanakan sebelum memulai bisnis. Mulai dari networking dengan pihak-pihak penting yang sangat berpengaruh pada bisnis agar bisa segera berjalan. Misalnya, networking dengan para distributor.

Manfaat Networking

Manfaat Networking
gambar : unsplash.com/ Cytonn Photography

Jika Anda mengamati dengan baik, setiap pebisnis sukses pasti memiliki networking yang bagus. Meski pada umumnya sama-sama memiliki tujuan mengembangkan bisnis, networking dalam bisnis juga bisa berefek pada pengembangan pribadi seseorang.

Sebab yang di butuhkan dalma bisnis untuk bertumbuh adalah pertumbuhan individu pebisnisnya itu sendiri. Baik itu secara hard skill maupu soft skill.

Jika Anda masih ragu untuk menjadikan networking sebagai salah satu prioritas dalam business plan Anda, tidak ada ruginya menyimak penjelasan tentang manfaat networking berikut ini!

1. Memperluas Wawasan

Membangun networking dalam tentunya akan memperluas wawasan.

Setiap orang adalah pribadi yang unik. Punya cara pandang, pengetahuan dan juga pengalaman yang berbeda-beda.

Dengan membangun networking, kita akan bertemu dan bertukar pikiran dengan lebih banyak orang. Jika mendapati suatu permasalahan, kita bisa mendapatkan second opinion yang membuat kita lebih tajam dalam menganalisa.

Seiring berkembangnya waktu dan pengalaman, dengan pengetahuan-pengetahuan tersebut akan membuat kita akhirnya bisa mengambil keputusan lebih baik.

2. Sebagai Media Promosi

Selain bisa memperluas wawasan, networking juga bisa di jadikan sebagai media promosi. Karena dalam networking kita pasti saling mengetahui identitas masing-masing, terutama tentang bisnis yang sedang di bangun.

Jika relasi sudah lebih dekat justru akan lebih baik, karena hal itu akan mempermudah kita untuk mempromosikan bisnis. Karena relasi yang lebih dekat biasanya akan bisa memberikan effort lebih untuk membantu promosi.

Baca juga, 10 Strategi Jitu Dalam Melakukan Promosi Usaha yang Baru Merintis

3. Bisa Meningkatkan Income

Ternyata dengan networking yang bagus, hal ini akan sangat memungkinkan kita untuk meningkatkan income. Kok bisa?

Poin ketiga ini sebenarnya masih berhubungan dengan poin sebelumnya.

Dimana ketika relasi kita memberikan effort lebih dalam memperomosikan bisnis, misalnya mereka promosi secara langsung ataupun lewat medsos. Hal ini tentu akan memberikan efek positif bagi bisnis, dan bukan tidak mungkin positif juga bagi income bisnis.

Karena biasanya calon konsumen akan lebih percaya pada review yang berasal dari orang lain di banding pemilik bisnisnya sendiri. Nah, ini semua bisa terjadi dengan networking yang baik.

4. Membuka Opportunity

Sebagai pengusaha, kita di tuntut untuk berpikir positif namun tetap waspada dengan seimbang. Dan membangun networking juga akan sangat membantu kita untuk melakukannya.

Selain memberikan wawasan berupa inspirasi maupun trigger untuk berhati-hati, nyatanya networking juga bisa mengantarkan kita pada kesempatan yang lebih baik, bahkan kesempatan yang tidak terduga sebelumnya!

Misalnya Anda berkenalan dengan A. Lalu A mengenalkan Anda dengan B serta C. Hubungan yang di bangun ini kemudian berkembang dan sampai pada pandangan untuk menyatukan visi bisnis.

Voila! Andapun memiliki partner bisnis yang sefrekuensi dan saling melengkapi sehingga bisnis lebih cepat berkembang.

5. Bisa Menjalin Koneksi dengan Para Profesional

Manfaat networking lainnya adalah bisa menjalin koneksi dengan para professional. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi Anda sebagai pebisnis.

Dengan melakukan networking dengan konsisten, bukanlah yang tidak mungkin jika suatu saat kita dikenalkan dengan seorang profesional yang menjadi gerbang awal bertemu para profesional lain.

Karena dalam membangun karir maupun bisnis, kita perlu role model yang baik. Jika kita bisa menjalin koneksi dengan para profesional, hal ini dapat membantu kita untuk membuka pandangan tentang dunia bisnis dan hal penting lain dalam hidup langsung dari ahlinya dengan lebih mudah.

Kita perlu terus mengingat, bahwa entah yang sudah lama atau baru berkecimpung dalam bisnis, belajar adalah tugas seumur hidup.

Baca juga, Pentingnya Networking Untuk Mengembangkan Bisnis

Cara Membangun Networking

Sekarang Anda sudah tahu manfaat dari networking. Sudah siap membangun networking bahkan sebelum memulai bisnis? Coba beberapa cara di bawah ini!

1. Perbanyak Kenalan

Tips yang pertama yakni perbanyak kenalan.

Tidak semua orang cocok dengan kita meski pada dasarnya sama-sama ingin mengembangkan bisnis. Oleh karena itu selain memperluas jaringan memperbanyak kenalan juga akan membuat kita lebih memiliki banyak pilihan tentang mana rekan yang bisa di ajak bekerjasama lebih serius.

Tapi hal ini bukan berarti kita melupakan hubungan lama ya. Networking dengan kawan lama yang berkualitas tetap harus di jaga dengan baik. Namun seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya, kita tidak bisa terpaku pada pertemanan lama saja untuk membangun networking yang kuat.

Oleh karena itu, memperbanyak kenalan adalah hal yang wajib di lakukan para pebisnis. Ada banyak cara untuk memperbanyak kenalan, yuk simak poin selanjutnya.

2. Bergabung dengan Komunitas

Salah satu cara yang berpotensi memberikan banyak kenalan baru adalah bergabung dengan komunitas. Carilah komunitas bisnis yang sekiranya akan cocok dengan Anda.

Sebenarnya selain komunitas bisnis, Anda juga bisa bergabung dengan komunitas lain. Misalnya komunitas olahraga, tidak jarang dari sana Anda bisa berkenalan dengan orang-orang yang sefrekuensi dan memiliki tujuan yang sama.

Namun jika Anda belum menemukan komunitas yang tepat, jika berminat Anda juga bisa membuat komunitas sendiri. Dimana didalamnya Anda juga membantu rekan pebisnis lain untuk saling bertukar pandangan dan menambah relasi.

3. Mengikuti Seminar dan Lomba

Cara lainnya untuk memperbanyak kenalan adalah dengan mengikuti seminar dan lomba.

Dengan mengikuti seminar, selain bisa menambah wawasan Anda akan bertemu orang-orang yang pasti memiliki kesamaan dengan Anda. Baik itu dari motif, profesi, ataupun sudut pandang.

Selain itu, lomba juga bisa di jadikan sarana untuk mendapatkan lebih banyak kenalan. Saat mengikuti lomba, Anda akan bertemu atau mengetahui peserta lain bukan?

Inilah kesempatan untuk berkenalan. Selain mengapresiasi karyanya, kita juga bisa mencoba menjalin relasi dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama.

4. Saling Bertukar Kartu Nama

Jangan sepelekan kartu nama! Karena ini juga bisa jadi jalan untuk mendapatkan lebih banyak kenalan.

Saat menghadiri suatu event, bertukar kartu nama bisa menjadi awal terjalinnya suatu relasi. Jika merasa ada kecocokan atau penilaian positif, siapa tahu, setelah event tersebut, orang-orang yang berkenalan dengan kita akan menghubungi untuk berdiskusi dan mengajak bekerja sama ataupun sebaliknya.

Selain kartu nama cetak, saat ini kita juga sudah bisa membuat kartu nama digital. Namun untuk berjaga-jaga, karena tidak semua orang biasa menggunakan kartu nama digital, lebih baik cetak juga kartu nama Anda untuk di bagikan saat menghasiri suatu event.

5. Manfaatkan Medsos dengan Maksimal

Selain kartu nama, jangan lupa manfaatkan medsos Anda dengan maksimal untuk membangun networking.

Misalnya setelah berkenalan, cobalah untuk saling mem-follow satu sama lain di medsos. Dengan begitu, kesempatan untuk menjalin relasi jangka panjang lebih tinggi.

Jangan lupa untuk mencantumkan bisnis Anda di profile medsos agar kenalan Anda bisa mengetahui bisnis Anda lebih dalam.

6. Aktif Dalam Forum Sharing atau Diskusi

Anda juga bisa membangun networking dari komunitas online yang di ikuti. Selain membantu memberikan inspirasi atau respon bagi anggota lain, hal ini juga bisa menjadi peluang networking bagi Anda.

Sebab jika kita aktif maka anggota komunitas akan memberikan atensi kepada kita. Hal ini tentu saja membuka kesempatan orang lain untuk lebih dulu mengajak Anda berkenalan. Oleh karena itu, penting untuk tetap aktif dalam forum sharing atau diskusi.

7. Follow Up Networking

Setelah bertemu dan berkenalan, jangan sampai kita membiarkannya begitu saja.

Jangan lupa untuk follow up (menindak lanjuti) perkenalan tersebut apalagi jika menurut Anda relasi tersebut akan membawa perkembangan bagi kedua belah pihak.

Misalnya, Anda bisa mengundang rekan Anda ke acara opening bisnis, mengajak rekan Anda untuk ngopi sore dan berdiskusi, mengirimkan atau minta informasi yang bermanfaat dan sebagainya.

Intinya, membangun networking yang baik tidak selalu harus di dasari kepentingan tertentu yang menguntungkan diri kita, tapi juga bisa memberikan manfaat bagi rekan kita.

Baca juga, Cara Membuat Hobi Jadi Bisnis yang Bisa Memberikan Keuntungan

8. Jadilah Diri Sendiri

Hal ini mungkin jadi tantangan tersendiri bagi pebisnis yang punya kepribadian introvert.

Namun pada dasarnya kepribadian introvert tidak sama dengan pemalu. Introvert berbicara tentang pengelolaan energi dimana umumnya mereka lebih bisa mendapatkan energi dari dalam diri ketimbang saat berada di situasi sosial.

Jadi yang perlu Anda lakukan adalah mengatur energi dan meningkatkan skill komunikasi yang diperlukan.

Penutup

Sebegitu pentingnya membangun networking dalam bisnis, sampai kita perlu merencanakannya sejak awal. Nah itulah beberapa cara yang bisa di lakukan untuk membangun networking yang baik agar kita bisa mengembangkan bisnis. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *