24 Tips Meningkatkan Produktivitas Bagi Pengusaha

Pernahkah Anda berusaha keras untuk meningkatkan produktivitas dan meningkatkan efisiensi dalam bisnis Anda tetapi belum menemukan cara terbaik untuk melakukannya? Anda perlu menyimak 24 tips meningkatkan produktivitas bagi pengusaha.

Tetap produktif dapat menjadi tantangan, terlepas dari apapun target Anda dalam hidup.

Anda harus melawan gangguan dan kelelahan kerja untuk membuat diri Anda terus bergerak maju.

Kabar baiknya adalah bahwa dengan strategi yang tepat dan beberapa tekad, Anda dapat meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan dan bisnis Anda.

Kami akan membagikan 24 tips meningkatkan produktivitas bagi pengusaha  Mereka tidak menjamin kesuksesan instan, tetapi mereka pasti layak untuk dicoba.

Tips ini berlaku untuk pemilik bisnis, pekerja lepas, wirausahawan solo (selfpreneur), blogger, dan siapa pun yang mencari inspirasi dan tips meningkatkan produktivitas mereka.

Cara Meningkatkan Produktivitas sebagai Pemilik Bisnis

Untuk berhasil dalam bisnis, Anda memerlukan cara untuk menggunakan sumber daya Anda yang paling terbatas secara efisien. Yaitu waktu.

Berikut adalah tips meningkatkan produktivitas sebagai pemilik bisnis.

1. Buat Kalender Pemasaran

Pemasaran adalah udara yang dihirup oleh bisnis. Jika Anda tidak bisa memenuhinya mungkin bisnis Anda akan tersedak sampai mati.

Untuk mengelola pemasaran Anda secara efisien sambil tetap menjalankan bisnis Anda sehari-hari, Anda perlu membuat kalender pemasaran.

Apa itu kalender pemasaran?

Sederhananya, kalender pemasaran adalah rencana yang mencakup kegiatan pemasaran Anda selama periode tertentu. Katakanlah setahun, meski terkadang kurang dari itu.

Ini merinci kegiatan pemasaran yang perlu dilakukan, kapan harus dilakukan, dan siapa yang perlu melakukannya.

Tips Meningkatkan Produktivitas

Mempersenjatai bisnis Anda dengan kalender pemasaran memudahkan untuk melacak dan mengelola anggaran pemasaran Anda. Hal ini juga membantu Anda untuk menjaga bisnis Anda terorganisir.

2. Buatlah Sistem Bisnis yang Otomatis

Mengapa menghabiskan waktu berharga untuk tugas yang berulang, seperti memasukkan data, jika Anda dapat mengotomatiskannya?

Mengotomatiskan tugas-tugas biasa dapat secara signifikan meningkatkan tingkat produktivitas Anda bila dilakukan dengan benar.

Bagian terbaiknya adalah ada banyak perangkat lunak otomatisasi murah yang dapat Anda manfaatkan untuk merampingkan proses bisnis Anda.

3. Delegasi

Pendelegasian adalah salah satu strategi yang sangat mudah untuk meningkatkan produktivitas di tempat kerja. Sayangnya, beberapa pemilik dan manajer bisnis merasa ini sulit dilakukan.

Mengapa begitu?

Jawabannya sederhana. Takut!

Takut orang-orang mengacaukan tugas. Takut pekerjaan tidak dilakukan seperti yang diharapkan.

Ya, mendelegasikan tugas kepada orang lain bisa menakutkan, tetapi bisa juga efektif. Mengapa tidak mulai dengan mencobanya dan lihat bagaimana mereka bekerja untuk Anda? Anda akan kagum dengan hasil yang akan dihasilkannya.

4. Gunakan Perangkat yang Tepat

Menggunakan seperangkat alat yang salah adalah pembunuh produktivitas besar dalam bisnis. Anda harus menghindari melakukan itu pada semua lini bisnis Anda.

Apa yang harus dilakukan? Temukan alat yang membantu merampingkan proses bisnis Anda dan memanfaatkannya. Misalnya, gunakan Google Calendar untuk mengatur jadwal kerja dan pendelegasian tugas.

5. Kurangi Rapat

Rapat dimaksudkan untuk membantu membuat organisasi menjadi efisien dan bekerja lebih baik. Masalahnya, bagaimanapun, adalah bahwa pertemuan yang berlebihan kontraproduktif.

Lebih buruk lagi, mereka bisa menguras pikiran, terutama ketika rapat menghabiskan waktu selama berjam-jam.

Apa yang harus dilakukan?

Minimalkan rapat. Sebagai aturan praktis, pertahankan jadwal seminggu sekali. Dan semakin pendek, semakin baik.

Jadi, bagaimana Anda berkolaborasi? Gunakan media komunikasi yang tepat  untuk membantu Anda dengan kebutuhan tinjauan Anda apakah Anda bekerja dari jarak jauh atau di tempat.

Tips Meningkatkan Produktivitas

6. Tinjau Alur Kerja Anda

Tinjau alur kerja Anda untuk mengidentifikasi apa yang berhasil dan apa yang tidak. Melakukannya akan membantu Anda menemukan kemacetan dalam operasi bisnis Anda dan menanganinya dengan tegas.

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kemacetan dari alur kerja Anda adalah dengan mengurangi jumlah proyek yang sedang berjalan dalam alur kerja Anda.

7. Membangun Budaya Kerja Jarak Jauh

Era COVID telah membuktikan bahwa budaya jarak jauh memegang kunci masa depan pekerjaan. Pada tahun 2020 ketika pandemi paling parah melanda, peralihan ke pekerjaan jarak jauh sangat besar.

Dan bertentangan dengan pendapat umum, kerja jarak jauh tidak menghambat produktivitas. Sebuah studi oleh Quantum Workplace menunjukkan bahwa karyawan memiliki keterlibatan kerja yang lebih baik ketika dibiarkan bekerja di rumah.

Jadi, dorong karyawan dan tim Anda untuk bekerja dari rumah. Lebih baik lagi, remote hybrid dengan pekerjaan di tempat. Anda akan takjub melihat bagaimana produktivitas bisnis Anda akan meningkat.

Google menyediakan banyak layanan gratis untuk saling berbagi pekerjaan dalam jaringan, atau Anda bisa mencari aplikasi lain yang lebih eksklusif. Tentu berbayar, hehe.

8. Pertahankan Pengeluaran Anda

Jika Anda ingin membuat uang maka Anda membutuhkan uang. Dan dalam bisnis, Anda akan menghabiskan banyak uang untuk mempertahankan segalanya.

Karena itu, penting untuk melacak pengeluaran harian, mingguan, dan bulanan Anda. Melakukan hal ini tidak hanya akan membantu Anda mempertahankan tingkat produktivitas yang tinggi tetapi juga profitabilitas.

Tips Meningkatkan Produktivitas sebagai Freelancer

Mungkin Anda tidak memiliki bisnis tetapi melakukan praktek kerja lepas atau bahasa kerennya adalah Freelancer.

Tetap penting untuk mempertahankan tingkat produktivitas yang tinggi untuk melihat kesuksesan dari aktifitas Freelancer Anda.

Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan sebagai tips meningkatkan produktivitas dan memberikan hasil yang baik kepada klien Anda.

9. Mulai Lebih Awal

Hal yang istimewa bagi Freelancer adalah Anda bisa memiliki jadwal Anda sendiri. Anda dapat memilih untuk mulai bekerja pada pukul 5 pagi atau 5 sore. Mungkin saja Anda tipe pekerja malam, tapi ingat jaga kesehatan ya.

Namun, yang terbaik adalah memulai rutinitas kerja Anda sedini mungkin setiap hari. Melakukannya pada awal waktu akan membuat Anda tetap produktif dalam waktu yang lama dan menyelesaikan pekerjaan.

10. Jauhkan Ponsel Anda

Tidak ada yang mengalihkan perhatian kita seperti ponsel kita. Ini tips meningkatkan produktivitas yang paling kami tekankan pada anak muda millenial yang sangat bergantung pada ponsel.

Jika Anda tidak hati-hati, Anda mungkin menghabiskan seluruh jam kerja Anda di Snapchat, IG, Facebook, Twitter. Tentu daftarnya tidak akan ada habisnya.

Cara terbaik untuk memerangi gangguan dari ponsel Anda adalah dengan menjaga jarak dari ruang kerja Anda tetapi dalam jangkauan pendengaran.

Jika itu tidak memungkinkan, Anda dapat mengalihkan ponsel Anda pada mode bisu.

Tips Meningkatkan Produktivitas
24 tips meningkatkan produktivitas bagi pengusaha 8

11. Luangkan Waktu Untuk Kehidupan Sosial

Salah satu kelemahan dari seorang Freelancer adalah kesepian yang menguras jiwa yang menyertainya.

Jangan mendorong diri Anda lebih dalam ke dalam kesepian dan keterasingan karena Anda ingin menghasilkan lebih banyak uang dari pekerjaan lepas Anda.

Keluar dari ruang kerja Anda dan dapatkan kehidupan sosial. Bergabunglah dengan klub olahraga atau membaca. Mungkin juga mendaftar untuk sesi gym. Luangkan untuk beraktifitas apapun yang membuat Anda lebih dekat dengan orang-orang.

Baca juga: Bisa Dicoba! Ini Rahasia Bisnis Saat Ramadan Meski Modal Minim

12. Perbanyak Sumber Pemasukan

Memiliki lebih banyak kontrak pekerjaan daripada yang bisa Anda tangani bisa menjadi berkah. Atau menjadi beban jika tidak ditangani dengan baik.

Untuk tujuan ini, jika Anda mendapatkan lebih banyak kontrak pekerjaan daripada yang dapat Anda lakukan, Anda memiliki dua opsi: menolaknya atau melakukan outsourcing.

Yang terakhir adalah pilihan yang lebih layak karena akan membantu meningkatkan penghasilan Anda.

Platform apa yang dapat Anda gunakan untuk melakukan outsourcing pekerjaan? Upwork, Fiverr, dan bahkan Facebook bekerja dengan cukup baik.

Anda bisa juga untuk melakukan rekrutmen pada orang terdekat untuk membantu Anda menyelesaikan pekerjaan.

13. Instal Ekstensi Chrome StayFocusd

Sebelumnya, kami berbicara tentang menjauhkan ponsel Anda untuk menghindari gangguan dan meningkatkan produktivitas.

Menjauhkan ponsel tidak secara otomatis membuat Anda kebal dari gangguan. Lagi pula, Anda masih dapat mengakses Facebook dan situs web lain yang membuang waktu dari komputer Anda. Disinilah StayFocusd berperan.

StayFocusd adalah ekstensi Google yang meningkatkan produktivitas yang membatasi akses Anda ke situs web yang membuang waktu, membantu Anda tetap fokus.

Untuk menggunakannya, yang perlu Anda lakukan hanyalah memberinya URL situs web yang ingin Anda blokir. Sisanya diurus secara otomatis.

Tips Meningkatkan Produktivitas

14. Jaga Kesehatan Anda

Anda dapat berakhir dengan bekerja terlalu keras dalam sebuah upaya untuk berbuat lebih banyak dan menghasilkan lebih banyak uang. Dan ketika itu terjadi, Anda pasti akan hancur.

Pada akhirnya, Anda kehilangan waktu dan uang. Tentu Anda tidak ingin itu terjadi.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan Anda. Pergi untuk pemeriksaan secara teratur. Beristirahatlah selama bekerja.

Makan dengan baik. Berolahragalah sesering mungkin. Pertahankan rutinitas yang sehat.

15. Hindari Multitasking

Multitasking memang menggoda. Itu membuat Anda percaya bahwa Anda bisa mendapatkan lebih banyak barang dengan melakukan lebih dari satu hal pada satu waktu. Tetapi pada akhirnya, tidak ada yang dilakukan.

Sejujurnya: satu otak tidak berfungsi dengan baik ketika kita mengerjakan banyak tugas sekaligus. Sebaiknya hindari multi-tasking.

Daripada melakukan banyak tugas dalam satu waktu, pilih satu tugas pada satu waktu dan kerjakan. Kemudian pindah ke yang berikutnya.

Anda akan takjub melihat bagaimana produktivitas Anda akan meningkat.

Cara Meningkatkan Produktivitas sebagai Selfpreneur

Perjalanan seorang Selfpreneur atau solo entrepreneurship bisa menyenangkan sekaligus menantang. Anda memiliki waktu Anda sendiri, tidak ada bos yang harus dijawab, Anda dapat memecat klien mana pun sesuka hati, dll.

Tetapi di sisi lain, beban kerja bisa sangat membebani karena Anda adalah satu-satunya tentara perang.

Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan sebagai tips meningkatkan produktivitas secara optimal sebagai pemasar afiliasi, pengecer eCommerce, atau Anda menjalankan segala bentuk Selfpreneur.

16. Buat Rutinitas dan Patuhi Itu

Disiplin, kecerdasan, atau keberuntungan yang mungkin akan menjamin kesuksesan.

Salah satu cara pasti yang mudah untuk menjaga disiplin saat Anda menjalankan bisnis adalah dengan membuat rutinitas dan berpegang teguh pada itu.

Bagaimana Anda melakukannya?

Mulailah dengan membuat rutinitas pagi. Lakukan hal yang sama untuk sisa hari itu.

Tuliskan daftar tugas yang ingin Anda kerjakan untuk hari itu. Lakukan refleksi pada malam hari sebelum tidur untuk melihat mana yang tidak dapat Anda capai.

17. Istirahatlah

Belajarlah untuk memberi diri Anda waktu istirahat yang singkat dan sering saat Anda bekerja. Melakukannya dapat membantu Anda mengembalikan energi dan tetap produktif.

Seberapa sering Anda beristirahat, keputusan harus sepenuhnya ada di tangan Anda. Itu bisa menjadi empat sesi istirahat selama 10 menit sehari. Atau mungkin istirahat satu jam penuh setiap hari.

Ingat, Anda selalu bisa fleksibel. Namun seperti yang telah dibahas sebelumnya, buatlah rutinitas untuk sesi istirahat Anda untuk menjaga produktivitas.

Tips Meningkatkan Produktivitas

18. Selalu Punya Tujuan dan Rencana

Berapa banyak klien yang ingin Anda peroleh setiap bulan? Berapa volume penjualan yang ingin Anda hasilkan setiap minggu?

Memiliki tujuan dalam pikiran memberi Anda arah. Ini memberi Anda dorongan untuk melakukannya ketika berhenti sepertinya merupakan hal terbaik untuk dilakukan.

Pada awal setiap minggu atau bulan, milikilah sesuatu untuk dituju. Ini bisa sebesar penjualan satu juta dolar atau sesederhana membalas setiap email yang tidak dijawab.

Ketika Anda telah menemukan pencapaian yang ingin Anda capai, buatlah rencana di sekitarnya. Sebuah rencana akan membantu memberikan kredibilitas pada tujuan Anda.

19. Prioritaskan Sebanyak yang Anda Bisa

Kunci untuk tetap sukses dalam bisnis adalah mengetahui apa yang penting dan apa yang tidak.

Mempromosikan bisnis Anda melalui iklan Google atau Facebook sangatlah penting. Merancang kartu nama yang keren dan cantik tidak terlalu penting. Anda bahkan mungkin tidak membutuhkannya.

Menghadiri acara networking itu penting. Menghormati setiap ulang tahun, makan malam, dan undangan non-bisnis dari teman dan keluarga tidak.

Ketika Anda telah mengetahui apa yang paling penting bagi keberhasilan bisnis Anda, tempatkan itu di urutan teratas dalam daftar prioritas Anda. Luangkan waktu Anda untuk melakukannya.

20. Hindari Berpuas Diri

Sangat mudah untuk menetap dan berhenti melakukan progress ketika Anda akhirnya mulai melihat kesuksesan. Jika ya, Anda membuka pintu bagi bisnis Anda untuk berpuas diri.

Rasa puas diri dapat membuat bisnis Anda menjadi basi. Itu dapat merampas kesuksesan yang Anda perjuangkan dengan susah payah untuk dicapai. Itu bisa membuat Anda menjadi pengusaha biasa-biasa saja.

Hindari kepuasan apa pun yang terjadi!

Apa yang harus dilakukan?

Setiap kali Anda mencapai tujuan yang signifikan, rayakan itu, dan kemudian lanjutkan ke tujuan yang lebih besar. Teruslah mendorong diri Anda melampaui batas Anda.

Keberhasilan bisnis Anda sangat tergantung pada orang-orang yang membantu Anda menjalankannya.

Jadi, jika Anda ingin meningkatkan kinerja penjualan Anda, penting untuk mengambil langkah pragmatis agar karyawan Anda tetap produktif.

21. Menghargai Upaya dan Bukan Hasil

Hasil terlalu dilebih-lebihkan. Seringkali, mereka adalah produk keberuntungan, belum tentu kerja keras.

Misalnya, seorang karyawan yang mencapai target penjualan besar mungkin beruntung bertemu dengan klien kaya.

Hargai Proses | Folderbisnis.com

Sedangkan, orang lain yang tidak menghasilkan penjualan yang signifikan dapat dengan mudah dinilai sebagai orang yang malas dan berkinerja buruk. Sebenarnya, bisa jadi karyawan itu tidak beruntung meskipun mengalami kesulitan.

Untuk alasan ini, hargai upaya, dan bukan hanya hasil. Dengan melakukan itu, Anda akan memotivasi karyawan yang berkinerja paling buruk dalam tim Anda untuk memberikan yang terbaik.

22. Mendorong Pembelajaran Berkelanjutan

Dunia selalu berubah. Apa yang berhasil kemarin mungkin tidak berhasil hari ini.

Untuk tetap menjadi yang terdepan dan relevan dalam bisnis di dunia yang terus berkembang, dorong orang-orang Anda untuk terus belajar dan mengembangkan keahlian mereka.

23. Tetap Buka Jalur Komunikasi

Komunikasi bagi bisnis seperti halnya udara bagi kita; bisnis Anda tidak dapat bertahan tanpanya. Jadi, dengan segala cara, buat orang-orang Anda berbicara

 Ketika mereka melakukannya, ide-ide akan mengalir, solusi untuk masalah operasional Anda akan ditemukan.

Perlu beberapa ide untuk menyiapkan sistem komunikasi internal? Pertimbangkan untuk menyiapkan situs web intranet di WordPress.

Ada banyak tema WordPress gratis dan berbayar yang dapat membantu Anda melakukannya dengan mudah.

24. Buat Saluran Penjualan

Tidak semua orang yang mengunjungi toko Anda siap melakukan pembelian. Untuk alasan ini, penting untuk memelihara prospek Anda melalui saluran penjualan.

Saluran penjualan membantu memindahkan calon pelanggan dari tahap minat awal ke tahap pembelian.

Penutup

24 tips meningkatkan produktivitas ini bukanlah satu-satunya tips yang ada di dunia ini. Jika Anda punya tips meningkatkan produktivitas yang lain, bisa bagikan itu pada kami dan pembaca folderbisnis.

Semoga 24 tips meningkatkan produktivitas ini bisa menginspirasi Anda dan memberikan hasil optimal. Tetap gembira dan semangat!

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar