Memahami Segmentasi Pasar dalam Bisnis dan Cara Menentukannya

Salah satu hal yang wajib dipahami oleh para pebisnis adalah segmentasi pasar dalam bisnis. Sebab tanpa memahami segmentasi pasar, Anda akan sangat kesulitan untuk memasarkan produk yang dimiliki.

Pasti Anda sudah memahami bahwa suatu produk diciptakan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan suatu kelompok tertentu. Tanpa adanya kebutuhan atau keinginan tersebut, maka tidak akan ada permintaan terhadap produk.

Sehingga pada akhirnya produk yang telah diciptakan tidak dapat terjual. Ketika produk tidak dapat terjual, maka perusahaan tidak akan bisa mendapatkan keuntungan. Tentunya semua pebisnis menginginkan mendapatkan keuntungan.

Oleh karena itu menjual produk pada orang yang tepat merupakan salah satu kunci kesuksesan bisnis. Silakan simak artikel ini untuk menemukan segmentasi pasar dari bisnis Anda.

Pengertian Segmentasi Pasar dalam Bisnis

Memahami Segmentasi Pasar dalam Bisnis Serta Cara Efektif Menentukannya/Unsplash

Banyak pebisnis baru yang ingin produk mereka dibeli oleh semua orang. Sebab dalam hitung-hitungan sederhana, semakin banyak pembeli dari suatu produk, maka akan semakin memberikan keuntungan.

Namun percayalah bahwa hal tersebut tidak akan terjadi. Karena tidak akan ada satupun produk yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan, keinginan dan preferensi dari setiap orang di dunia.

Karena itulah di dalam dunia bisnis dikenal suatu istilah yang disebut sebagai segmentasi pasar. Hal ini harus dipahami oleh para pebisnis agar tidak keliru dalam menetapkan strategi di masa mendatang.

Secara sederhana, segmentasi pasar adalah pembagian calon pelanggan ke dalam beberapa penggolongan tertentu. Pembagian ini akan digunakan sebagai asumsi dalam penentuan produk, metode pemasaran dan berbagai strategi bisnis lainnya.

Oleh karena itu memahami tentang segmentasi pasar dalam bisnis adalah hal penting dan perlu dilakukan pada tahap awal pembangunan bisnis. Sehingga Anda tidak akan keliru dalam mengambil keputusan lainnya.

Tanpa memahami segmentasi pasar, Anda akan kebingungan dalam menentukan strategi penjualan. Mulai dari salah menonjolkan aspek pada produk, pemilihan saluran pemasaran, gaya komunikasi dan sebagainya.

Sebagai akibatnya tentu bisnis Anda akan menjadi tidak efektif dan efisien. Bukan hanya akan sulit dalam mencapai tujuan, namun akan ada pengeluaran-pengeluaran yang sebenarnya tidak diperlukan.

Ada banyak model yang dapat digunakan untuk menentukan segmentasi pasar. Memahami setiap model tersebut akan membantu Anda dalam menentukan segmentasi pasar yang tepat untuk sebuah produk.

Pentingnya Memahami Segmentasi Pasar dalam Bisnis untuk Seorang Pebisnis

Pentingnya Memahami Segmentasi Pasar dalam Bisnis untuk Seorang Pebisnis/Unsplash

Secara umum kami sudah menyebutkan bahwa memahami segmentasi pasar akan membantu Anda dalam menentukan strategi bisnis lainnya. Namun secara rinci, memahami segmentasi pasar sangat penting karena alasan berikut.

  • Menajamkan Strategi Bisnis

Satu hal yang perlu diingat oleh seorang pebisnis bahwa tidak ada produk yang dapat memuaskan setiap orang. Sebab setiap orang memiliki kondisi, selera dan preferensi yang  berbeda satu sama lain.

Maka, dibanding mencoba untuk membuat bisnis yang disukai oleh seluruh orang, lebih baik Anda fokus pada suatu segmen pasar tertentu. Sehingga Anda bisa membuat strategi yang lebih tajam dan terarah.

Contoh jika Anda membangun bisnis pada bidang kuliner. Jika berfokus untuk menciptakan makanan yang disukai oleh semua orang terlepas dari usia, jenis kelamin, dan hal lainnya pasti akan sangat lama.

Akan lebih baik jika Anda fokus pada satu kelompok contohnya pencinta makanan pedas. Sehingga Anda bisa mengembangkan makanan pedas terbaik yang disukai oleh seluruh pencinta makanan pedas.

  • Membuat Strategi Pemasaran Lebih Terarah

Memahami segmentasi pasar dalam bisnis juga akan membantu Anda untuk membuat strategi pemasaran yang lebih terarah. Apalagi di masa sekarang yang telah muncul begitu banyak metode pemasaran.

Jika dahulu metode pemasaran lebih banyak pada media konvensional seperti OOH, TV, Radio dan media cetak, sekarang telah berkembang metode pemasaran digital. Pemasaran digital sendiri juga terbagi menjadi beberapa jenis.

Sehingga tentunya akan semakin menyulitkan pemilik bisnis dalam memilih media pemasaran. Salah satu cara efektif untuk menentukan strategi pemasaran adalah dengan memahami media dengan potensi paling besar menjangkau target pasar.

Sementara untuk dapat mengetahui target pasar, sudah tentu Anda harus membagi pasar menjadi beberapa segmentasi terlebih dahulu. Sebab tidak semua media pemasaran mampu menjangkau seluruh segmentasi pasar.

  • Membantu Anda dalam Memberikan Pelayanan Terbaik

Untuk mendapatkan kepuasan pelanggan, tentu Anda harus memberikan pelayanan terbaik. Memahami segmentasi pasar dalam bisnis membantu Anda untuk melakukan hal tersebut. Sehingga Anda bisa menentukan pelayanan terbaik sesuai keinginan pelanggan.

Sebab terdapat perbedaan dalam cara pandang setiap orang terhadap suatu pelayanan. Bisa saja seseorang menganggap suatu pelayanan memiliki kualitas baik, namun orang lain justru menganggapnya berlebihan.

Sebagai contoh jika Anda menjalankan bisnis pada jasa barber atau potong rambut. Selain memberikan jasa berupa potong rambut, beberapa barber biasanya juga akan mengajak pelanggan berbincang selama proses pemotongan rambut.

Bagi sebagian orang, hal ini merupakan pelayanan lebih sehingga menjadi nilai tambah dari barber tersebut. Namun bagi sebagian yang lain, mengajak berbincang ketika proses potong rambut justru membuat tidak nyaman.

  • Memudahkan Menentukan Kompetitor

Kami percaya bahwa memiliki kompetitor dalam dunia bisnis merupakan hal penting. Sehingga Anda perlu mengetahui siapa kompetitor saat menjalankan bisnis. Dengan adanya segmentasi pasar dalam bisnis, akan memudahkan Anda melakukannya.

Anda akan lebih mudah menentukan apakah suatu perusahaan merupakan kompetitor atau bukan dengan melihat target pasar mereka. Jika mereka menyasar kelompok orang yang sama, maka dengan jelas mereka adalah kompetitor.

Tanpa adanya segmentasi pasar, maka Anda akan kesulitan untuk menemukan kompetitor. Sehingga Anda bisa saja keliru dalam menentukan kompetitor atau bahkan menganggap tidak ada kompetitor sama sekali.

Beberapa manfaat dari memiliki kompetitor antara lain seperti menumbuhkan semangat pertumbuhan, mempelajari strategi kompetitor dan berbagai hal lainnya. Dengan begitu bisnis Anda akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Beberapa Jenis Segmentasi Pasar dalam Bisnis

Beberapa Jenis Segmentasi Pasar dalam Bisnis/Unsplash

Telah kami singgung sebelumnya bahwa terdapat banyak metode untuk menentukan segmentasi pasar. Tentunya seluruh jenis tersebut bisa Anda gunakan untuk membantu dalam menentukan strategi bisnis di masa mendatang.

baca juga, Ide Bisnis Paling Menguntungkan untuk Single Moms

Namun dari banyaknya jenis segmentasi pasar, terdapat beberapa jenis yang biasanya dipakai oleh para pebisnis. Berikut ini adalah beberapa jenis segmentasi pasar yang biasa digunakan oleh para pebisnis.

  • Segmentasi Demografis

Segmentasi pasar berdasarkan demografis adalah membagi pasar berdasarkan karakteristik di dalam masyarakat. Beberapa contoh dari karakter tersebut adalah jenis kelamin, usia, pekerjaan, pendidikan, pendapatan dan sebagainya.

Segmentasi ini biasanya digunakan untuk melihat calon pelanggan secara umum. Sebab biasanya karakter-karakter tersebut di masyarakat memiliki keinginan dan atau kebutuhan yang berbeda satu dengan lainnya.

Contoh sederhananya adalah preferensi pilihan seorang dewasa tentu akan berbeda dengan anak-anak. Oleh karena itu produk untuk konsumen dewasa juga akan berbeda dari produk anak-anak.

  • Segmentasi Geografis

Segmentasi pasar dalam bisnis yang biasa digunakan oleh para pebisnis selanjutnya adalah geografis. Sesuai namanya, segmentasi pasar ini adalah membagi pasar berdasarkan posisi atau letak geografisnya.

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari segmentasi geografis ini. Pertama, segmentasi ini sangat penting bagi bisnis yang mengandalkan penjualan melalui outlet atau toko.

Sehingga Anda bisa membuat strategi pemasaran yang menyasar orang-orang di dekat toko untuk datang. Selain itu, segmentasi geografis juga berguna untuk menentukan kecenderungan kebutuhan konsumen.

Contohnya seseorang yang tinggal di daerah dengan tingkat curah hujan tinggi memiliki perbedaan kebutuhan dengan orang di daerah jarang hujan. Sehingga Anda dapat menentukan strategi khusus untuk masing-masing daerah.

  • Segmentasi Psikografis

Salah satu segmentasi pasar dalam bisnis yang juga sering digunakan adalah psikografis. Segmentasi ini membagi pasar berdasarkan psikologis yang dimiliki. Sehingga memang segmentasi ini lebih sulit untuk dicari datanya.

Beberapa aspek psikologis yang bisa Anda gunakan seperti hobi atau minat spesifik dari pelanggan. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam menjual produk dan menentukan strategi pemasaran yang tepat.

Contohnya, Anda pasti akan lebih mudah menjual produk makanan sehat pada orang-orang yang peduli kesehatan. Dengan begitu Anda tidak perlu bersusah payah mempromosikan produk pada orang yang tidak peduli kesehatan.

Segmentasi psikografis juga dapat digunakan untuk mengelompokkan pasar berdasarkan sensitivitas harga. Meski terkadang beberapa orang membuat segmentasi baru berdasarkan harga. Namun satu hal pasti, respon setiap orang terhadap harga berbeda.

  • Segmentasi Perilaku

Segmentasi pasar dalam bisnis lainnya yang sering digunakan oleh para pebisnis adalah segmentasi perilaku. Di dalam segmentasi ini, pasar akan dibagi berdasarkan perilaku berbelanja mereka.

Contohnya apakah mereka adalah orang yang cenderung loyal terhadap suatu brand atau selalu ingin mencoba brand baru. Selain itu Anda juga bisa mengelompokkan dari cara mereka dalam berbelanja.

Seperti apakah mereka cenderung belanja secara langsung atau menggunakan media online. Sehingga segmentasi ini sangat berguna untuk menentukan strategi pada aspek lain seperti penentuan metode pemasaran.

Cara Menentukannya dalam Bisnis

Cara Menentukannya dalam Bisnis/Unsplash

Seluruh segmentasi di atas dapat Anda gunakan secara satuan ataupun memadukan beberapa segmentasi. Namun semakin spesifik segmentasi pasar yang Anda buat, akan semakin memudahkan Anda di masa mendatang.

Meski begitu, memang perlu diakui bahwa menentukan segmentasi pasar bukanlah hal mudah. Sebab bukan hanya bertujuan untuk membuat kelompok, namun Anda juga perlu mengetahui langkah setelah kelompok tersebut terbentuk.

Untuk mempermudah Anda dalam menentukan segmentasi pasar dan menggunakannya, kami telah menyiapkan informasi berikut. Silakan ikuti beberapa langkah di bawah agar Anda bisa membuat segmentasi pasar.

  • Pengumpulan Data

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam membuat segmentasi pasar dalam bisnis adalah mengumpulkan data. Untuk mengumpulkan data, Anda bisa melakukan riset langsung ataupun mengacu pada suatu laporan tertentu.

  • Klasifikasi Data

Setelah Anda mendapatkan data, maka langkah selanjutnya adalah melakukan klasifikasi kelompok berdasarkan data tersebut. Kelompokan orang-orang dengan beberapa karakteristik yang sama ke dalam satu kelompok.

  • Identifikasi Masalah

Setelah mendapatkan beberapa kelompok, Anda bisa mengidentifikasi masalah yang dimiliki kelompok tersebut berdasarkan karakteristik mereka. Untuk mengidentifikasi masalah, Anda perlu melihat pada kondisi di lapangan.

  • Tentukan Strategi

Setelah memahami masalah, tentukan strategi bisnis berdasarkan pada segmentasi pasar dalam bisnis tersebut. Setelah itu aplikasikan strategi yang telah Anda buat tersebut ke dalam lapangan secara langsung.

  • Evaluasi

Lihatlah respon pasar terhadap strategi Anda. Jika hasilnya baik, maka Anda bisa melanjutkan dan meningkatkan strategi tersebut. Namun jika hasilnya tidak sesuai harapan, maka lakukan perubahan strategi.

Dengan mengulangi proses tersebut, Anda akan bisa merumuskan strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis. Satu hal yang perlu Anda pahami bahwa kondisi pasar akan terus selalu berubah.

Baca yuk, Apa Arti Sukuk Ritel dan Bedanya dengan Obligasi Konvensional

Sehingga jangan berhenti untuk melakukan penilaian dan evaluasi terhadap strategi yang Anda miliki. Sehingga strategi Anda akan selalu sesuai dengan segmentasi pasar dalam bisnis di sepanjang waktu.

Tinggalkan komentar