9 Kartu Kredit Terbaik Untuk Pemula, Bisa Daftar Online!

Kartu kredit adalah salah satu alat pembayaran yang cukup penting di era digital seperti saat ini. Sebab selain bisa di gunakan untuk transaksi langsung, kartu kredit juga bisa digunakan untuk berbelanja online. Apalagi sejak pandemik covid, kita dianjurkan untuk bertransaksi secara non-tunai untuk memperkecil penyebaran virus.

Namun terkadang, image kartu kredit agak sedikit negatif. Biasanya di asosiasikan dengan jeratan hutang untuk penggunanya dan sulit di setujui Bank terutama untuk pemula. Sebenarnya itu tergantung dari kita masing-masing, apakah kita mampu mengelola pinjaman yang kita ajukan dengan atau tidak.

Selain itu jika ingin jujur-jujuran, bunga paylater atau pinjol justru jauh lebih besar di banding kartu kredit. Kalau ada yang keberatan menggunakan kartu kredit karena harus bayar iuran tahunan, ternyata ada kok beberapa yang bebas iuran tahunan (annual fee) dan beginner friendly.

Jadi syaratnya masih mudah dan realistik untuk para pemula dengan rata-rata berpenghasilan minimal Rp 3 jutaan, ya seperti yang akan kita bahas kali ini.

Seperti halnya gadget, kini inovasi demi inovasi juga banyak di lakukan oleh Bank yang menyediakan layanan kartu kredit.

Untuk itu, saya merasa perlu untuk menyajikan informasi terbaru tentang berbagai kartu kredit terbaik yang pas dengan kantong para pemula. Mulai dari fiturnya, syarat dan cara daftar hingga promo-promo terbarunya. Yuk langsung kita bahas satu persatu!

1. Kartu Kredit BCA Everyday Card

Kartu Kredit Bca Everyday Card
Sumber gambar : website Bank BCA

Kartu kredit pertama yang beginner friendly adalah BCA Everyday Card. BCA Everyday Card merupakan credit card yang punya iuran tahunan paling murah di jajaran kartu kredit BCA yakni hanya Rp 125 ribu saja per tahun.

Malah, jika Anda mengajukan kartu kredit ini sekarang sampai dengan 31 Desember 2021, maka Anda bisa mendapatkan gratis annual fee pada 1 tahun pertama.

Anda bisa mengajukan kartu kredit BCA Everyday Card dengan minimum pendapatan Rp 3.000.000 /bulan. Mirip dengan namanya, jika di lihat dari promo-promo yang biasanya di berikan BCA Everyday Card ini memang cocok digunakan untuk transaksi harian.

  • Limit kartu kredit : Rp 3 juta – Rp 19 juta
  • Tarik tunai maksimal : Rp 4 juta/ hari
  • Ada cashback 5% dengan transaksi minimal Rp. 250 ribu di supermarket dan SPBU (yang bekerjasama dengan pembayaran kartu kredit BCA)

Mengenai suku bunganya, per-tanggal 1 Juli 2021 BCA Everyday Card memberlakukan bunga sebesar 1 Juli 2021 menjadi 1,75% dari yang awalnya 2%.

Ini berlaku untuk jenis transaksi tarik tunai ataupun belanja. Nah, untuk apply-nya, Anda bisa mengajukan pembuatan kartu kredit BCA Everyday Card ini secara online dengan mengisi formulir di situs resmi Bank BCA.

2. Mandiri Everyday Card

Credit card selanjutnya yang cocok untuk pemula berasal dari salah satu Bank terbesar pelat merah yakni Bank Mandiri dengan Mandiri Everyday Card. Karena Bank Mandiri sudah punya cabang dimana-mana.

Jadi untuk Anda para pemula yang tidak tinggal di kota-kota besarpun bisa apply kartu kredit dengan mudah, asalkan punya pendapatan minimum sebesar Rp 3 juta.

Biaya iuran tahunan Mandiri Everyday Card sebesar Rp. 180.000 / tahun. Dengan kartu kredit ini Anda bisa menikmati fitur :

  • Limit kartu kredit : Rp 2 Juta – Rp 100 juta
  • Mandiri installment : Mengubah metode pembayaran menjadi cicilan tetap dengan bunga hingga 1% per bulannya
  • Mandiri powercash : Pencairan dana tunai dengan cicilan tetap hingga 12 bulan dengan bunga ringan

Mandiri Everyday Card juga memberlakukan suku bunga sebesar 1,75% untuk setiap transaksi tarik tunai ataupun belanja. Saat ini Anda juga mengajukan credit card Bank Mandiri dengan mengunjungi website mandirikartukredit.com lalu mengisi formulir yang tersedia.

3. Kartu Kredit BNI Silver & Gold

BNI Silver & Gold adalah layanan credit card paling basic yang di sediakan oleh Bank BNI. Anda bisa mengajukan kartu kredit dengan jika penghasilan Anda minimal Rp 3 – Rp 4 jutaan/ bulan (atau setara Rp 36 juta/ tahun).

Namun iuran tahunan credit card ini lebih mahal di banding 2 kartu kredit yang sudah kita bahas sebelumnya yakni Rp 240 ribu / tahun. Limitnya berkisar Rp 2 juta hingga Rp 10 juta (untuk Silver) dan Rp10 juta hingga Rp49 juta (untuk Gold)

Sama seperti credit card lainnya, Anda bisa mengajukannya secara online lewat E-Form yang tersedia di website resmi Bank BNI.

Baca yuk, Pilih Mana, Apply Kartu Kredit Atau Pinjaman Online?

Oh ya, selain kart kredit BNI Silver & Gold, BNI juga banyak mengeluarkan kartu kredit co-branding yang bekerjasama dengan brand-brand besar seperti Garuda, Lottemart, Pertamina, Telkomsel dll. Jadi Anda bisa menambahkan credit card lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. BRI Easy Card

Bri Easy Card
Sumber gambar : website Bank BRI

Masih dari Bank pelat merah, kini kartu kredit beginner friendly datang dari BRI dengan BRI Easy Card. Sama dengan syarat pengajuan credit card pada entry level, BRI Easy card bisa di ajukan oleh calon nasabah dengan minimal penghasilan Rp 3 juta/ bulan.

Salah satu metode pembayaran yang satu ini cocok digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Annual feenya Rp 250.000/ tahun.

  • Limit kartu kredit : Rp 3.000.000 – Rp 24.999.999
  • BRI Cicilan Ringan : Merubah metode pembayaran menjadi cicilan dengan minimal transaksi Rp 500 ribu
  • Promo cashback 1% tarik tunai di ATM, 2% di supermarket dan 3% di SPBU

Untuk mengajukan BRI Easy Card, Anda bisa mengunjungi website kartukredit.bri.co.id dan mengisi data-data yang di perlukan.

5. CIMB Niaga Classic

CIMB Niaga Classic adalah fasilitas kartu kredit untuk pemula yang di terbitkan oleh Bank CIMB Niaga. Jika credit card lainnya memberlakukan iuran tahunan, namun tidak demikian dengan CIMB Niaga Classic. Kartu kredit ini membebaskan annual fee untuk para nasabahnya alias gratis iuran tahunan.

  • Free annual fee untuk kartu berlogo MasterCard (selamanya)
  • Free annual fee untuk kartu berlogo VISA (pada 2 tahun pertama)
  • Cicilan tetap dengan tenor 3, 6 dan 12 bulan
  • Poin Xtra : Mendapatkan 2 Poin Xtra setiap pembelanjaan Rp 10.000 (atau 1 poin setiap pembelanjaan Rp Rp 5 ribu)

Anda dapat mengajukan CIMB Niaga Classic jika memiliki penghasilan minimal Rp 3 juta/ bulan atau Rp 36 juta/tahun. Nah, untuk Anda yang berminat apply, coba kunjungi website cards-loan.cimbniaga.co.id

6. Digibank Live Fresh Visa

Kartu Kredit Digibank Live Fresh Visa
Sumber gambar : webiste Bank DBS

Bank asal Singapura ini menawarkan credit card yang cocok untuk pemula bernama Digibank Live Fresh Visa. Annual feenya paling murah dibanding kartu kredit Bank DBS yang lain, namun paling mahal di banding credit card yang sudah kita bahas di atas yakni sebesar Rp 400.000.

Meski demikian, Anda akan mendapatkan promo gratis iuran tahunan di tahun pertama dan juga halpun sepertinya setara dengan bonus serta fitur yang Anda dapatkan.

  • Cashback sampai dengan 5% untuk belanja online setiap bulannya
  • Poin Rewards : Belanja Rp 10. 000 = 1 Poin
  • Welcome bonus : Cashback Rp 50.000
  • Mengubah metode transaksi menjadi cicilan dengan tenor sampai dengan 60 bulan
  • Promo-promo diskon hingga 50% untuk transaksi di lebih dari 250 outlet di dalam maupun luar negeri

Anda bisa mengajukan registrasi Digibank Live Fresh Visa jika memiliki minimal income Rp4.000.000 per bulannya. DBS memang terkenal royal dalam memberikan limit kredit, jadi kenaikan limit kredit biasanya akan berproses seiring transaksi yang Anda lakukan.

Mengenai suku bunganya sama masih 1,75% per transaksi tarik tunai maupun belanja. Selain itu, salah satu pelopor Bank digital ini tentu menawarkan pengajuan credit card yang mudah secara online.

Jika Anda sudah menjadi nasabah digibank, Anda bisa mengajukan Digibank Live Fresh Visa lewat aplikasi saja.

7. Citi Simplicity+

Citi Simplicity+ merupakan kartu kredit yang memiliki iuran tahun paling murah di Citibank. Untuk menggunakannya Anda akan di kenakan annual fee sebesar Rp 350.000 per tahun.

Yang unik dari Citi Simplicity+ adalah jika ada pemakaian di luar batas kredit, nasabah tidak akan terkena biaya apapun alias gratis. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu transaksi Anda melebihi limit.

  • Potongan 10% Biaya Bunga setiap Anda membayar tagihan tepat waktu
  • Pemegang kartu Citi Simplicity+ juga akan bebas biaya keterlambatan pembayaran
  • Sedang ada cashback sampai dengan Rp 1.000.000 untuk nasabah baru

Untuk memiliki credit card Citi Simplicity+, pendapatan minimal Anda setidaknya berjumlah Rp 60.000.000 per tahun atau sekitar Rp 5 juta/ bulan. Anda bisa melakukan pengajuan secara online tanpa harus pergi ke Bank.

8. Kartu Kredit Permata Reward Card Classic

Permata Reward Card Classic adalah kartu kredit entry level dari Permata Bank dengan annual fee Rp 250 ribu/ tahun atau Anda bisa menukarkan 8,000 Reward Points untuk membayarnya. Anda juga akan mendapatkan gratis iiuran tahunan pada tahun pertama. PermataReward Card Classic.

  • Limit kartu kredit : Rp. 3.000.000 –  Rp. 39.000.000/Bulan
  • Reward points : 10x Poin Reward untuk transaksi di luar negeri
  • SimplePay Installments : Cicilan 0% dengan tenor 3 bulan di merchants hotel, airlines, dan travel

Cara apply credit card ini cukup lewat aplikasi PermataMobile X dengan minimal income Rp 3 juta/ bulan.

9. UOB YOLO Card

Uob Yolo Card
Sumber gambar : website UOB

Nah, credit card lainnya yang cocok untuk pemula adalah UOB YOLO Card. Walaupun digolongkan sebagai kartu kredit paling basic di UOB, namun sepertinya fitur dan promonya memang yolo seperti namanya. Fitur-fiturnya pasti di sukai anak muda.

  • Gratis annual fee : Asalkan Anda melalukan minimal 1x transaksi ritel (termasuk online) sebesar Rp 100 ribu setiap bulannya. Jika tidak maka akan dikenal iuran tahunan sebesar Rp 300 ribu.
  • YOLOyalty : Bisa di dapatkan setiap 5 kali transaksi dengan UOB YOLO Card dan bisa di tukarkan untuk e-voucher, top up, e-money
  • YOLOtraveling : Fasilitas cicilan 0% dengan tenor 6 bulan untuk hotel dan travel

Baca juga, Lebih Baik Mana, Investasi Rumah atau Apartemen?

Menarik sekali ya? Nah, untuk mengajukan UOB YOLO Card jika sudah punya pendapatan minimun sebesar Rp 4 juta per bulan. Jika ingin apply Anda bisa langsung daftar melalui website resminya secara online.

Penutup

Jujur saja, mungkin apply kartu kredit bagi pemula yang first time jobber tidak terlalu mudah. Hal ini karena Bank punya kriteria tertentu untuk calon nasabah yang ingin mengajukan kartu kredit.

Namun, hal ini bisa di atasi dengan memilih jenis kartu kredit yang beginner friendly seperti diatas dan juga yang penting Anda sudah punya income minimal Rp 3 jutaan per bulannya.

Jadi sebaiknya jangan langsung apply kartu kredit jenis platinum supaya pengajuan mudah credit card bisa di terima. Bagaimana, apakah Anda sudah bisa memilih kartu kredit apa yang kira-kira ingin Anda gunakan nanti?

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar