Cara Mendaftar dan Trading di Indodax

Trading aset kripto seperti Bitcoin makin digemari oleh para trader dalam maupun luar negeri. Salah satu platform yang melayani jual beli cryptocurrency paling populer di Indonesia adalah Indodax. Anda yang mengunjungi blog ini pasti salah satu diantara banyak orang yang ingin melakukan trading di Indodax juga bukan?

Namun untuk bisa trading di platform jual beli aset kripto terbesar di Indonesia ini, Anda perlu memiliki akun yang terverifikasi terlebih dahulu. Nah, bagaimana cara mendaftarnya? Akan kita bahas lengkap disini.

Sebelum melanjutkan pembahasan, sebaiknya kita kenalan dulu dengan Indodax. Sebab walaupun Indodax sangat populer di pilih oleh para trader, Anda perlu memastikan bahwa platform trading yang Anda pilih memang aman dan fiturnya pun sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apa Itu Indodax : Fitur, Kelebihan dan Kekurangannya

Indodax adalah sebuah perusahaan crypto exchange lokal yang melayani transaksi mata uang kripto populer seperti Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Ripple (XRP) dan aset kripto lainnya. Perusahaan ini di dirikan pada 15 Februari 2014 yang kini beranggotakan lebih dari 4,9 juta member tervefirikasi dengan 190 jenis aset kripto yang bisa diperdagangkan.

Disini, bukan hanya WNI yang bisa melakukan trading kripto. Warga negara asing juga bisa menjadi member dan trading aset kripto. Jadi sudah bisa di bayangkan ya, seluas apa jaringan transaksi di Indodax. Satu hal yang harus di pastikan oleh para trader sebelum mendaftara dan memulai trading, yaitu keamanan. Apakah Indodax aman digunakan?

Saat ini Indodax atau PT Indodax Nasional Indonesia sudah mendapat izin dan di awasi oleh Bappebti serta Kominfo. Jadi Anda tidak perlu khawatir soal keamanan dan legalitasnya. Kantor pusatnya berada di Jakarta dan sudah memiliki kantor cabang di beberapa kota besar di Indonesia.

Bukan hanya melalui PC atau laptop, Anda juga bisa melakukan jual beli kripto di Indodax menggunakan perangkat lainnya seperti smartphone atau tablet. Baik pengguna android atau iOS sudah bisa menginstall aplikasi Indodax. Supaya lebih jelas, berikut saya rangkumkan fitur, kelebihan dan kekurangan menggunakan marketplace kripto yang satu ini!

Baca juga, Binance Crypto Exchange Terbesar Dunia (Review Kelebihan dan Kekurangan)

Fitur Indodax

1. Keamanan 2FA (Two Factor Authentication)

Keamanan adalah hal yang sangat penting daat melakukan perdagangan aset kripto karena sangat memungkinkan mengalami peretasan. Dengan fitur 2FA, transaksi menjadi lebih aman karena verifikasi yang ketat menggunakan SMS, email, dan Google Authenticator.

2. Trading, Deposit dan Withdraw dengan Rupiah

Ini adalah fitur yang sangat memudahkan bagi kita karena bisa melakukan trading, Deposit ataupun penarikan aset dalam mata uang Rupiah. Sehingga kita tidak perlu repot-repot melakukan proses penukaran aset lagi saat ingin bertransaksi.

3. Chart Untuk Menganalisa

Indodax memiliki fitur chart yang mempermudah Anda dalam menganalisa. Tampilan grafik yang di sediakan memungkinan Anda untuk mengoptimalkan keuntungan dari transaksi aset digital yang satu ini.

4. Stop Loss

Tidak suka terlalu sering monitoring? Indodax juga menyediakan fitur cut loss yang supaya Anda tidak harus 24 jam melakukan monitoring. Anda bisa mengelola resiko fluktuasi harga dan menentukan berapa harga yang tepat secara otomatis.

Kelebihan

  • Menyajikan data yang lengkap
  • Desain aplikasi yang mudah digunakan (user friendly)
  • Selain Rupiah, bisa deposit menggunakan aset kripto
  • Bisa memilih jenis order market (mengikuti harga pasar) dan juga limit (sesuai harga yang Anda inginkan)
  • Menyediakan crypto wallet sendiri yang mudah digunakan

Kekurangan

  • Biaya tradingnya cukup mahal yakni biaya jual beli sebesar 0,3% dari total transaksi
  • Belum bisa deposit menggunakan credit card
  • Belum menyediakan fitur fitur Order Cancel Order (OCO)
  • Belum punya fitur short selling
  • Tidak bisa membeli NFT

Cara Mendaftar Akun di Indodax

Cara Mendaftar Akun Di Indodax
Sumber gambar : unsplash.com/ Kancharana

Bagaimana, sampai disini Anda masih tertarik melakukan trading di Indodax? Jika iya, yuk buat akun terlebih dahulu! Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini!

Namun sebelum lanjut ke cara mendaftar ada beberapa hal penting yang perlu Anda siapkan supaya proses pendaftaran bisa berjalan lancar tanpa kendala. Apa saja itu?

  • Pastikan jaringan internet Anda lancar
  • Siapkan kartu identitas (KTP) dan berpakaian rapi (untuk foto selfie)

Nah sekarang baru kita lanjut untuk mendaftar akunnya!

1. Cara Daftar Lewat Website

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mendaftar akun di Indodax. Pertama lewat website resminya, dan yang kedua adalah lewat aplikasinya. Kita akan bahas keduanya, tapi yang pertama akan kita bahas adalah cara mendaftar akun lewat website terlebih dahulu ya! Begini caranya!

  • Kunjungi website resmi www.indodax.com
    Anda tidak perlu menggunakan PVN, seperti halnya website platform crypto exchange luar negeri. Website indodax bisa di akses dengan mudah tanpa VPN dimana saja.
  • Klik ‘Daftar’
    Jika sudah masuk ke websitenya, klik ‘Daftar Sekarang!’ atau ‘Daftar’ yang ada di pojok kanan atas halaman. Setelah itu, isi data username, email aktif, nomor hp aktif dan juga password yanga akan di gunakan untuk mengakses akun Anda di Indodax
  • Centang persetujuan syarat dan ketentuan
    Sebelum masuk ke step berikutnya Anda perlu membaca syarat dan ketentuan bagi pengguna. Jika sudah, lalu centang kotak yang ada disebelah tulisannya. Lalu geser puzzle verifikasi dan klik ‘Lanjut Pendaftaran’.
  • Verifikasi email
    Coba cek email Anda untuk aktivasi akun. Klik ‘Aktivasi akun’.
  • Log in dan Verfikasi Data
    Sekarang Anda harus masuk ke akun Anda untuk melakukan verifikasi data. Foto KTP Anda dan lakukan selfie bersama KTP sesuai petunjuk sistem.
  • Tunggu Akun Anda Diverifikasi
    Pendaftaran akun Anda di Indodax akan di proses selama 1×24 jam (pada jam kerja). Jika sudah terverifikasi, Anda bisa langsung melakukan transaksi di Indodax.

2. Cara Daftar Lewat Aplikasi

Sebenarnya cara mendaftar lewat aplikasi Indodax tidak jauh berbeda dengan yang ada di website. Hanya beberapa langkah saja yang berbeda.

  • Download dan install aplikasi Indodax
    Pertama-tama download dan instal aplikasi Indodax di Appstore ataupun Google Play Store melalui gadget Anda.
  • Klik ‘Daftar’
    Jika aplikasi sudah terinstall, klik ‘Daftar Sekarang!’ atau ‘Daftar’. Setelah itu, isi data username, email aktif, nomor hp aktif dan juga password yanga akan di gunakan untuk mengakses akun Anda di Indodax
  • Centang persetujuan syarat dan ketentuan
    Sebelum masuk ke step berikutnya Anda perlu membaca syarat dan ketentuan bagi pengguna juga trading risk. Jika sudah, lalu centang kotak yang ada disebelah tulisannya. Lalu geser puzzle verifikasi dan klik ‘Lanjut Pendaftaran’.
  • Verifikasi email
    Coba cek email Anda untuk aktivasi akun. Klik ‘Aktivasi akun’.
  • Log in dan Verfikasi Data
    Sekarang Anda harus masuk ke akun Anda untuk melakukan verifikasi data. Foto KTP Anda dan lakukan selfie bersama KTP sesuai petunjuk sistem.
  • Tunggu Akun Anda Diverifikasi
    Pendaftaran akun Anda di Indodax akan di proses selama 1×24 jam (pada jam kerja). Jika sudah terverifikasi, Anda bisa langsung melakukan transaksi di Indodax.
  • Jika data tidak sesuai
    Data yang Anda masukan harus sesuai dengan yang ada di KTP, jika terdapat ketidak sesuaian data maka Anda akan menerima email pemberitahuan bahwa verifikasi di tolak. Anda perlu melakukan verifikasi ulang dan memastikan data-data sudah benar. Hal ini juga berlaku jika Anda memilih mendaftar lewat website.

Mudah bukan mendaftar akun di Indodax? Selamat mempraktikan!

Baca juga, 10 Broker Crypto Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

Cara Trading di Indodax

Sudah punya akun terverifikasi di Indodax? Sekarang saatnya Anda meraup untung melalui trading mata uang kripto. Bagi Anda yang masih pemula mungkin agak sedikit bingung, bagaimana cara memulai trading di Indodax. Perlu Anda ketahui bahwa sebelum trading Anda pelu mengisi saldo terlebih dahulu.

Bagaimana caranya? Yuk ikuti langkah di bawah ini!

Cara Deposit di Indodax

Perlu Anda ketahui bahwa minimun deposit di Indodax adalah Rp 500.000. Indodax sendiri menyediakan beberapa pilihan cara untuk melakukan deposit, diantaranya melaluI. Transfer bank (rekening & virtual account), e-wallet (OVO, GoPay, ShoppePay), dan juga deposit melalui Alfamart. Anda tinggal memilih, mana yang Anda rasa lebih mudah. Caranya kurang lebih seperti ini!

  • Masuk ke menu dompet
  • Pilih ‘Dompet IDR’
  • Klik ‘Penyetoran’ dan masukan jumlah dana yang ingin di setorkan
  • Pilih metode pembayaran seperti yang sudah di jelaskan di atas
  • Jika sudah memiulih metode pembayaran klik ‘Selanjutnya’
  • Lakukan pembayaran sesuai metode yang dipilih. Pastikan tujuan yang tertera adalah nama akun Anda sendiri.

Nah mengenai biayanya, jika Anda melakukan deposit lewat transfer bank maka Anda tidak akan dikenakan biaya apapun (gratis). Sementara jika melalui cara lainnya akan dikenakan biaya sesuai dengan ketentuan masing-masing platform.

Langkah-langkah Memulai Trading di Indodax

Untuk melakukan trading menggunakan fitur-fitur yang ada di Indodax tergolong cukup mudah. Hanya tetap saja Anda harus pandai menganalisais data, dan menentukan kapan membeli dan menjual aset.

  • Pastikan Anda sudah mengisi saldo dengan cukup
  • Klik menu ‘Market’ dan pilih aset kripto yang hendak Anda beli misalnya Bitcoin (BTC)
  • Klik ‘Bitcoin’ dan pilih ‘Beli’

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, bahwa ada 2 cara untuk melakukan pembelian (order) kripto di Indodax yakni metode instant dan limit. Begitu pula pada saat hendak menjual aset.

Pembelian dengan metode Instan

  • Pilih menu ‘Instant order’
  • Isi berapa Rupiah mata uang kripto yang ingin Anda beli
  • Klik ‘Beli’

Pembelian dengan metode limit

  • Plilih menu ‘Limit order’
  • Masukan harga kripto yang Anda inginkan
  • Klik ‘Beli

Cara menjual aset dengan metode Instan

  • Pastikan Anda sudah memiliki aset kripto sebelumnya
  • Pilih menu ‘Market’, lalu klik ‘Jual’
  • Pilih ‘Instant order’
  • Masukan jumlah mata uang kripto yang ingin di jual
  • Klik ‘jual’

Cara menjual aset dengan metode limit

  • Pastikan Anda sudah memiliki aset kripto sebelumnya
  • Pilih menu ‘Market’, lalu klik ‘Jual’
  • Pilih ‘Limit order’
  • Tentukan harga mata uang kripto yang ingin di jual
  • Klik ‘jual’

Baca juga, Cara Mendaftar Binance, Top Up, Withdraw Rupiah dan Trading Crypto (BTC, ADA, ETH, BNB)

Penutup

Sampai disini, sudah cukup jelas ya bagaimana cara mendaftar akun maupun memulai trading di Indodax? Mudah-mudahan artikel di atas bisa menambah wawasan bagi Anda yang ingin memulai investasi kripto di Indodax. Sebelum mulai bertransaksi, jangan lupa untuk terus belajar menganalisa secara teknikal, supaya Anda semakin jago. Dengan begitu keuntungan dari trading aset kripto ini bisa lebih maksimal.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar