Tips Membangun Bisnis Bareng Teman yang Sebaiknya Dipahami

Photo of author
Written By Anggraini Munanda Effani

Penulis di Folderbisnis.com, Selamat menikmati artikel artikel terbaik kami. 

Baca di Google News

Jangan buru-buru memutuskan berbisnis dengan teman sebelum Anda memahami tips membangun bisnis bareng teman. Sebab menjalankan bisnis dengan orang yang Anda kenal sejak lama tidak menjamin akan mendatangkan kesuksesan.

Banyak orang yang memiliki anggapan bahwa berbisnis bersama teman akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Apalagi jika teman tersebut sudah dikenal dalam waktu yang cukup lama.

Namun sayangnya, banyak kasus bisnis yang dibangun bersama teman tetap tidak bisa berjalan dengan baik. Meski tidak sedikit juga bisnis yang dijalankan bersama teman bisa mencapai kesuksesan.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika hendak menjalankan bisnis bersama teman. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, maka kemungkinan bisnis Anda mencapai kesuksesan menjadi semakin besar.

Kekeliruan Cara Pikir saat Berbisnis dengan Teman

Tips Membangun Bisnis Bareng Teman Yang Sebaiknya Dipahami Terlebih Dahulu
Tips Membangun Bisnis Bareng Teman yang Sebaiknya Dipahami Terlebih Dahulu/Unsplash

Sebelum membahas tentang tips membangun bisnis bareng teman, kami ingin memberikan informasi mengenai kekeliruan yang sering dilakukan. Salah satu kekeliruan tersebut adalah mengenai cara pikir ketika menjalankan bisnis bersama teman.

Hal ini sangat penting untuk Anda pahami karena merupakan penyebab kegagalan saat berbisnis bersama teman. Berikut adalah beberapa cara pikir yang keliru ketika Anda menjalankan bisnis dengan teman.

  • Terlalu Percaya pada Teman

Memiliki kepercayaan pada rekan bisnis memang merupakan sebuah keharusan. Namun jika Anda terlalu percaya, maka bisa jadi kepercayaan tersebut justru akan menghancurkan bisnis yang dibangun.

Contoh kepercayaan yang terlalu berlebihan seperti tidak adanya perjanjian, tidak melakukan kontrol dan berbagai hal lainnya. Hal ini biasanya terjadi karena merasa bahwa sebagai teman, Anda bisa mempercayainya secara penuh.

Kondisi ini biasanya dimiliki oleh orang-orang yang baru mulai berbisnis dan belum mengetahui tips membangun bisnis bareng teman. Sehingga belum tumbuh kesadaran untuk berhati-hati saat mengambil keputusan dalam bisnis.

Padahal ketika berhubungan dengan bisnis, segalanya harus dilakukan secara profesional. Bukan hanya untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, namun hal ini berguna untuk menjaga proses jalannya bisnis tetap sebagaimana mestinya.

  • Menyamakan Hubungan Bisnis dengan Pertemanan

Kekeliruan cara pikir lain yang biasanya dimiliki ketika menjalankan bisnis dengan teman adalah menyamakan hubungan bisnis dengan pertemanan. Sehingga kesalahan dan kekeliruan partner bisnis akan lebih ditolerir.

Mewajari perilaku teman yang berbuat salah tanpa memberikannya suatu sanksi memang merupakan hal wajar. Namun jika hal ini dibiarkan di dalam bisnis, tentu akan memberikan pengaruh.

Entah proses bisnis menjadi tidak efektif dan efisien, sulit mencapai target atau terjadinya masalah-masalah lain. Sehingga Anda perlu membedakan antara hubungan pertemanan dengan hubungan bisnis.

  • Menganggap Membangun Kerja Sama akan Lebih Mudah

Bagi orang-orang yang belum memahami tips membangun bisnis bareng teman akan cenderung menyepelekan proses pembangunan kerja sama. Sebab merasa bahwa membangun hubungan kerja sama dengan teman adalah hal mudah.

Biasanya hal ini didasari dengan anggapan bahwa sudah cukup lama mengenal sehingga dapat saling mengerti satu sama lain. Padahal ketika menjalin hubungan bisnis, teman Anda bisa menjadi orang yang berbeda.

Hal ini bukan berarti teman Anda memiliki muka dua atau menyembunyikan karakternya di depan Anda. Hanya saja memang perlakuan di dalam hubungan pertemanan dan bisnis bisa berbeda.

Di dalam bisnis, masa depan Anda dan teman Anda akan menjadi taruhan. Sehingga preferensi pengambilan sikap serta keputusan teman Anda bisa berbeda dari yang biasanya Anda ketahui.

Potensi Masalah ketika Berbisnis Bersama Teman

Potensi Masalah Ketika Berbisnis Bersama Teman
Potensi Masalah ketika Berbisnis Bersama Teman/Unsplash

Beberapa contoh di atas merupakan salah satu kekeliruan pada salah satu aspek ketika hendak membangun bisnis bersama teman. Tentunya kekeliruan-kekeliruan tersebut akan memunculkan potensi masalah untuk masa mendatang.

Selain masalah yang diakibatkan oleh kekeliruan dalam cara pikir, masih banyak potensi masalah lainnya. Apalagi jika Anda tidak memahami tips membangun bisnis bareng teman, bisa memunculkan potensi masalah sebagai berikut.

  • Bisnis Menjadi Tidak Profesional

Profesionalitas merupakan hal nomor satu ketika Anda menjalankan bisnis. Namun sayangnya, kebanyakan bisnis yang dijalankan bersama teman justru menjadi tidak profesional. Sehingga sudah tentu akan mempengaruhi performa bisnis.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab masalah ini. Namun biasanya masalah tidak ada profesionalitas terjadi karena semua atau salah satu pihak tidak terlalu serius ketika menjalankan bersama teman.

Sebab perasaan tanggung jawab ketika berhadapan dengan orang lain dan teman cenderung berbeda. Masih banyak orang yang menganggap bahwa berbisnis bersama teman hanyalah main-main saja.

Sementara ketika Anda menjalankan bisnis bersama orang lain, tentu akan tertuntut untuk lebih profesional. Sebab baik Anda maupun rekan bisnis akan lebih sungkan jika memiliki profesionalitas.

  • Pembagian Keuntungan Tidak Proporsional

Salah satu potensi masalah lain ketika menjalankan bisnis bersama teman adalah dalam perihal pembagian keuntungan. Ketika menjalin kerja sama dengan teman, masih banyak orang yang memiliki sifat sungkan.

Apalagi bagi orang-orang yang belum mengetahui tips membangun bisnis bareng teman, akan lebih banyak keputusan berdasarkan perasaan. Termasuk pada keputusan mengenai pembagian keuntungan di dalam bisnis.

Normalnya, pembagian keuntungan akan mengikuti beban kerja setiap individu di dalamnya. Bagi orang-orang dengan beban kerja lebih banyak akan mendapatkan pembagian keuntungan yang lebih besar.

Namun karena menjalankan bisnis bersama teman, sebagian orang merasa tidak enak jika mendapatkan hasil lebih besar. Walaupun sebenarnya secara porsi pembagian kerja di dalam bisnis tersebut berbeda.

Sehingga pada akhirnya pembagian keuntungan akan dibagi rata untuk seluruh pihak di dalamnya. Hal ini tentu akan merugikan pihak yang memiliki beban kerja lebih banyak.

  • Pengambilan Keputusan Tidak Rasional

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa orang-orang yang belum memahami tips membangun bisnis bareng teman cenderung mengambil keputusan berdasarkan perasaan. Tentu saja hal ini bukan hanya berlaku pada pembagian keuntungan.

Namun juga pada berbagai keputusan lain di dalam bisnis juga cenderung diambil secara tidak rasional. Pada akhirnya keputusan yang diambil dan di jalankan di dalam bisnis tersebut memiliki dampak buruk.

Salah satu contoh pengambilan keputusan yang tidak rasional adalah perasaan tidak enak untuk menyanggah pendapat teman. Sebab mungkin karena tidak ingin ada konflik sehingga sebagian pihak hanya menerima saja.

Padahal pihak tersebut memahami bahwa ada keputusan lain yang lebih baik. Namun karena tidak ingin merusak hubungan pertemanan yang dimiliki, pihak tersebut justru tidak menyatakan pendapatnya.

  • Ketidakcocokan Karakter dalam Bisnis

Anda mungkin merasa bahwa teman Anda memiliki karakter baik dan bisa diajak kerja sama dalam bisnis. Namun jangan langsung mengambil keputusan sebelum Anda memahami tips membangun bisnis barang teman.

Sebab seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya bahwa di dalam bisnis, seseorang bisa menjadi berbeda. Sehingga karakter yang orang tersebut miliki ketika menjalankan bisnis menjadi berbeda dari biasanya.

Sayangnya, perbedaan karakter tersebut bisa menimbulkan ketidakcocokan. Pada akhirnya justru akan muncul banyak konflik antara Anda dan teman ketika hendak mengambil suatu keputusan di dalam bisnis.

  • Merusak Hubungan Pertemanan

Salah satu potensi masalah terbesar ketika hendak menjalankan bisnis bersama teman adalah rusaknya hubungan pertemanan. Apalagi jika Anda tidak memahami tips membangun bisnis bareng teman.

Rusaknya hubungan pertemanan tersebut disebabkan mulai dari terjadinya konflik-konflik di dalam bisnis. Bahkan terdapat sebuah pepatah yang menyebutkan bahwa tidak ada teman di dalam bisnis.

Sehingga sangat disayangkan jika hubungan pertamanan yang telah terjalin bertahun-tahun rusak akibat bisnis. Oleh karena itu memutuskan menjalin bisnis bersama teman tidak boleh dilakukan sembarangan.

Tips Membangun Bisnis Bareng Teman

Tips Membangun Bisnis Bareng Teman
Tips Membangun Bisnis Bareng Teman/Unsplash

Setelah Anda membaca penjelasan di atas, mungkin muncul pikiran bahwa keputusan berbisnis bersama teman merupakan pilihan buruk. Namun perlu diingat bahwa masalah di atas muncul karena proses bisnis dilakukan sembarangan.

Sebab sebenarnya menjalankan bisnis dengan teman tetap dapat mencapai kesuksesan jika Anda melakukannya dengan tepat. Bahkan tidak sedikit bisnis-bisnis besar yang dimulai dari hubungan pertemanan.

Oleh karena itu tidak perlu takut untuk memulai bisnis bersama teman. Agar bisnis yang Anda jalankan bersama teman bisa mendapatkan kesuksesan, silakan simak tips dari kami berikut ini.

  • Bersikap Profesional

Hal pertama yang harus Anda tanamkan ketika hendak menjalankan bisnis bersama teman adalah profesionalitas. Anda harus dapat membedakan dengan tegas antara hubungan pertemanan dengan bisnis.

Tips membangun bisnis bareng teman ini memang terkesan sepele. Namun ketika menjalankannya, Anda akan menemukan kesulitan untuk menerapkan sikap profesionalitas tersebut. Oleh karena itu kesadaran untuk selalu profesional harus ditumbuhkan.

Ketika muncul perasaan tidak enak saat hendak berpendapat, katakan pada diri Anda bahwa Anda dan teman Anda sedang menjalankan bisnis. Sehingga mau tidak mau pendapat tersebut harus disampaikan.

Tidak perlu khawatir terhadap munculnya konflik. Sebab selama semua pihak di dalam bisnis bersikap profesional, perdebatan dalam pengambilan keputusan tidak akan berakhir menjadi sebuah konflik.

  • Menyamakan Visi & Misi

Visi dan misi merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh para founder bisnis. Oleh karena itu tips membangun bisnis bareng teman selanjutnya adalah menyamakan visi dan misi.

Penyamaan visi dan misi bukan hanya Anda dan teman mengetahui tujuan masing-masing. Namun komitmen untuk mewujudkan visi dan misi tersebut di antara Anda dan teman juga harus sama.

Sebab hal ini akan menentukan semangat setiap pihak ketika menjalankan bisnis. Ketika setiap pihak memiliki semangat penuh untuk mencapai visi, maka bisnis akan lebih mampu bertahan dalam kondisi apapun.

  • Buat Perjanjian Tertulis

Tips membangun bisnis bareng teman yang selanjutnya adalah membuat perjanjian tertulis secara jelas. Perjanjian tersebut meliputi pembagian kerja, pembagian keuntungan, peraturan bisnis dan hal-hal penting lainnya.

Setelah itu jadikan perjanjian tersebut sebagai pijakan dalam pengambilan keputusan di dalam bisnis. Dengan adanya perjanjian tertulis, maka setiap pihak memiliki acuan dalam pengambilan sikap.

Sebagai contoh jika ada pihak yang menyalahi aturan di dalam bisnis. Maka pihak lain tidak perlu ragu untuk mengambil suatu keputusan tertentu berdasarkan pada perjanjian yang telah dibuat di awal.

Membangun bisnis bersama teman memang bukanlah hal mudah. Sebab akan ada banyak potensi masalah yang muncul ketika Anda hendak melakukannya. Namun bukan berarti hal ini adalah mustahil.

Baca yuk, 8 Trik Pemasaran Laris Manis Meski Modal Menipis

Sebab banyak bisnis besar yang juga dimulai dari hubungan pertemanan. Untuk bisa mencapai kesuksesan tersebut, tentu dibutuhkan komitmen yang kuat di dalam diri setiap pihak.

Jangan sampai perasaan pertemanan membuat pengambilan keputusan di dalam bisnis menjadi tidak rasional. Dengan mengikuti tips membangun bisnis bareng teman di atas, maka peluang kesuksesan akan semakin terbuka lebar.

TRADING FOREX DI OCTA.ID

PerusahaanPT. Octa Investama Berjangka
Regulasi
Bappebti
54/BAPPEBTI/
SI/05/2013
Min.Lot0.1
Min.Deposit$100
Situswww.octa.id

Tinggalkan komentar