Tips Liburan Hemat tapi Tetap Seru untuk Dilakukan saat Musim Liburan

Photo of author
Written By Anggraini Munanda Effani

Penulis di Folderbisnis.com, Selamat menikmati artikel artikel terbaik kami. 

Baca di Google News

Banyak orang yang mencari tips liburan hemat agar tetap bisa menjaga kondisi keuangan stabil ketika memasuki musim liburan. Sebab memang seringkali seseorang mengalami masalah keuangan setelah melewati musim liburan.

Liburan memang merupakan momen yang ditunggu oleh hampir setiap orang. Sebab ketika liburan tiba, Anda bisa melupakan sejenak semua masalah pekerjaan yang ada di kantor.

Namun sayangnya beberapa orang terlalu asyik berlibur hingga menimbulkan masalah di masa mendatang. Salah satunya adalah masalah pemborosan ketika liburan hingga mengganggu kondisi keuangan setelah kembali ke rumah.

Di sisi lain, beberapa orang justru terlalu berhemat sehingga tidak bisa menikmati liburan dengan sepenuhnya. Sehingga bukannya mendapatkan perasaan bahagia, mereka justru seperti merasa dibatasi.

Melalui artikel ini kami ingin memberikan tips agar Anda tidak terkena masalah ini. Sehingga pastikan Anda membaca artikel ini sampai tuntas agar memahami cara liburan hemat namun tetap seru.

Tips Pertama: Pergi Beramai-Ramai

Tips Liburan Hemat Tapi Tetap Seru Untuk Dilakukan Saat Musim Liburan
Tips Liburan Hemat tapi Tetap Seru untuk Dilakukan saat Musim Liburan/Unsplash

Jika Anda ingin berlibur secara lebih hemat, maka bisa mempertimbangkan untuk mengajak lebih banyak orang. Sebab beberapa destinasi wisata biasanya menyediakan paket wisata yang akan lebih murah jika pesertanya banyak.

Bahkan perbedaan harga untuk satu orang dan paket rombongan bisa sangat terpaut sangat jauh. Sehingga dengan mengajak banyak peserta, pengeluaran untuk setiap orang bisa menjadi lebih sedikit.

Dengan pergi secara beramai-ramai, Anda juga bisa memesan penginapan dengan harga lebih terjangkau. Misalnya Anda bisa memesan kamar hotel yang diperuntukkan kepada keluarga atau bahkan menyewa villa.

Sehingga biaya untuk menyewa penginapan tersebut bisa dibagi ke lebih banyak orang. Perlu diingat juga biasanya untuk penyewaan villa atau gest host tidak dihitung per kepala, namun per malam.

Oleh karena itu mengajak liburan secara berkelompok merupakan salah satu tips liburan hemat yang banyak dipakai ketika musim liburan tiba. Apalagi dengan semakin ramai akan membuat liburan semakin menyenangkan.

Sebab Anda jadi bisa melakukan lebih banyak hal jika berlibur bersama-sama. Bahkan waktu kosong seperti di malam hari bisa dimanfaatkan untuk mengadakan kegiatan yang seru dan menyenangkan.

Contohnya adalah Anda bisa mengadakan permainan papan bersama seluruh peserta liburan. Tentunya kegiatan seperti ini tidak akan bisa Anda lakukan jika hanya berlibur seorang diri.

Tips Liburan Hemat Kedua: Gunakan Kendaraan Pribadi

Tips Liburan Hemat Kedua: Gunakan Kendaraan Pribadi
Tips Liburan Hemat Kedua: Gunakan Kendaraan Pribadi/Unsplash

Saat musim liburan tiba, biasanya harga tiket perjalanan akan menjadi lebih tinggi. Sehingga untuk menekan biaya liburan, Anda bisa memilih menggunakan kendaraan pribadi dibanding kendaraan umum.

Penggunaan kendaraan pribadi juga lebih hemat jika Anda pergi berlibur dengan membawa banyak orang. Sebab semakin banyak peserta liburan yang ikut, biaya tiket perjalanan juga semakin tinggi.

Sementara Anda tidak memerlukan biaya tambahan untuk menambah peserta liburan jika menggunakan kendaraan pribadi. Hanya saja pastikan Anda memperhatikan kapasitas kendaraan agar tidak terlalu penuh atau overload.

Apalagi saat ini akses jalan untuk menuju ke berbagai daerah di Indonesia sudah cukup baik. Sehingga meski menggunakan kendaraan seperti mobil untuk ke tempat yang jauh bukanlah menjadi sebuah masalah.

Menggunakan kendaraan pribadi juga merupakan tips liburan hemat yang membuat Anda bisa berlibur tanpa ribet. Sebab Anda memiliki keleluasaan untuk mengunjungi berbagai destinasi liburan di kota yang Anda kunjungi.

Bisa Anda bayangkan bagaimana sulitnya jika harus mengandalkan kendaraan umum selama berlibur. Anda harus menyesuaikan jadwal keberangkatan, khawatir tertinggal, berdesakan dengan penumpang lain dan sebagainya.

Bahkan meskipun saat ini sudah tersedia transportasi online, menggunakan kendaraan pribadi untuk berlibur tetap menjadi pilihan terbaik. Apalagi mengingat biaya transportasi online yang tidak bisa dibilang murah.

Menggunakan kendaraan pribadi juga membuat liburan Anda menjadi lebih fleksibel. Sehingga Anda bebas untuk mengganti tujuan destinasi wisata jika menemukan tempat lain yang lebih menarik.

Sehingga jika Anda memiliki kendaraan pribadi, maka waktu berlibur merupakan saat yang tepat untuk menggunakannya. Karena bisa membuat lebih hemat, liburan Anda juga menjadi lebih seru dan fleksibel.

Tips Ketiga: Hunting Promo

Banyak yang beranggapan bahwa berlibur saat musim liburan tiba merupakan pilihan keliru. Sebab Anda akan mengeluarkan uang lebih banyak jika memilih berlibur saat musim liburan.

Hal ini mungkin benar jika Anda berlibur tanpa memperhatikan promo. Sebab jika Anda cermat, sebenarnya justru banyak tempat wisata, penginapan dan tempat hiburan lain yang memberi promo ketika musim liburan.

Sehingga jika Anda ingin hemat ketika liburan saat musim liburan, Anda harus berburu promosi. Carilah berbagai promosi dari berbagai tempat yang Anda rencanakan untuk berlibur.

Tidak perlu merasa sulit untuk mencari promo karena pasti setiap tempat liburan akan mempublikasikan promosi yang tersedia. Apalagi saat ini hampir semua tempat liburan sudah memiliki akun media sosial.

Sehingga tips liburan hemat dari kami adalah sering-sering cek akun media sosial dari tempat tujuan Anda berlibur. Anda juga bisa cek media sosial penginapan ataupun aplikasi booking tiket dan hotel.

Sebab biasanya dari pihak aplikasi juga memberikan promosi menarik ketika musim liburan tiba. Sebab tentunya mereka berharap dapat menarik perhatian orang-orang yang hendak berlibur untuk menggunakan aplikasi mereka.

Dengan melakukan hunting promo, Anda bisa mendapatkan potongan tiket masuk tempat wisata, potongan biaya sewa penginapan, voucher restoran dan lainnya. Sehingga liburan tetap menyenangkan tanpa harus keluar uang terlalu banyak.

Namun perlu Anda perhatikan bahwa beberapa tempat memberikan batasan kuota promo. Sehingga pastikan Anda sudah mendapatkan dari jauh-jauh hari sebelum memulai pergi liburan agar tidak kehabisan.

Tips Liburan Hemat Keempat: Pergi ke Tempat Hidden Gem

Tips Liburan Hemat Keempat: Pergi Ke Tempat Hidden Gem
Tips Liburan Hemat Keempat: Pergi ke Tempat Hidden Gem/Unsplash

Salah satu masalah yang sering terjadi ketika berlibur di musim liburan adalah banyaknya jumlah pengunjung. Hal ini biasanya juga membuat kenaikan harga berbagai hal di tempat wisata tersebut.

Maka untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa memilih tempat liburan yang anti mainstream. Carilah tempat liburan yang masih belum banyak diketahui orang banyak sehingga tidak ramai meski di musim liburan.

Dengan begitu harga berbagai hal di tempat liburan tersebut juga tidak akan naik. Sehingga Anda bisa berlibur secara hemat namun tetap bisa mendapatkan kualitas liburan terbaik.

Namun memang perlu diakui bahwa mencari tempat liburan yang jarang diketahui bukanlah hal mudah. Oleh karena itulah tempat semacam ini dinamakan hidden gem yang berarti permata tersembunyi.

Meski begitu, dengan menggunakan tips liburan hemat ini, bukan hanya membuat Anda bisa lebih hemat. Anda juga akan mendapatkan pengalaman unik yang belum banyak dirasakan oleh orang lain.

Lalu bagaimana cara untuk menemukan tempat hidden gem tersebut? Cara paling mudah adalah dengan bertanya pada teman ataupun kerabat yang tinggal di daerah sekitar sana.

Sebab biasanya tempat wisata hidden gem hanya diketahui oleh warga lokal saja. Cara lain untuk mengetahui tempat wisata seperti ini adalah dengan bertanya pada komunitas.

Contoh jika Anda ingin mencari tempat mendaki yang belum banyak diketahui, bisa bertanya pada komunitas pendaki. Karena sebagai komunitas pendaki mereka pasti akan mencari tempat terbaik untuk melakukan pendakian.

Tips Kelima: Perencanaan

Satu hal paling penting ketika Anda ingin liburan adalah melakukan perencanaan. Sebab liburan yang dilakukan tanpa perencanan adalah penyebab utama terjadinya pemborosan. Sehingga pastikan Anda selalu membuat perencanaan sebelum liburan.

Beberapa hal yang perlu Anda masukkan ke dalam perencanaan seperti tujuan wisata, tempat menginap, tempat makan dan estimasi biaya. Sehingga tentunya Anda perlu mencari informasi yang dalam sebelum berlibur.

Sebab tanpa mencari informasi seputar destinasi wisata, Anda tidak akan bisa membuat perencanaan yang baik. Untungnya saat ini media informasi sudah sangat banyak dan bisa diakses dengan mudah.

Sehingga Anda tidak perlu repot untuk mencari berbagai informasi seputar destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Oleh karena itu tidak ada lagi alasan untuk tidak membuat perencanaan liburan.

Apalagi tips liburan hemat satu ini juga bukan hanya membantu Anda mengatur keuangan ketika liburan. Namun Anda juga bisa merencanakan kegiatan-kegiatan seru yang akan dilakukan saat liburan.

Sebab sangat disayangkan jika Anda sudah sampai di destinasi liburan namun justru kebingungan mengenai kegiatan yang ingin dilakukan. Bisa-bisa waktu Anda habis hanya dengan berdiam di dalam penginapan.

Agar bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin, perencanaan sangatlah dibutuhkan. Anda juga bisa membuat perencanaan paling efektif untuk menikmati semua kegiatan seru selama menjalankan liburan.

Baca yuk, 10 Tempat Bulan Madu di Indonesia

Ketika membuat perencanaan, sebaiknya jangan hanya membuat satu perencanaan saja. Namun setidaknya buatlah beberapa perencanaan untuk menghadapi beberapa kemungkinan yang tidak terduga.

Sehingga meski terjadi hal yang tidak diharapkan ketika liburan, Anda tetap bisa menikmatinya secara optimal. Tentunya dengan tetap memperhatikan pengeluaran agar tidak mengganggu kondisi finansial setelah selesai liburan.

Penutup

Penutup
Penutup/Unsplash

Liburan bisa dikatakan sebagai suatu kebutuhan bagi setiap orang. Sebab dengan liburan, Anda bisa mengubah perasaan penat dan stress di kepala menjadi kesenangan yang membawa kebahagiaan.

Namun jangan sampai agenda berlibur berubah menjadi suatu bencana akibat pengeluaran yang terlalu berlebihan. Oleh karena itu Anda memerlukan beberapa tips liburan hemat agar bisa mengatur keuangan setelah liburan.

Apalagi jika Anda melakukan liburan ketika musim liburan. Beberapa orang beranggapan bahwa hal ini bisa menguras tabungan Anda sampai habis dan tidak menyisakan sisa untuk kebutuhan selanjutnya.

Namun jika Anda cermat, justru ada banyak hal yang bisa Anda manfaatkan ketika musim liburan tiba. Salah satunya adalah beragam promosi yang disediakan untuk menarik perhatian para wisatawan.

Sebab biasanya waktu musim liburan justru membuat banyak tempat memberikan promo yang menarik. Dengan memanfaatkan promo tersebut, Anda bisa berlibur secara hemat namun tetap menyenangkan.

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk melakukan liburan secara berkelompok. Selain mengajak keluarga utama, Anda bisa mengajak keluarga besar agar liburan bisa lebih hemat dan seru.

Apalagi kegiatan berlibur bersama seperti ini sangat baik untuk mempererat hubungan di antara para peserta. Anda bisa menjadikan liburan seperti ini sebagai agenda rutin tahunan.

Dengan menjalankan liburan secara hemat namun tetap seru, akan membuat pikiran Anda menjadi segar kembali. Sehingga setelah selesai liburan, Anda siap untuk melakukan kewajiban kembali.

Memang banyak orang yang beranggapan bahwa liburan ketika musim liburan bukanlah ide bagus. Namun tidak semua orang memiliki keleluasaan untuk bisa pergi berlibur kapan saja.

Oleh karena itu sebaiknya Anda membuat kesempatan berlibur yang ada dengan sebaik mungkin. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan tips liburan hemat namun tetap seru yang telah kami berikan.

TRADING FOREX DI OCTA.ID

PerusahaanPT. Octa Investama Berjangka
Regulasi
Bappebti
54/BAPPEBTI/
SI/05/2013
Min.Lot0.1
Min.Deposit$100
Situswww.octa.id

Tinggalkan komentar