Bukan Hanya AdSense, Ini Dia Sumber Pendapatan Youtuber Lainnya

Banyak orang yang mempertanyakan sumber pendapatan Youtuber. Sebab seorang Youtuber sukses bisa mendapatkan uang hingga puluhan juta per bulan. Hal ini juga yang membuat banyak orang berniat menjadi seorang Youtuber.

Salah satu cara mendapatkan keuntungan bagi seorang YouTuber adalah melalui AdSense. AdSense adalah komisi bagi seorang Youtuber untuk setiap iklan yang ditonton oleh para viewers.

AdSense sering dianggap sebagai satu-satunya sumber seorang Youtuber mendapatkan keuntungan. Namun anggapan ini keliru sebab masih ada banyak sumber penghasilan lain yang bisa didapat seorang Youtuber.

Jika Anda berniat menjadi seorang Youtuber, maka sangat penting bagi Anda untuk memahami hal ini. Sehingga Anda bisa memperbanyak sumber pendapatan yang membuat keuntungan Anda lebih tinggi.

Endorsement, Sumber Pendapatan Youtuber yang Bisa Lebih Tinggi dari AdSense

Bukan Hanya Adsense, Ini Dia Sumber Pendapatan Youtuber Lainnya
Bukan Hanya AdSense, Ini Dia Sumber Pendapatan Youtuber Lainnya

Seorang Youtuber biasanya memiliki niche tertentu yang menjadi tema utama dari konten mereka. Sebagai contoh Youtuber teknologi akan banyak membuat konten berisi review, perbandingan atau apapun terkait teknologi.

Sementara Youtuber gaming pasti akan membuat konten-konten berisi game. Mulai dari gameplay, berita seputar game, tips dan trik dalam bermain game dan konten sejenis lainnya.

Hal ini membuat orang yang menonton suatu kanal YouTube lebih seragam. Mereka memiliki ketertarikan yang sama pada jenis konten yang ditonton pada kanal YouTube tersebut.

Para penonton atau viewers ini sangatlah cocok untuk dijadikan target pemasaran suatu produk tertentu. Tentunya dengan menyesuaikan jenis produk yang dipasarkan dengan ketertarikan para penonton.

Banyak brand yang akhirnya bekerja sama dengan para youtuber untuk mengiklankan produk mereka di dalam video. Hal ini menjadi sumber pendapatan Youtuber yang cukup besar bahkan bisa mengalahkan AdSense.

Bahkan beberapa brand berani membayar hingga lebih dari 10 kali lipat AdSense youtuber untuk memasarkan produk mereka. Maka akan sangat disayangkan jika Anda melewatkan sumber penghasilan satu ini.

Namun tentunya untuk mendapatkan endorsement dari sebuah produk tidak bisa dibilang mudah. Setidaknya brand harus percaya bahwa beriklan di kanal YouTube Anda bisa meningkatkan penjualan produk mereka.

Baca yuk, 5 Cara Mendapatkan Uang Monetisasi Youtube dan Blog

Ada banyak faktor yang perlu Anda perhatikan agar bisa mendapatkan keperayaan brand. Tidak perlu bingung untuk mencari apa saja faktor tersebut karena kami juga akan menjelaskannya untuk Anda.

Tips untuk Mendapatkan Kepercayaan Brand

Tips Untuk Mendapatkan Kepercayaan Brand
Tips untuk Mendapatkan Kepercayaan Brand/Unsplash

Endorsement tidak akan pernah menjadi sumber pendapatan Youtuber jika tidak ada brand yang percaya. Oleh karena itu Anda perlu mendapatkan kepercayaan dari brand agar mereka mau beriklan di kanal Anda.

Pada dasarnya cara untuk mendapatkan kepercayaan brand tidak jauh beda dengan membangun kanal YouTube itu sendiri. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda manfaatkan agar mendapatkan kepercayaan brand.

  • Bangun Komunitas

Tujuan utama brand melakukan endorsement di kanal YouTube adalah meningkatkan penjualan. Sehingga Anda harus meyakinkan brand bahwa penonton Anda akan membeli produk dari brand yang endorse di kanal YouTube Anda.

Untuk melakukannya, maka Anda perlu menjadikan penonton sebagai komunitas. Sehingga para penonton bukan hanya menjadi penikmat dari konten Anda. Namun mereka memiliki ikatan yang memperbesar kemungkinan mereka untuk membeli produk.

  • Tingkatkan Engagement Rate

Engagement rate adalah hal yang penting bagi seorang influencer social media. Namun tahukah Anda bahwa ternyata engagement rate juga memiliki penting bagi sumber pendapatan Youtuber.

Sebab engagement rate menunjukkan seberapa besar keterikatan para penikmat konten dengan konten. Semakin tinggi keterikatan penonton pada konten akan membuat brand lebih tertarik untuk endorse pada kanal Anda.

Dalam dunia YouTube sendiri ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan engagement rate. Yaitu mulai dari watch time, banyaknya komentar, like dan juga subscribe.

  • Perjelas Niche

Seperti disebutkan sebelumnya, niche atau tema konten akan menentukan jenis penonton. Brand cenderung tidak menyukai YouTuber yang tidak memiliki niche jelas karena sulit menentukan apakah penonton cocok dijadikan target pasar.

Channel Membership, Cara Baru Youtuber Mendapatkan Keuntungan

Channel Membership, Cara Baru Youtuber Mendapatkan Keuntungan
Channel Membership, Cara Baru Youtuber Mendapatkan Keuntungan/Unsplash

Keberadaan AdSense sebagai sumber pendapatan Youtuber telah ada dalam waktu yang cukup lama. Seiring berjalannya waktu, YouTube memberikan sumber pendapatan baru yaitu melalui channel membership.

Dalam channel membership, para penikmat konten akan berlangganan secara bulanan untuk mendapatkan konten premium. Berikut ini adalah penjelasan mengenai channel membership yang perlu Anda pahami.

  • Sediakan Keuntungan Spesial

Jika Anda mengaktifkan fitur channel membership, maka Anda perlu menyiapkan beberapa keuntungan spesial bagi orang-orang yang berlangganan. Beberapa hal yang perlu Anda siapkan setidaknya adalah desain badges dan emojis.

Sebab kedua hal ini adalah keuntungan spesial standar yang ditawarkan oleh YouTube dalam fitur channel membership. Selain kedua hal tersebut, Anda juga bisa menyiapkan konten khusus.

Contohnya adalah video eksklusif yang hanya bisa ditonton oleh para member, live stream khusus bersama member dan keuntungan lainnya. Anda bisa menentukan sendiri keuntungan apa yang akan didapatkan para member.

  • Dapat Dibagi Berdasarkan Tingkatan

Sumber pendapatan Youtuber satu ini bisa memberikan banyak pemasukan pada Anda. Sebab selain dapat mengatur sendiri biaya berlangganan, Anda juga membaginya pada beberapa tingkatan berbeda.

Anda bisa menetapkan harga berlangganan yang berbeda untuk setiap tingkatan. Tentunya Anda perlu menambahkan keuntungan pada tingkatan lebih tinggi agar para penonton tertarik untuk berlangganan.

  • Syarat Mengaktifkan Fitur Channel Membership

Tentunya tidak setiap kanal YouTube dapat mengaktifkan fitur ini. Ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi agar kanal Anda berhal menggunakan fitur yang menguntungkan satu ini.

Baca yuk, Cara Mendapat Adsense Google Untuk Penghasilan Tambahan

Pertama adalah memiliki minimal 1000 subscribers, termasuk ke dalam YouTube partner program, bukan kanal yang diperuntukkan bagi anak-anak. Syarat lainnya adalah Anda harus berusia setidaknya 18 tahun.

Manfaatkan Platform Donasi Untuk Meningkatkan Pendapatan

Manfaatkan Platform Donasi Untuk Meningkatkan Pendapatan
Manfaatkan Platform Donasi Untuk Meningkatkan Pendapatan/Unsplash

Tahukah Anda bahwa terdapat platform donasi yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan Youtuber. Namun tentu saja platform donasi yang dimaksud bukanlah platform untuk amal bersifat sosial atau sejenisnya.

Platform donasi tersebut memang dibuat khusus sebagai jembatan para penikmat konten dan kreator. Sehingga para penikmat konten dapat berdonasi untuk para konten kreator kesukaan mereka. Contohnya adalah saweria dan sociabuzz.

Donasi biasanya dilakukan ketika konten kreator sedang melakukan live streaming. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan penggunaan platform donasi tersebut.

  • Membuat Kontes

Beberapa platform donasi memiliki fitur untuk mengurutkan para pemberi donasi berdasarkan jumlah pemberian mereka. Hal ini bisa Anda manfaatkan dengan menjadikannya semacam kontes bagi para penikmat konten.

Sehingga para penikmat konten akan berusaha untuk memberikan lebih banyak dukungan agar mereka bisa berada di posisi atas. Karena inilah sumber pendapatan Youtuber satu ini bisa mendatangkan banyak keuntungan.

  • Menerima Tantangan

Anda juga melakukan tantangan dari para penikmat konten yang akan diberikan hadiah jika berhasil. Tentunya jenis tantangan serta nominal hadiah menyesuaikan kehendak si pemberi tantangan.

Namun biasanya pemberi tantangan dapat memberikan donasi dalam jumlah besar jika mereka memberikan Anda tantangan. Sehingga Anda harus dapat memenuhi tantangan tersebut agar mendapatkan hadiah yang dijanjikan.

  • Janjikan Sesuatu Untuk Setiap Donasi dengan Minimal Tertentu

Selain menerima tantangan dari para penikmat konten, Anda juga bisa menjanjikan sesuatu jika ada donasi di atas nominal tertentu. Ada banyak hal yang bisa Anda janjikan kepada para penikmat konten.

Namun pastikan hal tersebut memang menarik untuk mereka. Selain itu pastikan juga bahwa apa yang Anda janjikan sepadan dengan nominal minimal Anda melakukannya. Sehingga Anda bisa mendapat donasi lebih banyak.

Affiliate Marketing, Sumber Pendapatan Youtuber yang Sangat Mudah Dilakukan

Affiliate Marketing, Sumber Pendapatan Youtuber Yang Sangat Mudah Dilakukan
Affiliate Marketing, Sumber Pendapatan Youtuber yang Sangat Mudah Dilakukan/Unsplash

Banyak orang beranggapan bahwa AdSense adalah pasif income bagi seorang youtuber. Sebab setelah sebuah video dipublikasikan, maka pendapatan AdSense akan terus berjalan selama ada orang yang menontonnya.

Selain AdSense, ternyata terdapat cara lain untuk mendapatkan pendapatan yang tidak kalah mudahnya. Yaitu dengan melakukan affiliate marketing. Pada dasarnya cara ini sama dengan endorse yaitu Anda mengiklankan suatu produk.

Namun terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki cara satu ini. Berikut adalah beberapa kelebihan jika Anda menjadikan affiliate marketing atau program afiliasi sebagai salah satu sumber pendapatan.

  • Lebih Cepat

Berbeda dengan endorsement, pada program afiliasi Anda tidak harus menunggu ada brand yang tertarik untuk beriklan di dalam konten Anda. Anda bisa langsung mendaftar dan menjalankan sumber pendapatan youtuber ini.

  • Syarat Lebih Mudah

Dalam endorsement, suatu brand akan memiliki kanal YouTube sebagai tempat memasarkan produk mereka. Sehingga biasanya terdapat beberapa syarat yang sulit dipenuhi khususnya oleh para youtuber pemula.

Sementara program afiliasi cenderung memiliki syarat yang lebih mudah. Tidak perlu menjadi youtuber dengan jumlah subscriber untuk menjalankan program afiliasi. Sehingga bisa dilakukan oleh seorang youtuber pemula.

  • Bersifat Berkelanjutan

Pendapatan dari endorsement hanya Anda terima dalam satu waktu. Tingginya penjualan produk brand tersebut tidak akan berpengaruh pada besarnya pendapatan Anda. Hal ini berbeda dengan program afiliasi.

Dalam program afiliasi, Anda akan mendapatkan komisi untuk setiap barang yang terjual melalui link afiliasi Anda. Sehingga pendapatan akan terus Anda dapatkan selama ada orang yang menggunakan link afiliasi Anda.

Tips Utama Untuk Seorang Youtuber

Tips Utama Untuk Seorang Youtuber
Tips Utama Untuk Seorang Youtuber/Unsplash

Beragam sumber pendapatan youtuber di atas dapat Anda manfaatkan secara bersamaan. Hal ini akan membuat pendapatan Anda lebih banyak di setiap bulannya. Agar lebih optimal, kami memiliki tips sebagai berikut.

  • Fokuslah pada Pembuatan Konten Berkualitas

Sebagai seorang content creator kualitas kanal YouTube Anda sangat bergantung pada kualitas konten. Semua sumber pendapatan yang kami sebutkan di atas sangat mengandalkan konten sebagai syarat utamanya.

Semakin baik kualitas konten Anda, maka akan semakin besar juga pendapatan yang didapat. Oleh karena itu Anda harus fokus pada pembuatan konten yang memiliki kualitas.

  • Konsisten Upload Konten

Perlu diakui bahwa persaingan di dunia YouTube saat ini sudah sangat ketat. Para penikmat konten Anda bisa dengan mudah melupakan kanal YouTube Anda. Sehingga pastikan Anda konsisten mengunggah konten.

Anda bisa menjadwalkan membuat 2-3 video dalam satu minggu. Dengan begitu para penikmat konten Anda akan selalu mengingat konten Anda. Selain itu, konsisten juga sangat membantu Anda dari sisi algoritma.

Youtuber adalah sebuah profesi baru yang lahir berkat adanya internet. Saat ini ada banyak orang yang ingin menjadi seorang youtuber. Karena memang penghasilan dari menjalankan kanal YouTube cukup tinggi.

Untuk bisa mendapatkan penghasilan dari YouTube ternyata dapat dilakukan dari berbagai sumber. Oleh karena itu Anda harus dengan baik memanfaatkan setiap sumber pendapatan youtuber agar penghasilan Anda semakin besar.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar