Ini Cara Membuat Toko Online Pemula, Super Mudah !

Diperbarui pada Februari 13th, 2021 at 06:42 pm

Dunia bisnis kini sedang mengalami proses migrasi atau perpindahan dari lapak offline menuju online. Memiliki website khusus penjualan atau yang secara spesifik disebut webstore seolah menjadi syarat tidak tertulis bagi para pengusaha untuk memasarkan produknya secara lebih luas.

Terlebih buat anda yang baru akan memulai untuk membuka sebuah usaha, mempunyai sebuah toko online berbasis website adalah sebuah langkah yang tepat untuk menjangkau calon pembeli.

Webstore atau toko online adalah website khusus yang menampilkan aneka produk yang anda jual. Dengan menggunakan sebuah toko online maka calon pembeli bisa melihat bentuk dari sebuah produk yang biasanya ditampilkan dalam beberapa foto, melihat spesifikasinya secara detail, kemudian apabila calon pembeli cocok maka saat itu pula bisa melakukan transaksi pembelian secara online.

Ini adalah sebuah kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi. Dengan memiliki toko online maka calon pembeli bisa melakukan transaksi kapan saja, bahkan ketika anda sedang tertidur. Bayangkan, sedang tidur saja bisa dapat uang…hemmm

Lalu bagaimana sih Cara Membuat Toko Online Untuk Pemula?

Cara Buat Toko Online Untuk Pemula
Cara Buat Toko Online Pemula

Banyak orang menggunakan plugin Woocommerce yang disematkan pada website mereka khususnya yang berbasis wordpress. Woocommerce ini menawarkan fitur yang bisa mengubah tampilan website standar menjadi sebuah website toko yang memunculkan foto, spesifikasi, dan tentu tombol checkout pembelian.

Jika anda yang kurang familiar dengan dunia per-website-an tentu asing dengan Woocommerce atau bahkan baru dengar apa itu WordPress. Namun sebenarnya hal ini bisa disiasati dengan membayar jasa pembuatan toko online dengan membayar paling murah 1 juta rupiah. Lumayan ya bund…

Harga 1 juta ini tidak mahal kok jika melihat dari dampak dan keuntungan yang akan dihasilkan, tapi jika ada sebuah cara yang murah sekaligus mudah lalu kenapa harus mahal? Ini bahkan bukan murah lagi, tapi gratis. Iya GRATIS!!

Anda sekarang tidak perlu khawatir tentang harga membuat sebuah toko online dan kerumitan yang menyertainya, karena ada sebuah solusi untuk membuat toko online yang super duper mudah.

Anda tidak harus mengerti bahasa pemrograman dan bekerja dengan PC setiap saat, cara yang satu ini juga memungkinkan anda untuk mengatur toko online melalui smartphone.

AVANA hadir untuk anda sebagai sebuah solusi untuk kemudahan membangun toko online. Mengutamakan pelayanan pada setiap penggunanya untuk mengoptimalkan bisnis digital dengan cara terkoneksi pada akun media sosial yang tentu kini dilengkapi layanan khusus untuk para pengusaha seperti Facebook Store, Messenger Store, Whatsapp Commerce, dan Instagram Shopping.

Keren gak tuh, cukup dengan satu kali klik dan postingan produk baru anda bisa tampil di banyak jaringan pemasaran. Ini adalah kelebihan utama AVANA yang membuat anda tidak perlu berpikir dua kali untuk segera melakukan registrasi dan membangun sebuah toko online.

Kamu bisa melakukan registrasi di sini www.avana.id.

Sebagai sebuah aplikasi yang melayani para pengusaha, AVANA juga dilengkapi dengan fitur khas digital marketing yaitu Search Engine Optimization (SEO), Facebook Pixel, dan Google Analytic. Anda juga bisa melakukan kustomisasi kode promo untuk pelanggan setia toko agar semakin loyal.

Selain dua hal diatas, AVANA juga dilengkapi dengan beragam fitur unggulan untuk memudahkan pengelolaan bisnis anda yaitu :

1. Informasi Real Time

AVANA tidak hanya bisa digunakan di PC, tetapi juga smartphone. Anda tidak perlu repot harus membuka PC ketika ingin mengetahuai omzet dan penjualan saat ini.

Cukup dengan membuka aplikasi AVANA di smartphone maka anda bisa mengakses dashboard AVANA dan memantau toko.

2. Kelola Data Pelanggan

Dashboard AVANA juga menampilkan jumlah pelanggan termasuk status pembelian paid, unpaid, cancel. Sehingga anda bisa mengukur perkembangan penjualan produk anda dengan mudah.

3. Update Produk

Ini hal yang paling penting yang harus anda perhatikan, update produk. Memberikan informasi produk secara spesifik dan detail merupakan sebuah kunci dari keberhasilan penjualan. Jika anda sebagai seorang pembeli, tentu anda ingin tahu detail produk yang akan anda beli.

Lalu apa saja yang harus ada dalam informasi produk? Tentunya anda harus menuliskan nama produk, harga, kategori, berat, warna, fitur unggulan, dan tentu foto produk.

Misalnya anda menjual sebuah tas ransel laptop merk Sonic maka setidaknya anda harus menulis informasi mengenai tas tersebut.

Nama produk : Tas Ransel Laptop Sonic
Harga : Rp 350.000,-
Warna : Hitam, Abu.
Berat : 350 gram
Dimensi : 40 * 30 * 12 cm
Material : Nylon, Polyester
Fitur : 2 kompartment utama, Pelindung busa untuk laptop, maksimum laptop 15 inch, anti air.

4. Aplikasi AVANA khusus Reseller

Jika anda memanfaatkan jaringan pemasaran via reseller, anda dan reseller anda juga bisa terhubung melalui AVANA. Anda bisa menggunakan AVANA untuk mengelola reseller, stockist, affiliate hingga dropshipper.

Setiap reseller anda juga bisa mengakses fitur AVANA reseller untuk mengetahui jumlah pendapatan mereka dan melakukan penarikan komisi sewaktu – waktu.

5. Variasi Metode Pembayaran

Metode Pembayaran Di Avana
Metode pembayaran di Avana

Semakin banyak anda mempunyai pilihan metode pembayaran maka akan semakin membuat calon pembeli merasa nyaman untuk bertransaksi.

Karena biasanya calon pembeli lebih nyaman melakukan pembayaran dengan metode yang sering mereka lakukan, misalnya anak muda sekarang lebih menyukai metode e-banking untuk melakukan pembayaran daripada harus mencari mesin ATM. Maka sebagai seorang penjual, anda harus peka dan menyediakan layanan pembayaran melalui transfer e-banking.

Anda tidak perlu khawatir dibilang tidak peka, karena AVANA terhubung dengan hampir semua bank dan segala metode pembayarannya.

Sehingga calon pembeli tidak perlu khawatir untuk melakukan pembayaran. AVANA tidak akan membiarkan calon pembeli membatalkan pembelian hanya karena tidak bisa melakukan pembayaran.

6. Banyak Pilihan Pengiriman

Metode Pengiriman Avana
Metode pengiriman Avana

Anda tidak perlu berdebat tentang apakah Kantor Pos yang BUMN itu lebih baik daripada JNE yang swasta.

AVANA bekerjasama dengan semua jasa pengiriman yang ada di Indonesia, hal ini membuat calon pembeli bisa memilih jasa pengiriman sesuai dengan selera dan biaya kirim yang paling terjangkau.

Anda bisa membaca, 5 Standar Customer Service Toko Online yang Bisa Anda Terapkan berikut ini.

Jika ternyata calon pembeli berada di satu kota yang sama dengan anda maka dia juga bisa memilih fitur Same Day Delivery / pengiriman di hari yang sama, fitur ini bekerjasama dengan GoSend dan Grab Express yang didukung dengan jumlah armada yang hampir ada di semua kota.

Bagaimana Pendaftarannya?

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan AVANA, alasan apalagi yang membuat anda berkata tidak?

Tentu tidak ada. Maka segera miliki toko online milik anda cukup dengan registrasi gratis di website www.avana.id atau mengunduh aplikasi AVANA di smartphone anda.

Cara registrasi di AVANA cukup mudah yaitu :

  1. Masuk ke Link “http://bit.ly/GRATISAvana2”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda.
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form.
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda.
Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar