Mulai Bisnis Sendiri? Simak Tips-Tips Anti Menyerah Berikut Ini!

Photo of author
Written By Arai Amelya

Penulis di Folderbisnis.com, Selamat menikmati artikel artikel terbaik kami. 

Baca di Google News

Diperbarui pada Maret 3rd, 2022 at 05:34 am

Kehilangan pekerjaan sebagai dampak dari pandemi Covid-19 memang bukanlah sesuatu yang hanya dialami oleh satu orang saja. Bahkan bisa dibilang, kondisi ini terjadi pada banyak orang dan benar-benar bikin frustasi. Namun karena hidup terus berjalan, sebagai manusia kita memang tak boleh menyerah. Salah satunya adalah mulai bangkit lewat bisnis sendiri.

Sesuai dengan namanya, bisnis sendiri adalah usaha yang dilakukan secara sendiri. Biasanya dapat dimulai secara kecil-kecilan di rumah seperti katering online, jahit baju, dropshipper hingga membuka konter pulsa. Lantaran kecil-kecilan, untuk memulai bisnis semacam ini biasanya tak butuh modal besar karena yang wajib adalah keyakinan dan semangat pantang menyerah.

Hanya saja dalam perjalanannya, tidak semua orang mampu berhasil menjalankan bisnis sendiri ini. Banyak juga yang akhirnya menyerah karena bisnis yang digeluti tidak berjalan sesuai harapan dan malah mendatangkan kerugian. Kalau sudah begini, si pemilik bisnis akan bangkrut dan malah kembali menjadi pekerjaan serabutan.

Padahal jika digeluti secara maksimal, bisnis kecil-kecilan dan usaha rumahan bisa kok mendatangkan penghasilan yang cukup menggiurkan. Namun untuk mewujudkannya, Anda tentu wajib memiliki semangat pantang menyerah yang begitu kuat. Asalkan Anda punya mental yang kuat dan kemauan untuk menjadi pribadi yang lebih baik, bisnis kecil-kecilan bisa jadi profesi menjanjikan.

Langkah-Langkah Penting Saat Mulai Bisnis Sendiri

Bagi Anda yang sebelumnya menjadi seorang karyawan entah di instansi pemerintah atau perusahaan swasta, tentu ketika mengawali langkah sebagai wirausaha bukanlah sesuatu yang mudah. Ada banyak kekhawatiran terutama bagaimana jika bisnis yang digeluti bakal merugi dan malah membuat kehabisan modal di zaman perekonomian sulit seperti saat ini.

Tenang saja, Anda tak perlu banyak cemas. Hal-hal yang menakutkan seperti itu bisa teratasi dengan mudah jika Anda mengawali bisnis sendiri ini secara tepat. Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini:

1. Wajib Riset Pasar

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memulai usaha sendiri yaitu melakukan riset pasar. Riset pasar ini jangan dianggap remeh, agar Anda tahu prospek keberhasilan serta peta persaingan dalam bisnis yang akan dijalankan.

2. Bentuk Tim Kepercayaan

Ternyata tim menjadi salah satu kunci keberhasilan sebuah usaha. Anda perlu membentuk tim yang solid dengan rekan usaha yang handal untuk mendukung pekerjaan karena tidak mungkin segala hal dilakukan sendiri.

3. Rencanakan Produk dan Konsep Bisnis

Keberhasilan usaha yang dijalankan juga bergantung pada produk yang ditawarkan. Untuk itu Anda perlu menciptakan produk yang menarik serta model bisnis dengan baik. Agar banyak konsumen yang tertatik untuk membelinya.

4. Kumpulkan Modal

Tanpa modal, usaha tidak akan bisa dijalankan. Anda perlu menentukan dari mana modal yang akan digunakan untuk usaha, misalnya saja modal dari tabungan yang sengaja disisihkan sendiri atau mencari investor lain.

Inilah 5 Tips Ampuh Jalani Bisnis Sendiri Tanpa Menyerah

Jika sudah mengawali langkah menjadi wirausaha dengan hal-hal penting di atas, maka sebetulnya Anda akan lebih merasa tenang memulai sebuah bisnis. Anda harus tahu bahwa menggeluti bisnis sendiri memang layaknya sebuah petualangan tanpa akhir. Anda dituntut untuk selalu mampu beradaptasi dengan kondisi ekonomi dan pasar.

Kemampuan yang terdengar sederhana tapi sangat penting itulah yang seringkali lupa dilakukan oleh para pelaku bisnis pemula. Terutama mereka yang masih muda dan baru saja kehilangan pekerjaan, ambisi untuk meraih untung cepat dalam waktu singkat selalu ada di benak masing-masing. Padahal bisnis seharusnya berjalan perlahan tapi lancar dan tahan lama.

Supaya tidak menjadi pribadi yang mudah menyerah dan mengeluh, berikut beberapa tips menjalani bisnis sendiri yang bikin Anda jadi sosok yang kuat. Seperti apa? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Punya Mimpi Besar

Memiliki mimpi yang besar bukanlah sesuatu yang salah. Karena mimpi yang Anda miliki bisa menjadi motivasi usaha sehingga terus berjuang meskipun banyak rintangan. Ada yang bilang kalau semakin tidak masuk akal mimpi yang kita miliki, maka bisanya akan dicemooh oleh banyak orang. Tentu itu benar, tapi jadikan itu motivasi diri yang kuat.

Misalkan saja Anda berambisi ingin memiliki pabrik garmen yang diawali sebagai penjahit rumahan, apakah mimpi itu terdengar tak masuk akal? Bagi mereka yang melihat bagaimana Anda memulai segalanya dengan kecil-kecilan tentu demikian. Tapi jangan jadikan itu sebagai sesuatu yang membuat Anda rendah diri, justru jadikan sebagai sesuatu yang melecut semangat.

Ada banyak sekali cerita pengusaha-pengusaha sukses yang awalnya dipandang sebelah mata, sehingga akhirnya mereka bisa mewujudkan impiannya. Contohnya seperti Mark Zuckerberg sang pencetus jejaring sosial global, Facebook. Bisnis itu diawali saat Mark masih kuliah dengan tujuan besar menghubungkan banyak orang. Sempat dicemooh, sekarang siapa tak kenal FB?

2. Ikuti Passion

Ketika bekerja sesuai passion maka Anda tidak akan banyak memikirkan tentang untung atau rugi. Dengan terus konsisten berkarya, pada akhirnya Anda akan mendapatkan apresiasi dari usaha yang dijalankan. Ada yang bilang bahwa sekecil apapun penghasilan itu diraih, tapi jika semua dikerjakan dari hati dan memang sesuai keinginan, tentu akan sangat menyenangkan.

Misalkan saja Anda sangat hobi fotografi, maka bisa memulai menggeluti usaha studio foto kecil-kecilan di rumah. Mungkin awalnya hanya usaha cetak foto, tapi kemudian berkembang sebagai fotografer panggilan, dan akhirnya melayani jasa foto pernikahan yang tentunya punya tarif selangit. Jika Anda melakukannya dengan sangat bahagia karena menyukai fotografi, semua tak akan terasa sulit.

3. Belajar dari Orang Sukses

Orang sukses pasti paham bahwa membangun bisnis sendiri bukanlah perkara yang mudah. Pengalaman dari mereka bisa menjadi pengingat dan penyemangat Anda ketika sedang kesulitan dalam usaha. Ada banyak sekali buku-buku bahkan film mengenai jatuh-bangunnya sebuah usaha dilakukan. Cobalah Anda mempelajari bagaimana perjuangan orang-orang sukses tersebut.

Jangan pernah tergiur pada bagaimana seorang pebisnis dapat hidup bergelimang harta saja, tapi cobalah untuk mencari tahu seperti apa perjuangannya ketika masih sulit dalam membangun usaha. Lewat seringkali membaca kisah inspiratif para pengusaha sukses, Anda tentu akan makin semangat sehingga tak akan mudah menyerah.

4. Manfaatkan Dukungan

Ketika usaha mengalami kesulitan, keluarga juga akan ikut merasakan dampaknya. Reaksi keluarga bisa ikut menentukan tindakan Anda. Jika keluarga mendukung maka motivasi Anda untuk melanjutkan usaha akan lebih besar.

5. Berani Bersaing

Persaingan merupakan hal yang wajar dalam setiap usaha. Jika ada yang membuka usaha yang sama dengan Anda maka sikapilah dengan bijak. Hal tersebut malah bisa menjadi motivasi untuk memperbaiki kekurangan. Brand-brand ternama seperti Aqua, Indomie bahkan Gojek sekalipun bisa semakin sukses dan mencatat omzet luar biasa justru karena adanya persaingan.

Lewat sang kompetitor, bisnis justru makin hidup karena Anda akan selalu berusaha untuk beradaptasi dan menciptakan produk-produk inovatif baru untuk calon konsumen. Dampaknya tentu sangat positif pada kelangsungan bisnis sendiri yang tetap bertahan dan selalu bisa diterima oleh konsumen.

Kesimpulan

Melalui ulasan di atas, memang tak bisa dipungkiri kalau memulai bisnis sendiri bukanlah sesuatu yang mudah. Dalam perjalannya, Anda tentu akan menemui berbagai macam kegagalan dan kehilangan modal yang semakin membuat keinginan untuk menyerah makin kuat. Namun tetap saja, sebagai seorang wirausaha memang dituntut untuk tak mudah putus asa.

Ada banyak sekali tips yang bisa coba dilakuka demi memicu semangat untuk bangkit kembali. Sehingga dengan begitu Anda akan menemukan semangat baru dalam menjalankan bisnis sendiri yang sudah dimulai dari modal kecil-kecilan. Bukan tak mungkin bisnis rumahan ini akan mampu membuat Anda semakin mencapai kesejahteraan finansial.

TRADING FOREX DI OCTA.ID

PerusahaanPT. Octa Investama Berjangka
Regulasi
Bappebti
54/BAPPEBTI/
SI/05/2013
Min.Lot0.1
Min.Deposit$100
Situswww.octa.id

Tinggalkan komentar