Peluang Cuan, Ini Tips Untung Investasi NFT yang Tengah Viral

Perkembangan teknologi yang makin pesat di berbagai sendi kehidupan peradaban manusia, memang mengubah hal-hal yang selama ini sudah dikenal. Salah satunya dalam bidang investasi berkat kehadiran NFT (Non Fungible Token). Banyaknya klaim menguntungkan sekaligus menjadi viral di masyarakat, membuat orang-orang berbondong mencari cara memaksimalkan untung investasi NFT.

Memang, apa sih NFT itu?

Dilansir Forbes, NFT sendiri sebetulnya adalah aset digital yang mewakili obyek di dunia nyata. Contoh termudahnya seperti hasil karya lukisan, benda-benda dalam permainan video game atau game online, lagu, hasil foto, desain ilustrasi, karya film atau video sampai meme. NFT-NFT itu kemudian diperjual belikan lewat internet dan biasanya menggunakan cryptocurrency sebagai alat pembayaran.

Alasan utama kenapa mata uang kripto ini menjadi alat pembayaran NFT karena memang kedua aset digital ini sama-sama memggunakan teknologi blockchain. Seperti yang sudah Anda tahu, cryptocurrency bisa dibilang yang mengenalkan industri masa depan tersebut. Meskipun baru begitu booming di tahun 2021 ini, pada dasarnya NFT sudah muncul sejak tahun 2014 silam. Berkat pandemi Covid-19, NFT jadi makin dikenal.

Dan saat ini NFT seolah menjadi peluang cuan baru yang ternyata begitu diminati generasi muda entah milenial atau gen Z. Berbagai karya seni visual ditawarkan lewat NFT yang membuat aset digital ini mencapai raihan US$174 juta sejak November 2017. seperti dilansir Coindesk. Tertarik? Supaya Anda meraih hasil maksimal, kami akan mengulas beberapa hal mengenai rahasia raih untung investasi NFT secara tepat.

Baca juga: Tips Investasi Kripto Saat Dianggap Haram Oleh MUI, Tertarik?

Bagaimana Sih Cara Membuat NFT?

Cara Membuat Nft
peluang cuan, ini tips untung investasi nft yang tengah viral 4

Tak bisa dipungkiri bahwa popularitas NFT begitu cepat berkembang pada tahun 2021 ini cukup banyak dipengaruhi oleh cryptocurrency. Seperti yang Anda tahu, baik NFT dan mata uang kripto sama-sama menggunakan teknologi serupa yakni jaringan blockchain. Lantaran menggunakan sistem terdesentralisasi yang dianggap begitu terjamin keamanannya, NFT pun dipandang sebagai cara terbaik mengapresiasi karya.

Karena bagaimanapun juga, karya-karya seni begitu rentan dengan yang namanya plagiarisme dan penggunaan tanpa izin hak cipta. Namun jika karya itu dijadikan aset digital lewat NFT, tentu akan menguntungkan sang creator sehingga mampu menjadikannya sebagai aset investasi di masa depan baik bagi si pembuat karya maupun pemiliknya saat ini.

Tak heran kalau para kolektor sampai rela menggelontorkan uang dalam jumlah besar hanya memiliki NFT incaran mereka, yang tentunya unik dan sangat langka. Luasnya lingkup NFT yang tidak hanya dari karya seni, membuat siapapun begitu tertarik. Salah satunya yang sempat bikin heboh adalah NFT bergambar meme cryptocurrency dogecoin (DOGE) yang laku US$4 juta (sekitar RP57 miliar) pada bulan Juni 2021 lalu.

Tertarik memperoleh hal serupa? Tenang saja. Anda yang memang hobi menghasilkan karya tetap bisa kok memperoleh untung investasi NFT. Seperti apa? Berikut langkah-langkah yang bisa Anda siapkan:

1. Siapkan Karya Seni

Inilah hal paling mendasar yang wajib dilakukan para seniman digital jika memang ingin meraih untung investasi NFT. Yap, siapkan dulu karya seni yang hendak dijual. Ada banyak sekali jenisnya mulai dari foto, lukisan, video atau bahkan hal-hal lain yang memiliki nilai jual tinggi dan layak jadi NFT. Pastikan karya seni ini memang Anda buat sendiri bukan plagiat dari pihak lain.

Karena ketika Anda menyadur desain karya meskipun melakukan modifikasi, jika ketahuan tentu bakal bermasalah ke hak cipta. Karya seni yang terbukti melanggar hak cipta bisa saja bakal tidak laku di semesta NFT dan membuat investor merugi yang ujung-ujungnya, Anda bisa saja dimasukkan ke daftar hitam.

2. Tentukan Marketplace

Sudah memiliki karya seni yang layak dijual, maka hal berikutnya adalah proses penjualan. Yap, tentukan terlebih dulu jaringan blockhain atau marketplace yang bakal Anda jadikan platform penawaran karya. Sekadar informasi, saat ini jaringan crypcoturency ethereum (ETH) adalah layanan blockchain terdepan untuk urusan NFT. Sehingga ada baiknya juga menyiapkan mata uang kripto jenis ether.

Anggap saja Anda memilih marketplace di situs opensea.io, maka tinggak klik CREATE alias BUAT di pojok kanan atas layar. Ikuti langkah-langkah yang diminta oleh platform supaya penjualan NFT bisa segera dilakukan.

Baca juga: Yuk Dicoba, Strategi Investasi Bitcoin Ala Elon Musk

3. Punya Ethereum Wallet

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, NFT berhajalan di atas jaringan blockchain ethereum. Sehingga ada baiknya Anda untuk login atau mendaftar akun dompet digital kripto, seperti MetaMask, Coinbase Wallet, WalletConnect, Fortmatic dan lainnya. Selain digunakan menjadi wallet penyimpanan ETH, dompet digital ini juga berfungsi untuk menyimpan hasil item NFT yang Anda buat.

4. Unggah NFT

Dalam prosesnya di marketplace, langkah berikutnya jika sudah mempunyai e-wallet yang menyimpan mata uang kripto dan aset NFT, maka Anda tinggal mengunggah saja. Biasanya seniman bakal diarahkan ke halaman yang dimaksud. Anda bisa memberikan nama sekaligus keterangan pada karya seni dalam file yang maksimal berukuran 100MB tersebut.

Jika ingin proses loading berjalan lebih cepat, usahakan file yang diunggah maksimal 40MB saja. Karena bagaimanapun, pengalaman akses NFT yang cepat dan efisien akan membuat investor jauh lebih tertarik.

5. Pilih Blockchain

Langkah terakhir bagi seniman menjual aset digital mereka agar mampu raih untung investasi NFT adalah memilih blockchain. Ada baiknya Anda memberikan keterangan pula apakah konten digital itu aman dilihat semua umur, atau mungkin ada beberapa batas usia. Jika semua sudah selesai, maka cetak langsung NFT milik Anda sesuai dengan jaringan blockchain pilihan.

Seperti yang disinggung sebelumnya, ethereum merupakan blockchain yang paling punya perkembangan blockchain tercepat dan layak dipilh NFT. Setelah blockchain terpilih, langsung saja pilih tombol CREATE. Ini merupakan proses minting alias melakukan otentifikasi atas aset digital NFT ke blockchain. Jika Anda sudah melakukan tahapan ini, maka NFT akan bisa dilihat oleh orang lain dan berpeluang dibeli tentunya.

NFT, Aset Digital Unik dan Berpotensi Jadi Investasi

Melihat ulasan sebelumnya, sebetulnya tidaklah sulit untuk mencari untung investasi NFT ini. Jika dari sisi creator begitu mudah, Anda yang bertindak sebagai investor alias pembeli NFT pun bisa melakukan hal serupa. Apalagi di Indonesia sendiri, NFT dalam setahun terakhir memang tengah benar-benar booming. Terlepas dari perdagangan aset digital berkonsep blockchain masih menuai pro-kontra, NFT tetap diterima dengan baik.

Anda tentu tahu bahwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) selaku institusi agama Islam tertinggi di negeri ini sudah mengeluarkan fatwa haram atas cryptocurrency. Apakah ini artinya NFT juga tidak akan mendapatkan tempat di kalangan Muslim Tanah Air? Tentu untuk menjawab pertanyaan demikian, dikembalikan kepada masing-masing investor mengenai tujuan mereka membeli NFT.

Meskipun memang tak dipungkiri bahwa NFT dan cryptocurrency berjalan dalam teknologi serupa yakni blockchain. Hanya saja atas fakta ini, Budi Raharjo selaku pendiri dan direktur OneShildt Financial Planning pun angkat bicara. Dilansir CNN Indonesia, Budi menyebutkan jika kedua aset digital ini berbeda dari hal jumlah. Di mana jika mata uang kripto itu punya pasokan tertentu, maka NFT bisa jauh lebih langka dan terbatas.

“Keunikan sekaligus identitas dari NFT adalah barangnya cuma ada satu di dunia. Karena kan memang NFT cenderung karya seni digital. Misalkan saja, lukisan karya seorang seniman ya cuma seniman itu saja yang punya. Jadi kalau karya-karya seni yang terbatas ini dijadikan digital lewat NFT lalu diperjualbelikan, maka bakal bisa jadi aset investasi berbasis koleksi,” papar Budi panjang lebar.

Hal ini pula yang akhirnya membuat NFT punya dua nilai aset utama yakni riil dan finansial. Seperti layaknya investasi properti, emas batangan bahkan karya seni nyata seperti lukisan Picasso atau patung buatan Michaelangelo, NFT juga mempunyai nilai riil yang sama. Sedangkan untuk nilai finansialnya, NFT mempunyai potensi kenaikan nilai bak cryptocurrency kendati bukanlah aset investasi resmi bak saham atau deposito.

“Kebanyakan kan memang orang-orang membeli NFT ini bukan untuk investasi. Tapi justru karena barangnya yang bagus, orang-orang jadi tertarik, keinginan mengapresiasi karya seni itu sendiri, akhirnya dibeli. Tindakan ini jelas menimbulkan kepuasan bagi si pembeli NFT dan kemudian justru karya seni digital ini punya nilai investasi,” pungkas Budi.

Baca juga: Menabung Aset Kripto, Cuan Baru Bagi Milenial – Gen Z

Tips Untung Investasi NFT Agar Terhindar Risiko

Rahasia Untung Nft
peluang cuan, ini tips untung investasi nft yang tengah viral 5

Meskipun memang mempunyai nilai riil dan finansial, tetap saja NFT merupakan aset digital yang tak lepas dari berbagai risiko. Sama halnya dengan cryptocurrency yang memiliki pergerakan harga luar biasa liar, NFT juga wajib diwaspadai. Apalagi jika Anda adalah pemula, beberapa tips untung investasi NFT tentu wajib dipelajari demi meminimalisir risiko yang bakal timbul.

Apalagi sudah ramai diperbincangkan jika NFT dan mata uang kripto, digadang-gadang bakal jadi penggerak ekonomi masa depan lewat dunia virtual alias metaverse. Supaya tidak salah langkah, simak tips-tipsnya:

1. Spekulasi Bukan Tujuan

Kendati berjalan di atas teknologi blockchain, pada dasarnya nilai NFT masihlah sangat variatif. Hal ini yang membuat NFT sebaiknya jangan dijadikan tujuan keuangan untuk saat ini. Perjalanan NFT memang hampir serupa dengan cryptocurrency yang awalnya hanya sebagai mata uang di dalam komunitas. Hanya saja mata uang kripto pun berkembang dan akhirnya memiliki regulasi serta skema perdagangannya sendiri.

Hal inilah yang membuat NFT jauh lebih tepat dijadikan sebagai spekulasi di mana ketika punya nilai investasi, maka itu adalah bonus. Untuk itu pastikan kondisi finansial Anda memang benar-benar sehat jika memutuskan koleksi NFT.

2. Siapkan Dana

Yang namanya aset digital, tentu tetap butuh uang tunai sebagai dana yang dibutuhkan. Karena itu, alokasikan dana khusus yang pastinya tak mengganggu pos keuangan lain. Anda harus punya dana khusus investasi yang sudah disisihkan dari penghasilan, sehingga tak mengganggu kewajiban rutin dalam pengeluaran.

Baca juga: Booming Karena Facebook, Ini Kaitan Metaverse dengan Kripto

3. Ketahui Risiko

Hal terakhir dari tips untung investasi NFT adalah tahu risikonya sejak awal. Anda harus tahu bagaimana pergerakan harga aset-aset virtual, termsuk risiko sistem NFT yang berpeluang diretas. Menurut Budi, NFT yang meski punya nilai riil dan finansial, berpotensi besar mengalami penurunan nilai aset secara mekanisme pasar.

Jika ingin serius berinvestasi di NFT, maka pelajari bagaimana fluktuasi dan perkembangan harga yang bisa terjadi. Begitu pula risiko terhadap peretas alias hacker misalnya, karena ini merupakan aset digital.

Bagaimana? Menarik bukan mempelajari rahasia untung investasi NFT? Apalagi bagi Anda yang memang memiliki minat besar pada dunia seni, manfaatkan teknologi blockchain yang kini tengah digandrungi berkat cryptocurrency. Dengan begtiu Anda bakal bisa memaksimalkan cuan dan tetap memperoleh apresiasi tinggi terhadap karya seni yang dihasilkan.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar