Uang Kripto Asal Indonesia yang Bisa Dipilih Sebagai Aset Investasi

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa ternyata terdapat uang kripto asal Indonesia. Hal ini karena anggapan bahwa teknologi di Indonesia belum mampu mengikuti perkembangan dunia kripto.

Tren cryptocurrencies atau mata uang kripto memang telah mengalami perkembangan pesat. Trend ini dimulai dari Bitcoin yang pada akhirnya memunculkan banyak mata uang kripto lainnya.

Saat ini Anda bisa menemukan lebih dari 200 mata uang kripto yang beredar di pasaran. Di antara ratusan mata uang kripto tersebut, ternyata terdapat uang kripto yang berasal dari Indonesia.

Jika Anda adalah seorang investor yang tertarik pada dunia cryptocurrency, maka perlu memahami hal ini. Berikut ini adalah penjelasan beberapa uang kripto yang berasal dari Indonesia.

TKO, Uang Kripto Asal Indonesia dari Tokocrypto

Uang Kripto Asal Indonesia yang Bisa Dipilih Sebagai Aset Investasi/Unsplash

Toko Token (TKO) merupakan aset kripto yang diterbitkan oleh Tokocrypto. Perlu Anda pahami bahwa Tokocrypto merupakan salah satu platform exchange terbesar di Indonesia dan sudah diakui oleh Bappebti.

TKO sendiri diluncurkan pada akhir Maret 2021. Namun antusiasme investor dan pegiat dunia kripto sangat menyambut hanya TKO. Salah satu keunggulan TKO adalah menyediakan model token hybrid unik.

Model token hybrid unik dari TKO artinya dapat digunakan untuk utilitas centralized finance (CeFi) dan decentralized finance(DeFi). TKO merupakan uang kripto asal Indoneisa pertama yang menggunakan model ini.

Penggunaan TKO dalam utilitias CeFi adalah seperti pada TKO Savings, TKO Cashback, TKO Rebate dan TKO Deposit. Sementara pada utilitas DeFi, penggunaan TKO terdapat pada farming pools dan lending.

TKO adalah token yang dibangun dalam jaringan BEP-20. BEP-20 merupakan standar token yang terdapat pada Binance Smart Chain (BSC). Hal ini akan memungkinkan transaksi dengan kecepatan tinggi namun berbiaya rendah.

Pengembangan TKO sendiri terus dilakukan seiring berjalannya waktu. Pada pengembangan terbarunya, Tokocrypto memunculkan layanan saving dan staking untuk TKO pada jaringan Binance. Dengan layanan ini, para investor bisa mendapatkan bunga.

Selain itu, Tokocrypto juga sedang mengembangkan NFT arcade/marketplace. Hal ini tentu akan semakin menarik bagi para pencinta kripto. Sehingga cukup menarik untuk melihat perkembangan TKO sebagai aset investasi ke depannya.

TEN, Uang Kripto Asal Indonesia yang Cukup Aktif

TEN, Uang Kripto Asal Indonesia yang Cukup Aktif/Unsplash

TEN atau Tokenomy merupakan uang kripto lokal lainnya yang mendapatkan izin untuk diperdagangkan dari Bappebti. Nama Tokenomy diambil dari penggabungan kata token dan ekonomi menjadi satu.

Nama ini digunakan untuk memberi gambaran desain token sekaligus aturan ekosistem ekonomi yang menjamin keamanan serta kemudahan bagi siapa saja. TEN diluncurkan melalui ICO pada Januari tahun 2018 lalu.

TEN sendiri dirancang oleh Oscar Darmawan. Oscar merupakan penggagas Indondax, salah satu exchange terbesar di Indonesia. Hal ini yang membuat TEN cukup populer di kalangan investor cryptocurrencies.

Selain itu, TEN juga dibangun di atas jaringan Blockchain Ethereum. Sehingga uang kripto asal Indonesia, ini juga cukup mendapatkan perhatian dari komunitas investor kripto internasional.

Tingginya perhatian komunitas investor kripto pada TEN dapat dilihat pada tingkat perdagangannya di pasar. Sebab TEN dapat dikatakan merupakan salah satu aset kripto yang cukup aktif di Indonesia.

Dikatakan oleh Oscar, bahwa TEN memiliki banyak peran pada pengembangan ekosistem blockchain di Indonesia. Mulai dari pemberian edukasi mengenai blockchain, hingga melahirkan berbagai produk inovatif.

Salah satu produk yang menjadi fokus adalah Tokenomy Earn. Produk ini menawarkan skema staking yang mirip dengan skema deposito pada bank. Perbedaannya terdapat pada TEN yang berbasis pada blockchain.

TEN sempat mengalami peningkatan harga yang fantastis pada awal Juni 2021. Tepatnya pada tanggal 3, nilai TEN melesat dari Rp 755 menjadi Rp 3475 hanya dalam waktu 24 jam.

XAU, Uang Kripto Asal Indonesia dengan Aset Dasar Emas Antam

XAU, Uang Kripto Asal Indonesia dengan Aset Dasar Emas Antam/Unsplash

Uang kripto lokal lain yang tidak kalah menarik dengan dua aset sebelumnya adalah Token XAU. Sebab token yang satu ini menggunakan emas Antam sebagai aset dasarnya.

Token XAU memang dirancang dengan konsep stable coin. Sehingga nilai dari Token XAU sendiri sangat terikat dengan aset nyata yaitu emas Antam yang menjadi aset dasarnya.

Harga Token XAU akan cenderung stabil jika dibandingkan dengan uang kripto lainnya. Harga 1 XAU akan memiliki nilai yang sama dengan 1 gram emas Antam.

Token XAU merupakan token yang dikeluarkan oleh Xaurius. Diraketur Xaurius, Nicco D menyatakan bahwa uang kripto asal Indonesia ini diciptakan dengan tujuan membuat sebuah infrastruktur berbasis blockchain pada industri emas.

Sehingga dengan begitu diharapkan industri emas dapat mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Sebab tokenisasi emas ini diharapkan mampu membuat transaksi emas menjadi lebih aman dan transparan.

Penggunaan Token XAU juga dikatakan dapat mempermudah proses jual beli emas. Sebab Anda bisa mengirimkan emas hanya dalam hitungan detik dengan memanfaatkan sistem blockchain pada Token XAU.

Baca yuk, 9 Broker Forex Terbaik Bagi Trader Indonesia

Faktor keamanan tentu saja menjadi salah satu aspek utama dalam Token XAU. Oleh karena itu Nicco memastikan bahwa semua emas XAU telah mendapatkan sertifikasi dari Antam.

Saat ini pembelian Token XAU hanya bisa dilakukan di situs resmi milik Xaurius. Namun tentunya harapan dari Xaurius bahwa Token XAU bisa listing pada exchange di Indonesia.

Sistem token yang terikat pada aset nyata ini tentu sangat menarik bagi para investor. Karena tingkat fluktuasi harga koin dapat ditahan sehingga cocok dipilih oleh para investor moderat.

ZMT, Uang Kripto Asal Indonesia Terkemuka di Berbagi Negara

ZMT atau Zipmex Token adalah native token yang pada awalnya digunakan untuk mempromosikan ekosistem Zipmex. Perlu untuk diketahui bahwa Zipmex merupakan exchange yang beroperasi di Indonesia, Singapura, Thailand dan Australia.

ZMT adalah jenis token ERC20 yang dibangun di atas jaringan blockchain Ethereum. Koin ini diluncurkan pada 17 Desember 2020 lalu dan sekarang menjadi salah satu andalan Zipmex.

Zipmex memiliki tujuan bukan hanya menjadi sebatas exchange atau bursa aset kripto saja, melainkan menjadi sebuah komunitas aktif. Oleh karena itu penggunaan ZMT akan memberi banyak keuntungan pada para member.

Salah satu keuntungan yang ditawarkan oleh ZMT adalah bunga yang lebih besar. Selain itu, dengan memiliki ZMT Anda bisa mendapatkan undangan ke acara-acara spesial dari Zimpex.

Uang kripto asal Indonesia ini akan digunakan oleh Zipmex untuk membuat berbagai layanan inovatif di masa mendatang. Beberapa gambaran layanan yang akan diluncurkan seperti pinjaman, transaksi saham dan keperluan lainnya.

ZMT dikatakan memiliki prospek yang sangat bagus untuk investasi. Salah satu alasannya adalah karena jumlah distribusi yang terbatas. Total suplai ZMT secara keseluruhan adalah 200.000.000.

Pembatasan suplai ini dilakukan untuk menghindari terjadinya inflasi. Selain itu, dengan adanya batasan suplai, valuasi nilai harga dari ZMT bisa meningkat sesuai dengan permintaan pengguna.

Peningkatan harga ZMT sendiri memang bisa dinilai cukup signifikan. Pada awal peluncuran, harga 1 ZMT hanya Rp 2.163 sementara pada pertengahan Agustus 2021, nilainya menjadi sekitar Rp 26.000.

ANA COIN, Uang Kripto Asal Indonesia dari Rekeningku.com

ANA COIN, Uang Kripto Asal Indonesia dari Rekeningku.com/Unsplash

Rekeningku.com selaku salah satu exchange mata uang kripto di Indonesia juga memiliki koin mereka sendiri. Koin tersebut adalah ANA Coin yang dibangun di atas jaringan ERC20 menggunakan blockchain Ethereum.

ANA Coin diluncurkan melalui ICO pada 25 Juni 2018. Pada perilisan perdananya, ANA Coin diterbiktkan sebanyak 200 juta koin. Total koin tersebut dibagi menjadi beberapa sasaran.

40% koin atau sebesar 80 juta dijual kepada publik. 10% koin atau 20 juta koin dijual ke para angel investor. Sedangkan 50% sisanya dijual ke founding team.

ANA Coin sendiri mendapatkan antusiasme yang cukup baik dari para investor. Rata-rata total volume transaksi harian koin ini berkisar antara Rp 500 juta – Rp 700 juta.

Sebagai uang kripto asal Indonesia yang diterbitkan oleh Rekeningku.com, Anda bisa menggunakannya untuk bertransaksi di sana. Bahkan Rekeningku.com memberikan banyak bonus jika Anda menggunakan ANA Coin.

Salah satu keuntungan atau bonus yang bisa didapatkan dari penggunaan ANA Coin adalah diskon sebesar 50% untuk biaya transaksi. Untuk mendapatkan diskon ini, Anda hanya perlu memiliki ANA Coin.

Namun Anda tidak perlu melakukan hold ANA Coin untuk mendapatkan diskon tersebut. Anda hanya perlu membeli ANA Coin secukupnya ketika hendak melakukan transaksi untuk mendapatkan bonus.

Oleh karena itu Anda tidak perlu terlalu memikirkan fluktuatif harga ANA Coin. Anda bisa langsung menjual kembali ANA Coin ketika selesai melakukan transaksi. Lalu user lain yang membutuhkan akan membelinya.

Hal ini membuat transaksi ANA Coin selalu terjadi setiap harinya. Meski pada akhirnya penggunaan ANA Coin hanya ditujukan untuk mendapatkan bonus tanpa melihat prospek peningkatan nilai di masa depan.

Tips Berinvestasi Pada Mata Uang Kripto

Sekarang Anda telah mengetahui beberapa uang kripto asal Indonesia yang bisa dijadikan sebagai aset investasi. Namun sebelum memutuskan untuk membelinya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Sebab berinvestasi pada cryptocurrency memiliki potensi risiko yang cukup tinggi. Oleh karena itu pastikan Anda memahami tips berikut ini sebagai panduan awal dalam berinvestasi kripto.

  • Memperkuat Aspek Psikologis

Aset kripto diketahui memiliki tingkat fluktuasi harga yang sangat tinggi. Oleh karena itu perubahan harganya bisa terjadi dengan sangat cepat. Bisa saja dalam sehari terjadi kenaikan atau penurunan signifikan.

Oleh karena itu Anda perlu memperkuat aspek psikologis sebelum memulai investasi pada aset kripto. Sehingga dengan begitu Anda tidak akan terburu-buru dalam mengambil keputusan yang berakhir kerugian.

  • Diversifikasi Aset

Diversifikasi aset adalah strategi yang sangat penting dalam melakukan investasi. Strategi yang satu ini juga berlaku ketika Anda ingin berinvestasi pada uang kripto asal Indonesia.

Pastikan Anda tidak menaruh seluruh aset hanya pada satu koin saja. Karena jika terjadi crash pada market koin tersebut, kekayaan Anda akan langsung mengalami penurunan signifikan.

  • Pahami Tujuan Investasi

Berinvestasi tanpa adanya tujuan bukanlah hal yang disarankan. Sebaiknya sedari awal Anda sudah menetapkan tujuan berinvestasi agar bisa menentukan strategi yang tepat. Sehingga Anda tidak akan kebingungan dalam mengambil keputusan.

Baca juga, 8 Kesalahan Investasi Mata Uang Kripto yang Sering Dilakukan Pemula

Begitu juga ketika Anda berinvestasi pada mata uang kripto. Pastikan Anda sudah memahami tujuan investasi dengan jelas sehingga mengetahui aset mana yang sesuai dijadikan sebagai investasi.

Berkembangnya aset kripto memang membawa banyak hal baru pada dunia investasi. Terlebih saat ini banyak pengembang yang berlomba untuk berinovasi menciptakan koin terbaik untuk dipilih investor.

Tentunya kondisi ini merupakan hal baik bagi para investor karena membuka banyak pilihan instrumen investasi. Seperti misalnya uang kripto asal Indonesia di atas yang bisa dipertimbangkan untuk mengisi portfolio Anda.

Tinggalkan komentar