10 Tren Ruang Pemasaran Digital di 2022

Media digital semakin memberikan akses yang luas terhadap aktifitas pemasaran. Ini dia 10 tren ruang pemasaran digital di 2022.

Pemasaran digital telah menjadi bagian utama dari dunia bisnis baik itu skala kecil hingga besar. Tren teknologi membentuk strategi yang paling efektif untuk menjangkau audiens target Anda.

Tren yang semakin berkembang belakangan ini adalah menciptakan pengalaman pengguna alias user experience yang menarik.

Selain itu ada pilihan tentang menyediakan konten yang lebih otentik, menawarkan layanan chatbot, mengoptimalkan pencarian suara dan memanfaatkan media sosial.

Anda harus menentukan dengan cermat tren mana yang memberikan manfaat terbesar bagi bisnis Anda, serta tren mana yang harus Anda hindari juga berdasarkan bisnis Anda.

Sementara banyak prinsip pemasaran tetap sama setiap tahun, namun alat yang digunakan bisnis untuk mencapai kesuksesan pemasaran sangat bervariasi dari waktu ke waktu.

Iklan surat kabar pernah menjadi hal yang biasa. Sekarang, iklan digital dan kecerdasan buatan memainkan peran penting dalam taktik pemasaran bisnis.

Setiap tahun, ada lebih banyak tren teknologi yang harus menjadi perhatian pengusaha.

Pemilik bisnis yang sebelumnya kesulitan dalam hal pemasaran bisa jadi menemukan kesuksesan pemasaran yang baru.

Berikut adalah 10 tren pemasaran digital yang kami yakini harus dimanfaatkan oleh bisnis kecil pada tahun 2022.

1. Konten Berdurasi Panjang Yang Autentik

Untuk usaha kecil yang masih sangat ketat mengatur pengeluarannya, konten otentik adalah alat pemasaran digital yang kuat.

Pemasaran Digital

Ada potensi algoritma Google memberikan kesempatan dalam halaman pertama untuk konten artikel yang panjang.

Meskipun 2021 adalah tahun TikTok dan Instagram dengan tayangan video berdurasi tiga hingga lima menit untuk promosi audiovisual.

Namun pada 2022 nampaknya pendulum algoritma berayun ke arah lain, dengan 1.000 hingga 7.500 artikel kata menjadi aturan yang harus dipenuhi agar tercakup dalam halaman pencarian Google.

Tentu model pemasaran digital seperti ini berlaku untuk posting blog dan artikel, bukan untuk konten video dan audio.

Berbagi tentang topik yang menarik minat pelanggan Anda adalah cara yang bagus untuk membangun kesadaran merek dan loyalitas pelanggan.

Anda dapat membangun kepercayaan dengan menunjukkan bahwa Anda peduli dengan kehidupan mereka lebih dari sekadar memancing minat mereka untuk berbelanja.

Entah itu konten website berupa postingan media sosial, blog, atau tips sehari-hari.

Pastikan keseimbangan yang baik antara menonjolkan produk Anda dan memberikan saran yang berharga, tentu saja saran Anda harus dapat ditindaklanjuti oleh pembaca.

Pemasaran digital autentik bentuk panjang adalah cara yang bagus untuk meningkatkan minat dan keterlibatan di antara target pembeli Anda.

Karena tidak semua orang akan menikmati iklan audiovisual, khususnya yang sedang mempunyai batasan kuota sehingga lebih hemat mengakses konten dalam bentuk teks.

2. Teknologi Chatbots

Chatbots sebenarnya kurang tepat bagi pengusaha kecil untuk promosi digital, karena harganya yang masih belum bisa dijangkau untuk mengadakan teknologi kecerdasan buatan.

Chatbots yang didukung AI dapat digunakan untuk dukungan pelanggan, memperluas strategi kontak secara dramatis dengan pesan yang terkontrol.

Chatbots ini telah menjadi sangat hidup sehingga banyak pelanggan bahkan tidak mengetahui perbedaannya.

Tetapi mereka menawarkan manfaat tambahan untuk dapat mengumpulkan, menganalisis, dan menyediakan data yang dapat ditindaklanjuti yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Hanya jika sebuah usaha kecil menggunakan fasilitas Ecommerce seperti Shopee atau Tokopedia yang bisa mengaktifkan layanan chatbots.

Itu juga dengan banyak keterbatasan, karena chatbots hanya bisa melayani pertanyaan default yang sudah Anda atur. Istilah kerennya, FAQ alias Frequently Asked Questions.

3. Pencarian Suara

Dengan perangkat seluler dan layanan suara seperti Microsoft Cortana dan Google Assistant yang semakin populer.

Pencarian suara adalah salah satu area untuk memperkuat promosi digital, di mana bisnis kecil Anda dapat menonjol di antara pesaing Anda.

Jika bisnis Anda hadir secara digital, ada kemungkinan semakin besar orang akan menemukan situs web atau materi pemasaran konten Anda melalui penelusuran suara pada tahun 2022 dan seterusnya.

Pemasaran Digital

Menurut Google, pencarian seluler berfungsi lebih dari 50% dalam menentukan keputusan berbelanja.

Sehingga pemasar perlu mulai beradaptasi dengan pencarian suara, yang saat ini merupakan 20% dari pencarian seluler. Iitu diharapkan untuk semakin meningkat seperti kenaikan pemilik ponsel pintar.

Teknik sederhana yang dapat Anda terapkan pada tahun 2022 adalah memberikan jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan pelanggan tentang produk Anda pada situs web.

Dengan semakin populernya perangkat yang dikontrol suara, fokuskan strategi konten Anda untuk menjawab pertanyaan umum konsumen tentang produk atau layanan Anda.

4. Analisis Data

Sebagian besar pebisnis menjadikan analitik data penjualan sebagai prioritas, tetapi seorang marketing yang unggul harus tahu bagaimana memanfaatkan surplus data dalam dunia digital.

Marketing harus belajar bagaimana menggunakan data yang mereka kumpulkan dengan lebih baik.

Pelanggan terus-menerus memberikan informasi pribadi kepada perusahaan tempat mereka terlibat, mulai dari perilaku pembelian hingga produk favorit. Bahkan hingga cara terbaik untuk menjangkau mereka melalui upaya periklanan dan pemasaran.

Dengan berbagi data ini, pelanggan berharap sebuah timbal balik yang baik. Apakah itu dalam bentuk iklan yang lebih dipersonalisasi, kupon belanja atau transaksi yang ditargetkan.

Seorang marketing perlu melakukan lebih dari sekadar mengumpulkan data. Data harus bermakna, dan bisnis perlu menggunakan data itu untuk meningkatkan kampanye pemasaran digital.

Tren pada 2022 berputar di sekitar data prediktif; kumpulan data yang lebih cerdas, dapat diskalakan, dan lebih fleksibel.

Gunakan algoritma komputasi untuk analisis yang lebih cepat; dan komputasi hybrid yang memadukan solusi penyimpanan awan dan memori internal.

Anda juga akan melihat meningkatnya penggunaan solusi berbasis pembelajaran mesin alias machine learning.

Yang juga mencakup analitik tambahan; analitik keputusan yang direkayasa; dan visualisasi data untuk pengambilan keputusan, manajemen bisnis, dan wawasan serta otomatisasi yang lebih baik.

Analisis data dapat memberikan informasi berharga tentang perilaku konsumen, termasuk niat mereka.

Anda harus menggunakan informasi yang Anda kumpulkan dari situs web Anda dan memanfaatkannya dalam strategi pemasaran digital Anda.

5. Pemasaran Media Sosial

Media sosial akan terus menjadi vital bagi upaya pemasaran digital perusahaan yang sukses. Pada tahun 2022, berharap untuk melihat video, Instagram, streaming langsung, dan podcast mendominasi daftar.

Facebook tidak akan turun pamor, ia memiliki daya tahan di tengah gempuran aneka media sosial yang kekinian.

LinkedIn juga akan semakin berpengaruh, terutama karena influencer menggunakannya untuk memperbesar suara mereka.

Berbicara tentang influencer, 2022 akan menjadi tahun para ahli yang memiliki lebih sedikit pengikut tetapi lebih berdedikasi.

Ceruk atau niche adalah yang penting, dan mereka akan mendominasi lautan kosong dengan sedikit atau tanpa persaingan yang membuat mereka memimpin sebuah ruang wacana spesifik.

Kabar baiknya. Pelanggan akan semakin menghargai kemampuan untuk berkomunikasi dengan merek di media sosial.

Kami sarankan Anda untuk bisa melakukan penceritaan merek yang efektif , kreativitas, minat yang tulus dan hubungan baik dengan pengikut Anda. Juga pengembangan keahlian dan keterampilan industri Anda secara konsisten.

6. Area Baru Dalam Ecommerce

Tren dalam Ecommerce berporos di sekitar teknologi Web3 di mana bisnis menggunakan tren DeFi untuk meningkatkan profil mereka ke tingkat yang lebih tinggi.

“DeFi/Decentralized Finance” berarti keuangan terdesentralisasi dan mengacu pada blockchain, cryptocurrency, dan non-fungible token (NFT).

Gejala ini sedang melingkupi seluruh dunia bisnis baru yang dilakukan melalui blockchain dengan peluang baru untuk pemasaran digital.

Ada teknologi seperti buku besar Peer to Peer bersama dalam jaringan multiserver di seluruh dunia yang membuat bisnis lebih cepat, lebih murah, lebih aman, dan transparan.

Blockchain menawarkan kontrak pintar yang memverifikasi, menjamin, dan menegakkan transaksi.

Untung Investasi Nft

Tentu saja, ada juga cryptocurrency, atau koin digital, yang menggantikan uang fisik untuk menarik jenis konsumen yang berbeda.

Teknologi blockchain juga memberi peluang nyata para penambang kripto untuk berjejaring dan berbagi keahlian mereka, mendapatkan imbalan finansial dalam prosesnya.

Kini beberapa merek global sedang menjajaki potensi dalam menggunakan NFT, aset digital yang dibuat secara unik, sebagai cara tren generasi berikutnya untuk memasarkan produk mereka.

7. User Experience / Pengalaman Pengguna

Pelanggan modern mengharapkan pengalaman online yang menarik, ramah pengguna, dan lancar, baik itu di toko Ecommerce atau saat membaca situs web.

Pada tahun 2022, kami berharap bisa melihat dorongan yang lebih besar menuju UX atau User Experience yang mulus dan sangat menarik.

Dengan penekanan pada pengalaman pemasaran digital yang interaktif, pengalaman, nyaman, dan dipersonalisasi.

Kami tahu bahwa pengguna menyukai konten pemasaran digital menarik yang berbicara langsung kepada mereka.

Membuat strategi pemasaran digital yang menarik pengguna untuk memasuki media digital berdasarkan pengalaman halaman adalah sesuatu yang sedang diupayakan banyak pebisnis.

Namun, membuat konten hebat yang menarik pengguna bukanlah UX terbaik; ini tentang kecepatan, stabilitas visual, keramahan seluler, dan penjelajahan yang aman.

Menerapkan taktik ini pada strategi pemasaran konten akan meningkatkan visibilitas dan keterlibatan.

8. Metaverse

Metaverse adalah perpaduan futuristik dari virtual reality (VR), augmented reality (AR) dan kecerdasan buatan (AI).

Dengan puncaknya adalah pengalaman imersif 3D baru di mana pengguna mengaburkan fisik dengan digital.

Contohnya termasuk iklan interaktif seperti NASCAR di platform game interaktif Roblox.

Pengguna dapat membuat avatar mereka sendiri yang memungkinkan mereka untuk “merasakan” pengalaman tanpa benar-benar membelinya.

Hal ini telah menyebabkan istilah terbaru industri pemasaran yaitu “gamevertising.”

Di mana pemasar dan merek menggunakan game untuk mengiklankan produk mereka. Menurut agensi teknologi Wunderman Thompson , tren gamevertising ini mendominasi industri film dan musik.

Pada bidang penjualan ritel, merek juga menggunakan teknologi seperti Augmented Reality untuk menciptakan pengalaman belanja campuran.

Ketika seorang pembeli, melalui avatar mereka, dapat “mencoba” pakaian, “duduk” di kursi, “hidup” di wilayah geografis tertentu, dan sebagainya.

Metaverse adalah salah satu tren pemasaran digital paling kolosal tahun 2022, dan mereka baru saja memulai perjalanannya.

Ini menghilangkan batasan antara fisik dan virtual, memicu model bisnis direct-to-avatar (D2A) terbaru.

9. Masa Depan Tanpa Cookie

Dua tahun terakhir, Google menghadapi banyak keluhan pada bagian depan pengumpulan data privasi.

Untuk memperbaiki situasi, Google memimpin industri teknologi periklanan dengan masa depan tanpa cookie, yang dijadwalkan muncul pada tahun 2023.

Menjelang akhir tahun 2022, Google akan meluncurkan teknologi baru yang mengiklankan penghentian cookie.

Bagaimana hal ini memengaruhi bisnis dan pengiklan atau pemasar?

Organisasi yang berhati-hati akan memperhatikan dalam waktu dekat di mana cookie memberi jalan kepada alternatif cookie karena masalah privasi pelanggan dan peraturan pengamanan data pribadi.

10. SEO Dan Kata Kunci

Strategi SEO dan kata kunci terus mempertahankan keunggulannya. Algoritma Page Experience dari Google telah meluncur sejak Maret 2022.

Instrumen SEO akan menilai kecepatan pemuatan, interaktivitas, stabilitas visual, dan keamanan HTTPS, sebagai matrix pengukuran utama sebuah halaman web.

Google juga mengalihkan perhatiannya pada visibilitas seluler menggunakan Mobile-First Indexing (MFI) yang baru diluncurkan untuk menentukan peringkat situs web yang ramah seluler.

Untuk aktifitas pemasaran digital, ini berarti Google lebih fokus pada UX di perangkat seluler daripada situs web.

Sementara itu, Multitask Unified Model (MUM) baru Google mendorong penerbit untuk memberikan jawaban yang lebih kompleks untuk pertanyaan sederhana. MUM kini lebih menghargai konten otoritatif.

Jika Anda ingin meraih posisi teratas pada hasil pencarian Google, gunakan Google Search Console, PageSpeed ​​Insights.

Gunakan juga Laporan Pengalaman Pengguna Chrome untuk memeriksa keamanan dan kinerja halaman Anda. Seperti biasa, konten berkualitas tinggi adalah kunci untuk tampil pada pencarian utama Google.

Relevansi Prinsip Pemasaran Dasar

Ragam tren diatas diperkirakan akan memengaruhi pemasaran digital pada tahun 2022 dan seterusnya.

Tetapi itu tidak berarti Anda harus segera menghentikan apa yang Anda lakukan dan beralih menggunakan teknologi yang berbeda dan lebih maju untuk memasarkan bisnis Anda secara efektif.

Prinsip dasar bagaimana Anda memasarkan dan membangun merek sebenarnya tidak berubah, terlepas dari apa yang dikatakan semua orang dalam 10 atau 15 tahun terakhir.

Apa yang telah dilakukan teknologi secara keseluruhan memperbesar apa yang selalu benar.

Seorang pakar pemasaran menjelaskan bahwa meskipun alat pemasaran digital baru yang mewah diluncurkan setiap tahun, pemasaran dari mulut ke mulut tetap penting .

Beberapa dekade yang lalu, konsumen mungkin bertanya kepada teman-teman mereka ke mana harus pergi untuk mendapatkan hamburger terbaik di kota.

Sekarang orang-orang “bertanya kepada semua teman mereka” dengan melakukan pencarian internet cepat dan membaca ulasan tentang kedai burger di daerah tersebut.

Perubahan dalam teknologi tidak mengubah konsep inti pemasaran, tetapi teknologi baru memperbesar setiap kemenangan dan kegagalan.

Trik Pemasaran Modal Kecil

Sebelumnya, menyajikan burger yang buruk kepada satu pelanggan dapat menyebabkan pelanggan yang tidak senang memberi tahu teman mereka untuk tidak makan di sana.

Sekarang, ulasan kemarahan atau kekecewaan pada Google My Business atau Ecommerce dapat menghalangi ratusan calon pelanggan.

Memahami alat teknologi pemasaran digital baru dapat sangat menguntungkan bisnis Anda.

Tetapi jika Anda tidak memahami bagaimana teknologi dapat membantu Anda, tidak ada gunanya menambahkan alat baru ke dalam pola promosi konvensional Anda.

Banyak perusahaan terlalu terjebak dalam alat pemasaran terbaru dan terhebat namun tidak secara efektif dan efisien menaikkan jumlah keuntungan.

Ini seperti menonton anak berusia 8 tahun bermain sepak bola: Ini hanya bola dan tidak ada yang pemain lain yang mengejarnya.

Karena seperti biasa. semua orang mengejar objek baru yang mengilap. Apa pun teknologi yang Anda beli, jika Anda tidak tahu cara menggunakannya dengan baik, itu tidak akan memberi Anda keunggulan kompetitif di pasar.

Anda mungkin tidak perlu bertindak berdasarkan beberapa tren yang dibahas dalam artikel ini.

Di sisi lain, menambahkan chatbot atau menggunakan konten yang lebih otentik dalam bauran strategi pemasaran digital Anda saat ini.

Dapat membawa bisnis Anda ke tingkat keterlibatan pelanggan dan kesuksesan finansial yang baru.

Bagaimana Memutuskan Teknologi Pemasaran Digital Yang Akan Diterapkan

Memutuskan teknologi mana yang akan diterapkan dalam operasi Anda bergantung pada kebutuhan bisnis Anda dan keinginan pelanggan Anda.

Anda mungkin lebih baik tidak mengadopsi tren pemasaran digital. Terutama jika Anda tidak memahami dan tidak dapat menggunakan teknologi dengan benar tetapi melakukannya hanya karena bisnis lain menggunakannya.

Sementara kita bergerak semakin cepat menuju dunia yang didominasi teknologi. Uusaha kecil dan menengah perlu memprioritaskan tren teknologi yang dapat mereka manfaatkan untuk pertumbuhan bisnis yang lebih besar.

Bagaimana sebaiknya usaha kecil dan menengah menentukan adaptasi teknologi pemasaran digital? Mereka perlu menanyakan empat pertanyaan berikut:

  • Siapa audiens saya?
  • Apa dan di mana kesenjangan bisnis saya?
  • Akankah teknologi ini membantu menutup kesenjangan bisnis saya?
  • Apakah saya memiliki sumber daya untuk mempertahankan teknologi ini dalam jangka panjang?

Menggunakan pertanyaan ini sebagai pertimbangan dapat memastikan Anda tidak mengikuti tren pemasaran yang tidak sesuai dengan bisnis Anda secara tidak perlu.

Perhatikan tren pemasaran 2022, tetapi sebelum Anda bertindak, perhatikan baik-baik di mana bisnis Anda berdiri.

Jika Anda perlu alasan yang lebih kuat untuk melompat dari model pemasaran lama Anda, perhatikan 11 alasan berikut.

11 Alasan Kegagalan Model Pemasaran Anda, Segeralah Berpindah!

Pemasaran adalah jantung bisnis Anda. Anda memerlukan pemasaran konvensional atau digital jika Anda ingin mencapai hasil yang mengesankan untuk bisnis Anda.

Di sini saya ingin menyebutkan 11 alasan kegagalan pemasaran yang dapat dilakukan oleh bisnis kecil, bahkan menengah.

Beberapa dapat melihatnya sebagai pengeluaran tanpa imbal balik, beberapa sebagai dasar untuk pengembangan bisnis, dan beberapa melihatnya sebagai pertanda buruk.

Namun, menggunakan satu model pemasaran dalam bisnis tidak bisa menjamin hasil yang maksimal. Secara statistik, kegagalan mungkin akan lebih besar dari kesuksesan.

Tapi, kegagalan bukanlah sesuatu yang harus dilihat sebagai kekecewaan. Mereka adalah dasar untuk perbaikan di masa depan.

Khususnya jika Anda menginginkan alasan yang lebih kuat untuk beralih model ke pemasaran digital.

Digital Marketing | Folderbisnis.com

Apa alasan utama kegagalan pemasaran dalam usaha kecil dan menengah? Mari kita simak!

Di sini kami ingin menjawab pertanyaan itu dan menyajikan beberapa alasan utama kegagalan pemasaran.

1. Kurangnya Aktifitas Pemasaran

Ketika sesuatu tidak ada, kita tidak bisa mengukur kesuksesan. Bagaimana kita akan tahu bahwa sesuatu berhasil atau gagal jika kita tidak menerapkan apa pun.

2. Kurangnya Pendekatan Sistematis Untuk Pemasaran

Pergeseran dari satu hal ke hal lain, tanpa pendekatan sistematis yang akan menunjukkan apa yang diambil, apa hasilnya dan apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan. Ini dapat menjadi alasan kegagalan pemasaran.

Anda sangat membutuhkan pendekatan sistematis dalam hal pemasaran untuk menghindari kegagalan dalam pemasaran.

3. Anda Mendasarkan Pemasaran Anda Pada Asumsi, Bukan Fakta

Banyak pemilik bisnis lebih suka menggunakan asumsi dalam bisnis, ini masih merupakan salah satu alasan utama kegagalan pemasaran.

Seharusnya bisnis tidak didasarkan pada asumsi, tetapi pada penelitian, analisis, kontak, pengujian, dan pengukuran.

Jangan lupa bahwa setengah dari upaya pemasaran akan didasarkan pada eksperimen. Anda harus mulai menggunakan eksperimen bisnis jika Anda ingin menghindari kegagalan pemasaran untuk bisnis kecil Anda.

4. Anda Cukup Meniru Apa Yang Dilakukan Pesaing Anda

Meskipun Anda bisa mendapatkan informasi berkualitas dari kompetisi, namun penyalinan lengkap tanpa adaptasi dengan nilai unik bisnis Anda adalah kemungkinan alasan kegagalan pemasaran.

5. Anda Benar-Benar Mengabaikan Pesaing Anda

Jika Anda tidak menyalin apa yang dilakukan kompetitor, bukan berarti Anda harus mengabaikannya sepenuhnya.

Anda dapat menemukan informasi penting yang tersembunyi dalam aktivitas pesaing Anda. Jadi, Anda perlu menganalisisnya dan menggunakan informasi itu dalam membangun strategi pemasaran Anda sendiri.

Baca juga: 9 Langkah Analisis Kompetitif Untuk Kembangkan Bisnis Anda!

6. Anda Mengabaikan Pelanggan Dan Kebutuhan Mereka

Pelanggan adalah sumber informasi paling andal yang akan memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan sehubungan dengan upaya pemasaran Anda.

Penolakan ide, saran, atau permintaan pelanggan adalah salah satu alasan terbesar kegagalan pemasaran.

7. Implementasi Tanpa Tujuan

Seperti segala sesuatu yang lain dalam bisnis, itu harus didasarkan pada tujuan yang perlu dicapai. Jika Anda tidak memiliki tujuan, lebih baik tidak melanjutkan upaya untuk membuat sesuatu tanpa tujuan.

Anda perlu menyiapkan tujuan pemasaran, dan kemudian membangun semua sistem yang diperlukan yang akan membantu Anda mencapai tujuan ini.

8. Anda Menerapkan Taktik Pemasaran Yang Berbeda Tanpa Strategi Pemasaran Yang Tepat

Strategi menentukan jalan yang Anda perlukan untuk berjalan menuju kesuksesan bisnis Anda. Kurangnya strategi adalah salah satu alasan kegagalan pemasaran.

Jika bisnis kecil Anda bergantung pada suatu lokasi, berikut adalah cara menggunakan pemasaran jika bisnis kecil Anda berada di lokasi lalu lintas rendah.

9. Anda Menerapkan Taktik Pemasaran Tanpa Rencana Pemasaran

Rencana pemasaran membawa Anda melalui proses implementasi strategi, tetapi juga pada saat yang sama, itu akan mempersiapkan Anda untuk perbaikan di masa depan.

Tanpa rencana pemasaran yang jelas, Anda akan terus merasa tersesat.

10. Anda Mencoba Menargetkan Semua Orang

Anda tidak bisa memuaskan semua orang. Oleh karena itu, pemasaran tidak dapat menargetkan semua orang di pasar.

Semakin cepat Anda menyadari siapa pelanggan ideal Anda, itu akan lebih baik bagi Anda dan bisnis kecil Anda.

11. Anda Mengabaikan Aktivitas Online

Hari ini tidak dapat diterima untuk mengabaikan fakta bahwa kebanyakan orang kini menghabiskan lebih banyak waktu mereka secara online. Anda harus muncul pada sela-sela aktifitas online mereka.

Itulah mengapa kami menyarankan pemasaran digital seperti diatas, yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Pemasaran digital akan meningkatkan kesadaran pengguna media sosial terhadap produk Anda.

Bahkan hanya sekedar muncul pada Whatsapp Story di daftar kontak teman Anda, akan membuat mereka tahu bahwa Anda sedang berjualan sesuatu.

Mulailah dari yang paling dekat, kemudian perluas kehadiran melalui Instagram atau Facebook Marketplace.

Semakin banyak saluran digital Anda akan semakin memperluas kampanye pemasaran produk Anda.

Jangan lupa untuk menyediakan saluran pembayaran yang beragam, berupa transfer rekening atau dompet digital.

Tanpa itu, pemasaran digital Anda tidak berarti apa-apa. Layanan pelanggan selama masa tertentu setelah pembelian juga akan meningkatkan kepercayaan pembeli.

Karena mungkin mereka akan bertanya mengenai beberapa hal saat pertama kali menggunakan produk Anda.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar