Tips Pemasaran Produk Makanan Sehat untuk Meningkatkan Penjualan

Dengan tips pemasaran produk makanan sehat, akan membantu Anda untuk meningkatkan penjualan. Sehingga tentu saja omzet dan juga keuntungan yang bisnis Anda dapatkan akan semakin besar.

Banyak orang yang berpendapat bahwa bisnis makanan pasti akan selalu laku. Sebab makanan merupakan kebutuhan utama dari setiap orang. Oleh karena itu produk makanan pasti akan selalu dicari.

Hal ini mungkin benar dalam beberapa kasus. Namun sayangnya, banyak pebisnis makanan khususnya makanan sehat yang tetap kesulitan untuk memasarkan produk. Sehingga omzet yang didapatkan sangatlah kecil.

Jika Anda memiliki bisnis makanan sehat, mungkin juga merasakan masalah ini. Namun Anda tidak perlu khawatir lagi, karena di dalam artikel ini kami telah menyiapkan tips pemasaran terbaik untuk Anda.

Tips Pemasaran Produk Makanan Sehat

Tips Pemasaran Produk Makanan Sehat untuk Meningkatkan Penjualan/Unsplash

Menjual makanan sehat memang tidak bisa disamakan dengan makanan biasa. Sebab masih banyak orang yang memiliki anggapan bahwa makanan sehat memiliki rasa kurang nikmat atau harganya mahal.

Oleh karena itu ketika menjual makanan sehat, Anda perlu strategi yang efektif. Silakan simak beberapa tips berikut ini agar Anda bisa membuat strategi pemasaran yang efektif dalam menjual makanan sehat.

  • Mulai Dari Edukasi

Perlu disadari bahwa ketertarikan masyarakat khususnya di Indonesia terhadap makanan sehat belum terlalu besar. Masih banyak orang yang mementingkan rasa dan harga dibandingkan faktor kesehatan dari sebuah makanan.

Oleh karena itu tips pemasaran produk makanan sehat yang pertama adalah lakukan edukasi. Dengan begitu orang-orang yang tertarik dan ingin membeli makanan sehat akan semakin banyak.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengedukasi pentingnya memakan makanan sehat. Anda bisa menggunakan media sosial, kanal YouTube, situs web ataupun media lainnya.

Melakukan edukasi merupakan sebuah langkah aktif agar Anda bisa membuat pasar. Hal ini tentunya lebih baik dibandingkan jika Anda hanya menunggu masyarakat mulai menyadari pentingnya makanan sehat.

Selain itu, dengan melakukan edukasi juga akan membuat orang-orang yang telah peduli pada makanan sehat mengenal brand Anda. Sehingga Anda tidak akan terlalu sulit untuk menemukan mereka.

  • Tambahkan Unique Selling Point Produk Anda

Makanan yang bisa menyehatkan bagi tubuh memang bisa disebut sebagai unique selling point (USP). Namun Anda tetap memerlukan USP lainnya agar menarik lebih banyak calon pembeli.

Sebab seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa pasar pencinta makanan sehat masih sangat sedikit. Oleh karena itu tips pemasaran produk makanan sehat selanjutnya adalah menambahkan USP.

Dengan adanya USP tambahan, maka ada daya tarik lain dari produk Anda. Selain itu USP tambahan ini juga berfungsi untuk membuat produk brand Anda berbeda dari makanan sehat lainnya.

Ada banyak USP yang bisa dipadukan dengan makanan sehat. Beberapa contohnya seperti makanan sehat dengan rasa super pedas, makanan sehat khusus pencinta cokelat dan sebagainya.

Tentunya Anda harus menyesuaikan USP tambahan ini dengan produk Anda. Karena itulah melakukan riset produk di dalam bisnis makanan sehat merupakan hal yang sangat penting.

Jika bisa, sesuaikan USP tambahan tersebut dengan selera yang dimiliki oleh pasar. Sehingga produk Anda bisa menarik lebih banyak pelanggan dan membuat penjualan produk semakin meningkat.

  • Pilih Mitra Kerja Sama yang Sesuai

Tips pemasaran produk makanan sehat yang selanjutnya adalah bekerja sama dengan mitra dari industri lain. Namun Anda harus memperhatikan mitra kerja sama agar strategi ini berjalan efektif.

Strategi pemasaran tidak hanya bisa mengandalkan iklan melalui media sosial atau media komunikasi. Namun Anda bisa langsung mengajak pihak lain untuk bekerja sama sebagai bentuk promosi.

Tentu mitra yang akan Anda ajak kerja sama juga harus memiliki fokus di bidang kesehatan. Sehingga produk Anda akan lebih diterima oleh calon pelanggan yang berasal dari mitra tersebut.

Contoh mitra bisnis yang bisa Anda ajak kerja sama seperti gym, rumah sakit atau klinik swasta, sanggar senam dan sebagainya. Bentuk kerja sama yang bisa dilakukan juga sangat bervariasi.

Contohnya Anda bisa membagikan kupon khusus untuk para member di suatu gym. Sehingga jika mereka ingin membeli makanan sehat yang penunjang pembentukan masa otot, bisa memesan di tempat Anda.

  • Endorse Ahli Kesehatan

Melakukan endorse memang merupakan salah satu strategi pemasaran yang banyak dilakukan oleh pebisnis. Tips pemasaran produk makanan sehat ketika melakukan endorse adalah memilih ahli kesehatan.

Mungkin Anda berpikir bahwa endorse ke ahli kesehatan merupakan cara aneh. Sebab kebanyakan bisnis termasuk bisnis kuliner akan memilih selebgram atau artis untuk melakukan endorse.

Namun perlu Anda pahami bahwa pengikut dari selebgram atau artis tersebut belum tentu akan membeli produk Anda. Hal ini disebabkan mereka belum tentu memiliki minat terhadap kesehatan

Tentunya ahli kesehatan yang Anda pilih juga tidak boleh sembarangan. Setidaknya pilihlah ahli kesehatan dengan follower media sosial hingga pilihan ribu orang. Menemukan ahli kesehatan dengan follower ribuan bukan hal sulit.

Orang-orang yang mengikuti ahli kesehatan di media sosial pasti memiliki kepedulian terhadap kesehatan. Sehingga mereka akan cenderung lebih memilih produk makanan sehat dibandingkan makanan biasa.

  • Tetap Relate dengan Perkembangan Tren

Tips pemasaran produk makanan sehat yang terakhir adalah usahakan agar bisnis Anda selalu relate dengan tren terkini. Sehingga masyarakat akan selalu tertarik dengan produk Anda.

Tren merupakan hal yang sangat penting di dalam pengembangan bisnis termasuk di bidang kuliner. Bahkan tidak jarang suatu jenis makanan bisa sangat diminati pelanggan karena sedang tren.

Maka Anda bisa memanfaatkan tren tersebut untuk memasarkan makanan sehat. Tentu tren tersebut harus Anda olah terlebih dahulu agar bisa sesuai dengan produk makanan sehat.

Beberapa bentuk penyesuaian tren adalah dengan mengeluarkan menu yang bersifat musiman. Contoh jika di masyarakat sedang tren green tea, Anda bisa mengeluarkan menu varian green tea.

Namun perlu Anda ingat bahwa tren pasti akan berganti. Karena itu selalu lakukan observasi agar bisnis makanan sehat Anda tidak terjebak pada tren yang sudah berakhir.

Peluang Bisnis Makanan Sehat masih Terbuka Lebar

Peluang Bisnis Makanan Sehat masih Terbuka Lebar/Unsplash

Dengan menjalankan salah satu atau beberapa tips pemasaran produk makanan sehat, maka Anda bisa membuat strategi pemasaran yang lebih efektif. Namun tentu sebuah strategi akan tetap bergantung pada cara eksekusinya.

Satu hal yang perlu Anda ingat adalah bahwa bisnis makanan sehat masih memiliki potensi yang sangat besar. Berikut ini adalah beberapa alasan yang membuat potensi bisnis makanan sehat sangat besar.

  • Kesadaran Terhadap Kesehatan Terus Meningkat

Alasan pertama yang membuat bisnis makanan sehat memiliki potensi besar adalah tumbuhnya kesadaran terhadap kesehatan. Apalagi kondisi pandemi Covid pada tahun 2020 menjadi pemacu hidup sehat.

Saat ini sudah lebih banyak orang yang menerapkan pola hidup sehat. Tren pola hidup sehat tersebut masih akan terus berkembang hingga beberapa tahun ke depan.

Tentunya tren pola hidup sehat akan memberikan pengaruh terhadap berbagai bidang. Salah satu yang akan mendapatkan dampak dari tren pola hidup sehat adalah bisnis kuliner.

  • Hidup Sehat adalah Keharusan

Mau tidak mau, hidup sehat merupakan sebuah keharusan yang perlu dijalankan oleh setiap orang. Oleh karena itu tips pemasaran produk makanan sehat pertama dari kami adalah melakukan edukasi.

Karena memang masyarakat harus disadarkan bahwa menjalankan hidup sehat bukanlah sebuah pilihan. Menjalankan hidup sehat adalah kebutuhan dari setiap orang agar tidak mudah terkena penyakit berbahaya.

Oleh karena itu dukungan terhadap bisnis yang menunjang kesehatan di masyarakat pasti akan sangat besar. Dukungan tersebut tentunya akan membantu para pebisnis dalam memasarkan produk.

  • Menjalankan Hidup Sehat akan Berlangsung Terus Menerus

Pola hidup sehat cenderung akan terus dilakukan ketika seseorang sudah mulai menjalankannya. Sehingga pola hidup ini bukan hanya akan dilakukan selama satu atau dua bulan saja.

Dengan begitu orang-orang yang memiliki pola hidup sehati akan semakin banyak seiring berjalannya waktu. Tentunya hal ini juga akan membuka peluang bisnis di bidang kesehatan termasuk makanan sehat.

Hal ini memang merupakan hal baik bagi Anda yang berbisnis di bidang makanan sehat. Namun di satu sisi, orang yang menjual makanan sehat juga akan menjadi semakin banyak.

Maka Anda perlu menerapkan tips pemasaran produk makanan sehat dengan menambah USP produk. Sehingga produk Anda akan memiliki kelebihan dibanding dengan produk makanan sehat lainnya.

Manfaatkan Media Digital untuk Memasarkan Produk Makanan Sehat

Manfaatkan Media Digital untuk Memasarkan Produk Makanan Sehat/Unsplash

Besarnya peluang bisnis makanan sehat bukan hanya ditunjang oleh tiga poin yang telah kami sebutkan di atas. Namun perkembangan teknologi di bidang pemasaran juga menjadi salah satu faktornya.

Saat ini Anda sudah bisa menggunakan berbagai media digital untuk melakukan pemasaran. Anda bisa memilih media digital yang gratis seperti media sosial ataupun berbayar seperti penggunaan iklan.

Tidak perlu ragu untuk menggunakan berbagai media tersebut agar bisnis Anda semakin berkembang. Sebab tingkat efektivitas dari media digital di dalam bidang pemasaran sudah sangat terbukti.

Apalagi kesadaran terhadap pola hidup sehat lebih banyak dimiliki oleh kaum millennial atau lebih mudah. Sementara kaum millennial dan generasi setelahnya sangat dekat dengan penggunaan teknologi.

Berbagai tips pemasaran produk makanan sehat yang kami sampaikan di atas juga bisa Anda terapkan dengan media digital. Dengan begitu Anda bisa lebih efektif dalam menyasar kalangan millennials.

Tidak perlu khawatir jika Anda memang belum memiliki cukup modal untuk menggunakan media berbayar. Sebab penggunaan media sosial sebenarnya sudah cukup untuk meningkatkan penjualan produk.

Dengan menggunakan media sosial, Anda bisa membangun hubungan yang lebih dekat dengan calon pelanggan. Sehingga mereka akan lebih percaya dan mau membeli produk bisnis Anda.

Setelah memiliki modal lebih, Anda bisa mulai menggunakan media digital berbayar untuk memasarkan produk. Pilihan media digital berbayar tersebut juga harus disesuaikan dengan tujuan Anda.

Sebab ada begitu banyak sistem pemasaran berbayar menggunakan media digital. Mulai dari membuat website perusahaan, menggunakan Facebook Ads atau Google Ads hingga agensi digital marketing.

Memasarkan produk makanan sehat memang tidak bisa dibilang mudah. Apalagi jika bisnis makanan sehat tersebut baru terbangun. Diperlukan upaya ekstra agar Anda mendapatkan banyak pelanggan.

Baca juga, 30 Jenis Usaha Makanan

Namun ingatlah bahwa bisnis Anda bisa memberikan dampak baik kepada pelanggan. Sehingga jika Anda sukses menjalankan bisnis ini, bukan hanya keuntungan berupa uang yang akan Anda dapatkan.

Jadikan hal ini sebagai motivasi agar tidak mudah menyerah dalam menjalankan bisnis. Dilengkapi dengan melakukan tips pemasaran produk makanan sehat, maka kami menjamin bisnis Anda akan sukses di masa mendatang.

Tinggalkan komentar