8 Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Menarik

Sudah berapa lowongan yang Anda lamar namun belum ada kabarnya? Coba perhatikan 8 tips menulis surat lamaran kerja yang menarik perhatian perusahaan.

Surat lamaran kerja adalah perantara pertama agar pemilik usaha atau bagian HRD memahami diri Anda dan mempelajari kepribadian Anda.

Bagi Anda yang baru akan terjun dalam dunia lamar melamar dia, sebaiknya Anda tahu tujuan surat lamaran kerja.

  • Surat lamaran kerja adalah perkenalan tertulis oleh calon pekerjaan yang menyatakan minat mereka untuk bekerja dengan perusahaan.
  • Surat lamaran kerja yang ditulis dengan baik memberi perekrut gagasan yang lebih baik tentang siapa pelamar sebagai pribadi.
  • Perekrut lebih cenderung memilih kandidat untuk diwawancarai berdasarkan surat lamaran jika pengalaman mereka sesuai dengan persyaratan pekerjaan.

Apa bedanya surat lamaran kerja dengan Curriculum Vitae? CV berfungsi memberi tahu calon pemberi kerja tentang pengalaman dan pendidikan Anda, tetapi pada dasarnya itu adalah lembar fakta.

Tugas dari surat lamaran kerja adalah memberi pelamar kesempatan untuk berbagi informasi lebih rinci tentang mengapa mereka cocok untuk peran tertentu di perusahaan tertentu.

Apa Yang Tidak Boleh Disertakan Dalam Surat Lamaran Kerja?

Surat lamaran dapat menunjukkan kepada manajer perekrutan mengapa Anda paling cocok untuk suatu posisi, jadi ada baiknya waktu dan upaya Anda untuk melakukannya dengan benar.

Namun, mungkin sulit untuk membuat surat lamaran yang efektif yang menunjukkan keahlian Anda tanpa membuat Anda menuliskan kata-kata yang klise.

Surat Lamaran Kerja

Untuk membantu Anda menghindari jebakan surat lamaran yang bertele-tele, berikut adalah lima kesalahan surat lamaran yang paling merusak.

Menyoroti Kekurangan Anda

Sangat mudah untuk merasa rentan saat melamar pekerjaan, terutama jika Anda tahu bahwa Anda memiliki pengalaman terbatas dengan beberapa keterampilan yang dibutuhkan posisi tersebut.

Namun, memulai surat lamaran dengan menuliskan kekurangan diri sendiri bukanlah cara yang tepat.

Misalkan Anda menggunakan frasa “Meskipun saya belum memiliki kemampuan yang bagus dalam…”.

Haloooo gaes, kalau Anda belum memiliki kemampuan itu mengapa juga harus Anda tuliskan?

Sebaliknya Anda fokus pada keterampilan, pengalaman, dan bakat yang akan menarik bagi calon pemberi kerja.

Jika Anda mencari pekerjaan, maka Anda berada dalam bisnis penjualan. Apa yang Anda tulis di surat lamaran Anda harus paling efektif menjual keterampilan, pengalaman, dan kemampuan yang Anda miliki, daripada menekankan hal-hal yang kurang.

Menekankan kelemahan pada surat lamaran Anda mungkin membuat Anda kehilangan kesempatan wawancara.

Kurangnya Perhatian Terhadap Detail

Terkadang pencari kerja begitu terjebak dalam menemukan cara terbaik untuk mengekspresikan ide-ide besar mereka sehingga mereka lupa untuk memperhatikan detail yang bagus.

Kesalahan ketik alias TYPO adalah salah satu kesalahan utama yang dilakukan pencari kerja dalam hal surat lamaran.

Mengoreksi surat lamaran Anda dengan teliti akan memberi kesempatan bagi Anda untuk bersinar.

Cetak surat lamaran Anda, baca dari awal sampai akhir, dan pastikan tidak ada kesalahan ketik sebelum mengirimkannya.

Surat lamaran Anda adalah kesan pertama yang Anda buat pada manajer perekrutan, maka pastikan itu bagus.

Anda dapat menggunakan kembali bagian dari surat lamaran Anda saat melamar posisi serupa dengan perusahaan yang berbeda.

Namun, gagal memperbarui informasi perusahaan untuk setiap surat adalah pelanggaran yang tidak dapat dimaafkan.

Tidak ada yang akan membuat surat lamaran Anda dibuang ke tempat sampah lebih cepat daripada memberikan nama perusahaan yang salah.

Sehingga penting untuk memeriksa keakuratan termasuk memastikan Anda memiliki nama dan alamat perusahaan yang benar.

Juga enentukan posisi yang Anda lamar, dan termasuk nama manajer perekrutan, jika tersedia.

Saat Anda mengoreksi, Anda mungkin juga ingin menghapus kata-kata klise yang terdengar bagus, tetapi katakan sangat sedikit.

Alih-alih menggunakan kata-kata yang tidak jelas untuk menggambarkan etos kerja atau pengalaman Anda, berikan contoh spesifik yang menunjukkan kualitas yang ingin Anda soroti.

Jangan gunakan istilah-istilah yang ambigu seperti “berorientasi pada detail”, “pekerja keras”, atau “orang yang proaktif”. Itu semua tidak memberi tahu manajer SDM apa pun tentang pengalaman Anda.

Terjebak Di Masa Lalu

Mungkin Anda dipecat dari pekerjaan terakhir Anda, atau mungkin Anda hanya mencari peluang baru.

Terlepas dari alasan pencarian pekerjaan Anda, jangan menghabiskan ruang terbatas surat lamaran Anda dengan fokus pada masa lalu Anda.

Hal terburuk yang dilakukan calon karyawan dalam surat lamaran adalah menjelaskan mengapa mereka meninggalkan posisi mereka saat ini atau sebelumnya. Ini seperti memulai kencan pertama dengan membicarakan mantanmu!

Pemilik bisnis atau tim HRD tidak ingin mendengar tentang masa lalu Anda, mereka ingin mendengar tentang Anda sekarang dan rencana masa depan, Juga bagaimana Anda akan menjadi aset bagi bisnis mereka.

Berbicara Tentang Uang Terlalu Cepat

Ada waktu dan tempat untuk membahas gaji selama proses perekrutan, tetapi surat lamaran Anda bukan tempat yang tepat.

Kami menyarankan agar tidak memberikan informasi gaji yang tidak diminta dalam surat lamaran.

Kecuali Anda secara khusus diminta untuk melakukannya, terutama jika ada perbedaan antara apa yang diiklankan atau ditunjukkan dalam lowongan kerja.

Membuat Semuanya Tentang Anda

Kesalahan umum lainnya yang dilakukan pelamar adalah menggunakan surat lamaran mereka untuk membual tentang bakat mereka.

Tanpa berbicara tentang bagaimana Anda akan menggunakan keterampilan ini untuk perjalanan perusahaan.

Hal terburuk yang dapat dilakukan seorang kandidat dalam surat lamaran mereka adalah membuat semuanya tentang diri mereka sendiri dan apa yang mereka cari.

Hal terbaik yang harus dilakukan adalah fokus pada mengapa Anda akan sangat cocok bagi perusahaan.

Kemudian bagaimana Anda akan memberikan kontribusi, dan apa yang telah mereka lakukan, atau akan lakukan untuk mendukung perusahaan.

Apa Itu Surat Lamaran Kerja?

Surat lamaran kerja adalah pengantar pertama perusahaan tentang siapa Anda sebagai pribadi. Resume Anda akan menjelaskan pengalaman dan keterampilan kerja Anda sebelumnya.

Tetapi surat lamaran Anda adalah kesempatan untuk menunjukkan sisi pribadi Anda kepada perekrut.

Perusahaan tentu sering mendapatkan banyak aplikasi, banyak diantara pelamar menampilkan latar belakang dan pengalaman yang serupa. Surat lamaran membantu mempersempit kumpulan bakat mereka.

Beberapa daftar pekerjaan mengharuskan kandidat untuk mengirimkan surat lamaran, sementara yang lain membuat surat lamaran opsional.

Pelamar harus selalu meluangkan waktu untuk menulis surat lamaran untuk mengungkapkan minat mereka pada perusahaan dan menyempurnakan pengalaman profesional mereka.

Surat lamaran kerja biasanya ditulis dalam format tiga paragraf dan tidak boleh lebih dari 300 kata.

Apply | Folderbisnis.com
8 tips menulis surat lamaran kerja yang menarik 5

Manfaat Surat Lamaran Kerja

Tidak semua proses lamaran kerja memerlukan surat lamaran, jadi Anda mungkin tergoda untuk melewatkan langkah ini. Namun, surat lamaran memberi Anda beberapa keuntungan besar sebagai berikut.

Personalisasi Lamaran Kerja Anda

Bahkan resume yang disusun dengan baik tidak memberi pelamar kesempatan untuk memamerkan keterampilan menulis mereka.

Surat lamaran dapat membantu kandidat menjual diri mereka sendiri dengan membiarkan kepribadian mereka bersinar.

Perekrut mengetahui siapa kandidat di luar pengalaman kerja dan pendidikan mereka.

Ini juga memungkinkan mereka untuk mendiskusikan bagian dari latar belakang mereka yang mungkin tidak disebutkan secara eksplisit pada resume, tetapi relevan dengan pekerjaan yang mereka lamar.

Tunjukkan Minat Anda Pada Posisi Yang Anda Lamar

Banyak kandidat secara membabi buta menembak lamaran pekerjaan, percaya pada kuantitas daripada kualitas.

Agar aktifitas melamar bisa lebih efisien, mereka akan mengirim surat lamaran kerja yang mengandung  hal-hal yang general.

Padahal akan lebih baik jika menulis surat lamaran dengan rincian spesifik tentang mengapa Anda akan sangat cocok untuk perusahaan yang Anda lamar.

Menunjukkan bahwa Anda telah melakukan penelitian dan tertarik untuk bekerja untuk perusahaan itu secara khusus.

Pengusaha akan memperhatikan kandidat yang meluangkan waktu mereka untuk belajar tentang perusahaan dan ingin berada di sana, bukan hanya menginginkan pekerjaan.

Tunjukkan Kerja Keras Anda

Meluangkan waktu untuk menyusun surat lamaran yang diteliti dengan baik menunjukkan kepada atasan bahwa Anda memiliki motivasi diri dan bersemangat tentang posisi yang Anda lamar.

Keterampilan meneliti, menulis, dan mengirimkan salinan bersih sebelum tenggat waktu menunjukkan kemampuan Anda untuk bekerja dan mengikuti arahan.

Bagaimana Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik?

Tim HRD dapat menerima ratusan surat lamaran dan resume untuk satu posting pekerjaan.

Calon karyawan potensial hanya memiliki beberapa detik untuk membuat kesan pertama yang baik.

Surat lamaran yang membosankan dapat membuat mereka langsung terjerumus ke dalam tumpukan “tidak”.

Menulis Buku | Folderbisnis.com
Sumber gambar : unsplash.com/ Darius Bashar

Surat lamaran kerja memungkinkan tim HRD untuk mendengar suara Anda, memahami niat Anda, dan mempelajari kepribadian Anda.

Jika tim HRD suka dengan kualifikasi Anda, besar kemungkinan mereka akan memanggil Anda untuk kesempatan wawancara.

Baca juga : Strategi Membeli Rumah Sesuai Kemampuan, Begini Simulasinya!

Ini adlah 8 tips menulis surat lamaran kerja yang berpeluang besar untuk mendapatkan panggilan wawancara.

1. Jadilah Diri Sendiri

Anda tentu tidak mau terdengar seperti orang lain. Munculkan kepribadian Anda pada surat lamaran kerja dan bagaimana Anda bisa bermanfaat bagi perusahaan.

Menyebutkan pengalaman yang membuat Anda memenuhi syarat untuk posisi tertentu adalah salah satu cara untuk mempersonalisasi surat lamaran kerja.

Kandidat harus menulis dengan ringkas dan cukup sadar diri untuk mengetahui bagaimana rekam jejak hasil mereka membuat mereka unik, dan dapat menghubungkannya kembali dengan posisi.

2. Lakukan Riset

Sama seperti resume Anda, surat lamaran Anda harus disesuaikan dengan setiap posisi dan perusahaan.

Alih-alih surat lamaran bergaya template, gunakan bahasa khusus industri yang merujuk poin dari deskripsi pekerjaan dan situs web perusahaan.

Lakukan riset Anda, cari tahu siapa manajer perekrutan, dan sampaikan surat lamaran dengan menyebut namanya.

Meskipun ini tidak selalu menjanjikan, tapi upaya ini layak Anda coba. Menyebut nama orang secara spesifik menunjukkan Anda melakukan riset mendalam tentang perusahaan.

3. Jadilah Kreatif

Gunakan kalimat pengantar yang kuat harus menyoroti pengalaman, tahun kerja, atau sesuatu yang spesifik dari posting pekerjaan.

Cara lain untuk membuat surat lamaran Anda menonjol adalah dengan memasukkan cerita singkat yang menghubungkan Anda dengan perusahaan melalui misi atau produk mereka.

4. Sebutkan Rujukan

Jika Anda terhubung dengan manajer perekrutan oleh karyawan tertentu di perusahaan atau kontak industri bersama, sertakan nama orang itu dalam surat lamaran Anda.

Kandidat dapat menyertakan rujukan dalam surat lamaran untuk membuatnya menonjol.

5. Mengatasi Potensi Masalah Pada Resume

Surat lamaran yang dibuat dengan baik tidak hanya menjelaskan mengapa Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu.

Ini juga memberi Anda kesempatan untuk menjelaskan item di resume Anda yang mungkin dianggap sebagai sesuatu yang potensial.

6. Jangan Hanya Mengulang Resume Anda

Meskipun surat lamaran Anda harus merujuk materi dari resume Anda, itu tidak boleh hanya menjadi pengulangan kata demi kata.

Gunakan surat lamaran untuk memperluas jika perlu dan diskusikan pengalaman Anda yang terdaftar dari sudut yang berbeda.

Buat surat lamaran kerja untuk mengakui persyaratan peran dan budaya organisasi, sambil menyoroti keterampilan dan pengalaman yang selaras dengan deskripsi pekerjaan.

Surat lamaran kerja juga tempat yang tepat untuk mendiskusikan upaya sukarela atau proyek sampingan yang mungkin tidak ada di resume Anda tetapi relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

7. Mengoreksi Dan Memeriksa Fakta

Seperti halnya materi lamaran pekerjaan lainnya, sangat penting untuk memeriksa dan memeriksa ulang surat lamaran Anda untuk kesalahan tata bahasa atau faktual.

Bahkan kesalahan sekecil apa pun dapat membuat kesan buruk pada orang yang membaca surat Anda.

8. Tetap Singkat

Pastikan surat lamaran kerja Anda tetap ringkas dan langsung ke intinya. Ini akan meningkatkan peluang Anda untuk membacanya dan membuat pekerjaan manajer perekrutan lebih mudah.

Surat lamaran kerja terbaik langsung bicara ke inti tentang mengapa Anda sangat cocok untuk pekerjaan ini.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar