8 Tips Menabung Untuk Liburan Tahun Baru 2023, Siapapun Bisa!

“Duh, liburan tahun baru sebentar lagi. Tapi alokasi dananya belum ada, gaji juga tidak besar. Apa pinjam dulu saja ya?” Apakah Anda juga sedang merasakan hal yang sama? Yuk ambil catatan dan simak tips menabung untuk liburan tahun baru kali ini!

Tidak terasa, kita sudah berada di bulan-bulan akhir tahun 2022. Ini artinya beberapa bulan lagi kita akan memasuki tahun baru 2023.

Biasanya terdapat hari libur yang cukup panjang, sehingga kita menutup tahun dengan mengadakan acara bersama keluarga, sahabat ataupun pasangan. Nah, sejauh ini persiapan apa yang sudah di lakukan untuk liburan nanti? Apakah alokasi dananya sudah siap juga?

Jika belum, jangan panik dulu! Sebaiknya jangan terburu-buru ambil pinjaman untuk liburan ya. Simak tips menabung untuk liburan tahun baru berikut ini. Meski gaji tidak besar, tapi Anda dan keluarga masih bisa menikmati liburan tahun baru nanti kok!

1. Siapkan Tempat Menabung

Siapkan Tempat Menabung
gambar : unsplash.com/ Towfiqu barbhuiya

Tips menabung untuk liburan tahun baru yang pertama adalah menyiapkan tempat menabung.

Mengingat waktu liburan yang cukup mepet, tidak masalah jika kita ingin mencoba cara lama yakni menabung dengan uang kertas/ koin (fisik). Asalkan Anda bisa menyimpannya di tempat yang aman.

Untuk itu, siapkan celengan khusus yang di gunakan untuk dana liburan tahun baru nanti. Anda bisa membelinya di marketplace atau pun membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang ada di rumah.

Sebaiknya bahan celengan tidak transparan ya. Dan jangan lupa untuk membuat label “tabungan liburan tahun 2023” agar semakin semangat menabungnya.

Baca juga, Manfaat dan Tips Menabung Uang Receh Bikin Saldo Membengkak

2. Menabung Setiap Hari dengan Strategi

Yap betul! Menabunglah setiap hari. Waktu yang tersisa untuk mengumpulkan dana liburan tahun baru kurang lebih tinggal 90 hari lagi. Artinya jika kita ingin tabungan liburan kita benar-benar terkumpul maka frekuensi adalah salah satu koentji!

Bukan hanya sekedar menabung setiap hari, tips menabung untuk liburan akhir tahun yang bisa di lakukan agar berhasil menabung adalah dengan menggunakan pola tertentu. Misalnya saja :

a. Menambah nominalnya setiap 2 minggu atau 3 minggu

Sebagai ilustrasi, di minggu pertama, kedua dan ketiga Anda mengisi celengan dengan nominal Rp 5000. Kemudian di minggu ke empat, kelima dan keenam Anda isi dengan uang Rp 10.000. Begitu seterusnya hingga minggu terakhir

Di banding menabung dengan nominal yang sama atau random, hal ini membuat menabung untuk liburan terasa lebih challenging dan tidak membosankan. Selain itu, hal ini juga membuat kita bisa lebih memprediksi jumlah tabungan yang bisa kita kumpulkan di akhir nanti.

b. Menabung dengan jumlah random namun tetap terukur

Nah, jika Anda merasa kurang sreg untuk menabung dengan kelipatan, tidak masalah. Anda bis amencoba menabung dengan nominal berapa saja namun tetap terukur.

Maksudnya Anda perlu menetapkan jumlah minimal menabung, misalnya Rp 5000, Rp 10.000 atau Rp 15.000 perharinya. Dengan begitu, mungkin Anda lebih leluasa untuk menabung jika sewaktu-waktu sedang punya rezeki lebih.

Kira-kira mana yang lebih Anda minati? Menabung dengan gaya kelipatan atau random?

Tidak masalah juga jika Anda tetap ingin menabung dengan nominal yang sama setiap hari. Semuanya tergantung kondisi kita masing-masing. Asalkan Anda bisa memastikan untuk disiplin menabung.

3. Buatlah Kalender Controlling

Tips Menabung Untuk Liburan Tahun Baru Buatlah Kalender Controlling
gambar : unsplash.com/ Towfiqu barbhuiya

Berbicara tentang disiplin menabung nampaknya sebagian dari kita perlu strategi lainnya agar tabungan untuk liburan berhasil terkumpul. Salah satunya yakni dengan membuat kalender controling.

Tips menabung untuk liburan yang satu ini memang wajib Anda lakukan apalagi jika Anda tipe orang yang sulit menabung.

Baca juga, 11 Cara Menabung Terbaik Bagi Anda yang Terbiasa Boros

Menabung menjadi sesuatu yang akan terasa ringan dilakukan jika sudah menjadi kebiasaan. Kita tidak perlu menguras tenaga untuk berpikir, “uang yang ada di tangan kita ini sebaiknya digunakan untuk apa?”

Karena sudah menjadi reflek, menabung akan mirip seperti halnya perut yang lapar. Keharusan, berubah menjadi kebutuhan. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda membuat kalender khusus menabung untuk liburan tahun baru.

Formatnya bisa disesuaikan dengan gaya Anda menabung. Misalnya Anda menabung dengan strategi kelipatan, maka Anda bisa membuat format kalender per 2 atau 3 minggu dengan menuliskan jumlah nominalnya.

Jika kalender sudah siap, jangan lupa siapkan juga pulpen atau spidol untuk menandai ketika Anda sudah menabung di hari tersebut.

4. Libatkan Semua Anggota Keluarga

Agar tabungan liburan bisa maksimal terkumpul, tidak salahnya jika Anda mengajak semua anggota keluarga untuk menabung. Tips menabung untuk liburan yang satu ini sepertinya akan seru untuk di praktikan bersama!

Anda bisa mengumumkan rencana liburan bersama di akhir tahun nanti. Buatlah hal ini menjadi seperti sebuah project bersama.

Misalnya dalam keluarga Anda, terdiri dari suami, istri dan 2 orang anak yang sudah memasuki usia sekolah. Tentu saja Anda bisa mengajak anak-anak untuk ikut bergabung dalam project tabungan untuk liburan tahun baru ini.

Justru ini bisa menjadi sarana mendidik anak agar menggunakan uang dengan lebih bertanggung jawab. Selain itu, project semacam ini bisa meningkatkan bonding keluarga.

Jadi Anda bisa menyesuaikan nominal sesuai dengan kemampuan ya!

Nah, berkaitan dengan kalender controling, jika Anda melibatkan anggota keluarga yang lain maka ada baiknya untuk menulis nama mereka pada kalender. Sehingga Anda dan keluarga bisa melakukan controling bersama setiap harinya.

Baca juga, 7 Tips Keuangan Untuk Generasi Sandwich

5. Riset Tempat Liburan Sesuai Budget

Riset Tempat Liburan Sesuai Budget
gambar : unsplash.com/ Anete Lūsiņa

Ketika mendekati masa-masa liburan akhir tahun, inilah saatnya membuka celengan untuk liburan tahun baru!

Misalnya sisakan seminggu untuk membuka celengan agar kita bisa melakukan riset tempat liburan sesuai budget yang ada. Namun jika Anda ingin tetap menabung setelah itu tidak masalah.

Coba hitung berapa jumlah tabungan yang berhasil terkumpul. Lalu lakukan riset, caranya :

  • Anda bisa melakukan browsing ataupun melihat video travel vlogger. Biasanya mereka menyertakan nominal biaya yang untuk tripnya.
  • Pilihlah beberapa opsi tempat yang kemungkinan sesuai dengan budget liburan yang Anda miliki. Apakah memungkinkan liburan di luar negeri, di luar kota, atau di dalam kota saja.
  • Cari tahu berapa tiket masuk, biaya makan, akomodasi serta transportasi di tempat yang kemungkinan akan di kunjungi.
  • Selain lewat internet, Anda juga bisa menanyakan kepada teman atau kerabat lain yang pernah liburan ketempat tersebut. Lalu tanyakan pula tips-tips jika mereka punya saran.
  • Jangan lupa, nominal biaya trip di kalikan sesuai jumlah anggota keluarga yang ikut berlibur nanti,

6. Buatlah Budgeting Secara Rinci

Tips menabung untuk liburan tahun baru selanjutnya adalah membuat budgeting secara rinci. Budgeting untuk alokasi liburan adalah persoalan penting, jadi jangan sampai di skip ya!

Setidaknya ada 4 pos utama kaitannya dengan budgeting dana liburan. Yang pertama yakni biaya sebelum trip, biaya trip, biaya belanja dan oleh-oleh serta biaya travel & health insurance.

Kita mulai dengan pos pengeluaran yang pertama ya yakni biaya sebelum trip. Biasanya ini berupa biaya untuk beli perlengkapan (termasuk beauty produk, suplemen dll), dan biaya visa (jika ada).

Lalu pos pengeluaran yang kedua yaitu biaya tripnya itu sendiri, seperti biaya akomodasi, transportasi, makan, tiket-tiket. Ketiga, pos untuk belanja dan oleh-oleh yang tidak boleh terlewatkan terutama jika Anda memilih liburan di luar kota.

Dan terakhir biaya travel & health insurance apalagi karena kita masih di masa pandemi covid 19, biasanya ada biaya-biaya tes dan sebagainya (sesuai aturan yang berlaku).

7. Cari Promo Akhir Tahun

Tip[S Menabung Untuk Liburan Tahub Baru Cari Promo Akhir Tahun
gambar : unsplash.com/ Samantha Gades

Biasanya, aplikasi akomodasi dan transportasi seperti traveloka, agoda, pegi-pegi atau yang lainnya mengadakan promo akhir tahun.

Jika Anda berencana berlibur ke luar kota atau luar negeri, tidak salahnya untuk berburu promo-promo ini. Lumayan ‘kan, Anda bisa lebih hemat?

Inilah kenapa ada baiknya Anda melakukan persiapan maksimal 1-2 minggu sebelum keberangkatan supaya promo akhir tahun bisa Anda manfaatkan. Bahkan akan sangat membantu juga jika sebelumnya Anda menaktifkan fitur notifikasi diskon pada aplikasi.

Atau ide lainnya bisa juga dengan mengkombinasikan budget. Misalnya Anda memilih penginapan yang nyaman namun tranposrtasi umum kelas ekonomi. Dengan begitu Anda bisa lebih berhemat bukan?

Baca juga, Cara Membangun Kebiasaan Hemat untuk Mencapai Tujuan Keuangan

8. Minimalisir Penggunaan Paylater

Sebagai penutup tips menabung untuk liburan tahun baru kali ini, saya akan menyarankan agar kita meminimalisir penggunaan paylater.

Sebagian dari kita mungkin merasa uang yang terkumpul tidak sesuai dengan harapan. Sebenarnya ini sangat bisa dimaklumi. Mengingat jangka waktu menabungnya pun sebentar serta nominal yang bisa kita kumpulkan setiap harinya di sesuaikan dengan penghasilan yang mungkin tidak terlalu besar.

Lalu terbersitlah, “apa pakai paylater saja ya?”

Yes, paylater adalah salah satu opsi yang mudah di era serba digital seperti saat ini. Namun jangan salah, paylater itu pinjaman bukan pemberian. Dan bunga yang di perlu di kembalikan juga cukup tinggi.

Pertanyaannya, apakah sepulang berlibur Anda bersedia untuk di pusingkan tagihan paylater?

Tentunya tujuan utama kita berlibur adalah supaya mental dan pikiran kita segar kembali dan bisa memulai hari dengan lebih bersemangat. Namun kita bisa membayangkan bagaimana jika baru saja sampai di rumah, tagihan paylater sudah datang!

Oleh karena itulah, justru kita menabung sebelum liburan. Agar liburan tahun baru kita lebih paripurna. Meski sederhana, tapi tetap terasa sempurna karena pulang hanya membawa vibe yang bahagia.

Penutup

Jadi, sebaiknya tidak perlu memaksakan untuk liburan keluar negeri jika alokasinya memang belum mencukupi. Simpan paylater, atau kartu kredit Anda, dan mulai usahakan untuk menabung terlebih dulu.

Tidak perlu terlalu fomo karena melihat postingan instagram atau konten-konten tiktok. Sebab hidup dengan gengsi saja tidak akan membuat hidup kita bertambah mudah.

Bukankah liburan itu untuk menyegarkan pikiran kita sendiri? Maka fokuslah pada diri kita, bagaimana caranya kita bisa merasa fresh dan semangat kembali.

Tips menabung untuk liburan tahun baru diatas bisa menjadi salah satu solusi, jika Anda belum menyiapkan alokasi liburan nanti. Yuk mulai praktikan sekarang!

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar