Tips Jual Rumah Pribadi Cepat Laku

Diperbarui pada Februari 23rd, 2022 at 10:58 pm

Jika Anda berniat untuk menjual rumah, maka Anda akan membutuhkan tips jual rumah secara online. Sebab perlu diakui bahwa menjual rumah pada saat ini tidak semudah kelihatannya.

Memang benar bahwa rumah merupakan kebutuhan yang utama bagi setiap orang. Sehingga muncul anggapan bahwa menjual rumah pasti akan lebih mudah karena setiap orang membutuhkannya.

Namun sayangnya anggapan bahwa menjual rumah bisa dilakukan dengan mudah adalah keliru. Sebab pada kenyataannya, rumah merupakan salah satu bentuk harta dengan tingkat likuiditas rendah.

Artinya untuk menjual sebuah rumah tidak bisa dilakukan secara cepat. Bahkan rumah bisa tidak laku terjual meski telah dipasarkan dalam waktu bertahun-tahun. Karena itulah kami menyediakan tips berikut untuk Anda.

Kelebihan Menjual Rumah secara Online

Tips Jual Rumah Pribadi Secara Online Agar Cepat Laku
Tips Jual Rumah Pribadi secara Online agar Cepat Laku/Unsplash

Sebelum kami memberikan tips jual rumah, kami akan menunjukkan kelebihan dari memasarkan rumah secara online. Dengan begitu Anda bisa memahami mengapa menjual rumah secara online harus menjadi pilihan.

Sebab masih banyak orang yang memasarkan rumah hanya dengan meletakkan spanduk di bagian depan rumah. Atau jika melakukan pemasaran rumah secara online, tidak dilakukan secara serius.

Jika Anda memang berniat menjual rumah, maka sebaiknya lakukan pemasaran secara online dengan serius. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari melakukan penjualan rumah secara online.

  • Informasi Sampai ke Lebih Banyak Orang

Jika Anda memasarkan rumah hanya dengan spanduk di pagar, maka kemungkinan orang yang mengetahuinya sangat sedikit. Sebab informasi rumah dijual tersebut hanya akan diketahui oleh orang-orang yang lewat saja.

Dengan memasarkannya secara online, maka informasi bahwa rumah Anda akan tersebar luas. Bahkan walau Anda belum menerapkan tips jual rumah, potensi orang yang mengetahui informasi tersebut tetap sangat besar.

Informasi bahwa rumah Anda dijual bukan hanya akan diketahui oleh warga sekitar saja. Namun orang-orang dari daerah lain juga bisa mengetahui bahwa rumah Anda sedang dijual.

Semakin banyak orang yang mengetahui informasi bahwa rumah Anda dijual, semakin besar juga potensi Anda mendapatkan pembeli. Sehingga rumah Anda akan lebih cepat laku terjual.

  • Biaya Pemasaran Cenderung Lebih Murah

Selain menggunakan spanduk di depan rumah, cara jual rumah secara offline biasanya adalah dengan meminta bantuan agen properti. Cara lainnya adalah dengan menghubungi calon pembeli potensial secara satu per satu.

Tentunya untuk melakukan cara-cara tersebut akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu proses menjual rumah bisa memakan banyak uang namun potensi keberhasilan rumah masih terbilang kecil.

Hal berbeda jika Anda menjual rumah secara online. Meski bukan berarti Anda tidak akan mengeluarkan uang sama sekali, tetapi penggunaan tips jual rumah secara online membuat biaya pemasaran lebih kecil.

Meski biaya pemasaran lebih kecil, namun potensi keberhasilan penjualan rumah cenderung lebih tinggi. Sebab seperti yang kami sebutan di atas, informasi Anda sedang jual rumah bisa tersebar lebih luas.

  • Lebih Tepat Sasaran

Pemasaran rumah secara online cenderung lebih tepat sasaran. Hal ini disebabkan karena kemampuan mesin pencari sudah semakin canggih dalam mempertemukan antara penjual dan calon pembeli potensial.

Apalagi jika Anda mengerapkan tips jual rumah, maka Anda akan lebih cepat bertemu dengan orang yang sedang membutuhkan rumah. Apalagi jika mereka secara spesifik membutuhkan rumah di sekitar daerah Anda.

Maka mereka pasti akan melakukan pencarian hingga akhirnya menemukan informasi bahwa rumah Anda sedang dijual. Dengan begitu kemungkinan rumah Anda berhasil terjual akan lebih besar.

Tentu hal ini berbeda jika Anda melakukan pemasaran rumah secara offline. Karena belum tentu iklan penjualan rumah Anda akan dilihat oleh orang-orang yang membutuhkan rumah.

Tips Jual secara Online

Tips Jual Secara Online
Tips Jual secara Online/Unsplash

Walau memiliki beragam kelebihan, proses penjualan rumah secara online tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Karena proses pemasaran yang sembarangan justru akan mengurangi potensi keberhasilan penjualan rumah.

Terdapat beberapa tips yang perlu Anda terapkan agar pemasaran rumah secara online mendapatkan hasil optimal. Silakan gunakan tips berikut ini agar rumah Anda lebih cepat laku terjual.

  • Gunakan Media Sosial

Tips jual rumah secara online yang pertama adalah memanfaatkan akun media sosial. Sebab media sosial merupakan wadah yang paling mudah dan murah untuk memasarkan sesuatu secara online.

Sehingga Anda tidak perlu ragu untuk membuat postingan rumah dijual. Bahkan bisa saja teman Anda di media sosial akan membagikan postingan tersebut agar bisa dilihat oleh lebih banyak orang.

Manfaatkan seluruh media sosial yang Anda miliki. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter atau media sosial lainnya. Semakin banyak media sosial yang Anda gunakan, maka potensi keberhasilan penjualan juga semakin besar.

Tentunya informasi seputar rumah yang dijual harus dijelaskan dengan sangat rinci. Anda perlu menjelaskan mulai dari lokasi, harga, jumlah ruangan, kelebihan, kekurangan dan hal penting lainnya.

  • Manfaatkan Marketplace Properti

Tips jual rumah yang selanjutnya adalah memanfaatkan marketplace properti. Saat ini sudah tersedia banyak marketplace properti sebagai tempat untuk menjual dan membeli rumah secara online.

Penggunaan marketplace ini cenderung lebih efektif karena memang digunakan sebagai media dalam proses jual-beli rumah. Sehingga orang-orang yang menggunakannya memang sedang memiliki niat untuk membeli rumah.

Untuk memasang penawaran rumah di berbagai marketplace ini juga cenderung gratis. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan namun tetap memiliki potensi besar mendapatkan calon pembeli potensial.

Jika ingin lebih cepat laku, biasanya marketplace tersebut akan menawarkan fitur iklan kepada Anda. Dengan menggunakan fitur iklan, maka penawaran rumah Anda akan lebih mudah ditemukan.

  • Jual Rumah Secara Story Telling

Satu hal penting dalam tips jual rumah adalah mengenai caption pada penawaran yang Anda berikan. Sebab caption atau deskripsi ini akan selalu ada di setiap media penjualan rumah secara online.

Kebanyakan orang ketika menuliskan deskripsi cenderung bersifat kaku. Deskripsi tersebut hanya berisi spesifikasi rumah yang sedang dijual. Sehingga rumah yang dijual tidak terlihat mencolok atau memilki kelebihan dibanding rumah lainnya.

Untuk membuat deskripsi yang baik, Anda perlu menerapkan metode story telling. Artinya bahwa deskripsi tersebut tidak hanya berisi informasi spesifikasi rumah secara kaku. Namun Anda juga harus bisa menceritakannya.

Pembuatan deskripsi dengan cara bercerita cenderung akan membuat pembaca tertarik. Sehingga kemungkinan mereka menghubungi Anda untuk mengetahui lebih dalam tentang rumah yang dijual menjadi semakin besar.

  • Jangan Sembarangan Mengambil Foto Rumah

Foto menjadi salah satu elemen penting ketika Anda menawarkan rumah secara online. Karena itulah tips jual rumah selanjutnya adalah memperhatikan pengambilan foto agar lebih cantik dan menarik calon pembeli.

Satu hal pasti yang harus Anda perhatikan adalah jangan mengambil foto rumah ketika berada dalam kondisi berantakan. Pastikan rumah dalam keadaan bersih dan rapi sebelum difoto.

Selain itu, perhatikan juga sudut pengambilan foto. Sebab sudut pengambilan foto akan berdampak pada kesan yang dihasilkan oleh foto tersebut. Contohnya rumah akan terkesan lebih luas jika sudut fotonya benar.

Tingkat pencahayaan dan kualitas foto juga sangat penting. Gunakanlah foto secara natural dan berkualitas tinggi agar orang-orang yang melihat penawaran rumah Anda dapat mengetahui kondisi rumah secara riil.

  • Jual Menggunakan Iklan

Memasang iklan memang merupakan suatu upaya untuk membantu proses penawaran barang atau jasa. Dengan begitu, tips jual rumah yang bisa Anda lakukan adalah memanfaatkan iklan digital untuk menawarkan rumah.

Terdapat dua layanan iklan digital yang cukup besar dan bisa Anda gunakan untuk menawarkan rumah. Kedua layanan iklan digital tersebut adalah Google Ads dan juga Facebook Ads.

Kedua layanan iklan digital tersebut memiliki initial modal yang terbilang cukup rendah. Anda bisa mengiklankan rumah menggunakan Google Ads atau Facebook Ads hanya dengan modal tidak lebih dari Rp50.000 saja.

Namun tips ini hanya cocok digunakan jika Anda memang sudah paham penggunaan kedua iklan layanan digital ini. Sebab jika tidak memahaminya, maka iklan Anda tidak akan berjalan efektif.

Berkomunikasi dengan Calon Pembeli Potensial

Berkomunikasi Dengan Calon Pembeli Potensial
Berkomunikasi dengan Calon Pembeli Potensial/Unsplash

Setelah Anda memasarkan rumah menggunakan tips jual rumah di atas, maka orang-orang yang tertarik akan menghubungi Anda. Proses ini sangat penting agar rumah Anda bisa laku terjual.

Oleh karena itu pastikan Anda berkomunikasi dengan calon pembeli secara tepat. Perhatikan beberapa hal berikut ini agar Anda bisa membangun komunikasi yang baik kepada calon pembeli rumah.

  • Jangan Pelit Menjelaskan Informasi

Sebagai orang yang tertarik dengan rumah Anda, wajar jika calon pembeli akan banyak bertanya. Maka sebagai pemilik rumah, Anda harus memberikan seluruh informasi yang memang calon pembeli butuhkan.

Bahkan walaupun informasi tersebut sebenarnya sudah Anda jelaskan di dalam deskripsi penawaran, Anda tetap harus menjelaskan jika diminta. Karena bisa jadi calon pembeli lupa atau tidak membaca informasi tersebut.

Tips jual rumah dalam menjelaskan informasi adalah lupakan bahwa Anda telah menuliskannya di penawaran. Oleh karena itu jangan pernah Anda menyuruh calon pembeli untuk membaca penawaran kembali.

Karena hal tersebut akan memberikan kesan bahwa Anda bukanlah penjual yang baik. Sehingga hal ini akan menjadi penghambat antara Anda dan calon pembeli untuk mencapai kata sepakat.

  • Selalu Bersikap Ramah

Bersikap ramah merupakan kunci keberhasilan di dalam komunikasi. Bukan hanya pada komunikasi sehari-hari, namun bersikap ramah juga harus Anda lakukan ketika sedang berkomunikasi dengan calon pembeli.

Apalagi proses transaksi jual-beli rumah melibatkan jumlah uang yang sangat besar. Sehingga calon pembeli pasti berharap bisa berkomunikasi dengan orang yang menyenangkan di dalam urusan tersebut.

Salah satu tantangan dari berkomunikasi di dalam proses jual-beli rumah adalah Anda bisa bertemu dengan berbagai macam jenis orang. Sehingga tidak jarang Anda bertemu dengan orang menjengkelkan.

Contohnya orang yang akan menawar rumah dengan harga tidak masuk akal. Tetap berikan respon yang ramah ketika menghadapi kasus seperti ini. Sehingga mungkin ia akan luluh dan menerima harga Anda.

Proses komunikasi ini sangat penting untuk melengkapi tips jual rumah yang telah kami sampaikan di atas. Sebab pada akhirnya, keberhasilan proses jual-beli akan ditentukan oleh komunikasi Anda dan calon pembeli.

Namun tentu saja untuk memperbesar peluang penjualan rumah, informasi tentang penjualan rumah harus tersebar luas. Jika sedikit orang yang tahu bahwa Anda jual rumah, maka sedikit juga yang akan tertarik.

Oleh karena itu melakukan penjualan rumah secara online sangatlah penting. Silakan gunakan tips jual rumah pribadi secara online dari kami untuk membantu mempercepat penjualan rumah Anda.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar