Tips Hemat Memelihara Kucing agar Tidak Mengganggu Keuangan

Photo of author
Written By Anggraini Munanda Effani

Penulis di Folderbisnis.com, Selamat menikmati artikel artikel terbaik kami. 

Baca di Google News

Memahami tips hemat memelihara kucing sangat penting agar keuangan Anda tidak terganggu. Sebab banyak orang yang tanpa sadar menghabiskan uang dalam jumlah besar untuk memanjakan kucing kesayangan.

Kucing memang merupakan salah satu hewan yang lucu dan menggemaskan. Oleh sebab itu kucing menjadi binatang peliharaan favorit bagi banyak orang. Tentunya memelihara kucing membuat Anda harus mengeluarkan uang lebih.

Apalagi jika Anda sangat mencintai dan perhatian terhadap kucing kesayangan. Pastinya Anda ingin memberikan yang terbaik mulai dari makanan berkualitas, perawatan rutin hingga berbagai kebutuhan lainnya.

Sebagai pemilik, tentu menjadi kewajiban Anda untuk memberikan yang terbaik kepada hewan peliharaan. Hanya saja, jangan sampai hal ini membuat kondisi keuangan Anda menjadi bermasalah.

5 Tips Hemat Memelihara Kucing

Tips Hemat Memelihara Kucing Agar Tidak Mengganggu Keuangan
Tips Hemat Memelihara Kucing agar Tidak Mengganggu Keuangan/Unsplash

Keberadaan kucing di rumah bisa menjadi teman yang menyenangkan. Disebutkan bahwa berinteraksi dengan kucing bisa membantu Anda meredakan stres. Sehingga wajar jika banyak orang yang memilih memelihara kucing.

Tentunya keputusan memelihara kucing harus diperhatikan dengan baik agar tidak mengganggu kondisi keuangan Anda. Berikut ini adalah lima tips yang bisa Anda terapkan untuk menghemat biaya memelihara kucing.

Jangan Malas untuk Survey

Sebagai salah satu hewan yang banyak dipelihara, ada banyak produk untuk perawatan kucing. Mulai dari makanan, grooming, kandang, tempat makan hingga aksesoris untuk membuat kucing tampak semakin menggemaskan.

Tips hemat memelihara kucing yang pertama adalah jangan malas untuk melakukan survey. Berusahalah agar dapat menemukan produk perawatan kucing paling murah dan berkualitas untuk kucing Anda.

Sayangnya banyak pemilik kucing yang enggan untuk melakukan survey. Kebanyakan pemilik kucing langsung menggunakan produk ternama yang sudah dikenal oleh banyak orang meski harganya mahal.

Baca, Bisnis Bareng Pasangan? Ide dan Tips Suksesnya

Tentunya hal ini akan membuat biaya memelihara kucing menjadi sangat besar. Apalagi beberapa produk untuk kucing harus Anda beli secara rutin. Contohnya seperti makanan kucing yang harus dibeli jika habis.

Jika Anda mau melakukan survey, maka Anda akan bisa menemukan produk terjangkau dengan kualitas yang bersaing. Selain itu, beberapa tempat pembelian terkadang juga menawarkan produk dengan harga lebih murah.

Sehingga tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengunjungi beberapa petshop untuk mendapatkan produk perawatan kucing paling terjangkau. Sebab tips hemat memelihara kucing ini akan membantu Anda menjaga kondisi keuangan.

Bisa Anda bayangkan jika bisa menemukan makanan kucing dengan harga setengah dari merk ternama namun kualitasnya mirip. Maka biaya makan kucing untuk 2 bulan bisa dipangkas menjadi satu bulan.

Kelebihan uang tersebut tentu bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Anda juga bisa menggunakan uang tersebut membeli berbagai produk perawatan kucing lain yang lebih mahal.

Ikut Program keanggotaan di Petshop

Beberapa petshop memiliki program keanggotaan yang ditawarkan kepada pemilik hewan peliharaan. Tips hemat memelihara kucing selanjutnya adalah mengikuti program keanggotaan tersebut. Sebab biasanya Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan sebagai anggota.

Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan sebagai anggota seperti diskon khusus, promo beli satu gratis satu dan keuntungan lainnya. Tentunya keuntungan ini akan membantu Anda untuk menghemat biaya perawatan kucing.

Memang petshop yang memiliki program keanggotaan tersebut tidak selalu menawarkan Anda untuk menjadi anggota mereka. Namun jangan ragu untuk menanyakan adanya program tersebut di petshop yang Anda kunjungi.

Anda juga bisa mengetahui keanggotaan petshop dari teman sesama pencinta kucing. Apalagi jika Anda memiliki teman yang sudah cukup lama dan berpengalaman dalam memelihara kucing.

Anda bisa memadukan tips hemat memelihara kucing dengan tips sebelumnya. Sehingga sebelum memutuskan untuk menjadi anggota dari suatu petshop, lakukan survey untuk mengetahui kualitas dan harga beberapa petshop terlebih dahulu.

Untuk melakukan hal ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda bisa melakukannya dalam waktu satu bulan untuk mengunjungi beberapa petshop terdekat untuk mengetahui kualitas produk dan harga yang mereka tawarkan.

Setelah selesai melakukan survey dan menjadi anggota dari suatu petshop tertentu, Anda bisa menjadi langganan di petshop tersebut. Tentunya Anda akan bisa membeli berbagai produk perawatan kucing dengan lebih murah.

Beli Makanan Kucing dalam Jumlah Besar

Tips hemat memelihara kucing yang selanjutnya adalah beli makanan kucing dalam jumlah besar. Sebab perlu Anda ketahui bahwa produk makanan kucing dikemas dalam berbagai ukuran.

Makanan kucing tersedia dalam bentuk kemasan kecil, sedang hingga besar. Bahkan beberapa produsen makanan kucing menyediakan produk dalam kemasan kiloan yang memiliki ukuran sangat besar.

Mungkin Anda berpikir bahwa membeli makanan kucing kiloan merupakan pengeluaran yang sangat besar. Sebab memang makanan kucing dengan kemasan kiloan bisa dikenakan harga hingga ratusan ribu rupiah.

Namun jika dihitung secara keseluruhan, membeli makanan kucing kiloan akan menghemat pengeluaran Anda. Sebab makanan kucing kiloan tersebut bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama.

Selain itu, tips hemat memelihara kucing ini sangat membantu Anda untuk mengatur pola makan kucing. Karena Anda bisa mengatur sendiri kebutuhan makanan kucing setiap harinya.

Berbeda jika Anda membeli makanan kucing dalam ukuran kecil. Mungkin Anda akan merasa jika hanya memberikan separuh isi makanan tersebut terlalu sedikit bagi hewan kesayangan.

Di satu sisi, langsung memberikan semua isi makanan kucing tersebut juga merupakan pemborosan. Sehingga Anda akan kebingungan dalam mengatur pemberian makanan untuk kucing kesayangan Anda.

Oleh sebab itu lebih baik untuk membeli makanan kucing dalam jumlah besar agar mudah memberikannya pada kucing kesayangan. Apalagi makanan kucing pasti akan terus dibutuhkan untuk merawat kucing kesayangan Anda.

Lakukan Grooming Sendiri di Rumah

Salah satu upaya yang perlu dilakukan ketika merawat kucing adalah grooming. Tips hemat memelihara kucing dari kami selanjutnya adalah sebaiknya Anda belajar untuk melakukan grooming sendiri di rumah.

Grooming merupakan tindakan perawatan pada kucing kesayangan. Biasanya grooming meliputi memandikan, merapikan bulu, membersihkan telinga, menggunting kuku dan sebagainya. Beberapa orang biasanya mempercayakan grooming di petshop atau jasa profesional.

Namun tentu untuk melakukan grooming di jasa profesional membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi grooming sebaiknya dilakukan secara rutin untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kucing Anda.

Sehingga dengan melakukan grooming kucing sendiri di rumah, Anda bisa menghemat pengeluaran. Sebab Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membayar jasa grooming kucing profesional.

Meski memang tips hemat memelihara kucing ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebaiknya Anda belajar terlebih dahulu cara melakukan grooming dari orang yang lebih berpengalaman.

Akan lebih baik jika Anda sudah memiliki teman yang biasa melakukan grooming kucing di rumah. Sehingga Anda bisa meminta saran darinya mengenai cara melakukan grooming dengan tepat.

Cara lain adalah dengan memperhatikan jasa grooming profesional ketika merawat kucing. Sehingga Anda bisa mencontohnya untuk melakukan grooming di rumah. Anda juga bisa melihat produk perawatan yang digunakan.

Biasanya shampoo dan obat anti kutu yang digunakan dijual di berbagai petshop atau dokter hewan. Sehingga Anda bisa membeli shampoo dan obat anti kutu tersebut untuk melakukan grooming sendiri.

Batasi Pemberian Makan Kucing

Salah satu hal yang membuat biaya memelihara kucing menjadi membengkak adalah karena Anda terlalu banyak memberikan makan. Maka tips hemat memelihara kucing selanjutnya adalah batasi pemberian makan kucing.

Perlu Anda ketahui bahwa kucing cenderung akan menghabiskan makanan yang diberikan walau terlalu banyak. Oleh sebab itu, banyak pemilik kucing yang tidak sadar bahwa jumlah makan kucing berlebihan.

Sebaiknya pelajari terlebih dahulu jumlah makanan ideal untuk jenis kucing Anda. Sehingga Anda bisa memberikan makanan kepada kucing kesayangan dalam jumlah atau takaran yang tepat.

Namun jika kucing Anda telah terbiasa makan banyak, bisa jadi mereka akan meminta lebih ketika Anda memberikan sesuai takaran seharusnya. Untuk mengatasinya, Anda harus mulai membiasakan mengurangi makanannya.

Tips hemat memelihara kucing ini bukan hanya baik untuk kondisi keuangan Anda. Namun kucing yang terlalu banyak makan bisa menjadi obesitas. Tentunya hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan kucing.

Kami memiliki saran untuk memberikan makan kucing yang lebih sedikit sekaligus mengajaknya berolahraga. Yaitu dengan memasukan makanan kucing ke dalam botol lalu berikan lubang pada sisi badan botol.

Sehingga makanan kucing akan keluar sedikit demi sedikit ketika botol digulirkan. Hal ini akan membuat kucing Anda bergerak aktif untuk menggulirkan botol agar mendapatkan makanan.

Dengan cara seperti itu, akan membuat kucing Anda tidak makan terlalu berlebihan. Sebab kucing bisa merasa sudah kenyang saat sedang memainkan botol untuk mendapatkan makanan.

Kesalahan Merawat Kucing yang Membuat Boros

Kesalahan Merawat Kucing Yang Membuat Boros
Kesalahan Merawat Kucing yang Membuat Boros/Unsplash

Dengan beberapa tips hemat memelihara kucing di atas, kami harap pengeluaran Anda untuk merawat hewan lucu ini bisa ditekan. Selain menerapkan tips tersebut, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda hindari.

Terlalu Banyak Membeli Aksesori

Sebagai pemilik hewan peliharaan, tentu sangat menggemaskan ketika melihat kucing menggunakan berbagai aksesoris lucu. Oleh sebab itu banyak pemilik kucing yang membeli berbagai aksesori untuk hewan peliharaan.

Mulai dari kalung, pakaian kucing, kacamata kucing dan berbagai aksesori lainnya. Hal ini sebenarnya bukan masalah jika Anda bisa mengontrol diri dan tidak membelinya terlalu banyak.

Sebab jika Anda terlalu banyak membeli aksesori, tips hemat memelihara kucing menjadi sia-sia. Karena pada akhirnya besaran pengeluaran untuk memelihara kucing kesayangan menjadi sangat besar.

Selain itu, sebenarnya beberapa kucing merasa tidak nyaman ketika dikenakan berbagai aksesori. Sehingga beragam aksesori yang sudah dibeli bisa menjadi tidak terpakai oleh kucing Anda.

Tidak Belajar tentang Kucing

Perlu Anda pahami bahwa sebagai hewan, kucing memiliki kepribadian atau karakteristik tertentu. Sayangnya tidak banyak pemilik kucing yang sudah mempelajari dan memahami karakteristik kucing miliknya.

Padahal karakteristik ini bisa Anda jadikan acuan dalam melakukan perawatan pada kucing. Contohnya jika kucing menjadi tidak nafsu makan, Anda sudah mengerti bahwa ada yang tidak beres.

Memahami karakteristik kucing akan membantu Anda menghemat pengeluaran di samping menerapkan tips hemat memelihara kucing. Sebab Anda bisa melakukan antisipasi sebelum masalah pada kucing menjadi lebih besar.

Baca, Tingkatkan Bisnis Anda Dengan Berpikir Out of The Box!

Sebab jika tidak mampu diidentifikasi sejak awal, kucing bisa menderita berbagai penyakit berbahaya. Sehingga Anda harus pergi ke dokter hewan untuk melakukan perawatan dan penyembuhan.

Sebagai pemilik kucing, tentu Anda berharap bisa memberikan yang terbaik pada hewan peliharaan kesayangan. Namun perlu Anda perhatikan agar jangan sampai hal ini mengganggu kondisi keuangan.

Anda harus mampu mengatur agar kewajiban, kebutuhan pribadi dan kebutuhan memelihara kucing bisa tercukupi tanpa adanya masalah keuangan. Salah satunya adalah dengan menerapkan tips hemat memelihara kucing di atas.

TRADING FOREX DI OCTA.ID

PerusahaanPT. Octa Investama Berjangka
Regulasi
Bappebti
54/BAPPEBTI/
SI/05/2013
Min.Lot0.1
Min.Deposit$100
Situswww.octa.id

Tinggalkan komentar