Tips Hemat Membangun Rumah Meski Memiliki Dana Terbatas

Pastikan Anda telah memahami tips hemat membangun rumah, sebelum memulai proses pembangunan rumah. Dengan begitu Anda bisa menekan biaya pembangunan rumah tanpa harus mengorbankan kualitasnya.

Salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi adalah rumah. Selain menjadi tempat tinggal, rumah juga berfungsi sebagai tempat membangun hubungan keluarga. Oleh karena itu memiliki rumah tidak bisa sembarangan.

Ada dua cara yang biasanya digunakan untuk memiliki rumah. Anda bisa membeli rumah yang telah jadi ataupun membangunnya sendiri dari nol. Kedua cara dalam memiliki rumah ini memiliki kelebihan tersendiri.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang membangun rumah sendiri. Silahkan simak penjelasan kami agar Anda bisa membangun rumah impian meski memiliki dana yang terbatas.

Keuntungan Membangun Rumah Sendiri

Tips Hemat Membangun Rumah Meski Memiliki Dana Terbatas/Unsplash

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa salah satu cara untuk memiliki rumah adalah dengan membangunnya sendiri. Anda perlu memahami keuntungan cara ini sebelum mengetahui tips hemat membangun rumah.

Sebab banyak orang yang ragu untuk membangun rumah sendiri karena adanya kekurangan seperti harus menunggu waktu pembangunan. Padahal membangun rumah sendiri memiliki beberapa keuntungan seperti berikut.

  • Bisa Menentukan Desain Sendiri

Saat ini sudah ada banyak jenis dan konsep desain rumah. Desain rumah tersebut meliputi ruangan yang ada di dalam rumah, tata letak ruangan, tampilan rumah dan sebagainya.

Dengan membangun rumah sendiri, Anda bebas menentukan desain rumah sesuka hati. Sehingga seluruh aspek di dalam rumah benar-benar bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan keluarga.

Berbeda jika Anda membeli rumah yang sudah jadi. Sebab ruangan, tata letak serta tampilan rumah sudah tersedia sebagaimana adanya. Anda memang bisa melakukan renovasi namun tentu membutuhkan biaya tambahan.

Baca juga, 9 Mitos Keliru Soal KPR

  • Bisa Menyesuaikan Bujet

Untuk memiliki rumah jadi, Anda harus memiliki dana dengan jumlah minimal tertentu agar bisa membelinya. Semakin besar dan bagus sebuah rumah biasanya akan dijual dengan harga yang semakin mahal.

Namun jika membangun rumah sendiri, Anda bisa menyesuaikan proses pembangunan dengan bujet yang dimiliki. Apalagi jika Anda memahami tips hemat membangun rumah, Anda bisa lebih menekan pengeluaran pembangunan rumah.

Anda juga bisa menentukan bahan bangunan yang digunakan jika membangun rumah sendiri. Selain itu, Anda juga bisa menentukan luas bangunan rumah yang dibangun berdasarkan anggaran saat ini.

  • Tidak Perlu Berhutang

Membeli rumah jadi mengharuskan Anda untuk memiliki dana besar jika ingin membeli secara tunai. Memang ada cara lain jika uang yang dimiliki tidak cukup, yaitu dengan mengambil KPR.

Namun hal ini merupakan masalah bagi sebagian orang yang enggan berhutang. Selain itu, mengambil KPR juga memerlukan jaminan mendapatkan pendapatan yang stabil agar bisa membayar cicilan secara rutin.

Dengan membangun rumah sendiri, Anda tidak perlu berhutang untuk bisa memiliki rumah. Sebab seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa Anda bisa membangun rumah sesuai dengan bujet saat ini.

  • Bisa Lebih Murah

Banyak orang yang beranggapan bahwa membangun rumah sendiri memerlukan biaya yang lebih mahal. Namun hal ini tidak akan terjadi jika Anda memahami tips hemat membangun rumah.

Selain itu, jika dibandingkan dengan membeli rumah di dalam perumahan, membangun rumah sendiri jelas akan lebih murah. Setidaknya Anda bisa membangun rumah dengan kualitas yang sama dengan harga lebih murah.

Sebab harga rumah di dalam perumahan sudah termasuk keuntungan yang didapatkan oleh pengembang. Dengan membangun rumah sendiri, Anda cukup mengeluarkan biaya yang digunakan untuk proses pembangunan.

  • Memahami Kualitas Rumah

Keuntungan lain dari membangun rumah sendiri adalah Anda bisa memahami kualitas rumah secara detail. Sebab Anda bisa menentukan sendiri bahan bangunan hingga tukang yang mengerjakan pembangunan rumah.

Dengan begitu potensi terjadinya masalah pada rumah di masa mendatang akan semakin kecil. Sehingga Anda bisa lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan perbaikan.

Tips Hemat Membangun Rumah Sendiri

Tips Hemat Membangun Rumah Sendiri/Unsplash

Saat ini Anda telah memahami beberapa keuntungan yang didapatkan jika membangun rumah sendiri. Namun mungkin masih merasa ragu sebab banyak yang mengatakan bahwa membangun rumah membutuhkan banyak biaya.

Oleh karena itu kami telah menyiapkan beberapa tips yang bisa digunakan untuk meneka biaya pembangunan rumah. Silahkan gunakan tips berikut agar Anda bisa membangun rumah impian meski dengan dana terbatas.

  • Gunakan Jasa Arsitek

Banyak orang berpikir bahwa menggunakan jasa arsitek merupakan suatu pemborosan. Sebab Anda harus mengeluarkan biaya tambahan di luar biaya pembangunan rumah itu sendiri. Namun sebenarnya penggunaan arsitek bisa membuat hemat.

Sebab arsitek akan sangat membantu dalam pembuatan rencana pembangunan rumah. Mulai dari Rencana Anggaran Biaya (RAB), desain rumah, tata letak hingga berbagai perencanaan pembangunan rumah lainnya.

Perencanaan yang dibuat oleh seorang profesional juga cenderung lebih akurat dibandingkan buatan sendiri. Sehingga potensi terjadinya pembengkakan anggaran di luar rencana awal akan semakin kecil.

Baca juga, Lebih Baik Ngontrak Atau KPR? Coba Pertimbangkan Ini!

  • Gunakan Material Lokal

Tips hemat membangun rumah selanjutnya adalah menggunakan bahan bangunan lokal. Tidak perlu khawatir dengan kualitasnya sebab saat ini sudah banyak tersedia material lokal berkualitas tinggi.

Oleh karena itu Anda tidak perlu menggunakan bahan bangunan yang serba impor. Hal ini akan membuat biaya pembangunan menjadi sangat besar meski mendapatkan kualitas yang tidak jauh berbeda.

Apalagi beberapa material lokal terbukti memiliki kualitas yang lebih baik daripada material luar negeri. Contohnya seperti material kayu jati asal Indonesia yang diketahui lebih baik dibanding kayu impor.

  • Gunakan Jasa Tukang Bangunan Borongan

Tentunya Anda memerlukan jasa tukang bangunan untuk membangun rumah. Terdapat dua sistem pembayaran yang biasanya digunakan oleh tukang bangunan. Yaitu sistem harian dan sistem borongan.

Tips hemat membangun rumah yang bisa Anda gunakan adalah memilih tukang bangunan dengan sistem borongan. Sebab biaya menggunakan sistem borongan cenderung lebih terukur dan minim risiko bengkak.

Meski begitu Anda harus cermat dalam memilih tukang bangunan dengan sistem borongan. Karena tidak sedikit tukang bangunan dengan sistem borongan yang bekerja tanpa memperhatikan kualitas bangunan.

Sehingga pastikan Anda mendapatkan tukang bangunan yang sudah teruji dan terpercaya. Anda bisa mencari referensi dari teman atau kerabat yang pernah membangun rumah dengan sistem borongan.

  • Buat Ruangan Multifungsi

Salah satu cara untuk bisa menghemat pembangunan rumah adalah dengan membuat ruangan multifungsi. Sebab dibanding membuat banyak ruangan, membuat satu ruangan namun untuk berbagai fungsi akan menghemat biaya pembangunan.

Untuk melakukannya Anda bisa membuat rumah dengan konsep open space. Sehingga ruang keluarga, ruang tamu, ruang makan hingga dapur bisa menjadi satu. Hal ini akan membuat rumah menjadi lebih luas.

Biaya pembangunan rumah akan semakin kecil sebab Anda tidak harus membangun banyak dinding sebagai pemisah ruangan. Anda bisa menggunakan furnitur yang bisa dilipat sebagai partisi ruangan.

  • Bangun dengan Konsep Rumah Tumbuh

Salah satu tips hemat membangun rumah yang bisa Anda terapkan adalah menggunakan konsep rumah tumbuh. Konsep ini pada dasarnya adalah melakukan pembangunan rumah secara bertahap.

Sebagai contoh adalah pada awalnya Anda membangun rumah satu lantai hanya dengan satu atau dua kamar tidur. Beberapa tahun kemudian Anda bisa melanjutkan proses pembangunan rumah dengan membuat lantai dua.

Proses pembangunan rumah tumbuh akan lebih baik jika sudah direncanakan sejak awal. Sehingga Anda bisa menentukan rumah yang ingin dibangun lebih awal namun tetap akan memudahkan proses pembangunan selanjutnya.

Dengan menggunakan konsep ini, Anda bisa menyesuaikan proses pembangunan rumah dengan bujet yang dimiliki. Sehingga ketika uang sudah terkumpul, Anda bisa melanjutkan proses pembangunan rumah.

Keuntungan Menggunakan Konsep Rumah Tumbuh

Keuntungan Menggunakan Konsep Rumah Tumbuh/Unsplash

Tips hemat membangun rumah dengan menggunakan konsep rumah tumbuh telah diaplikasikan oleh banyak orang. Tentunya hal ini tidak terlepas dari keuntungan yang diberikan oleh penggunaan konsep rumah tumbuh.

Sebab selain bisa menyesuaikan proses pembangunan rumah dengan bujet yang dimiliki, ada banyak keuntungan dari penggunaan konsep ini. Berikut adalah beberapa keuntungan dari penggunaan konsep rumah tumbuh.

  • Lebih Hemat Dibanding Renovasi Biasa

Banyak orang yang menyamakan konsep rumah tumbuh dengan melakukan renovasi rumah. Meski konsep rumah tumbuh memiliki faktor pembeda jika dibandingkan dengan melakukan renovasi rumah biasa.

Perbedaan tersebut adalah bahwa pada konsep rumah tumbuh, rumah sudah direncanakan untuk dibangun lebih besar. Sehingga seluruh elemen rumah telah disiapkan sebaik mungkin sejak pembangunan pertama.

Hal ini berbeda dengan melakukan renovasi rumah yang biasanya dilakukan tanpa perencanaan sejak awal. Perbedaan ini bisa memberikan pengaruh pada kebutuhan biaya saat melakukan pembangunan.

Contohnya pada konsep rumah tumbuh yang direncanakan untuk memiliki dua lantai, fondasi rumah sudah disiapkan untuk menjadi rumah tingkat dua. Namun dalam renovasi biasa, fondasi rumah belum tentu mendukung pembangunan.

Sehingga jika Anda ingin membuat lantai dua saat renovasi rumah, Anda harus mengubah fondasi rumah. Tentunya kebutuhan biayanya akan lebih besar dibanding sedari awal sudah direncanakan untuk menjadi tingkat dua.

  • Menyesuaikan Anggota Keluarga

Penggunaan konsep rumah tumbuh merupakan tips hemat membangun rumah yang disukai karena bisa menyesuaikan jumlah anggota keluarga. Sebagai contoh pada awal menikah, Anda bisa membangun rumah hanya dengan satu kamar.

Ketika Anda sudah berencana memiliki anak, Anda bisa melanjutkan pembangunan rumah untuk membangun kamar tidur anak. Dengan begitu kebutuhan biaya pembangunan rumah akan lebih efektif dan efisien.

Penggunaan rumah tumbuh juga akan membuat penggunaan ruangan di dalam rumah lebih efisien. Sebab tidak ada ruangan yang tidak terpakai karena tidak ada anggota keluarga untuk menggunakannya.

  • Bisa Menyesuaikan Ketersediaan Lahan

Konsep rumah tumbuh bisa dibangun secara horizontal ataupun vertikal. Oleh karena itu Anda bisa membangun rumah tumbuh sesuai dengan ketersediaan lahan yang dimiliki.

Biasanya orang yang menggunakan tips hemat membangun rumah dengan konsep rumah tumbuh akan membeli tanah cukup luas. Meski pada awalnya seluruh tanah tersebut tidak akan langsung dibangun menjadi rumah.

Cara ini tentu membuat Anda lebih hemat karena bisa mendapatkan tanah saat harganya sedang murah. Sebab sudah bukan rahasia lagi bahwa harga tanah selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Simak ulasan, Rahasia Karyawan Kontrak Sukses Ajukan KPR

Sehingga ketika Anda ingin memperluas bangunan, Anda tidak lagi harus membeli tanah di sekitar bangunan. Jika ketersediaan lahan tidak begitu banyak, Anda bisa menggunakan konsep rumah tumbuh vertikal.

Memiliki rumah merupakan impian dari setiap orang. Namun untuk mendapatkan rumah impian memang tidak mudah. Diperlukan uang dalam jumlah besar untuk bisa mendapatkan rumah sesuai keinginan.

Anda bisa memilih membangun rumah sendiri agar bisa menghemat pengeluaran. Terlebih dengan menggunakan tips hemat membangun rumah di atas, Anda bisa membangun rumah impian meski memiliki dana terbatas.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar