Baru Menikah? Inilah Produk dan Tips Finansial Bagi Pasutri Muda

Photo of author
Written By Arai Amelya

Penulis di Folderbisnis.com, Selamat menikmati artikel artikel terbaik kami. 

Baca di Google News

Tak ada yang lebih membahagiakan bagi pasangan kekasih yang baru saja melangsungkan pernikahan. Hubungan yang dijalin berbulan-bulan atau mungkin bertahun-tahun, akhirnya berujung indah di kursi pelaminan. Namun pernikahan justru menjadi awal sebuah kehidupan, di mana Anda sebagai pasangan suami istri baru membutuhkan banyak sekali tips finansial.

Kenapa harus tips finansial?

Karena banyak sekali pasangan pengantin muda yang lupa akan urusan ini, sehingga membuat kehidupan usai akad dan resepsi menjadi bermasalah terutama dalam hal keuangan. Padahal salah satu kunci keharmonisan biduk rumah tangga adalah bagaimana mengatur finansial supaya tidak bermasalah.

Apalagi ketika pernikahan sudah terjadi, umumnya pasutri mendamba kehadiran momongan. Mereka juga ingin memiliki rumah pribadi, kendaraan pribadi dan berbagai barang kebutuhan rumah tangga yang mana jika tidak diatur dengan tips finansial yang tepat, bakal bermasalah juga.

Baca juga: 10 Tips Keuangan Bagi Single Moms Agar Bisa Hidup Kaya Raya

Nah, untuk Anda yang beru saja selesai melangsungkan pernikahan, kami akan membahas seperti apa sih produk-produk keuangan sekaligus tips finansial yang layak diperhatikan? Semoga dengan begitu Anda bisa menghadapi berbagai masalah keuangan sebagai suami istri secara lebih dewasa dan siap mental.

Produk-Produk Finansial Wajib Bagi Pasutri Baru

Produk Finansial Pasutri Baru
© getty images

Saat pasangan kekasih baru saja melangsungkan pernikahan, kehidupan memang berjalan luar biasa berbeda. Jika sebelumnya sendiri di rumah orangtua masing-masing, saat status berubah jadi suami dan istri akan hidup bersama di dalam satu bangunan. Perubahan ini juga membuat berbagai hal sehari-hari ikut berbeda termasuk urusan keuangan.

Anda yang dulu lajang mungkin hanya ingin investasi demi memiliki rumah pribadi atau solo traveling, tentu akan mempunyai tujuan finansial baru. Apalagi kalau Anda dan pasangan sudah mulai berbicara soal momongan dan berbagai tagihan bersama, pos-pos finansial pun akhirnya makin ketat. Situasi seperti ini akan membuat Anda belajar soal keuangan keluarga.

Dalam keuangan keluarga, baik suami atau istri tentu punya hak dan kewajiban berbeda. Mahligai rumah tangga boleh-boleh saja membuat pasangan suami istri alias pasutri tetap bekerja, tetapi tujuan sama-sama bekerja itu tentu meletakkan keluarga di atas segalanya. Supaya tujuan finansial baru ini bisa tercapai, berikut beberapa produk finansial yang wajib dimiliki:

1. Tabungan/Asuransi Pendidikan

Bisa dibilang ini merupakan produk finansial yang terpenting harus segera dibicarakan ketika Anda sudah menjadi suami istri. Bahkan beberapa pasangan kekasih membicarakan soal ini ketika mereka sedang berpacaran dan siap melangkah ke pelaminan. Karena bagaimanapun juga, anak menjadi tanggung jawab penuh orangtua hingga dewasa nanti.

Tidak ada orangtua di dunia ini yang ingin anaknya menjadi sosok gagal lantaran tidak maksimal dalam hal pendidikan. Fakta bahwa biaya pendidikan naik setiap tahunnya, membuat Anda dan pasangan perlu membicarakan soal asuransi atau tabungan pendidikan terbaik bagi buah hati. Lantas, apa beda kedua produk finansial ini?

Sesuai dengan namanya, tabungan pendidikan jelas memiliki risiko yang lebih kecil tapi juga sebanding dengan keuntungannya. Tabungan pendidikan ini biasanya disimpan dalam jangka waktu maksimal lima tahun, dengan besaran bunga sesuai ketentuan bank. Namun untuk asuransi, dapat digunakan untuk jangka panjang misalnya dicairkan saat buah hati lulus SMA.

Profit asuransi pendidikan yang lebih besar karena biasanya perusahaan asuransi mengelola dana nasabah ke beberapa instrumen investasi. Namun tetap, risiko dari asuransi pendidikan jelas lebih tinggi daripada tabungan, sehingga Anda dan pasangan patut mempertimbangkannya secara matang sebelum memberi keputusan yang tepat.

Baca juga: Mulai Kurangi Kebiasaan Buruk yang Bikin Boros Ini Kalau Ingin Kaya

2. Asuransi Kesehatan

Produk berikutnya yang kerap disebutkan dalam berbagai tips finansial untuk pasutri muda adalah mempunyai asuransi kesehatan. Sesuai dengan namanya, asuransi kesehatan jelas memberikan perlindungan bagi pemegang polis dan orang-orang tertanggung lainnya dalam hal kesehatan. Mulai dari kecelakaan kendaraan bermotor, penyakit-penyakit menular sampai masalah kesehatan degeneratif.

Ada banyak sekali produk asuransi kesehatan yang beredar di pasaran tentunya dengan nominal premi berbeda-beda. Pastikan Anda memilih produk asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan pada diri sendiri dan seluruh anggota keluarga, dengan besaran polis sesuai kemampuan. Cari informasi mengenai kredibilitas perusahana asuransi dan proses klaim supaya tak kecewa.

3. Deposito

Investasi merupakan cara terbaik agar cepat kaya dalam hal finansial. Hanya saja instrumen investasi jenis apa yang cocok untuk pasutri muda? Jawabannya adalah deposito. Yap, tabungan berjangka seringkali direkomendasikan karena memang cukup minim kerugian dan mudah dilakukan. Apalagi saat ini ada banyak sekali bank-bank digital yang memberi kemudahan pengajuan deposito.

Deposito pun saat ini tak perlu harus minimal setahun, karena bisa dilakukan dalam hitungan bulan dengan besar nominal dan setoran deposito yang terjangkau. Dengan deposito, Anda beserta pasangan bisa mulai merencanakan tujuan finansial ke depannya. Misalkan bakal memakai dana deposito untuk membuka bisnis sampingan atau membeli properti.

4. Reksadana

Ingin instrumen investasi yang lebih besar untungnya dari deposito tapi tak punya uang membeli saham, atau tak ada waktu memantau pasar keuangan? Jawabannya adalah reksadana. Lewat instrumen investasi yang satu ini, Anda bisa menyerahkan seluruh performa portofolio kepada pihak MI (Manajer Investasi). Biaya yang diperlukan untuk membeli reksadana juga terpantau begitu terjangkau.

Sehingga kalau Anda misalnya punya penghasilan Rp5 juta perbulan, maka sisihkan saja maksimal 20% atau sekitar Rp1 juta untuk membeli reksadana. Nantinya pihak MI akan menyalurkan dana investasi Anda ke instrumen-instrumen yang punya profil risiko sesuai. Supaya aman, pastikan memilih pihak MI yang bertanggung jawab, terpercaya dan tentunya berpengalaman.

5. Asuransi Jiwa

Sama seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa juga kerap disebutkan dalam berbagai pembahasan tips finansial bagi pengantin baru. Berbeda dengan asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan untuk setiap masalah kesehatan baik pengobatan dan perawatan, asuransi jiwa memberi perlindunga kepada ahli waris saat pemegang polis meninggal dunia.

Tak perlu cemas berlebih, karena bagaimanapun juga manusia adalah makhluk hidup fana yang mana kehidupannya bisa terlepas begitu saja lewat kematian. Anda tentu tak ingin keluarga yang ditinggalkan jadi terkatung-katung saat sang kepala keluarga si pencari nafkah meninggal dunia, bukan? Untuk itulah dengan membeli produk asuransi jiwa, Anda bisa lebih tenang saat kematian menjemput.

Karena saat pemilik polis meninggal dunia disebabkan oleh hal-hal sesuai ketentuan, maka asuransi jiwa itu bisa diklaim dan dicairkan dananya langsung, untuk diserahkan pada sang ahli waris. Sehingga mereka yang ditinggalkan dapat bangkit dari kesedihan dan mencoba bisnis supaya dapat bertahan di dunia.

6. Emas

Dan untuk produk finansial terakhir yang wajib Anda pertimbangkan untuk dimiliki saat baru saja menikah adalah emas. Si logam mulia ini berhasil membuktikan bahwa dalam kondisi ekonomi apapun, harganya tidak terjun bebas seperti bitcoin, forex atau bahkan saham. Ya, emas saat ini memang lebih murah daripada saat pandemi Covid-19 melanda, tapi aset safe haven ini masih menjanjikan.

Tenang saja kalau modal pas-pasan saat investasi emas, Anda bisa membuka Tabungan Emas di Pegadaian yang menerima nominal berapapun dari calon nasabah. Nantinya setoran uang tunai itu bakal dikonversi langsung oleh pihak Pegadaian, hingga akhirnya mampu Anda tarik dalam bentuk kepingan emas.

Baca juga: Alasan dan Keunggulan Jika Mempunyai Financial Planner

Tips Finansial Untuk Anda yang Baru Saja Menikah

Tips-Tips Keuangan Pasutri Muda
via tiller hq

Setelah menentukan produk-produk finansial yang wajib dimiliki, jangan terburu untuk membeli karena Anda tetap harus berdiskusi dengan pasangan. Karena bagaimanapun juga, rumah tangga dijalankan oleh dua orang sehingga diperlukan pemahaman kedua belah pihak supaya keputusan yang terjadi tidak malah blunder.

Ada banyak sekali pernikahan yang menjadi bermasalah hanya karena urusan keuangan tidak jujur satu sama lain. Begitu pula ekonomoi yang dijadikan alasan kenapa perceraian terjadi. Anda tentu tak ingin bukan rumah tangga indah yang dijalani berakhir di meja hijau sebagai janda dan duda? Untuk itulah penting bagi setiap pasutri baru memperhatikan sejumlah tips finansial berikut ini:

  • Lantaran status Anda sudah berubah dari lajang menjadi suami atau istri seseorang, Anda kini jelas tak sendiri. Pasangan berhak tahu kondisi keuangan satu sama lain termasuk besar penghasilan, hutang yang dimiliki hingga tanggungan keluarga. Dengan jujur soal kondisi keuangan, Anda dan pasangan dapat menentukan aset finansial seperti apa yang dibutuhkan
  • Ada baiknya Anda dan pasangan memiliki rekening bersama yang memang menjadi sumber keuangan keluarga. Misalkan saja untuk bayar tagihan cicilan rumah, bayar tagihan listrik dan air setiap bulan, sampai biaya sewa ART (Asisten Rumah Tangga). Lewat rekening bersama ini Anda juga bisa mengetahui dan menentukan besar pengeluaran bulanan
  • Berbagai produk finansial yang dibahas sebelumnya, jelas dilakukan sesuai dengan tujuan keuangan. Untuk itulah tips finansial yang wajib Anda ingat adalah menentukan tujuan keuangan keluarga. Misalkan saja Anda dan pasangan ingin punya dua orang anak yang keduanya kuliah hingga S2. Atau bisa saja ingin beribadah ke Tanah Suci bersama, hingga beli rumah
  • Hutang adalah hal yang begitu sensitif tapi dapat membebani kondisi keuangan keluarga. Untuk itu segera setelah Anda menikah, ungkapkan seluruh hutang yang dimiliki kepada pasangan. Karena bagaimanapun, hutang adalah kewajiban pertama setelah mempunyai penghasilan sebelum memenuhi kebutuhan lainnya

Baca juga: Tips Menabung Bagi yang Hobi Travelling Meski Gaji Kecil

  • Tips finansial berikutnya yang wajib diperhatikan pasutri muda adalah menentukan anggaran bulanan. Jika perlu, catat seluruh pengeluaran tiap hari, supaya tahu ke mana saja uang digunakan sehingga mudah melakukan introspeksi di akhir bulan. Dengan adanya anggaran bulanan ini, Anda juga bakal melakukan pembelanjaan yang jauh lebih terkontrol
  • Lagi-lagi karena tidak melajang, Anda perlu membicarakan semua hal dengan pasangan termasuk berbelanja. Penting bagi Anda untuk melapor ke suami atau istri sata hendak membeli suatu barang apakah memang benar-benar diperlukan, atau cuma ‘lapar mata’
  • Tips finansial yang terakhir, jangan pernah lupakan dana darurat. Untuk pasutri muda, setidaknya dana darurat yang dimiliki haruslah minimal enam kali penghasilan bulanan. Caranya adalah dengan menyisihkan penghasilan secara disiplin hingga terkumpul dana darurat sesuai nominal

Bagaimana? Sebetulnya tidak sulit bukan dalam menerapkan berbagai tips finansial di atas? Apalagi kalau Anda dan pasangan memiliki salah satu dari enam produk finansial yang sudah dibahas. Dengan begitu kehidupan rumah tangga bisa berjalan sesuai dengan rencana dan bahagia tidak hanya saat berdua, tapi juga dalam kondisi keuangan jangka panjang.

TRADING FOREX DI OCTA.ID

PerusahaanPT. Octa Investama Berjangka
Regulasi
Bappebti
54/BAPPEBTI/
SI/05/2013
Min.Lot0.1
Min.Deposit$100
Situswww.octa.id

Tinggalkan komentar