10 Cara Tingkatkan Loyalitas Pelanggan Agar Bisnis Laris Manis

Dalam sebuah bisnis apapun yang Anda pilih entah online maupun offline, pelanggan memiliki peranan penting. Keberadaan mereka akan mempengaruhi omzet yang akhirnya berdampak para penghasilan. Untuk itulah sudah normal adanya jika seorang pebisnis wajib memikirkan bagaimana cara tingkatkat loyalitas pelanggan, demi keberlangsungan usaha yang digeluti.

Karena memang pada dasarnya, semua bisnis bisa memiliki konsumen, tapi tak semuanya berhasil mempunyai pelanggan yang setia. Kenapa begitu?

Karean perkara mengubah konsumen menjadi pelanggan setia atau loyal bukanlah perkara mudah. Butuh perjalanan dan pengalaman yang tidak singkat untuk membuat seorang konsumen akhirnya jadi pembeli yang loyal.

Dan perkara pembeli loyal inilah yang kadang tidak terlalu diperhatikan oleh para pebisnis, terutama pemula.

Para pebisnis pendatang baru ini lebih sering fokus memperoleh omzet sebanyak mungkin dengan meningkatkan konsumen-konsumen baru. Padahal seiring berjalannya waktu, sebuah brand akan mengalami naik-turun dalam hal popularitas, sehingga keberadaan pelanggan jadi penting.

Apalagi ketika bisnis yang Anda geluti sudah memasuki tahun-tahun pertumbuhan, akan muncul yang namanya kompetitor.

Jika bisnis Anda belum dapat menawarkan produk baru, konsumen bisa saja berpaling ke pesaing usaha. Nah, supaya kondisi itu tidak terjadi, penting bagi Anda untuk mulai merencanakan betul langkah-langkah tingkatkan loyalitas pelanggan.

Baca juga: 6 Tips Sukses Bisnis Musiman Saat Ramadhan

Hal-Hal yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen

Faktor Loyalitas Pelanggan
© Markus Spiske/UNSPLASH

Sebelum akhirnya kita membahas bagaimana sih cara yang tepat untuk tingkatkan loyalitas pelanggan, ada baiknya Anda tahu dulu hal-hal yang membuat seorang konsumen jadi pelanggan loyal.

Dengan mengetahui sejumlah faktor berikut ini, maka Anda tentu bisa dengan mudah membuat konsumen lebih terikat pada produk yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya:

  • Hal pertama yang membuat seseorang bisa begitu setia pada sebuah produk adalah rasa puas (satisfication). Kepuasan ini muncul ketika produk yang dibeli sesuai dengan kenyatan yang didapatkan
  • Setiap orang tentu bisa terpengaruh secara pribadi oleh sebuah produk. Hal inilah yang menjadi daya tarik dan membuat seseorang begitu terikat secara emosional (emotional bonding) pada sebuah produk. Bahkan jika produk itu membuat seseorang terikat pada orang lain, maka dia akan jadi konsumen yang loyal pula
  • Sebuah produk dikatakan sukses dan mampu menjaring pelanggan setia saat mampu membuat konsumen jadi percaya (trust) sepenuhnya. Biasanya hal ini diperoleh saat produk itu mampu menjalankan fungsinya sesuai klaim
  • Pelanggan yang setia biasanya juga muncul karena memperoleh kemudahan (choice reduction and habit) dari sebuah produk saat produk itu mudah diperoleh dan tidak ribet untuk mendapatkannya
  • Dan faktor terakhir yang dapat tingkatkan loyalitas pelanggan adalah adanya pengalaman dengan perusahaan (history with company) itu sendiri. Misalkan saja Anda memperoleh layanan yang baik, mendapatkan reward tertentu, maka para penerima itu bisa saja dengan mudah jadi konsumen loyal

Dengan memperitmbangkan sejumlah faktor di atas, bukan tak mungkin kalau bisnis yang Anda kelola akhirnya mampu bertahan karena memiliki pelanggan setia.

Karena memang bagaimanapun juga, pelanggan setia inilah yang bakal jadi penggera utama omzet bisnis secara jangka panjang.

Baca juga: Bisa Dicoba! Ini Rahasia Bisnis Saat Ramadan Meski Modal Minim

Tata Cara Tingkatan Loyalitas Pelanggan yang Harus Dicoba

Cara Buat Pelanggan Makin Setia
© Joshua Rodriguez/UNSPLASH

Mendambakan sebuah bisnis bisa berlangsung dalam waktu lama tentu adalah impian setiap pengusaha.

Daripada mengeluarkan biaya operasional yang terlalu besar demi memperoleh konsumen lewat jalur instan, ada baiknya Anda menghargai sebuah proses usaha. Sejumlah trik untuk tingkatkan loyalitas pelanggan berikut ini bisa Anda coba:

1. Pentingnya Layanan Purna Jual

Hal pertama yang bisa Anda lakukan demi tingkatkan loyalitas pelanggan adalah memahami betapa pentingnya layanan purna jual.

Sesuai dengan namanya, layanan ini berkaitan dengan berbagai kegiatan yang dilakukan setelah konsumen membeli produk. Lewat proses ini, Anda bisa bertanya kepada konsumen mengenai kepuasannya membeli produk, hingga saran serta kritik yang mereka rasakan.

Lewat layanan ini pula, Anda bisa mengetahui hal-hal yang saat ini tengah dibutuhkan oleh konsumen, sehingga bisa jadi pertimbangan untuk menciptakan produk baru.

Untuk bisa melakukan tahapan ini, diperlukan database konsumen yang bisa diakses dan bertujuan demi mengetahui nilai produk di mata pelanggan. Hanya saja lakukan layanan purna jual ini secara bijaksana dan tak berlebihan, supaya konsumen tak terganggu.

2. Harga Produk Kompetitif

Cara berikutnya yang dapat dilakukan demi tingkatkan loyalitas pelanggan adalah menetapkan harga produk secara kompetitif. Misalkan saja pesaing menawarkan harga Rp150 ribu, maka Anda bisa memasang harga Rp145 ribu.

Kendati mungkin keuntungan yang Anda terima bakal sedikit berkurang, tapi itu akan sebanding dengan jumlah pelanggan setia yang terus bertambah. Namun pastikan penetapan harga tak membebani biaya operasional.

3. Hadapi Keluhan

Tidak semua konsumen akan puas dengan produk yang Anda tawarkan, itu adalah fakta. Untuk meminimalisir hal ini, sudah sewajarnya Anda harus rela menerima keluhan dari mereka, Segera follow-up keluhan tersebut dan berikan solusi yang tepat.

Bukan tak mungkin ijka konsumen yang mengeluh dan merasa diapresiasi oleh perusahaan, bakal merasa puas dan bersedia jadi pelanggan setia.d

4. Produk Mudah Dibeli

Kendati terdengar sederhana, kemudahan pembelian produk ternyata menjadi salah satu cara tingkatkan loyalitas pelanggan yang penting.

Karena sebagus apapun produk yang Anda promosikan, jika untuk memperolehnya sulit, harus menanti waktu lama dan transaksi yang ribet, calon konsumen bukan tak mungkin bakal berpaling.

Untuk mewujudkannya, jika bisnis ini dijalani offline, maka Anda bisa menambah kasir supaya proses transaksi bisa berlangsung cepat tanpa antri lama-lama.

Namun jika bisnis dijalankan secara online, cobalah bergabung ke banyak markteplace dan menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran. Mulai dari transfer bank, transfer lewat e-wallet, pembayaran kartu kredit hingga sistem COD (Cash On Delivery).

5. Jaga Kualitas Produk

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kualitas produk merupakan salah satu kunci terpenting untuk tingkatkan loyalitas pelanggan.

Produk yang mampu konsisten menjaga kualitasnya sejak dirilis justru akan membuat pelanggan enggan berpaling ke produk lain. Sehingga saat ada banyak kompetitor, pelanggan yang setia tak akan berpindah sekalipun mungkin harganya lebih terjangkau.

6. Program Loyalitas Pelanggan

Supaya membuat banyak konsumen jadi pelanggan setia, tak ada salahnya Anda menggelar program khusus bagi konsumen yang loyal.

Misalkan saja diskon 50% setiap hari ulang tahun atau gratis produk terbatas, khusus bagi pelanggan setia. Semakin banyak program loyalitas ini , maka konsumen akan tertarik dan bertekad jadi pelanggan setia meskipun mungkin harus bayar iuran keanggotaan atau minimal transaksi.

Baca juga: Tips Jualan Offline Biar Cuan, Keunggulan dan Kekurangannya

7. Jujur dengan Konsumen

Tak banyak pelaku bisnis yang bersedia jujur dan transparan dengan konsumen, padahal ini justru menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam tingkatkan loyalitas pelanggan.

Jangan ragu untuk berkomunikasi dan memberitahu pelanggan mengenai kesalahan pemilihan bahan baku, atau proses produksi yang lambat.

Meskipun mungkin konsumen akan kecewa, tapi mereka akan paham dan jadi pelanggan yang setia karena Anda sudah bersedia jujur.

8. Beri Penawaran Menarik

Penawaran menarik rupanya menjadi salah satu cara tingkatkan loyalitas pelanggan yang ampuh. Misalkan saja ‘beli satu gratis satu’ atau gratis produk baru setelah melakukan transaksi sesuai nominal tertentu, sehingga konsumen akan merasa diuntungkan.

Jika penawaran ini diberikan secara rutin dalam jangka waktu tertentu, bukan tak mungkin akan banyak konsumen yang menanti dan membuat mereka jadi pelanggan setia.

9. Komunitas Pelanggan

Cara tingkatkan loyalitas pelanggan berikutnya yang bisa bisnis Anda lakukan adalah membuat komunitas khusus untuk mereka. Misalkan saja Anda menyediakan platform khusus yang bisa mudah diperoleh di zaman serba internet ini ini seperti website, media sosial hingga aplikasi-aplikasi perpesanan online.

Bahkan demi meningkatkan loyalitas mereka, coba gelar acara customer gathering se-Indonesia misalnya, supaya makin terikat dengan produk dari bisnis Anda. Lewat komunitas ini, konsumen akan merasa diistimewakan dan terikat dengan sebuah produk, sehingga membuat mereka jadi pelanggan loyal.

10. Selalu Berinovasi

Dan inilah hal terakhir yang wajib Anda lakukan jika memang ingin konsumen jadi pelanggan setia. Yap, jangan pernah berhenti untuk berinovasi. Supaya tahapan ini bisa terjadi secara tepat, usahakan Anda paham betul kebutuhan konsumen dan tren yang tengah viral di masyarakat, terutama di dunia maya. Dengan begitu inovasi yang Anda ciptakan akan benar-benar berguna dan membuat konsumen makin puas dan setia.

Bagaimana? Tidak sulit bukan untuk tingkatkan loyalitas pelanggan? Tinggal Anda sebagai pelaku bisnis yang bersedia atau tidak dalam melakukan hal-hal di atas. Karena pada dasarnya, berbisnis itu adalah perjalanan panjang dan usaha tak pernah berhenti untuk belajar. Selama Anda sebagai pemilik akan terus berjuang dan mengutamakan konsumen, maka bisnis jelas akan berusia panjang. Semangat!

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar