Telat Bayar Shopee Paylater, Apakah Debt Collector Datang Ke Rumah?

Diperbarui pada September 2nd, 2022 at 05:43 pm

Semakin banyak orang berbelanja menggunakan Shopee Paylater dan pertanyaanya kemudian adalah apabila telat bayar Shopee Paylater, apakah debt collector datang ke rumah?

Munculnya aplikasi belanja online kemudian diiringi dengan perkembangan sistem pembayaran.

Selain bisa melalui transfer bank, pembayaran di minimarket terdekat, COD alias pembayaran tunai setelah barang sampai, kemudian ada juga fasilitas kredit.

Salah satunya adalah fasilitas kredit dari Ecommerce Shopee yaitu Shopee Paylater, fasilitas kredit ringan yang tidak memerlukan banyak syarat untuk pendaftaran.

Sebagaimana kredit, jika Anda menggunakan Shopee Paylater saat berbelanja maka pihak Shopee Paylater meminjami Anda sejumlah uang untuk membayar terlebih dahulu ke penjual.

Kemudian Anda akan membayar kepada Shopee Paylater dengan cara dicicil atau melunasinya pada bulan depan.

Sebelum kita mengulas tentang penagihan, ada baiknya sedikit kita ulas mengenai profil fitur kredit yang sedang jadi primadona anak muda saat ini.

Profil Shopee Paylater

Shopee Paylater ada sejak tahun 2019 sebagai bantuan pembiayaan untuk berbelanja di Ecommerce Shopee yang disediakan oleh PT Commerce Finance.

Shopee Paylater semakin dikenal oleh masyarakat semenjak pandemi mengingat banyak orang yang mengalami pengurangan pendapatan, khususnya pekerja harian lepas.

Telat Bayar Shopee Paylater
Telat Bayar Shopee Paylater

Shopee Paylater juga menjadi solusi bagi anak muda yang ingin membeli baju atau kosmetik kekinian namun sedang kehabisan uang saku.

Dengan syarat yang sangat mudah, para pengguna Ecommerce Shopee bisa mengajukan pinjaman Shopee Paylater.

Beberapa ahli menyebut layanan Paylater dengan soft credit atau kredit ringan, jika dibandingkan dengan hard credit dari kartu kredit.

Kita tahu bahwa persyaratan membuat kartu kredit lebih detail seperti jumlah minimal tabungan, pendapatan Anda, dan transaksi di rekening.

Persyaratan kartu kredit yang terbilang cukup berat membuat tidak banyak orang bisa memiliki kartu kredit.

Ini berbeda dengan persyaratan Shopee Paylater yang hanya membutuhkan foto diri dan foto KTP, ringan sekali kan gais.

Ini memungkinkan pelajar dan mahasiswa yang belum mempunyai pendapatan juga bisa menggunakan layanan ini untuk berbelanja lewat Shopee.

Dengan bunga cicilan yang relative rendah yaitu maksimal 5% saja, siapapun yang sudah mempunyai KTP bisa melakukan belanja dengan dana talangan dari Paylater.

Bahkan kini Shopee Paylater juga bisa digunakan untuk membayar aktifitas belanja lewat merchand alias toko offline.

Bisa juga untuk membayar di restoran, kafe, atau salon. Asal ada barcode pembayaran lewat Shopee maka Anda bisa membayarnya dengan Shopee Paylater.

Namun tidak semua pengguna Shopee bisa langsung disetujui untuk menggunakan fitur ini, karena Shopee akan terlebih dahulu memeriksa transaksi belanja Anda.

Baca juga, Cara Daftar Shopee Food

Setidaknya Anda sudah menjadi pengguna aktif Shopee selama 3 bulan dan sudah melakukan beberapa kali pembelian.

Mendaftar Shopee Paylater

Jika Anda ingin mendaftar Shopee Paylater, cukup buka aplikasi Shopee pada ponsel Anda kemudian pada profil cari menu SPaylater.

Ikuti beberapa instruksi pada setiap tahapan, hingga sampai pada perintah untuk mengunggah foto KTP dan foto wajah Anda.

Jika Anda sudah menyelesaikan pendaftaran, tunggu hingga maksimal 2 x 24 jam untuk mendapatkan pemberitahuan.

Jika Anda memenuhi syarat dari Shopee, maka persetujuan akan dimulai dengan limit kredit 750ribu rupiah setiap bulan.

Dengan limit kredit sebanyak ini, Anda bisa melakukan bermacam pembelian sesuai kebutuhan, tapi ingat ya sesuai dengan kebutuhan.

Kami menyarankan untuk tidak menuruti hasrat untuk mengkonsumsi secara berlebihan dengan dalih mengikuti tren.

Ingat bahwa ini uang pinjaman, bukan pemberian cuma – cuma!

Ada beberapa pilihan waktu cicilan saat Anda menggunakan Shopee Paylater, yaitu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.

Sesuaikan dengan kemampuan Anda saat menentukan waktu cicilan, tetapi juga jangan terlalu lama karena dikhawatirkan Anda akan lupa untuk melakukan pembayaran.

Lupa adalah hal yang seringkali membawa masalah, apalagi ini berhubungan dengan cicilan pinjaman.

Tentu kita pernah mendengar ada seorang mahasiswi yang lupa membayar cicilan selama beberapa bulan dan mendapatkan tagihan yang membengkak dari harga barang yang dia beli.

Oleh karena itu harus rutin memantau Shopee Paylater setiap bulan, untuk melihat apakah ada tagihan yang terlewat atau tidak.

Biasanya tagihan akan muncul pada awal bulan melalui pesan pada aplikasi Shopee dan juga Whatsapp.

Pihak Shopee akan mulai menagih pada awal bulan hingga tanggal 11 untuk jumlah cicilan bulanan yang harus Anda bayar.

Mendaftar Shopee Paylater
Telat Bayar Shopee Paylater

Tagihan pada Shopee Paylater

Dalam pengalaman penulis dan beberapa kawan yang menggunakan Shopee Paylater, penagihan tahap pertama biasanya dilakukan melalui whatsapp atau telepon.

Jika Anda mengalami keterlambatan beberapa hari, kemudian pihak Shopee Paylater akan menghubungi kontak darurat yang Anda tulis saat pengajuan pendaftaran.

Dengan asumsi bahwa Anda lupa untuk melakukan pembayaran, maka kontak darurat ini yang akan diminta untuk mengingatkan Anda.

Ini juga untuk mencegah Anda menghindari tagihan dengan cara menutup aplikasi atau membuang nomor Whatsapp.

Karena sebagai gantinya, kontak darurat inilah yang akan dikejar oleh Pihak Shopee Paylater agar Anda melunasi pembayaran.

Tahapan awal ini disebut juga dengan Desk Collection, yaitu proses penagihan yang dilakukan oleh operator perusahaan melalui meja kerja.

Tahapan kedua adalah field collection, yaitu penagihan dilakukan secara langsung dengan mengirim debt collector.

Anda juga harus ingat bahwa foto KTP yang diberikan ke Shopee akan menjadi pedoman untuk menerjunkan debt collector ke alamat domisili Anda.

Sebagaimana yang tertulis pada situs resmi Shopee Paylater, jika penagihan melalui Whatsapp, telepon, dan kontak darurat tidak membuat Anda melunasi cicilan maka langkah selanjutnya adalah mengirim debt collector.

Tahapan tersebut merupakan kode etik yang diberlakukan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) terhadap sektor jasa layanan keuangan.

Karena keterlambatan pembayaran cicilan dalam waktu yang lama juga akan merugikan perusahaan, namun OJK juga tetap ingin menjaga keamanan konsumen.

Maka tagihan secara bertahap dilakukan dan debt collector adalah solusi terakhir apabila situasi pembayaran sudah sangat parah.

Dalam pelaksanaan dua cara penagihan yaitu Desk dan Field Collection, tahapan penagihan terbagi menjadi tiga bagian yaitu Front End, Mid Range, dan Back End Collection.

Front End merupakan penagihan yang dilakukan untuk mengingatkan pelanggan mengenai kewajiban mereka untuk melunasi cicilan.

Sedangkan Mid Range dan Back End merupakan penagihan yang fokus pada perlindungan aset pemberi pinjaman.

Ini biasanya dilakukan dengan sedikit paksaan karena tagihan yang tak kunjung dibayar atau seorang peminjam harus memberikan barang senilai dengan jumlah pinjaman + bunga cicilan.

Tahapan Penagihan

Sebagaimana sedikit sudah disinggung diatas, ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam melakukan penagihan.

Pertama, perusahaan akan mengirim pengingat melalui pesan whatsapp sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran.

Biasanya tanggal jatuh tempo adalah tanggal 11, maka sejak awal bulan perusahaan akan mengirimkan pengingat untuk melakukan pembayaran.

Pengingat biasanya akan dikirim setiap 2 hari sekali dan berakhir hingga tanggal 11.

Pesan pengingat juga akan menyebutkan nominal yang harus Anda bayar pada bulan ini, yang bisa dilakukan melalui pengisian Shopee Pay , transfer rekening, atau transfer lewat minimarket.

Kedua, jika Anda belum juga membayar melewati tanggal 11, maka akan diberlakukan denda harian sebesar 5% dari jumlah tagihan.

Tahapan Penagihan
Telat Bayar Shopee Paylater

Denda akan berjalan setiap hari dan terakumulasi hingga Anda melakukan pembayaran.

Pada tahap ini Anda masih berada dalam penanganan Desk Collection meliputi penagihan lewat Whatsapp dan menghubungi kontak darurat.

Anda juga akan mendapatkan warning letter atau surat peringatan yang memuat informasi tentang jumlah hari keterlambatan, nominal cicilan terutang, bunga yang terutang, dan denda yang terutang.

Warning letter biasanya diberikan setelah satu minggu keterlambatan.

Ketiga, penagihan lewat telepon. Jika warning letter masih tidak direspon oleh nasabah dengan pembayaran maka intensitas penagihan akan ditingkatkan melalui telepon.

Intensitas menelepon akan lebih ditingkatkan kepada peminjam yang berpotensi kabur dan gagal bayar.

Pada tahap ini intensitas melingkupi periode waktu menelepon dan nada bicara yang menekan nasabah untuk segera membayar.

Lebih baik jika intensitas telepon sudah mulai meninggi, maka sebaiknya nasabah berusaha untuk melunasi tunggakan atau debt collector akan segera mencari keberadaan Anda.

Perusahaan akan dengan baik mendokumentasikan proses penagihan ini agar tidak disalahkan jika mengambil beberapa tindakan yang lebih intens untuk penagihan.

Keempat, kunjungan debt collector. Peringatan dan telepon yang tidak direspon menjadi penyebab hadirnya debt collector ke rumah Anda.

Menurunkan debt collector adalah upaya terakhir dari perusahaan untuk bisa menuntut peminjam memenuhi kewajiban bayar mereka.

Baca juga: Daftar Franchise Indomaret, Syarat, Keuntungan dan Langkah

Biasanya debt collector akan diturunkan setelah 30 hari masa tunggakan, artinya peminjam sudah menanggung banyak bunga dan denda yang tentu sebenarnya membebani peminjam sendiri.

Lalu bagaimana cara debt collector menemukan Anda?

KTP yang Anda berikan saat pendaftaran adalah cara perusahaan menemukan Anda, melakukan tagihan terhadap cicilan,bunga, dan denda yang sudah keterlaluan.

OJK juga memperbolehkan perusahaan bekerjasama dengan pihak ke-3 seperti agen jasa debt collector untuk melakukan penagihan.

Telat Bayar Shopee Paylater
Telat Bayar Shopee Paylater

Debt collector juga tidak segan untuk menghubungi nomor kontak darurat Anda, ini artinya Anda sudah pada tahap menyusahkan orang lain juga.

Tentu dengan sejumlah ketentuan dan kode etik penagihan yang telah ditentukan oleh OJK, untuk menghindari kejadian main hakim sendiri atau penagihan yang terlalu brutal.

Baca juga, Cara Kredit Shopee

Kami menyarankan Anda tidak melarikan diri dari rumah atau domisili Anda karena itu malah akan merugikan keluarga Anda yang berada di rumah.

Sebaiknya dirundingkan dengan baik kepada debt collector, minta tenggat waktu agar Anda bisa mencari uang untuk melunasi tagihan.

Pelaporan ke OJK, BI Checking, Telat Bayar Shopee Paylater

Jika Anda sudah berada pada titik penagihan dari debt collector, Anda harus waspada karena perusahaan saat itu juga melakukan pelaporan pada OJK yang sering disebut dengan istilah BI Checking.

Perusahaan akan melaporkan bahwa Anda mempunyai catatan buruk pada proses kredit dan ini akan menghambat Anda jika kelak ingin mengajukan kredit pada bank atau jasa keuangan lain.

Penutup Telat Bayar Shopee Paylater

Shopee Paylater merupakan layanan pinjaman yang memiliki kemiripan cara kerja dengan kartu kredit atau layanan peminjaman lain dari bank.

Dalam bekerja juga mengikuti aturan dan kode etik dari OJK, begitu pula dengan tahapan penagihan kredit macet.

Kami menyarankan untuk tidak bermain-main dengan segala macam bentuk layanan pinjaman, atau Anda hanya akan berada pada siklus lingkaran setan gali lobang tutup lobang seperti korban pinjaman online illegal.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar