Temukan Supplier Untuk Bisnis Dropshipper Dengan Cara Ini!

Penting untuk menemukan produsen atau supplier untuk bisnis dropshipper agar perputaran bisnis Anda lebih lancar.

Ini akan menjadi tugas yang menantang karena Anda harus menyaring daftar opsi platform yang menawarkan jasa supplier dengan layanan paling baik.

Anda harus selektif untuk menentukan mana yang kredibel dan mana yang tidak. Bagaimana Anda menentukan supplier yang kredibel?

Artikel ini akan memberi Anda informasi dan tips yang Anda butuhkan untuk memilih produsen atau supplier yang tepat untuk bisnis online Anda.

Anda juga akan mendapatkan contoh beberapa supplier yang paling banyak menjadi favorit para bisnis dropshipper.

Apakah Anda sudah siap untuk membaca ulasan lengkap bagaimana menemukan supplier untuk bisnis dropshipper, mari kita mulai!

Pentingnya Menemukan Supplier Dropshipping yang Tepat

Banyak masalah dapat muncul antara produsen dan supplier. Inilah mengapa menjadi penting untuk menemukan sumber yang tepat bagi bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa alasan spesifik mengapa penting untuk menemukan supplier untuk bisnis dropshipper agar berjalan dengan lancar.

1. Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Lebih mudah untuk melakukan penjualan pada pelanggan yang melakukan repeat order atau pembelian kembali daripada mendapatkan pelanggan baru.

Oleh karena itu, Anda harus selalu membuat pelanggan Anda senang. Jika produk Anda memenuhi harapan mereka, mereka akan puas dan setia pada merek Anda.

Jadi, untuk mewujudkan kebahagiaan dan loyalitas pelanggan, Anda perlu untuk menggunakan produsen dan supplier paling baik bagi bisnis dropshipping Anda.

Dengan cara ini, kualitas produk Anda akan konsisten, dan pelanggan Anda tidak akan memiliki masalah dengan produk Anda.

2. Biaya dan Waktu Pengiriman

Biaya pengiriman secara langsung mempengaruhi keuntungan Anda, dan itulah sebabnya Anda harus membuatnya serendah mungkin secara realistis.

Pada saat yang sama, Anda ingin pesanan Anda dikirim ke pelanggan Anda dengan sangat cepat.

Ini adalah salah satu alasan Anda harus mendapatkan supplier dropshipping yang sangat baik yang dapat mengirimkan pesanan Anda dengan cepat dan dengan biaya rendah.

3. Reputasi Merek

Reputasi merek Anda adalah sesuatu yang harus Anda jaga dengan iri. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membangun merek dengan raihan kepercayaan yang tinggi.

Tetapi itu akan dapat dengan mudah hancur hanya dengan beberapa kesalahan.

Maka untuk menjaga reputasi merek tetap baik bagi pelanggan, Anda harus memperhatikan kualitas produk, waktu pengiriman, dan layanan pelanggan. Juga beberapa faktor lain yang memengaruhi persepsi pelanggan terhadap merek Anda.

Supplier yang sangat baik dapat dengan mudah membantu Anda mempertahankan standar ini. Sebaliknya, supplier yang menyebalkan dapat merusak reputasi merek Anda dengan mudah dan cepat membuat Anda gulung tikar.

Lalu adakah rekomendasi supplier yang mempunyai kinerja baik? Tentu ada. Anda bisa melihatnya pada akhir artikel ini.

4. Kemudahan Operasional dan Komunikasi

Salah satu alasan banyak orang memulai bisnis dropshipping adalah karena minimnya stres yang menyertainya.

Salah satunya adalah karena Anda tidak perlu memproduksi atau menyimpan produk sendiri.

Namun, memilih supplier yang salah dapat menyebabkan Anda lebih banyak bekerja dan stres daripada yang Anda bayangkan.

Menemukan supplier dropshipping yang tepat adalah satu-satunya cara Anda dapat merasakan kemudahan dalam operasional bisnis Anda.

Faktor Apa Saja Yang Mempengaruhi Baik – Buruknya Supplier Dropshipping?

Memiliki supplier untuk bisnis dropshipper dengan pelayanan baik dan cepat adalah kunci bagi keberlangsungan bisnis Anda.

Untuk mencari produsen yang tepat, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan kriteria yang akan Anda gunakan untuk memilihnya.

Beberapa faktor yang dapat Anda sertakan dalam kriteria pemilihan supplier untuk bisnis dropshipper meliputi:

1. Organisasi dan Efisiensi

Beberapa supplier dropshipping telah menerapkan sistem dengan organisasi rapi antara staf mereka.

Pengorganisasian yang bagus secara otomatis akan meningkatan efisiensi. Jenis produsen dan supplier seperti ini adalah kategori yang harus Anda gunakan.

Anda tentu harus menghindari supplier yang tidak terorganisir karena mereka cenderung mencampuradukkan pesanan Anda dengan orang lain.

Ini akan berujung pada kesalahan mengirim barang atau malah salah alamat tujuan. Menggunakan jenis produsen atau supplier seperti ini dapat merusak reputasi Anda.

Ingin tahu bagaimana menentukan apakah produsen atau supplier mempunyai koordinasi yang bagus dan efisien sebelum berlangganan dengan mereka?

Anda dapat menempatkan beberapa langkah untuk mengukur kinerja dan memahami bagaimana mereka beroperasi.

Meskipun mungkin tidak memberikan gambaran yang lengkap, Anda akan belajar sesuatu yang berguna.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi alat ukur kinerja sebuah supplier:

  • Bagaimana mengelola proses pemesanan dari awal sampai akhir
  • Kecepatan pengiriman
  • Seberapa cepat mereka mengirmkan faktur dan informasi pelacakan barang
  • Seberapa baik mereka mengemas produk untuk pengiriman?

2. Lokasi dan Pengiriman Cepat

Semakin dekat supplier Anda dengan pelanggan Anda maka akan semakin baik. Kedekatan dengan pelanggan Anda akan mengurangi waktu pengiriman barang.

Barang dari produsen dan supplier yang berlokasi pada satu tempat yang sama dapat dengan mudah mencapai sebagian besar daerah seluruh Indonesia dalam waktu kurang dari empat hari kerja.

Jika supplier Anda berasal dari luar negeri, mungkin perlu waktu hingga satu minggu untuk mengirimkan pesanan ke dalam negeri. Juga, ini berarti biaya pengiriman yang lebih tinggi. 

3. Staf Ahli dan Dukungan

Produsen dan supplier dropshipping yang sangat baik sering kali memiliki customer service yang memiliki pengetahuan luas tentang industri ini.

Customer service atau layanan pelanggan akan bertanggung jawab untuk menangani permintaan Anda dan masalah apa pun yang mungkin Anda miliki.

Ini berarti Anda akan memiliki orang yang selalu siaga jika Anda memiliki pertanyaan, masalah, atau memerlukan klarifikasi.

Layanan pelanggan adalah penting bagi perusahaan supplier untuk menangani pesanan dan complain dari dropshipper mereka.

Jika ada perusahaan supplier tidak mempunyai layanan pelanggan, lebih baik tinggalkan saja. Karena Anda tidak punya saluran untuk complain atau sekedar bertanya proses pengiriman.

4. Melek Teknologi

Beberapa produsen dan supplier memiliki situs web usang yang tidak berfungsi dan itu kadangkala menyebalkan.

Meskipun hal ini mungkin tidak secara langsung memengaruhi kualitas produk atau bisnis Anda, hal ini dapat secara signifikan memengaruhi rantai pasokan dan kemudahan berbisnis Anda.

Menggunakan supplier yang memahami keunggulan teknologi paling baru dan memanfaatkannya secara optimal dapat membuat berbisnis dengan mereka menjadi lancar.

Dengan fitur-fitur seperti katalog online yang rinci, inventaris yang memperbarui secara real-time, riwayat pesanan yang dapat Anda cari.

Kemudian juga ada fitur data yang dapat disesuaikan, maka aktifitas memesan barang akan seperti berjalan-jalan mengelilingi taman.

Fitur lain yang mungkin Anda cari adalah kemampuan untuk menerima pesanan melalui email.

Ini mungkin tampak sedikit sepele, tetapi membuat pesanan melalui email akan jauh lebih mudah.

Daripada harus membuat panggilan telepon untuk setiap pesanan individu atau memesan secara manual pada situs web mereka.

5. Produk Berkualitas

Tidak ada yang ingin membangun reputasi untuk menjual produk yang tidak memenuhi standar yang diiklankan atau dijanjikan

 Inilah sebabnya mengapa Anda menginginkan supplier untuk bisnis dropshipper yang tepat agar bisa mendapatkan produk berkualitas.

Bisnis dropshipping Anda hanya bisa berhasil jika Anda menjual produk yang berkualitas. Saat Anda membuat rekam jejak penjualan produk berkualitas, Anda kemungkinan akan melihat peningkatan dalam konversi dan metrik lainnya.

Anda juga lebih mungkin mendapatkan banyak pembeli kembali karena pelanggan biasanya dengan senang hati membayar untuk produk yang berkualitas.

Cara Menemukan Supplier Untuk Bisnis Dropshipper yang Tepat

Mudah-mudahan, Anda sekarang tahu pentingnya supplier dropshipping yang baik, dan apa yang harus Anda pertimbangkan ketika mencarinya.

Lalu bagaimana untuk memverifikasi apakah sebuah supplier untuk bisnis dropshipper bisa menjadi mitra yang baik dalam berjualan?

Berikut beberapa langkah yang harus Anda lakukan:

1. Penelitian

Saat menemukan supplier yang tepat, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah riset.

Setelah memutuskan tentang produk yang ingin Anda jual, Anda perlu mencari seseorang untuk menyediakan produk tersebut. Pertanyaannya adalah, bagaimana Anda menemukan mereka?

Melakukan Pencarian Pada Google

Mulai pencarian Anda dengan Google. Anda mungkin harus sedikit teliti dengan cara ini.

Khususnya karena Anda mungkin tidak mendapatkan apa yang Anda cari pada halaman pertama atau kedua.

Jadi bersiaplah untuk memeriksa banyak halaman hasil untuk menemukan produsen atau supplier yang baik.

Anda juga harus memperhatikan kata kunci yang relevan dalam permintaan pencarian Anda. Anda ingin menggunakan kata kunci seperti “grosir”, “produsen”, “supplier” sebagai kata lain yang terkait dengan produk Anda.

Gunakan Direktori

Anda juga dapat meneliti produsen dan supplier dengan menggunakan direktori dropshipping. Direktori ini akan mencakup orang-orang yang dapat memasok produk pilihan Anda.

Sebelum Anda menghubungi mereka, Anda dapat memeriksa situs web mereka, membaca beberapa ulasan, memeriksa peringkat mereka, dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang mereka.

Beberapa direktori online yang dapat Anda gunakan antara lain sebagai berikut:

  • Camou
  • Mitrabakul
  • Dropshipaja.com
  • Bukalapak

Anda bisa mendapatkan beberapa produsen dan supplier terbaik untuk bisnis Anda dari referensi orang-orang dalam jaringan profesional Anda atau forum yang relevan milik Anda.

Jika orang-orang dalam jaringan langsung Anda tidak memiliki petunjuk langsung, mereka mungkin mengenal seseorang dalam jaringan mereka yang memilikinya.

Pastikan bahwa siapa pun yang Anda ikuti telah menunjukkan kredibilitas pada bidang itu. Bahkan jika Anda pada akhirnya tidak menggunakan rekomendasi mereka, Anda selalu bisa membuat mereka mengarahkan Anda ke arah yang benar.

2. Hubungi Produsen

Anda juga dapat menghubungi produsen secara langsung dan meminta dropship dari mereka.

Atau, minta mereka untuk menghubungkan Anda dengan dealer atau distributor resmi mereka yang dapat Anda ajak bekerjasama.

Anda dapat mendiskusikan spesifikasi dan persyaratan bisnis Anda dengan mereka, termasuk yang berikut:

  • Apakah mereka, dealer mereka, atau distributor terbuka untuk dropshipping
  • Dimana mereka berada?
  • Berapa banyak barang yang akan Anda beli?
  • Waktu pengiriman potensial
  • Biaya pengiriman ke lokasi Anda

Pada akhirnya, Anda akan ingin memastikan bahwa produsen atau supplier yang Anda gunakan dapat memenuhi standar yang telah Anda tetapkan untuk bisnis Anda.

3. Hadiri Acara Terkait

Menghadiri acara mungkin dianggap sebagai tugas dan stress. Yang tentu akan menghabiskan uang Anda.

Tetapi itu bisa menjadi cara yang fantastis untuk menemukan sumber dropshipping. Menghadiri pameran dagang atau pameran UMKM adalah awal yang baik.

Dengan menghadiri acara ini, Anda dapat bertemu langsung dengan produsen dan supplier dalam niche spesifik Anda dan mendapatkan kesempatan untuk melihat produk mereka secara fisik.

4. Pesan dari Kompetitor Anda

Cara lain untuk menemukan produsen dan supplier dropshipping adalah dengan memesan dari pesaing Anda.

Untuk melakukan ini, kenali bisnis yang menurut Anda dropshipping dan lakukan pemesanan kecil dengan mereka.

Setelah menerima paket Anda, Anda dapat Google alamat pengembalian pada paket. Dengan cara ini, Anda bia mendapatkan alamat supplier. Setelah itu, hubungi mereka.

Salah satu keuntungan yang Anda dapatkan dari memesan dari kompetisi adalah Anda dapat menilai dan menilai proses pemesanan dan pengiriman berdasarkan pengalaman Anda.

Sedikit curang ya, namun begitulah dunia bisnis. Ada beberapa trik yang tampak menyebalkan tapi asal tidak membunuh kompetitor maka bisa saja Anda lakukan.

5. Negosiasikan Persyaratan

Setelah Anda memiliki daftar supplier yang memenuhi kebutuhan Anda, hal berikutnya yang Anda perlukan adalah penawaran.

Anda ingin menghubungi mereka untuk mengajukan pertanyaan dan menegosiasikan persyaratan berbisnis dengan mereka.

Pada titik ini, pertanyaan yang Anda ajukan harus fokus pada bidang-bidang berikut:

Pasar mereka

Anda ingin tahu apakah produsen atau supplier menjual langsung ke masyarakat umum. Jika iya, kemungkinan besar mereka bukan supplier dropshipping, hanya pengecer yang menyamar sebagai supplier.

Jika Anda menggunakan pengecer yang berada lebih jauh di sepanjang rantai pasokan sebagai sumber dropshipping Anda.

Anda akan mengalami pembengkakan biaya dari segi harga beli, yang secara langsung mempengaruhi keuntungan Anda.

Sampaikan saja secara langsung bahwa Anda ingin mendapatkan produk Anda langsung dari produsen atau supplier grosir untuk mendapatkan kesepakatan yang lebih baik.

Kebijakan pengembalian

Seiring waktu, Anda mungkin meminta beberapa pelanggan mengembalikan produk yang mereka beli dari Anda karena satu dan lain alasan.

Itu bisa terjadi setiap saat, dan inilah mengapa Anda perlu mencari tahu tentang kebijakan dan proses pengembalian supplier Anda.

Anda ingin menggunakan supplier dengan kebijakan pengembalian yang sudah ada dan ramah pelanggan.

Anda juga harus mencari tahu tentang garansi pada produk mereka. Ini memudahkan Anda untuk meminta pertanggungjawaban mereka jika ada kesalahan pada produk mereka.

Lokasi Gudang

Kami telah membahas pentingnya memiliki produsen atau supplier dropshipping yang berlokasi dekat dengan Anda.

Jika mereka tidak berlokasi dekat dengan Anda, maka penting untuk tahu apakah mereka memiliki gudang yang berlokasi dalam satu tempat saja atau ada pada beberapa daerah lain.

Adanya beberapa gudang pada daerah strategis akan membuat pengiriman ke pelanggan Anda bisa cepat dan hemat biaya.

Biaya tambahan

Sebelum berbisnis dengan produsen atau supplier dropshipping, Anda harus mencari tahu apakah ada biaya lain yang harus Anda tanggung selain dari produk dan biaya pengiriman.

Beberapa produsen dropshipping sering mengenakan biaya tambahan untuk pengemasan dan pengiriman khusus pada setiap pesanan.

Juga, perjelas seperti apa struktur pembayarannya. Idealnya, Anda ingin menghindari mereka yang mengenakan biaya berlangganan bulanan.

Yang ingin Anda lakukan adalah memastikan bahwa tidak ada biaya tersembunyi atau kejutan yang dapat memengaruhi keuntungan Anda.

Persyaratan Pesanan Minimum

Sebagai pemula, Anda mungkin ingin menghindari persyaratan pesanan minimum. Jadi, Anda harus secara khusus mencari produsen dan supplier yang tidak memiliki persyaratan pesanan minimum.

Jika bisnis Anda sudah berjalan lancar dan Anda menghasilkan cukup banyak keuntungan, Anda mungkin tidak terlalu peduli tentang hal ini.

Selama negosiasi, dapatkan jawaban atas pertanyaan sebanyak mungkin sehingga Anda tidak mengalami gangguan di sepanjang jalan.

Akan lebih bijaksana untuk melakukan pengujian pesanan sebelum melakukan skala penuh dengan supplier.

Jika Anda harus menandatangani perjanjian formal dengan supplier, pastikan persyaratan Anda transparan dan mereka benar-benar memahaminya.

Rekomendasi Supplier Untuk Bisnis Dropshipper

Seperti janji kami, ini adalah bagian tentang rekomendasi beberapa supplier untuk bisnis dropshipper Anda.

Sebelum Anda menentukan salah satu supplier untuk jadi Andalan dalam mengambil produk, lakukan pengujian seperti yang sudah kami sarankan diatas ya. Demi kenyamanan dan keamanan bisnis Anda.

Daftar rekomendasi ini bukanlah endorse dari para supplier, kami menulis berdasarkan ulasan dari beberapa laman website lain mengenai supplier favorit dropshipper.

Oke, mari kita simak satu persatu.

1. Bukalapak

Mitra Bukalapak, adalah program dari Bukalapak untuk para toko kelontong atau dropshipper untuk bisa mengambil barang langsung dari Bukalapak. Bukan dari penjual yang ada pada platform Bukalapak.

Dengan ini Anda berhubungan langsung dengan Bukalapak untuk proses pemesanan dan pengiriman. Lalu bagaimana ulasan lengkap mengenai program kemitraan ini?

Anda bisa baca pada artikel ini: 15 Cara Daftar Mitra Bukalapak: Syarat dan Keuntungan

2. dropshipaja.com

Ini adalah platform milik Rico Huang, salah satu crazy rich yang jatuh bangun membuat beberapa bisnis. Bukan dari binary option ya, hehe.

Temukan Supplier Untuk Bisnis Dropshipper Dengan Cara Ini! 9

Anda bisa melihat beberapa produk yang platform ini tawarkan seperti parfum tubuh, parfum ruangan, atau pewangi mobil.

Parfum adalah produk yang bisa menyasar pria maupun wanita, sehingga market Anda akan lebih luas.

Untuk lebih lengkapnya bisa Anda cek langsung ke laman website-nya ya.

3. mitrabakul

Anda bisa menghubungi mitrabakul melalui Instagram dengan akun @mitrabakul.

Supplier yang berkantor di Jakarta Utara ini menyediakan aneka barang yang mereka impor dari China, biasanya harganya murah lho gaes.

Beberapa barangnya adalah aksesoris ponsel lucu, beragam peralatan kecil rumahan dan juga ada pakaian pria juga wanita.

Dengan mitrabakul, kamu gak perlu repot untuk melakukan impor barang dari China. Karena mengimpor barang dalam jumlah sedikit juga malah akan menghabiskan biaya impor.

4. Winmarket.id

Anda bisa langsung melacak produk apa saja yang mereka jual dengan mengunjungi website winmarket.id.

Untuk bisa menjangkau dropshipper dengan mudah, winmarket mempunyai kantor di tiga kota strategis.

Yaitu Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya. Sangat strategis untuk menjangkau pembeli dari pulau Jawa dan sekitarnya seperti Sumatra, Bali dan Kalimantan.

5. Dusdusan.com

Supplier satu ini khusus menjual produk rumah tangga yang pasti menyenangkan bagi ibu-ibu yang suka kalau rumahnya rapi dan cantik.

Temukan Supplier Untuk Bisnis Dropshipper Dengan Cara Ini! 10

Juga untuk para pasangan muda yang sedang mencari isi rumah, cocok untuk menjadi target market bagi produk dari Dusdusan.com.

Anda bisa mengunjungi laman website untuk melihat beberapa produknya, atau juga melalui Instagram dengan nama akun @dusdusan.katalog.

6. Riseloka.com

Jika Anda sedang mencari supplier fashion dengan tema sporty, riseloka.com tempatnya.

Temukan Supplier Untuk Bisnis Dropshipper Dengan Cara Ini! 11

Menyediakan aneka jaket, blazer, dan mantel musim dingin untuk para dropshipper dari seluruh Indonesia.

Riseloka juga menyediakan kelas training bagi Anda yang ingin belajar menjadi dropshipper, juga kiat-kiat mengelola toko pada Ecommerce digital.

Menarik kan? Segera buka laman webnya dan temukan solusi bisnis dengan modal cekak.

Kesimpulan

Ada banyak pilihan supplier untuk bisnis dropshipper yang sedang Anda bangun.

Selain 6 contoh tadi, mungkin ada beberapa supplier lain yang belum kami cantumkan dan silahkan tulis pada kolom komentar ya.

Agar Anda bisa berbagi informasi pada para pembaca folderbisnis lain dan bisa meraih sukses bersama-sama.

Salam sukses dari kami dan tetap semangat.

Tinggalkan komentar