UMKM Makin Cuan Dengan Strategi Public Relation, Ini Alasan dan Rahasianya

Banyak orang sepakat bahwa inovasi merupakan kunci utama bagaimana sebuah bisnis bisa bertahan dan tetap dipilih oleh konsumen. Hal ini membuat para pemilik usaha selalu fokus membenahi kualitas produknya.

Padahal ada satu elemen lagi dalam sebuah bisnis yang tidak kalah penting yakni pihak PR (Public Relation). Penting bagi pebisnis untuk mempelajari strategi Public Relation jika memang ingin membuat bisnisnya berkembang terus.

Memang, kenapa sih harus Public Relation?

Sesuai dengan namanya, PR adalah pihak yang bertanggung jawab dalam melangsungkan komunikasi timbal balik (two ways traffic communications) antara lembaga (perusahaan) dengan publik itu sendiri.

Di mana nantinya lewat komunikasi dua arah yang dibangun oleh PR, perusahaan bisa memperoleh tujuan tertentu yang pastinya berkaitan dengan kelangsungan bisnis yang dijalankan.

Tak peduli seperti apa skala bisnis yang tengah Anda geluti, memahami cara kerja PR tentu menjadi sebuah keharusan.

Bahkan sekalipun Anda baru saja merintis UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), kinerja PR bisa diterapkan dalam mengembangkan sebuah usaha.

Bakal seperti apa? Tentu Anda harus tahu ulasan strategi Public Relation berikut ini yang nantinya akan membuat bisnis UMKM makin cuan maksimal.

Baca juga: Apa Perbedaan UKM dengan UMKM, Berikut Penjelasannya

Alasan Kenapa Bisnis UMKM Butuh PR

Alasan Umkm Butuh Pr
via Tech in Asia

Pada tahun 1981 silam, IPRA (International Public Relations Association) merumuskan beberapa fungsi PR yang akhirnya menjadi salah satu bagian penting dalam perusahaan.

Bahkan tak berlebihan jika disebutkan pihak produksi hingga pemasaran harus menggunakan analisa data yang dimiliki PR untuk kelangsungan bisnis.

Kenapa begitu?

Karena PR memegang fungsi penting dalam hal pemberian konseling atas produk barang atau layanan jasa, sesuai dengan pemahaman mereka atas perilaku calon konsumen.

Karena mereka memperhatikan betul pangsa pasar usaha, PR mampu membuat sebuah analisa tren hingga berbagai prediksi bisnis di masa depan. Sebagai penghubung komunikasi dua arah, PR haruslah bisa membangun ruang diskusi sehat dengan pasar untuk memberikan opini terhadap produk.

Dengan berbagai hal tersebut, maka bisa dijamin kalau komunikasi dua arah yang dibangun perusahaan atau produsen dengan pasar akan terjalin lebih positif.

Hal ini akan mempengaruhi kredibilitas usaha dan meningkatkan semangat para pemangku kepentingan (stakeholder) untuk menciptakan produk yang berkualitas, makin efektif dan efisien.

Tapi kan, itu semua hanya untuk perusahaan. Memangnya ada alasan UMKM butuh PR?

Sudah pasti ada!

Berikut penjalasannya yang bisa jadi pertimbangan penting bagi Anda para pelaku bisnis UMKM:

1. Efektif Riset Pasar

Alasan pertama kenapa pebisnis UMKM harus punya Public Relation adalah sebagai periset pasar. Ya, kelompok profesional ini akan melakukan penelitian mengenai keberadaan brand dari bisnis yang Anda kelola di pasaran apakah positif atau negatif.

Dengan begitu pihak produksi, pemasaran sampai seluruh bagian yang bertanggung jawab dalam bisnis dapat melakukan koreksi, hingga terus meningkatkan kualitas produksi.

2. Memaksimalkan Tujuan

Dari penjelasan soal PR sebelumnya, bisa dibilang kalau kelompok ini termasuk salah satu ‘ujung tombak’ perusahaan yang sudah pasti harus dimiliki juga oleh pebisnis UMKM.

Karena bagaimanapun juga, PR bertanggung jawab membangun komunikasi produsen dan konsumen yang jika berhasil akan mampu menciptakan citra positif ke bisnis, sehingga tujuan usaha jadi lebih mudah didapat.

3. Tingkatkan Kesadaran Merek

UMKM jelas dibangun tidak seperti perusahaan-perusahaan bermodal besar. Supaya kesadaran merek (brand awareness) di masyarakat meningkat, PR adalah kuncinya. Karena PR yang baik akan bisa menjalin komunikasi positif tak hanya ke masyarakat tapi juga media.

Dengan begitu merek produk yang Anda tawarkan lama-lama bakal dikenal secara baik dan akhirnya berimbas memuaskan ke omzet penjualan dan laba bisnis.

4. Bisnis UMKM-Pasar Saling Paham

Terlepas dari seberapa besar atau kecil unit usaha yang Anda geluti, memiliki konsumen yang loyal atau setia adalah keharusan.

Terutama bagi pelaku bisnis UMKM yang mungkin masih baru mengenalkan sebuah produk, persaingan dalam memperoleh konsumen-konsumen setia adalah salah satu fokus yang meski dijalankan. Jangan sampai para pembeli produk hanya sekali saja melakukan transaksi, tapi kalau bisa berulang kali dan menganggap produk Anda pilihan terbaik.

Baca juga: Software Akuntansi Pilihan UKM

Untuk bisa mewujudkan keinginan itu, PR adalah kuncinya. Karena bisnis UMKM berskala kecil, Anda mungkin bisa memilih satu orang untuk bertanggung jawab membangun terciptanya rasa saling pengertian dan memahami antara pasar dan bisnis itu sendiri.

Dengan begitu kedua belah pihak akan memperoleh untung yang sama yakni omzet (bagi pebisnis UMKM) dan terpenuhinya kebutuhan (bagi konsumen).

5. Beri Manfaat ke Produksi

Alasan terakhir kenapa para pelaku UMKM harus mulai mempertimbangkan keberadaan PR adalah mereka bisa memberikan manfaat lebih ke proses produksi.

Hal ini terjadi berkat fungsi dari PR itu sendiri yakni membangun komunikasi produsen dan pasar. Sehingga lewat komunikasi ini, pemilik bisnis jadi tahu apa saja produk yang tengah tren di pasaran. Bahkan bagian pemasaran juga paham seperti apa strategi marketing yang tepat dan digemari.

Strategi Public Relation yang Wajib Dicoba Pebisnis UMKM

Strategi Pr Bagi Pebisnis Umkm
via APAC Insider

Melihat sejumlah alasan di atas, tak berlebihan jika disebut keberadaan PR dalam sebuah bisnis UMKM sangat penting.

Bahkan banyak perusahaan-perusahaan rintisan (startup) yang langsung menerapkan sejumlah strategi Public Relation yang tepat, supaya dapat meraih kesuksesan singkat. Namun tetap saja bagi pelaku bisnis UMKM, keberadaan PR biasanya membuat modal bisnis jadi membesar.

Pertanyannya, apakah bisa menerapkan sejumlah strategi Public Relation secara mandiri tanpa perlu mengeluarkan jasa PR agar bisnis UMKM makin dikenal? Tentu saja bisa! Penasaran? Berikut ulasan yang bisa coba Anda terapkan:

1. Kenali Pasar

Karena Anda tak punya PR khusus, tentu sebagai pelaku bisnis UMKM mau tak mau harus belajar mengenali pasar terlebih dulu.

Anda harus tahu seperti apa produk yang diinginkan oleh konsumen, hingga pendapat mereka terhadap produk yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Jika sudah mengenali pangsa pasar, Anda tahu apakah produk bisa diterima hingga strategi pemasaran yang tepat.

2. Terorganisir dan Punya Tujuan

Strategi Public Relation berikutnya yang bisa coba diterapkan oleh pebisnis UMKM adalah wajib terorganisir dan punya tujuan. Karena bagaimanapun juga, komunikasi dua arah bisa terwujud jika Anda benar-benar mampu mengatur tugas secara terencana dan berkelanjutan.

Mulai dari jadwal produksi, unggahan konten di media sosial bahkan bertemu calon investor. Agar semua hal bisa terorganisir dengan tepat, Anda harus punya tujuan yang ingin diraih.

3. Berpikir Ala Jurnalis dan Pasar

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, PR bertanggung jawab juga menjalin komunikasi dengan media. Namun karena bisnis UMKM kadang tak punya PR, maka Anda sebagai pemilik harus bisa berpikir ala jurnalis dan pasar sekaligus.

Maksudnya adalah ciptakan konten yang benar-benar informatif dan aktual, serta menerapkan konsep promosi yang tidak ribet selayaknya Anda adalah calon konsumen.

4. Pahami Internet

Dengan gaya hidup serba online, strategi Public Relation berikutnya berkaitan dengan internet. Yap, cobalah memaksimalkan media sosial sebagai sarana promosi dengan konten-konten menarik.

Jika perlu jalin kerjasama pula dengan sejumlah platform transportasi online hingga e-commerce supaya produk yang Anda tawarkan makin dikenal. Tentu jika pemilik bisnis tak paham internet, seluruh hal di atas akan sulit diwujudkan.

Baca juga: 5 Jenis UKM Pedesaan

5. Rajin Riset

Nah, inilah strategi Public Relation terakhir yang bisa dilakukan pebisnis UMKM yakni rajin riset. Riset di sini adalah dengan meneliti hal-hal yang dibutuhkan oleh pasar. Riset yang efektif dan efisien adalah kunci bagaimana bisnis bisa makin berkembang.

Anda akan bisa menyampaikan informasi produk yang tepat, dan calon konsumen mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

Meskipun tak bisa diterapkan secara langsung dalam waktu yang singkat, strategi Public Relation di atas akan membantu bisnis UMKM Anda makin dikenal pasar. Dampaknya jelas akan berimbas langsung ke omzet dan bukan tak mungkin jika kelak bisnis UMKM yang awalnya kecil-kecilan, bisa menjelma menjadi perusahaan rintisan besar sampai akhirnya mampu menarik perhatian investor. Semangat terus berbisnis!

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar