Persiapan Ganti Profesi Pekerjaan

Diperbarui pada Februari 23rd, 2022 at 10:12 pm

Ada banyak persiapan untuk ganti profesi yang perlu Anda lakukan. Sebab jika mengabaikan persiapan ini, siap-siap saja untuk mendapatkan beragam masalah di pekerjaan baru nanti.

Perlu diingat bahwa berganti profesi bukan hanya akan membuat Anda memiliki pekerjaan baru. Namun ada banyak hal lain yang juga memerlukan adaptasi seperti lingkungan, gaya bekerja hingga rekan kerja baru.

Tentunya semua hal ini juga akan memberikan pengaruh pada kesuksesan Anda di profesi baru. Oleh karena itu banyak orang yang merasa khawatir setelah memutuskan untuk berganti profesi.

Rasa khawatir tersebut memang wajar namun jangan sampai membuat Anda terganggu dan menjadi tidak produktif. Untuk mengurangi rasa khawatir tersebut, sebaiknya lakukan persiapan secara matang saat hendak ganti profesi.

Beberapa Persiapan untuk Ganti Profesi

Persiapan Untuk Ganti Profesi Agar Tidak Mengalami Masalah
Persiapan untuk Ganti Profesi agar Tidak Mengalami Masalah/Unsplash

Ada banyak alasan yang membuat seseorang memutuskan untuk berganti profesi. Apalagi mengganti profesi merupakan keputusan besar yang sangat berpengaruh terhadap masa depan sehingga tidak bisa dilakukan sembarangan.

Namun proses persiapan untuk mengganti profesi tidak berhenti hanya pada mempertimbangkan alasannya saja. Berikut ini adalah beberapa persiapan penting yang harus dilakukan agar Anda siap berada di profesi baru.

  • Memahami Kemampuan Diri Sendiri

Persiapan untuk ganti profesi pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami terlebih dahulu kemampuan diri sendiri. Sebab kemampuan inilah yang akan menjadi modal Anda untuk bekerja di profesi baru.

Karena kemampuan yang dibutuhkan ketika berada di profesi baru akan berbeda dengan profesi lama. Tentunya tidak semua kemampuan yang dibutuhkan untuk mengerjakan profesi baru tersebut sudah Anda kuasai.

Contoh jika saat ini Anda adalah seorang penulis dan ingin menjadi desainer. Maka kemampuan yang Anda miliki adalah tentang dunia menulis. Sehingga Anda akan membutuhkan kemampuan lain untuk menjadi desainer.

Sebab seorang desainer perlu kemampuan desain, memadukan warna dan berbagai kemampuan lain. Sebagai seorang penulis, Anda mungkin belum memiliki atau tidak terlalu menguasai kemampuan tersebut.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengenali kemampuan diri sendiri sebagai persiapan untuk ganti profesi. Sehingga Anda bisa mengetahui hal-hal apa saja yang harus dipelajari untuk profesi baru.

  • Riset Mengenai Profesi Baru

Sebelum masuk dan mengerjakan profesi baru, tentunya Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Sehingga Anda bisa mengetahui hal yang dibutuhkan dan harus dikembangkan di masa mendatang.

Selain memahami kebutuhan kemampuan untuk mengerjakan profesi baru, ada beberapa hal lain yang harus Anda pelajari. Contohnya seperti budaya kerja, waktu kerja, jenjang karir dan sebagainya.

Dengan persiapan untuk ganti profesi ini, Anda tidak akan terlalu bingung dengan hal-hal yang harus dilakukan pertama kali. Sebab banyak orang yang mengalami culture shock ketika mencoba profesi baru.

Karena perlu Anda pahami bahwa budaya kerja di suatu profesi bisa sangat berbeda dengan profesi lainnya. Sehingga hal ini harus diketahui sejak awal apalagi Anda belum memiliki pengalaman sebelumnya.

  • Evaluasi Diri Anda Saat Ini

Melakukan penilaian terhadap diri sendiri sangatlah penting untuk menjalankan profesi baru. Penilaian tersebut bukan hanya tentang kemampuan yang Anda miliki namun juga beberapa hal penting lainnya.

Contohnya adalah mengenai kepribadian dan gaya Anda dalam melakukan sebuah pekerjaan. Tentu hal ini akan memberikan pengaruh terhadap cara Anda bekerja di profesi baru nantinya.

Contohnya jika profesi baru menuntut Anda untuk senantiasa bangun pagi. Sementara selama ini Anda tidak terbiasa bangun pagi karena profesi Anda adalah seorang penulis yang bisa dilakukan kapan saja.

Maka tentunya kebiasaan Anda untuk sulit bangun pagi harus diubah sebagai persiapan untuk ganti profesi. Sebab jika kebiasaan ini tetap Anda miliki, pasti akan kesulitan saat berada di profesi baru.

  • Belajar Kemampuan Baru

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, bahwa untuk menggeluti profesi baru Anda akan membutuhkan kemampuan baru. Selain itu Anda juga sudah memahami kemampuan yang Anda miliki.

Maka, pasti Anda akan menemukan bahwa ada beberapa kemampuan yang diperlukan namun tidak dimiliki. Maka mau tidak mau Anda harus belajar kemampuan tersebut agar bisa bekerja di profesi baru.

Untungnya saat ini sudah tersedia banyak media yang bisa membantu Anda belajar hal baru. Anda bisa belajar berbagai kemampuan tersebut secara mandiri ataupun mengikuti kelas berbayar.

Cara apapun yang Anda pilih, persiapan untuk ganti profesi ini sangat penting untuk dilakukan. Sebab hal inilah yang akan mempermudah Anda dalam menemukan pekerjaan di profesi baru.

  • Persiapkan Mental dan Mindset

Beralih profesi bukanlah hal yang mudah. Sehingga wajar jika di dalam prosesnya, Anda akan menemui beragam masalah. Jangan sampai masalah tersebut membuat motivasi Anda hilang.

Oleh sebab itu pastikan Anda telah menyiapkan mental dan mindset dalam menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi. Sehingga ketika masalah datang, Anda bisa menyikapinya dengan lebih bijaksana.

Selain itu, Anda juga harus menyiapkan diri agar lebih terbuka pada hal baru. Sebab sudah pasti Anda akan menemukan beragam hal yang berbeda dari profesi lama.

Apalagi berganti profesi berarti Anda akan bertemu orang-orang baru. Sehingga persiapan untuk ganti profesi berupa mental yang terbuka akan memudahkan Anda diterima di lingkungan baru tersebut.

Potensi Masalah ketika Berganti Profesi

Potensi Masalah Ketika Berganti Profesi
Potensi Masalah ketika Berganti Profesi

Telah kami singgung bahwa proses berganti profesi bisa menimbulkan berbagai masalah. Sehingga Anda harus bisa menyikapinya secara tepat agar masalah tersebut tidak menimbulkan dampak yang lebih besar.

Oleh sebab itu sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa pencegahan dari jauh hari. Untuk bisa membuat pencegahan, maka sangat penting bagi Anda untuk mengetahui beragam potensi masalah yang muncul saat berganti profesi.

  • Kemampuan Baru Terlalu Sulit untuk Dikuasai

Potensi masalah pertama yang mungkin muncul ketika Anda berganti profesi adalah sulitnya menguasai kemampuan baru. Bahkan meski Anda telah melakukan persiapan untuk ganti profesi berupa mengikuti kelas atau workshop berbayar.

Sebab memang beberapa kemampuan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dipelajari. Apalagi jika sebelumnya Anda tidak memiliki pengalaman sama sekali. Tentunya waktu untuk mempelajari kemampuan ini tidaklah sedikit.

Namun bukan berarti Anda tidak akan bisa menguasai kemampuan tersebut. Anda hanya perlu bersabar hingga pada akhirnya Anda bisa menguasainya. Selain itu, Anda juga bisa mencoba metode belajar lain.

Karena untuk bisa mempelajari suatu kemampuan tidak hanya tersedia satu metode. Dengan mengembangkan cara Anda dalam belajar, maka Anda bisa menguasai kemampuan tersebut lebih cepat.

  • Tidak Segera Menemukan Pekerjaan

Setelah melakukan berbagai persiapan untuk ganti profesi, tentu Anda akan mencari pekerjaan. Salah satu tantangan dari berganti profesi adalah tidak bisa segera menemukan pekerjaan baru.

Sehingga mungkin dalam waktu 3 – 4 bulan, Anda justru berada dalam kondisi tidak memiliki pekerjaan. Oleh sebab itu hal ini sudah harus Ana pertimbangkan dan persiapkan sebelumnya.

Namun jangan sampai hal ini justru membuat motivasi Anda menurun. Sebaiknya manfaatkan waktu tersebut untuk melakukan berbagai hal positif seperti mengasah kemampuan. Sehingga nilai Anda juga akan menjadi lebih besar.

Ingatlah bahwa memang mencari pekerjaan bukanlah hal mudah. Tapi bukan berarti Anda tidak akan bisa menemukan pekerjaan setelah memutuskan berganti profesi. Anda hanya perlu terus mencoba setiap kesempatan yang ada.

  • Lingkungan Baru yang Tidak Kondusif

Riset mengenai kondisi lingkungan di profesi baru merupakan persiapan untuk ganti profesi yang sangat penting. Sebab salah satu masalah terbesar dari berganti profesi adalah lingkungan tidak kondusif.

Meski memang ketika berbicara lingkungan, maka tidak bisa melakukan generalisasi pada seluruh orang di dalam profesi tersebut. Sebab setiap tempat kerja memiliki lingkungan dengan budaya tersendiri.

Justru hal inilah yang membuat Anda semakin perlu melakukan riset terhadap tempat kerja sebelum melamar pekerjaan. Dengan begitu Anda bisa menghindari lingkungan yang tidak kondusif untuk Anda berkembang.

Tips untuk Menyiapkan Diri

Tips Untuk Menyiapkan Diri
Tips untuk Menyiapkan Diri

Memahami persiapan untuk ganti profesi serta potensi masalah yang akan muncul memang sangatlah penting untuk menjalani profesi baru. Sebagai pelengkap, kami memiliki beberapa tips Agar Anda lebih mudah ketika menjalani profesi baru.

  • Manfaatkan Kemampuan yang Telah Anda Miliki

Menjalani profesi baru memang membutuhkan kemampuan baru. Namun bukan berarti kemampuan lama yang telah Anda miliki menjadi tidak berguna. Sebab Anda masih bisa memanfaatkannya di dalam profesi baru tersebut.

Untuk melakukan hal ini, tentu Anda harus memahami bagaimana kemampuan yang Anda miliki bisa berguna di profesi baru. Tentunya hal ini akan bergantung pada kemampuan yang Anda miliki.

Contohnya jika dalam profesi sebelumnya Anda sering membuat laporan keuangan menggunakan Microsoft Excel. Kemampuan ini bisa saja berguna dalam beberapa profesi baru jika dimanfaatkan secara optimal.

  • Masuk Komunitas

Sebagai seorang yang belum memiliki pengalaman, maka sebaiknya Anda masuk dalam komunitas. Contoh jika Anda ingin menjadi seorang penulis, maka perlu masuk ke dalam komunitas penulis.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan masuk ke dalam sebuah komunitas. Termasuk salah satunya adalah dalam persiapan untuk ganti profesi. Apalagi jika komunitas tersebut sering melakukan sharing.

Anda bisa belajar banyak hal mulai dari kemampuan yang dibutuhkan, tren di dalam profesi tersebut, budaya profesi dan sebagainya. Tentunya hal ini merupakan modal yang baik untuk menjalani profesi baru.

Bahkan Anda bisa bertemu dengan orang yang lebih berpengalaman di dalam komunitas tersebut. Sehingga Anda bisa bertanya banyak hal kepadanya termasuk meminta saran dalam menemukan pekerjaan di profesi baru ini.

  • Mulai Sebagai Freelancer

Salah satu alasan mengapa banyak orang sulit menemukan pekerjaan baru ketika berganti profesi adalah karena belum memiliki portfolio. Padahal salah satu pertimbangan terbesar dalam merekrut seorang karyawan adalah portfolio.

Oleh sebab itu, Anda bisa memulai perjalanan Anda di profesi baru dengan menjadi seorang freelancer. Selain itu, menjadi freelancer juga merupakan persiapan untuk ganti profesi yang baik.

Sebab selain akan memiliki portfolio, kemampuan Anda di profesi baru juga akan semakin terasah. Sehingga ketika melamar ke dalam sebuah perusahaan, Anda akan lebih percaya diri.

Memutuskan untuk mengubah profesi memang bukanlah hal mudah. Selain membutuhkan pertimbangan yang harus dipikirkan secara matang, ada beberapa persiapan penting untuk Anda lakukan terlebih dahulu.

Dengan melakukan persiapan tersebut, Anda akan lebih mampu menghadapi kemungkinan masalah yang muncul. Sehingga pastikan Anda tidak lupa melakukan beberapa persiapan untuk ganti profesi seperti yang kami sebutkan di atas.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar