Persiapan Anggaran Menyambut Anak Pertama yang Perlu Diperhatikan

Setiap keluarga baru wajib memperhatikan pesiapan anggaran menyambut anak pertama. Sebab seringkali keluarga baru akan mengalami kesulitan finansial akibat kurangnya persiapan ketika menghadapi momen membahagiakan ini.

Karena kebutuhan finansial setelah kelahiran anak pertama akan sangat berbeda. Anda harus memenuhi kebutuhan anak agar bisa tumbuh dengan sehat. Tentunya semua itu memerlukan biaya yang tidak bisa dibilang sedikit.

Jika Anda tidak menyiapkan anggaran tersebut secara matang, maka akan terjadi masalah di kemudian hari. Tentunya sebagai orang tua Anda pasti ingin memberikan yang terbaik bagi anak Anda, bukan?

Untuk membantu Anda menyiapkan kebutuhan tersebut, kami telah merangkum beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan. Pastikan Anda tidak melewatkan hal-hal berikut ini ketika merencanakan anggara kebutuhan anak.

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Persiapan Anggaran Menyambut Anak Pertama

Pesiapan Anggaran Menyambut Anak Pertama Yang Perlu Diperhatikan
Pesiapan Anggaran Menyambut Anak Pertama yang Perlu Diperhatikan/Unsplash

Menyiapkan anggaran rumah tangga memang bukan suatu hal yang mudah. Apalagi Anda tidak akan menemukan mata pelajaran menyiapkan anggaran kebutuhan rumah tangga secara detail di sekolah.

Oleh karena itu ada beberapa hal basic yang sebaiknya Anda pahami dalam menyiapkan anggaran. Pastikan Anda memahami hal berikut ini agar lebih mudah membuat rencana keuangan keluarga Anda.

  • Tinjau Kondisi Keuangan Saat Ini

Memahami kondisi keuangan aktual adalah langkah penting dalam membuat sebuah perencanaan keuangan. Karena tentunya persiapan yang Anda buat akan bergantung pada kondisi keuangan aktual tersebut.

Beberapa hal yang perlu Anda tinjau adalah besaran pemasukan, pengeluaran, utang dan berbagai hal lain terkait kondisi finansial Anda. Sehingga Anda bisa membuat persiapan yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

  • BuatPersiapan yang Detail

Perlu Anda perhatikan bahwa membuat persiapan anggaran menyambut anak pertamaharus dilakukan secara detail. Mengingat hal ini merupakan pengalaman pertama Anda dan sangat berpengaruh terhadap kondisi anak di masa mendatang.

Anda harus menghitung dengan cermat setiap kebutuhan anak. Jangan sampai ada yang terlewat dan akhirnya tidak Anda anggarkan. Selain itu, siapkan juga dana darurat untuk berjaga-jaga.

  • Membuat Rekening Khusus

Karena ini merupakan pengalaman pertama Anda, maka tidak ada salahnya untuk membuat rekening khusus. Hal ini dilakukan untuk memudahkan Anda dalam mengatur keuangan kebutuhan anak.

Adanya rekening khusus akan membuat anggaran yang telah Anda siapkan tidak tercampur dengan anggaran lainnya. Anda juga bisa terhindar dari potensi pemakaian anggaran kebutuhan anak tanpa disadari.

Persiapan Anggaran Furnitur Menyambut Anak Pertama

Persiapan Anggaran Furnitur Menyambut Anak Pertama
Persiapan Anggaran Furnitur Menyambut Anak Pertama/Unsplash

Setelah memahami hal basic dalam membuat persiapan anggaran, maka selanjutnya kami akan menjelaskan beberapa persiapan anggaran menyambut anak pertama. Anggaran pertama yang perlu Anda siapkan adalah untuk membeli berbagai furnitur.

Sebab sudah tentu ketika memiliki bayi Anda akan memerlukan furnitur tambahan. Berikut ini adalah beberapa furnitur yang perlu Anda siapkan untuk kebutuhan anak pertama Anda.

  • Tempat Tidur Bayi

Furnitur pertama yang harus dipersiapkan dalam menyambut anak pertama adalah tempat tidur bayi. Karena tempat tidur bayi merupakan salah satu hal paling penting untuk kebutuhan bayi.

Dengan adanya tempat tidur bayi, anak Anda bisa beristirahat dengan lebih nyaman dan leluasa. Anak Anda juga akan lebih aman jika tidur di tempat tidur bayi.

  • Lemari & Rak Penyimpanan

Keberadaan lemari dan tempat penyimpanan menjadi salah satu yang harus masuk dalam persiapan anggaran menyambut anak pertama. Pastikan Anda membeli lemari dan tempat penyimpanan dengan kapasitas yang cukup.

Perlu Anda pahami bahwa pertumbuhan bayi sangatlah cepat. Sehingga Anda akan membutuhkan tempat yang cukup luas untuk menyimpan setiap kebutuhannya mulai dari pakaian, kaos kaki dan keperluan lainnya.

  • Stroller

Stroller juga merupakan hal yang perlu Anda siapkan ketika menyambut kelahiran anak pertama. Karena dengan adanya stroller akan mempermudah membawa anak Anda ke berbagai tempat.

Saat ini tersedia stroller dengan berbagai harga di pasaran. Pastikan Anda memilih stroller yang sesuai budget namun tetap memiliki kualitas baik untuk menjaga keamanan anak Anda.

Anggaran Kebutuhan Anak Pertama yang Perlu Diperhatikan

Selain memperhatikan kebutuhan membeli furnitur dalam persiapan anggaran menyambut anak pertama, Anda juga perlu memperhatikan biaya kebutuhan anak. Karena biaya ini sangat penting untuk tumbuh kembang anak.

Sudah tentu Anda ingin memberikan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan anak pertama Anda, bukan? Berikut ini adalah beberapa keperluan anak yang perlu Anda siapkan dengan baik.

  • Makanan & Susu Formula

Untuk 6 bulan pertama mungkin Anda tidak perlu memusingkan hal ini karena justru asupan terbaik bagi bayi adalah ASI eksklusif. Namun kebutuhan ini akan diperlukan pasca 6 bulan kelahiran.

Sebab Anak Anda akan memerlukan makanan tambahan seperti MPASI dan juga susu formula. Sebaiknya Anda menyiapkan anggaran untuk kebutuhan ini dari jauh-jauh hari agar tidak kerepotan ketika membutuhkannya.

  • Pakaian

Pakaian bayi harus Anda pikirkan dengan matang dalam persiapan anggaran menyambut anak pertama. Sebab bayi memiliki pertumbuhan yang cepat sehingga Anda perlu membeli banyak pakaian bayi.

Selain pakaian, Anda juga perlu melengkapi kebutuhan lain dari si buah hati. Kebutuhan tersebut meliput kain, kaos kaki, sarung tangan aksesori dan berbagai kebutuhan lainnya.

  • Popok & Kebutuhan Lainnya

Anda juga harus memikirkan kebutuhan popok dalam anggaran bulanan karena biasanya akan membutuhkan budget besar. Biasanya seorang bayi yang baru lahir akan membutuhkan 10 – 12 popok sehari.

Baca yuk, 7 Tabungan Anak Terbaik yang Bisa Anda Percaya

Selain popok, Anda juga perlu menyiapkan kebutuhan lainnya seperti lotion, kebutuhan mandi, bedak bayi dan sebagainya. Tanpa perencanaan, Anda akan kesulitan memenuhi seluruh kebutuhan tersebut.

Persiapkan Anggaran Kesehatan Agar Anak & Ibu Terhindar dari Berbagai Penyakit

Persiapkan Anggaran Kesehatan Agar Anak &Amp; Ibu Terhindar Dari Berbagai Penyakit
Persiapkan Anggaran Kesehatan Agar Anak & Ibu Terhindar dari Berbagai Penyakit/Unsplash

Jangan sampai Anda melupakan biaya kesehatan dalam persiapan anggaran menyambut anak pertama. Karena jika tidak, anak Anda akan rentan terserang berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa biaya kesehatan yang harus disiapkan.

  • Imunisasi

Imunisasi atau pemberian vaksin adalah kebutuhan wajib bagi si buah hati. Sebab dengan pemberian imunisasi, anak Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit seperti campak, hepatitis dan penyakit lainnya.

Pemerintah sebenarnya telah menyediakan layanan imunisasi gratis. Namun Anda juga bisa memilih imunisasi berbayar. Untuk melakukan vaksinasi berbayar, Anda harus menyiapkan dana sekitar 1 – 4 juta rupiah.

  • Biaya Berobat

Bayi yang baru lahir biasanya cukup rentan dengan berbagai penyakit seperti flu, demam dan batuk. Selain itu, bayi juga bisa mengalami reaksi alergi dan beberapa gangguan kesehatan lainnya.

Oleh karena itu Anda harus memasukan biaya kesehatan dalam persiapan anggaran menyambut anak pertama. Sehingga Anda tidak akan panik dan kebingungan ketika anak Anda mengalami gejala penyakit.

  • Cek Kondisi Kesehatan Ibu

Selain memperhatikan biaya untuk kesehatan anak, Anda juga harus menyiapkan anggaran untuk kesehatan Ibu. Karena bagi Ibu yang baru melahirkan pasti membutuhkan pemeriksaan pasca persalinan.

Hal ini dilakukan agar menjamin kondisi ibu tetap sehat dan tidak ada masalah akibat proses persalinan. Pemeriksaan ini sangat penting khususnya pada wanita yang baru pertama kali melahirkan.

Dengan menjamin kesehatan pada Ibu, tentu juga akan berpengaruh pada kondisi anak. Karena Ibu yang sehat akan bisa merawat dan mendidik anaknya dengan lebih optimal.

Pastikan Kesiapan Anggaran Sebelum Menyewa Pengasuh

Tidak semua orang tua memiliki kesempatan untuk bisa merawat dan mengasuh anaknya secara penuh. Oleh karena itu mereka memutuskan untuk menyewa pengasuh yang memenuhi kebutuhan anak.

Namun sebelum Anda memutuskan menyewa pengasuh, sebaiknya Anda perhatikan persiapan anggaran menyambut anak pertamaterlebih dahulu. Karena biaya yang dibutuhkan untuk seorang pengasuh tidaklah sedikit.

Sebab selain menyewa pengasuh, Anda juga bisa memilih opsi menitipkan bayi ke tempat daycare. Kedua opsi tersebut memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing termasuk dalam perihal biaya.

Sehingga lebih baik Anda mendiskusikan hal ini dengan matang bersama pasangan agar bisa mendapatkan keputusan yang tepat. Karena pengasuhan terhadap bayi sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya.

Memang sebenarnya opsi terbaik adalah bayi dirawat langsung oleh orang tua. Selain bisa menjamin pengasuhan dilakukan dengan baik, Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang lebih.

Sehingga uang tersebut bisa dialokasikan untuk kebutuhan anak Anda lainnya seperti biaya membeli susu. Namun tentunya hal ini tidak bisa dilakukan jika kedua orang tua memiliki pekerjaan.

Pilihan lain yang bisa Anda ambil adalah menitipkan anak kepada keluarga yang Anda kenal. Pilihan ini memilki kelebihan karena Anda bisa lebih menaruh kepercayaan pada orang tersebut.

Bahkan jika Anda harus membayar untuk menitipkan anak, sebenarnya hal ini adalah pilihan yang lebih baik. Sebab anak Anda akan lebih aman bersama orang yang dikenal dibanding orang asing.

Tips Membuat Persiapan anggaran Menyambut Anak Pertama

Tips Membuat Persiapan Anggaran Menyambut Anak Pertama
Tips Membuat Persiapan anggaran Menyambut Anak Pertama/Unsplash

Sekarang Anda telah memahami beberapa hal yang perlu disiapkan untuk menyambut kedatangan anak pertama Anda. Dengan begitu Anda bisa membuat perencanaan yang lebih matang agar kondisi finansial tidak terganggu.

Untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan ketika kehadiran anak pertama, kami telah menyiapkan tips bermanfaat. Semoga tips berikut ini bisa Anda manfaatkan agar tidak keliru dalam mengatur keuangan keluarga.

  • Jangan Belanja Berlebihan

Kehadiran anak pertama memang merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh semua orang tua. Hal ini terkadang bisa membuat orang tua terlewat excited hingga akhirnya mengeluarkan uang secara berlebihan.

Oleh karena itu Anda harus membuat persiapan anggaran menyambut anak pertama dengan matang. Sehingga Anda tidak melakukan pemborosan yang membuat kondisi finansial keluarga Anda terganggu.

  • Manfaatkan Diskon

Anda bisa menemukan berbagai pusat perbelanjaan yang memberikan diskon khusus untuk membeli produk perawatan bayi. Mulai dari pakaian, stroller, tempat tidur bayi dan sebagainya bisa mendapat potongan harga khusus.

Tentunya hal ini harus Anda manfaatkan agar tidak terjadi pemborosan anggaran keluarga. Dengan begitu anggaran lainnya bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan anak Anda yang lainnya.

  • Pikirkan Masa Depan

Anda harus memikirkan masa depan ketika membuat perencanaan keuangan untuk Anak. Contohnya adalah memikirkan biaya pendidikan meski anak belum memasuki usia sekolah. Sehingga Anda tidak akan kerepotan di masa mendatang.

Contohnya dalam menyiapkan biaya sekolah anak, Anda bisa mempelajari besaran kebutuhan dari sedini mungkin. Lalu Anda bisa menghitung perkiraan kenaikan biaya pendidikan pada saat anak Anda memasuki usia sekolah.

Baca yuk, 7 Jenis Tabungan Terbaik Bagi Milenial Supaya Finansial Lebih Sehat

Kedatangan si buah hati akan membawa kebahagiaan baru pada setiap orang tua. Oleh karena itu pasti setiap orang tua ingin memberikan yang terbaik bagi anak mereka.

Tentunya Anda harus memiliki anggaran yang cukup untuk memberikan yang terbaik tersebut. Sehingga pastikan Anda membuat persiapan anggaran menyambut anak pertamadengan matang dan penuh perencanaan.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar