7+ Peluang Bisnis Digital Banjir Cuan Jelang Liburan Akhir Tahun

Tanpa terasa bulan November sudah memasuki pekan kedua. Ketika waktu terus berjalan, akhirnya kita akan mencapai penghujung tahun 2021. Akhir tahun kali ini tentu dihadapi dengan lebih optimis karena pandemi Covid-19 yang mulai terkendali. Mulai banyak orang merencanakan liburan akhir tahun, tapi apakah ada yang berencana untuk mulai melirik peluang bisnis digital?

Yap, wabah corona memang menyedihkan dan membuat banyak orang kehilangan. Tapi tak bisa dipungkiri bahwa pandemi ini benar-benar mengubah gaya hidup masyarakat terutama perihal teknologi digital. Tak peduli di perkotaan tapi juga sampai desa-desa di pelosok kabupaten, semua orang akhirnya semakin tergantung dengan gawai dan akses internet lantaran adanya desakan pembatasan kegiatan sosial.

Baca juga: 10 Kesalahan Pebisnis UMKM yang Wajib Dihindari

Kondisi ini rupanya menjadikan peluang bisnis digital jadi sangat menjanjikan selama pandemi Covid-19. Bisa dilakukan di rumah dan mana saja, Anda dapat mulai mempertimbangkan diri untuk mempelajarinya. Mau sudah memiliki pekerjaan tetap sebagai karyawan instansi, baru saja resign hingga kalangan mahasiswa, memiliki peluang yang sama untuk cuan besar lewat bisnis digital.

Naiknya Omzet Peluang Bisnis Digital Saat Pandemi

via uibk.ac.at

Ketika pertama kali ditemukan di Wuhan, China pada awal tahun 2020 mungkin tak akan ada yang menduga jika Covid-19 bisa menjadi penyakit yang sangat mengubah peradaban manusia seperti saat ini. Ada banyak sekali dampak atas pandemi berkepanjangan ini termasuk limbungnya perekonomian. Indonesia bahkan sampai masuk ke masa resesi ekonomi yang juga memicu inflasi meningkat dan banyak bisnis gulung tikar.

Namun ternyata kondisi berbanding terbalik justru dialami para pelaku bisnis digital yang berjualan secara online. Tak heran kalau Menkop dan UKM Teten Masduki menyebutkan jika jumlah pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) meningkat sebanyak 100% selama pandemi Covid-19.

Dilansir Bisnis, setidaknya ada 15,9 juta unit UMKM di seluruh Indonesia yang telah terhubung ke ekosistem digital per bulan Oktober 2021. Bandingkan dengan jumlah sebelum Maret 2020 yang hanya 8 juta pelaku UMKM saja. Kondisi ini semakin memperkuat fakta bahwa peluang bisnis digital memang sangat mampu bertahan dalam pandemi Covid-19.

Atas fakta ini, Teten sampai menyebutkan jika transformasi digital adalah kunci pemulihan ekonomi nasional. Apalagi adanya proyeksi ekonomi digital Indonesia dari Google dan Temasek bahwa negeri ini bakal jadi yang terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2025 nanti, menjadikan peluang bisnis digital menjadi sangat menjanjikan dan layak dipertimbangkan. Terutama bagi Anda yang sedang berburu cuan baru, bisnis digital sangat menggiurkan.

Tak perlu menanti harus berumah tangga terlebih dulu untuk memulai bisnis baru, karena Anda yang kini merupakan milenial junior atau generasi Z yang sudah lulus sekolah, bisa mulai mempertajam kualitas diri lewat belajar peluang bisnis digital. Bukan hal tak mungkin jika dimulai saat ini, akan memberikan cuan besar dan biaya untuk travelling di akhir tahun nanti, bukan?

Baca juga: Pengertian, Untung dan Rugi Bisnis Afiliasi, Tertarik?

Inilah 10 Peluang Bisnis Digital yang Bisa Anda Pilih

via linkedin

Dengan fakta bahwa peluang bisnis digital masih akan sangat menjanjikan selepas pandemi Covid-19, mencoba melirik jenis-jenis usaha yang ada memang cukup menarik. Anda bisa memanfaatkan uang pesangon atau tabungan yang dimiliki untuk memulai usaha baru. Apalagi jelang akhir tahun, prediksi bahwa daya hidup masyarakat meningkat tentu jadi momen terbaik untuk memulai bisnis.

Berikut beberapa peluang bisnis digital yang dapat Anda pertimbangkan untuk dipilih.

1. Jasa Desain Grafis

Bisa dibilang ini adalah peluang bisnis digital yang paling sering ditawarkan oleh generasi muda. Apalagi kalau Anda memang memiliki kemampuan desain grafis hingga membuat ilustrasi, bukan tak mungkin mampu bertahan dan meraih penghasilan cuma bermodalkan laptop serta internet. Untuk memperoleh klien, biasanya para desainer memanfaatkan media sosial sebagai tempat mengunggah hasil karya.

Ada banyak kisah anak-anak muda yang sukses dan meraup cuan luar biasa tinggi sebagai desainer, karena karya mereka rupanya menarik perhatian publik di luar negeri. Tertarik ingin mengalami hal serupa? Untuk itulah asah terus kemampuan Anda dalam membuat sebuah desain gambar dan seringlah memberanikan diri untuk ikut pitching proyek di platform global.

2. Layanan Digital Marketing

Punya kemampuan pemasaran? Maka ini bakal sangat dibutuhkan di era serba internet saat ini. Yap, demi mampu bersaing secara online, para pelaku bisnis jelas butuh strategi marketing yang tepat. Hanya saja banyak pebisnis gagal dalam prosesnya karena mereka tidak sadar kalau strategi digital marketing sangat berbeda dengan strategi pemasaran konvensional.

Nah, inilah yang akhirnya membuat penyedia layanan jasa digital marketing akan sangat dibutuhkan. Sebagai pemasaran digital, Anda tentu harus tahu betapa pentingnya keberadaa teknik SEO (Search Engine Optimization) dalam seluruh konten, agar pelaku bisnsi mampu memaksimalkan konten produknya. Apakah sulit? Memang. Tapi bayaran tarifnya jelas sangat worth it.

3. Karya Produk Digital

Semakin terbiasanya masyarakat dengan internet, rupanya menjadi berkah pula bagi mereka yang mampu menghasilkan produk digital. Seperti tulisan dalam bentuk e-book maupun komik di situs-situs webtoon. Jangan diremehkan, produk digital seperti ini rupanya juga memiliki pangsa pasar tersendiri dan cukup menjanjikan. Bahkan ada juga platform menulis novel online yang kini dilirik sineas untuk diadaptasi ke film layar lebar.

Demi meningkatkan daya saing produk-produk digital ini, ada beberapa platform lokal yang menyediakan wadah agar para kreator ini bisa didukung langsung oleh fans. Sehingga jika Anda hobi menciptakan lagu dan ingin memperoleh penghasilan, bisa mendaftarkan karya di platform apresiasi tersebut. Atau mungkin juga bisa melirik produk digital NFT yang mampu menjamin keaslian dan eksklusifitas karya digital.

Baca juga: 9 Kesalahan Bisnis Franchise yang Bikin Mimpi Jadi Ambyar

4. Mulai Startup

Punya ide bisnis yang sangat menarik, dibutuhkan masyarakat luas, berpotensi untung secara jangka panjang dan berkaitan dengan teknologi? Maka startup adalah peluang bisnis digital berikutnya. Meskipun pada dasarnya startup adalah istilah untuk seluruh perusahaan rintisan dalam bidang apapun, startup di masa kini memang lebih identik dengan bidang usaha yang berkaitan dengan teknologi.

Contohnya seperti Gojek yang menyediakan jasa transportasi online, RuangGuru dengan jasa pembelajaran online hingga Tokopedia yang adalah marketplace. Seluruh perusahaan raksasa itu mengawali diri lewat startup sebelum akhirnya berkembang dengan valuasi luar biasa. Inti dari startup adalah Anda haruslah begitu inovatif dan mampu menarik perhatian investor untuk menggelontorkan dana.

5. Jasa Kepenulisan

Suka menulis? Inilah hobi yang bisa menjadi peluang bisnis digital. Yap, para penulis online kini bisa memperoleh penghasilan yang begitu menggiurkan berkat kemampuan mereka. Mulai dari content writer yang bertanggung jawab mengisi konten-konten artikel permintaan klien, copy writer untuk kebutuhan marketing hingga menjadi blogger yang mengelola blog sendiri entah niche kecantikan, kuliner, sampai traveling.

Tentunya semakin berkualitas hasil kerja yang Anda tawarkan, bukan tak mungkin bakal memperoleh bayaran tinggi. Keuntungan dari jasa kepenulisan online ini adalah bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, asalkan ada akses internet. Anda bahkan bisa melebarkan cuan lewat menulis konten untuk content creator, menjadi penulis novel sampai scriptwriter film atau iklan.

6. Kelola Blog

Suka menulis tapi tidak ingin terikat dengan orang lain? Tenang saja. Anda masih bisa kok memperoleh cuan yang diinginkan dengan mengelola blog pribadi. Tentunya karena blog pribadi, Anda harus cukup memahami betapa pentingnya keberadaan SEO dalam meningkatkan traffic kunjungan. Karena saat trafik pembaca meningkat, artinya iklan akan banyak masuk.

Saat ini para blogger bahkan bisa bebas memasang tarif penulisan di blog mereka pribadi dengan perhitungan minimal Rp100 ribu per artikel. Bayangkan kalau dalam sehari mengerjakan dua artikel saja, maka selama 30 hari penuh akan memperoleh minimal Rp6 juta. Luar biasa besar untuk seorang blogger yang cuma bermodalkan platform blog, membeli domain dan menyewa hosting, bukan?

7. Influencer Media Sosial

Media sosial faktanya menjadi salah satu platform peluang bisnis digital terbaik. Kenapa? Karena jika akun media sosial Anda sudah memiliki pengikut yang besar, Anda bisa menawarkan jasa sebagai influencer dan tentunya endorsement. Tak main-main, biaya endorse untuk selebritis media sosial bahkan bisa mencapai jutaan Rupiah untuk sekali update konten. Menggiurkan, bukan?

8. Bikin Aplikasi Mobile

Masih berkaitan dengan dunia digital, aplikasi smartphone rupanya menjadi salah satu peluang bisnis yang layak dipilih. Fakta bahwa jumlah penguna smartphone semakin bertambah, membuat banyak pelaku bisnis ingin juga menciptakan aplikasi khusus bisnis mereka yang dapat diunduh oleh calon konsumen. Dalam kondisi inilah para pelaku bisnis jelas sangat membutuhkan seorang pengembang aplikasi smartphone.

Dengan berbagai kerumitan selama prosesnya, jasa pembuatan aplikasi ponsel ini jelas masih punya tarif yang tinggi, sehingga Anda mampu memaksimalkan keuntungan. Hanya saja untuk menjadi seorang pengembang aplikasi smartphone berkualitas, Anda tak mungkin bekerja seorang diri dan diperlukan waktu yang cukup lama, sehingga pertimbangkan seluruh proses dan biaya yang ada agar tak merugi.

9. Pengembang Website

Apakah yang paling dibutuhkan pebisnis di era serba online seperti saat ini? Tepat sekali jika jawabannya adalah website. Yap, selayaknya etalase pada toko yang memuat produk-produk dan bisa dilihat calon konsumen, website mempunyai fungsi yang sama. Di mana para pengguna internet bisa memperoleh informasi produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah bisnis.

Karena pentingnya keberadaan website inilah, jasa web development menjadi salah satu peluang bisnis digital yang bisa dipilih. Apalagi kalau Anda punya kemampuan di bidang IT yang cukup mumpuni, bisnis ini jelas bakal dibutu. Para pemilik usaha yang ingin go digital, akan mencari pengembang website untuk keperluan situs bisnis. Anda bisa menawarkan jasa pembuatan landing page, penjualan domain hingga hosting yang tentu cuan besar.

Baca juga: Hal-Hal Penting yang Harus Disiapkan Startup Agar Dilirik Investor

10. Template – PlugIn WordPress

Tak berbeda jauh dengan web development, peluang bisnis digital terakhir yang bisa dipilih mereka dengan ketertarikan tinggi terhadap website adalah menjual keperluan WordPress. Sebagai salah satu platform kepenulisan online yang sangat populer di dunia, pengguna WordPress memang luar biasa banyak dan itu menjadi peluang usaha menjanjikan.

Anda bisa menawarkan diri berjualan jasa template hingga plugin untuk WordPress. Tentunya supaya berhasil dalam bidang ini, pastikan Anda menguasai beberapa bahasa pemrograman dalam lingkup website seperti HTML/CSS/JavaScript dan tentunya PHP. Jangan diremehkan, harga sebuah template hingga plugin WordPress bisa cukup besar sehingga mampu meningkatkan cuan untuk liburan akhir tahun.

Bagaimana? Ternyata ada banyak sekali peluang bisnis digital yang bisa dicoba kan? Untuk itulah bagi Anda yang kini tengah mencari tambahan penghasilan supaya bisa liburan akhir tahun dengan bahagia, bisa mempertimbangkan memilih salah satu jenis bisnis di atas. Asalkan dilakukan secara profesional dan benar-benar berkualitas, bisnis digital akan mampu menjadikan Anda sukses.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar