7 Pekerjaan Paruh Waktu Terkesan Remeh Namun Banyak Diminati

Banyak orang berpikir bahwa pekerjaan paruh waktu hanya sambilan untuk beli rokok. Namun ternyata ada 7 pekerjaan paruh waktu yang terkesan remeh namun banyak diminati karena bisa menghasilkan banyak cuan.

Jangan meremehkan pekerjaan ini, nyatanya banyak orang yang menekuni pekerjaan paruh waktu sebagai pekerjaan utama ataupun sebagai pekerjaan paruh waktu mereka.

Tidak ada yang sia-sia dalam hidup ini, apalagi jika Anda memiliki bakat dan kemampuan. Bahkan pekerjaan sekecil apapun akan memiliki arti untuk orang lain.

Bekerja tidak harus ke kantor, menghadap komputer, atau menghabiskan waktu di depan meja kerja. Berikut 7 pekerjaan sampingan terkesan remeh namun banyak di minati karena mendapatkan penghasilan yang lumayan.

1. Menjadi Tukang Antre dan Jasa Pesan atau Antar

Pekerjaan Paruh Waktu Jasa Pesan Antar

Antre membeli makan, antre membeli tiket film terbaru, atau antre membeli tiket transportasi seperti bus, kereta atau pesawat. Banyak orang yang terlalu sibuk atau malas untuk melakukan hal-hal seperti itu. Ini peluang!

Dari hal sesederhana ini, kini banyak bermunculan start up baru yang fokus pada jenis usaha jasa ini. Di antaranya, Grab dan Go-jek.

Anda juga bisa membuat tim anda sediri untuk menjual jasa antre dan pesan antar. Anda bisa memberikan tarif lebih murah dari (grab/gojek) untuk area anda sendiri yang terjangkau, misalnya jasa antre dan pesan antar di sekitar kampus, stasiun atau kawasan mall.

Oke, berapa si kira-kira pendapatan yang bisa anda peroleh setiap hari?

Katakanlan, jika go-food atau Grab memasang tarif Rp 7.000 sekali antar, anda bisa memasang tarif 4 ribu rupiah. Tapi ingat, hal ini bisa dilakukan jika jarak masih terjangkau di lingkup daerah anda, misalnya area kampus dan sekitarnya.

Jika Anda mampu closing 30 orang sehari, maka bisa diperkirakan pendapatan Anda kira-kira:

Closing 30 orang

Tarif Rp4.000,-

Bensin + makan = Rp20.000 + Rp15.000 = Rp35.000

Keuntungan bersih = (Rp4.000@30) – Rp35.000 = Rp85.000,-/ hari

Bayangkan jika anda punya 100 orang driver, masing masing driver mampu closing 30 orang sehari, Anda bisa mengambil 10% sebagai jasa sewa kendaraan. Keuntungan akan berlipat!

Anda tertarik ? silahkan anda bisa praktikan ide ini disekitar lingkungan Anda dan komunitas anda. Jika anda seorang mahasiswa, anda akan sangat di untungkan dengan bisnis di lingkungan kampus.

2. Desain menggunakan CorelDraw atau Photoshop

Pekerjaan Paruh Waktu Menjadi Desain Grafis

Tidak semua yang bisa coreldraw atau photoshop memiliki bakat seni dalam desain mereka. Apalagi bagi yang tidak bisa sama sekali.

Ini adalah peluang bagi anda membuka jasa pembuatan banner, desain logo, atau pembuatan poster. Anda bisa memasarkan jasa anda ini secara offline misalnya kepada teman-teman kampus anda.

Atau anda bisa memasarkan jasa desain anda melalui online, misalnya di jejaring sosial seperti facebook atau instagram. Atau jika anda memang ahli di bidang desain grafis, anda bisa membuka jasa di market place yang khusus menawarkan jasa kepada pengunjungnya.

Misalnya pada situs lokal Indonesia yaitu sribulancer.com , atau di flickr.com sebuah situs global.

Untuk kalangan sekitar seperti teman dan komunitas, anda bisa memasang tarif harga minimal Rp100.000 untuk 1 desain. Jika anda ikut pada marketplace, silahkan anda tentukan sendiri tarif yang akan anda berikan.

Saya yakin, jika anda jago desain, keahlian anda akan sangat dibutuhkan orang lain.

7. Jasa Penitipan dan Penyewaan Sepeda Motor dan Sepeda

Pekerjaan Jasa Penitipan Dan Penyewaan Motor

Apakah rumah anda dekat dengan area keramaian, misalnya terminal bus, stasiun kereta api, mall, atau bandara?

Atau malah dekat dengan daerah pariwisata seperti misalnya di Jogjakarta?

Jika iya, anda bisa membuka jasa penitipan dan penyewaan sekalian; yaitu sepeda motor dan sepeda onthel.

Anda harus mampu menjamin keamanan kendaraan yang dititipkan serta harus teliti dalam menyewakan.

Keuntungan dari bisnis ini lumayan. Mari coba kita lihat dari tarif penitipan dan tarif penyewaan sepeda motor di Yogjakarta.

Jasa penitipan 1 motor untuk 1 hari estimasi Rp20.000, oke anggaplah anda sehari dititipi 10 motor saja, anda sudah mengantungi Rp200.000,

Jasa penyewaan motor selama 1 hari Rp300.000, jika anda memiliki 3 motor, dan semuanya di sewakan, maka 1 hari anda sudah mengantungi uang Rp900.000.

Saya yakin anda berminat bukan? Namun jasa seperti ini cocok di lokasi lokasi pariwisata atau keramaian.

4. Membuka jasa penitipan hewan peliharaan

Jasa Penitipan Hewan Peliharaan Kesayangan

Trend ini sudah sangat familiar di luar negeri, khususnya di Amerika dan Eropa. Tapi saya percaya, sebentar lagi tren ini akan segera ada di Indonesia.

Anda akan menjadi baby sitter bagi hewan-hewan peliharaan, misalnya seperti kucing, anjing, ular dan hewan-hewan peliharaan lainnya.

Untuk masalah tarif, anda bisa sesuaikan dengan jenis hewan apa dan terutama butuh perawatan seperti apa.

Sebagai patokan, tarif jasa penitipan hewan di jakarta berkisar antara Rp40 ribu – Rp1 juta rupiah sehari/ 8 jam.

Jika anda berminat menekuni bisnis ini, anda juga bisa memilih hewan-hewan peliharaan tertentu saja, misalnya penitipan khusus kucing atau anjing.

Hmm, sangat menggiurkan. Tren ini akan berbanding lurus dengan semakin banyaknya peminat hewan peliharaan, namun mereka harus juga bekerja. Maka solusi terbaik bagi hewan peliharaan yang mereka miliki adalah menaruhnya pada tempat penitipan.

5. Menjadi CS toko online

Pekerjaan Paruh Waktu Menjadi Cs Online

Semakin menjamurnya toko online seperti marketplace tokopedia, bukalapak, shopee dan lain lain secara langsung membuka peluang bisnis baru.

Banyak toko online yang membutuhkan CS untuk melayani pembeli yang bertanya tentang produk. Profesi CS online bisa anda kerjakan saat anda sedang tidak sibuk.

Bahkan banyak startup bermunculan untuk memfasilitasi kebutuhan ini. Salah satunya yang saya tahu adalah kampungmarketer.com.

Anda bisa di gaji 1 bulan sampai dengan 1 juta rupiah dari pekerjaan menjadi CS online ini. Tugas anda hanya mengikuti instruksi dari pemilik toko online tentang produk knowledge yang akan di sampaikan kepada calon pembeli.

Tugas CS online selain menginformasikan terkait produk, juga memiliki peran vital dalam terjadinya transaksi online.

Calon pembeli yang tadinya belum yakin kemudian dia akan bertanya dan dijawab oleh CS, maka peluang calon pembeli untuk membeli produk akan semakin besar.

6. Fotografer

Pekerjaan Paruh Waktu Menjadi Fotografer

Anda bisa menjadikan hobi fotografer anda sebagai sumber pendapatan Anda. Anda bisa menjual hasil jepretan anda kepada orang lain.

Anda bisa menjual hasil fotografi anda ke layanan jual beli foto online. Banyak sekali layanan yang bisa anda ikuti, misalnya pexel atau shutterstock.

Anda akan dibayar saat ada pengunjung yang tertarik dengan foto anda kemudian membeli hasil foto anda. Biasanya harga foto anda paling murah akan di beli dengan harga 5 dollar.

Anda juga bisa menjalani profesi fotografer, misalnya menjadi fotografer semi profesional untuk keluarga dan sahabat-sahabat anda.

Misalkan, ada sahabat anda yang mengadakan foto prewedding, anda bisa menawarkan sebagai fotografer mereka.

Pendapatan seorang fotografer sangat bervariasi tergantung jam terbang dan hasil karya yang didapat. Oleh karena itu, terus belajar menjadi fotografer yang mampu menghasilkan foto-foto yang berkualitas.

7. Menjadi Content Writer dan vidio editor

Pekerjaan Sampingan Menjadi Penulis Konten

Menjadi penulis konten dan vidio editor adalah pekerjaan yang sedang boming saat ini. Terlebih saat ini banyak sekali startup yang menyasar promosi mereka melalui digital. Mereka membutuhkan konten berupa artikel atau vidio sebagai bahan promosi.

Sasaran mereka adalah mesin pencari google dan media audio vidio seperti youtube. Tanpa konten yang berkualitas mustahil mereka mampu menguasi kata kunci yang mereka bidik di google atau di youtube.

Di sinilah peran seorang penulis konten dan pembuat vidio sangat di butuhkan. Satu konten artikel dengan panjang 1000 kata memiliki kisaran harga 40-300 ribu rupiah tergantung kualitas dan fokus tema yang di ambil.

Untuk vidio lebih mahal lagi, berkisar antara ratusan sampai jutaan rupiah.

Jika anda dalam sehari mampu menulis 3 artikel berkualitas, katakanlah rata-rata untuk 1 artikel 100 ribu rupiah, maka dari profesi menjadi content writer anda akan mendapatkan 300 ribu rupiah sehari.

Jika anda adalah seorang kreator editor vidio, katakanlan 1 minggu anda mampu menyelesaikan 2 vidio dengan bayaran 2 juta, maka dalam satu minggu anda mendapat bayaran 4 juta rupiah.

Menarik sekali kan? dalam satu minggu Anda bisa mendapat 4 juta rupiah. Berapa kalau satu bulan? tinggal dikali empat saja.

Penutup

Apapun profesi yang akan anda pilih, hal utama yang harus diperhatikan adalah komitmen dan skill. Jika anda memliki kedua hal ini, saya yakin pekerjaan apapun akan anda kerjakan dengan sebaik mungkin.

Demikian artikel tentang 7 Pekerjaan Paruh Waktu Terkesan Remeh namun banyak diminati, semoga bisa menginspirasi.

Yuk Bagikan