Nongsa Digital Park, Silicon Valley-nya Indonesia

Diperbarui pada Oktober 13th, 2022 at 09:49 am

Mimpi untuk membangun ekosistem industri digital nampaknya menjadi kenyataan. Terletak di Batam, ini dia Nongsa Digital Park, Silicon Valley-nya Indonesia.

Nongsa Digital Park (NDP) merupakan kawasan ekonomi khusus yang berlokasi di Batam, Kepulauan Riau.

Sebagai kawasan pengembangan ekonomi berbasis ekonomi kreatif digital, NDP kini menjadi markas bagi ratusan startup dan perusahaan multinasional.

Diam-diam, ini merupakan buah kerja Presiden Joko Widodo yang sejak lama mendambakan Indonesia mempunyai tempat khusus inkubator bagi pengembangan ekonomi kreatif berbasis digital.

Letaknya yang strategis di Batam sebagai wilayah perdagangan, kini NDP menjadi jembatan digital antara Indonesia-Singapura, dan seluruh dunia.

Indonesia sedang merayu perusahaan di Singapura agar agar bisa memanfaatkan NDP sebagai kantor cabang mereka.

Dengan biaya hidup yang lebih murah, perusahaan bisa lebih bisa mempekerjakan banyak programmer aplikasi dan pekerja teknologi mereka.

Mike Wiluan selaku CEO Nongsa Digital Park mengatakan ada sekitar 80 startup dan perusahaan teknologi multinasional yang sudah menjadi bagian dari ekosistem NDP.

Perusahaan tersebut terdiri dari beragam bidang industri yang kaitannya dengan dunia digital seperti digital marketing, data services, cloud, e-sport dan gim, e-commerce, fintech, kecerdasan buatan, automasi jaringan, hingga konsultan.

NDP juga telah mendirikan Data Center Hub, sebagai lokasi pembangunan infrastruktur teknologi. Investor seperti Gaw Capital dan GDS Holding saat ini sudah menanamkan investasi membangun Data Center di Nongsa Digital Park.

Optimalisasi ekosistem bisnis digital di Kawasan Ekonomi Khusus Nongsa juga akan ditopang dengan tiga pusat data yang kini sedang dibangun dan bisa digunakan mulai tahun 2023.

Pertama Data Center milik PT Data Center First Nongsa One yang dimiliki oleh perusahaan asal Hong Kong.

Data center ini memiliki klasifikasi DC Tier 3 Kapasitas 31 MW dengan dua tahap pembangunan yang sudah dimulai pada 25 Juli lalu.

Dengan nilai komitmen investasi sebesar Rp 4,3 triliun, First Nongsa One ditargetkan bisa beroperasi pada akhir 2023.

Kedua, masih perusahaan dari Hong Kong yaitu PT. GDS IDC Services yang akan membangun DC Tier 3 kapasitas 30 MW dengan pembangunan dua tahap.

IDC Services menghabiskan biaya hingga Rp 3 triliun untuk bisa segera memulai pengoperasian awal data center pada akhir 2023.

Ketiga adalah data center milik Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Jauh sebelum ada serangan Bjorka dan isu keamanan data nasional, KEK Nongsa sudah ditetapkan sebagai lokasi pusat data nasional melalui surat Menteri Kominfo No. 482/M.Kominfo/PR.01.04/07/2021, 8 Juli 2021.

Sebagai Pusat Data Nasional ke-3 di Indonesia,  Proyek ini ditargetkan bisa mulai beroperasi di awal 2024.

Sedikit bocoran, masih ada 6 investor data center lain dari Hong Kong, Shanghai dan Singapura yang masih dalam proses penjajakan.

Fasilitas Mewah

Pekerjaan digital yang rentan stress tentu harus diimbangi dengan fasilitas hiburan yang variatif.

Nongsa Digital Park

Saat ini, KEK Nongsa sudah memiliki kawasan pariwisata dengan aneka pilihan resort.

Ada Turi Beach dengan level bintang 4 yang punya 141 kamar, Taman Nongsa Indah Village dengan kapasitas 100 unit villa, hingga Nongsa Point Marina blok hotel yang memiliki pelabuhan kapal yacht.

Saat ini juga sedang dibangun pusat rekreasi dan kawasan hunian D-Town Project sebagai kawasan digital hub.

Baca juga: Apa Itu Bisnis Digital: Pengertian, Jenis, Contoh dan Keuntungannya

D-Town Project dibangun oleh joint venture dari Sinarmas Group bersama Citramas Group, merupakan pengembangan dari Nongsa Digital Park yang telah diresmikan pada tahun 2018.

Nongsa Digital Park juga sedang mengembangkan infrastruktur perkantoran dan inisiatif Pendidikan Vokasi bertujuan untuk meningkatkan keterampilan talenta digital lokal.

NDP bekerja sama dengan perusahaan global seperti Apple, AWS, dan Universitas RMIT Melbourne untuk memberikan pengetahuan terkini bidang teknologi.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar