Ternyata 9 menu utama Kopi Ini Berasal dari Italia!

Hampir semua kafe di dunia mempunyai menu yang ternyata 9 menu utama kopi ini berasal dari Italia.

Tentu Anda sudah tidak asing dengan Cappucino, yang hampir tersedia di semua kedai kopi di belahan dunia.

Meski kopi tidak ditanam di Italia, namun aneka menu kedai kopi modern yang kita kenal berasal dari sana.

Kopi tidak ditanam di Italia, tetapi diimpor dari Amerika Latin (terutama Brasil), Asia dan Afrika untuk diproses, dipanggang, dan dicampur di dalam negeri.

Sebuah tipikal campuran espresso mengandung kopi yang berasal dari dari sekitar 5 hingga 10 sumber berbeda, termasuk keduanya Varietas Arabika dan Robusta.

Kopi biasanya disangrai lambat selama 20 menit dengan kecepatan suhu yang relatif rendah dalam mesin drum.

Campuran biji kopi untuk espresso sangat bervariasi di Italia, secara umum semakin jauh perjalanan ke selatan semakin tinggi kandungan robusta dan semakin gelap hasil sangrai.

Karakter biji kopi sangat bervariasi di berbagai negara, sesuai selera konsumen. Misalnya kalau Starbucks menggunakan biji kopi dengan sangrai level medium sehingga menghasilkan rasa pahit dan asam.

Bagi Anda yang baru ingin membuka kedai kopi, jangan coba melakukan sangrai sendiri menggunakan wajan atau panci, hehe.

Proses sangrai kopi membutuhkan alat dan keterampilan khusus, kami sarankan untuk mencari jasa roastery atau sangrai di kota Anda.

Biasanya beberapa kedai kopi senior juga berinvestasi pada usaha sangrai kopi untuk memenuhi kebutuhan kopi di kedai-kedai lainnya.

Kebanyakan jasa sangrai kopi berukuran kecil bisnis yang menjual ke pasar lokal.

Mereka mengidentifikasi diri mereka secara dekat dengan kota atau wilayah, sering kali menggunakan identitas lokal dalam iklan mereka, atau mensponsori acara musik dan olahraga.

Beberapa bisnis kedai kopi juga menyediakan barang-barang bermerek seperti cangkir bar dana alat saji lainnya yang memungkinkan untuk meningkatkan profil mereka di pasar domestik.

Pada artikel ini kita akan fokus membicarakan 9 menu utama kopi yang mungkin banyak orang belum tahu kalau itu berasal dari Italia.

Ini adalah menu utama yang dibuat dengan espresso sebagai komposisi utama, Anda pasti tidak asing mendengar kata espresso.

Betul sekali, itu adalah ekstrak kopi yang dibuat menggunakan mesin uap bertekanan tinggi yang menginjeksi pada biji kopi pada porta filter atau gagang pegangan pada mesin.

Menghasilkan 20 sampai 30 ml ekstrak kopi yang kental, berkarakter dengan aroma menggugah selera.

Kopi ini kemudian mendasari 9 menu utama kedai kopi yang sangat mudah kita temui di kedai kopi manapun, entah itu lokal maupun internasional.

Penemuan Mesin Espresso

Sebelum mesin uap bertekanan tinggi ditemukan, selama berabad-abad manusia meminum kopi dengan cara menyiram bubuk kopi dengan air panas mendidih atau direbus bersama dengan air seperti pada kopi Turkiye.

Menu Utama Kopi

Kopi tiba di Italia pada abad ke-17 yang juga diseduh dengan cara Turki dan dikonsumsi di kedai kopi elit seperti Florian di Venesia.

Cappucino kemudian mulai dikreasikan dengan menambahkan buih dari susu hangat ke kopi.

Namun baru pada tahun 1905 mesin espresso pertama kali menjadi bagian pada produksi secangkir kedai kopi.

Mesin ini bernama “Ideale” yang dibuat oleh La Pavoni dari Milan berbentuk ketel vertical yang menghasilkan uap untuk mendorong air panas melalui kopi bubuk dengan tekanan 1,5 bar.

Mesin Ideale kemudian menyebar di Eropa dengan gayanya yang futuristik di masa itu.

Menggabungkan elemen uap, kecepatan dan modernitas dengan permainan berbagai makna kata espresso yang dalam bahasa inggris berarti express, kecepatan dalam penyajian kopi.

Pada tahun 1948 mesin Gaggia Classica melakukan sebuah revolusi pada mesin espresso yang dibuat lebih sederhana dengan performa yang sama.

Mesin espresso Gaggia menggunakan piston pegas, dioperasikan dengan tuas manual, untuk mengeluarkan air panas dari boiler dan memaksa melalui kopi di bawah tekanan 9 bar.

Hasilnya adalah ekstrak koi yang lebih padat dengan mousse. Ini dikenal sebagai crema dan

minuman sebagai crema caffè – ‘kopi krim’.

Ini adalah espresso yang menjadi menu dasar dari 9 menu utama kopi khas Italia.

Pembuat mesin Milan lainnya dengan cepat mengadopsi metode ini dan mulai memperbaikinya.

Ini disebut dengan titik awal “Age of Crema”, yaitu bentuk espresso yang biasa Anda temui saat ini. Kental,tebal, dengan lapisan warna coklat di permuakan yang disebut dengan krema.

Dengan segera, mesin espresso Gaggia diduplikasi dan membuat tren baru penyajian pada kedai kopi.

Banyak kedai kopi baru yang muncul dan juga sebuah profesi baru yaitu barista, seseorang yang cakap menyeduh secangkir kopi.

Menu Utama Kopi

Kata barista digunakan untuk membedakannya dengan bartender yang lebih berkonotasi dengan peracik minuman alkohol.

Kopi adalah alkohol yang legal, karena sifat dari kandungan kafein yang hampir sama dengan alkohol minus efek memabukkan.

Apakah Anda baru tahu? Cukup, jangan terkejut! Hehe

Tradisi minum kopi pasca perang dunia II menjadi lebih masif ditambah dengan sajian kudapan seperti roti croissant atau aneka muffin.

Kalau di kedai kopi lokal kita bisa menemukan pisang goreng atau singkong goreng, mungkin Anda terinspirasi untuk menyajikannya dengan segelas Cappucino?

9 Menu Utama Kopi

Minuman kopi seperti apa yang ingin Anda sajika di kedai kopi Anda kelak? Tentu salah satunya adalah bagian dari 9 menu utama kopi asal Italia atau setidaknya inovasi dari mereka.

Mari kita simak!

1. Espresso

Ini adalah dasar dari 9 menu utama kopi asal Italia. Sebagian besar minuman kopi Italia yang akan kita ulas dimulai dari espresso yang ditambahkan susu, krim, dan/atau tambahan lainnya.

Espresso tidak hanya bisa dinikmati di kedai kopi mewah, bahkan kedai kopi kecil di Indonesia secara tradisional memiliki alat pembuat kopi manual yang bisa menyajikan espresso dengan sangat baik dengan crema harum yang indah di atasnya.

Anda bisa menggunakan rockpresso manual atau alat sederhana seperti Blackanswered buatan Coffee Wae Yogyakarta untuk bisa membuat espresso dengan biaya yang lebih murah.

Biasanya para penikmat espresso menggunakan krema sebagai takaran kualitas, krema adalah lapisan alami minyak kopi yang terbentuk di atas espresso sehingga memberikan rasa yang intens dan tak tertahankan.

Jika Anda mempunyai bujet untuk membeli mesin espresso, kami beri sedikit tips untuk membuat espresso.

Dosis untuk espresso yang sempurna adalah 7 gr. Tekanan mesin pembuat kopi harus antara 15 dan 18 atmosfer dan tekanan air di dalamnya – sekitar 9 atmosfer.

Suhu air harus antara 88 dan 95 derajat Celcius dan suhu espresso – antara 78 dan 82 derajat Celcius langsung dari mesin.

Waktu ekstraksi yang ideal adalah 30 detik (+/-5). Cairan harum yang dihasilkan harus 25-30 mil.

Espresso secara tradisional disajikan dalam cangkir yang sedikit melebar di bagian atas dan dipanaskan (35-40 derajat Celcius).

Menu Utama Kopi

Untuk kenikmatan maksimal, secangkir espresso harus diminum dalam waktu 2 menit setelah dibuat.

2. Ristretto

Ini adalah satu dari 9 menu utama kopi Italia yang jarang diketahui pembeli lokal di Indonesia.

Ristretto dalam bahasa Italia berarti secara harfiah adalah dibatasi, dalam bahasa Inggris itu dekat dengan kata Restricted.

Jadi,  ristretto adalah espresso yang dibuat dengan jumlah bubuk kopi yang sama tetapi hanya menggunakan sekitar setengah air dari yang digunakan untuk secangkir espresso.

Jadi waktu ekstraksi untuk ristretto hanya 15 detik. Hasilnya adalah minuman yang sangat kuat dan terkonsentrasi yang memberikan pukulan kafein yang kuat.

Dengan warna cokelat gelap dan rasa yang intens, ristretto memberi Anda sensasi yang baik di saat-saat Anda sangat membutuhkannya.

3. Café Lungo

Jika ristretto menggunakan setengah air daripada espresso, maka café lungo menggunakan air yang lebih banyak dari espresso.

Jadi lakukan ekstraksi 10 detik lebih panjang dari espresso untuk mengurangi kekentalan dan rasa pahit, namun Anda masih bisa menikmati krema diatasnya.

4. Doppio Espresso

Minuman apalagi ini? Ini adalah espresso yang disajikan dengan porsi dua kali lipat. Doppio dalam bahasa inggris berarti Double, ganda.

Jadi Anda membutuhkan 14 gr bubuk kopi pada mesin espresso Anda dan mengekstraksi selama 30 detik.

Dengan menggunakan porta filter lebih besar akan menghasilkan jumlah espresso sekitar 50 sampai 60 ml.

Kini, hampir semua mesin espresso memberi Anda pilihan porta ukuran single atau double. Dan Doppio espresso ini menjadi komposisi utama dari Cappucino.

5. Cappucino

Cappuccino adalah minuman kopi Italia yang hingga kini masih dicintai dan dihargai di seluruh dunia. Menu utama kopi yang membuat seluruh dunia menaruh hormat pada Italia.

Ini dibuat dengan menambahkan susu yang sudah di steam di atas segelas espresso dan ditutup dengan busa susu pada bagian atas permukaan.

Perbandingan ketiga bahan tersebut kurang lebih 1:1:1, yaitu sepertiga cangkir untuk espresso, sepertiga cangkir untuk susu dan sepertiga untuk busa susu.

For Your Information, bahwa di Italia cappuccino disajikan dalam cangkir yang jauh lebih kecil daripada ukuran yang digunakan oleh perusahaan multinasional besar seperti Starbucks.

Dengan demikian, cappuccino Italia asli memiliki rasa yang enak, intens, dan memuaskan.

Cappucino | Folderbisnis.com

Jika Anda di Italia, Anda bisa memesan cappuccino chiaro  atau cappuccino scuro.

Yang pertama disiapkan dengan lebih sedikit kopi dan yang terakhir dengan lebih banyak kopi.

Oleh karena itu yang satu berwarna lebih terang (dalam bahasa Italia, chiaro) dan yang lainnya lebih gelap (dalam bahasa Italia, scuro ).

Variasi Italia lainnya adalah apa yang disebut cappuccino secco . Secara harfiah berarti cappuccino kering dan hanya disiapkan dengan espresso dan busa susu sehingga menghilangkan susu panas sepenuhnya.

6. Machiato

Jika Anda penggemar Starbucks, ini bukan seperti Caramel Machiato yang pernah Anda minum disana.

Macchiato dalam bahasa Italia berarti secara harfiah terlihat atau bernoda dalam bahasa Inggris.

Jadi, macchiato adalah espresso dengan sedikit sentuhan busa susu di bagian atas.

Anda melihatnya membentuk sebuah pulau kecil kecil di tengah cangkir kopi Anda dengan crema harum dari espresso yang mengelilinginya di semua sisi.

Di Italia, secara spesifik ada dua jenis macchiato, yaitu macchiato caldo  atau macchiato freddo.

Machiato | Folderbisnis.com

Yang pertama adalah macchiato dengan sentuhan susu panas dan yang lainnya adalah macchiato dengan sentuhan susu dingin.

7. Café Latte

Meminta caffè latte di Italia sama dengan memesan latte di mana pun di dunia. Ketahuilah bahwa latte berarti susu dalam bahasa Italia.

Caffè latte pada dasarnya adalah satu shot espresso, dua pertiga susu panas, dan hanya sedikit busa susu.

Jadi Café latte adalah susu yang diberi tambahan kopi, biasanya minuman ini lebih disukai oleh perempuan karena rasa kopinya tidak terlalu dominan.

Baca juga: 10 Model Tas Paling Populer Dan Disukai

8. Mocaccino

Mocaccino adalah minuman kopi Italia yang terbuat dari moca atau coklat sebagai komposisi tambahan pada cappuccino. Biasanya juga ditambahkan krim kocok atau buih susu, dan taburan bubuk cokelat.

Mocaccino selalu disajikan dalam gelas. Dengan cara ini, Anda dapat lebih menghargai berbagai lapisan minuman sebelum mencampurnya untuk rasa dan rasa yang maksimal.

Ada dua cara membuat mocaccino, yaitu dengan mencampurkan bubuk coklat pada espresso dan mengaduknya lalu tambahkan dengan susu putih.

Atau Anda menambahkan bubuk coklat pada susu, panaskan, dan tuang ke espresso.

Sesuai dengan selera dan kreativitas Anda.

9. Americano

Menu terakhir dari 9 menu utama kopi asal Italia, sebuah ironi yang dibuat orang Italia atas selera kopi orang Amerika dengan rasa yang lebih ringan.

Americano adalah espresso yang ditambahkan dengan air panas sesuai selera, ingat jangan terlalu banyak atau Anda hanya akan mendapatkan air panas dengan rasa kopi yang aneh.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar