Ikuti Cara Ini Untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Keberhasilan bisnis tidak serta merta hanya dari peningkatan penjualan, Anda juga perlu memperhatikan produktivitas karyawan agar roda manajemen bisnis berjalan lancar.

Ketika staf meningkatkan kinerja mereka, perusahaan secara langsung juga mendapat manfaat dalam beberapa hal.

Antara lain peningkatan keuntungan, peningkatan layanan pelanggan, dan operasi yang lebih efisien.

Namun, ini bisa menjadi tugas yang menantang untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan. Dan terkadang Anda perlu berpikir di luar kebiasaan untuk meningkatkan bisnis Anda.

Meningkatkan produktivitas karyawan tidak sama artinya dengan mengeksploitasinya untuk bekerja selama mungkin.

Malah kalau bisa dalam waktu kerja yang singkat, mereka harus bisa menghasilkan kerja maksimal.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa tip berharga untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari upaya Anda untuk meningkatkan produktivitas karyawan.

Gunakan Teknologi yang Tepat

Ini termasuk perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan tim Anda setiap hari.

Jika mereka terus-menerus menunggu loading komputer yang membutuhkan waktu beberapa menit. Atau berjuang dengan sistem perangkat lunak yang ketinggalan zaman, itu akan memengaruhi kinerja mereka.

Jurusan Kuliah Calon Pengusaha-Ilmu Komputer

Jika Anda memastikan perangkat komputer memiliki yang paling baru dan paling baik dalam kedua jenis, lunak dan keras, diharapkan karyawan akan dapat bekerja dengan maksimal.

Misalnya, satu kemungkinan investasi yang dapat Anda lakukan terkait dengan perangkat lunak manajemen proyek.

Ini akan membantu karyawan Anda tetap teratur dan sesuai dengan tugas mereka. Jangan lupa juga untuk menyediakan alat komunikasi yang berkualitas.

Anda bisa menggunakan Slack, email, atau platform lain, pastikan semua orang berada pada platform yang sama dan dapat berkomunikasi satu sama lain dengan mudah.

Training Capacity Building Tingkatkan Produktivitas Karyawan

Dengan melakukan ini, Anda tidak hanya akan membantu mereka meningkatkan keahlian mereka, tetapi Anda akan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda berkomitmen untuk kesuksesan mereka.

Ada sejumlah area berbeda di mana karyawan Anda mungkin memerlukan bantuan ekstra. Mungkin mereka membutuhkan bantuan dengan manajemen waktu atau keterampilan komunikasi.

Mungkin mereka dapat memperoleh manfaat dari mempelajari lebih lanjut tentang kolaborasi tim yang efektif atau perangkat lunak tertentu.

Apapun masalahnya, jangan ragu untuk melatih dan membimbing mereka sehingga mereka dapat mencapai potensi penuh mereka.

Jika Anda menggunakan platform pengembangan karyawan, itu dapat membawa kekuatan data ke pembelajaran dan pengembangan yang dipersonalisasi.

Anda dapat menggunakan sistem bertenaga algoritma yang didukung oleh pemetaan keterampilan dunia nyata untuk mendapatkan kecocokan sempurna antara karyawan dan pakar.

Produktivitas Karyawan

Pahami Apa yang Memotivasi Mereka

Anda perlu bertanya kepada staf Anda apa tujuan mereka bekerja dan aspirasi mereka selama bekerja pada Anda. Cari tahu apa yang ingin mereka capai dalam karier mereka.

Setelah Anda mengetahui apa yang mendorong mereka, Anda dapat menyelaraskan tujuan individu mereka dengan tujuan perusahaan Anda.

Anda juga dapat menggunakan gaji dan bonus sebagai alat motivasi. Jika seorang karyawan tahu bahwa mereka akan diberi imbalan karena memenuhi target tertentu, mereka akan cenderung bekerja lebih keras untuk mencapainya.

Beberapa orang tidak termotivasi secara finansial, dalam hal ini waktu istirahat tambahan mungkin lebih menarik.

Lebih baik lagi jika Anda bisa tawarkan prospek karir yang jelas sehingga karyawan Anda merasa memiliki masa depan bersama perusahaan. Itu akan memotivasi diri mereka untuk meningkatkan produktivitas karyawan.

Memberikan Pengakuan Dan Pujian

Begitu sering terjadi pada tempat kerja bahwa rasa hormat dan apresiasi tidak sering diberikan. Kemudian orang-orang hanya diberi “kata-kata” hanya ketika mereka melakukan sesuatu yang salah.

Anda bisa mencoba hal lain, dengan memberikan pengakuan,pujian dan apresiasi bagi setiap kinerja baik karyawan Anda.

Ini bisa sangat efektif ketika manajer mengakui ketika karyawan mereka melakukan sesuatu dengan baik.

Ini dapat dilakukan secara publik atau pribadi, tergantung pada apa yang paling cocok untuk individu dan situasinya.

Entah itu sekedar tepuk tangan, ucapan terima kasih secara lisan, catatan tertulis atau sejumlah uang, selalu penting untuk merayakan keberhasilan orang lain.

Cara hebat lainnya untuk meningkatkan produktivitas karyawan adalah dengan memiliki program Employee of the Month. Ini dapat digunakan untuk mengenali pemain top setiap bulan secara teratur.

Tidak hanya memberi karyawan sesuatu untuk diperjuangkan, tetapi juga membuat mereka tahu bahwa kerja keras mereka diperhatikan dan dihargai.

Promosikan Keseimbangan Kehidupan Kerja yang Sehat

Manusia bukanlah mesin dan mereka tidak dirancang untuk bekerja keras setiap hari sepanjang tahun. Produktivitas karyawan bisa diraih dengan work life balance.

Inilah sebabnya mengapa Anda harus mendorong karyawan untuk mengambil cuti ketika mereka membutuhkannya. Apakah itu untuk liburan atau hanya untuk bersantai dan mengisi ulang tenaga.

Produktivitas Karyawan

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menawarkan opsi penjadwalan yang fleksibel.

Hal ini dapat memungkinkan karyawan untuk mengurus tugas atau janji pribadi tanpa harus menghabiskan waktu liburan mereka.

Cara lain adalah dengan menawarkan lebih banyak waktu luang, meskipun ini bisa tampak seperti langkah bisnis yang tidak bijaksana.

Namun, dalam beberapa penelitian, orang terlihat lebih produktif bekerja 4 hari seminggu daripada 5 hari. Jadi, Anda dapat mencoba strategi ini untuk meningkatkan produktivitas karyawan.

Tetapkan Tujuan dan Harapan yang Jelas

Karyawan perlu mengetahui apa yang diharapkan dari mereka untuk memenuhi dan melampaui harapan tersebut.

Ketika semua orang berada pada cara pandang yang sama, lebih mudah untuk saling bertanggung jawab dan bekerja menuju tujuan bersama.

Saat menetapkan tujuan, pastikan untuk membuatnya spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu. Bahasa kerennya adalah Specific, Measure, Achieveable, Relevant and Time bounded ( SMART ).

Ini akan memberi karyawan peta jalan menuju kesuksesan dan membantu mereka tetap pada jalurnya.

Sebaliknya, jika Anda tidak menetapkan tujuan yang dapat dicapai, orang akan merasa kempes dan kehilangan semangat. Sehingga akan menurunkan produktivitas karyawan.

Seperti yang kami katakan sebelumnya, penting juga untuk memfasilitasi karyawan dengan sumber daya yang mereka butuhkan untuk mencapai tujuan dan harapan mereka.

Mencari Feedback Karyawan

Feedback atau umpan balik dari staf dapat diperoleh melalui survei dan kuesioner, pemeriksaan rutin (misalnya pertemuan satu lawan satu), atau tinjauan kinerja yang lebih formal.

Meminta umpan balik menunjukkan bahwa Anda menghargai masukan mereka dan ingin membantu mereka berkembang.

Penting untuk menggunakan bahasa tubuh yang positif selama percakapan apa pun dan tidak bersikap defensif.

Momen-momen ini juga dapat memberi Anda kesempatan untuk mengatasi masalah apa pun sejak dini sebelum menjadi masalah yang lebih besar.

Setelah Anda menerima umpan balik orang, catat – dan kemudian publikasikan jika sesuai (misalnya mengikuti survei).

Penting juga untuk mengambil tindakan dalam menanggapi umpan balik staf sehingga orang melihat tujuan dalam memberikan pendapat dan ide jujur ​​mereka.

Siapa tahu ada dari mereka yang punya tips lain tentang meningkatkan produktivitas karyawan.

Baca juga : Daftar Bisnis yang Terdampak Kenaikan Harga LPG 3kg

Mendorong Kreativitas dan Inovasi Untuk Produktivitas Karyawan

Ini berarti menyediakan lingkungan yang terbuka dengan ide-ide baru, risiko dapat diambil dan kegagalan dilihat sebagai kesempatan belajar.

Produktivitas Karyawan

Dorong tim Anda untuk melakukan beberapa pemikiran dengan cara pandang baru dan mereka pasti akan mengejutkan Anda dengan hasil mereka.

Untuk mencapai produktivitas karyawan, Anda mungkin juga perlu mendorong kepemimpinan dan delegasi. Berdayakan anggota tim Anda untuk mengambil tanggung jawab dan memimpin proyek.

Ini adalah beberapa cara utama untuk membuat staf Anda bersinar. Semakin banyak Anda memasukkannya ke dalamnya, semakin banyak yang akan Anda dapatkan darinya dalam hal motivasi dan produktivitas.

Pada gilirannya, orang lain akan tertarik untuk bergabung dan berkontribusi pada kesuksesan dan ekspansi bisnis Anda yang berkelanjutan.

Tips Memilih Karyawan yang Tepat

Agar bisa menentukan cara yang tepat untuk meningkatkan produktivitas karyawan, Anda harus mempunyai karyawan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Jika Anda memiliki karyawan yang tepat sedari awal, maka perjalanan bisnis Anda akan lebih mudah.

Mempekerjakan karyawan yang tepat sangat penting untuk bisnis. Memiliki tim yang tepat yang bekerja di dalam perusahaan dapat membantu berkontribusi terhadap kesuksesan perusahaan dan juga mendorong produktivitas karyawan.

Produktivitas Karyawan

Ketika ada kesempatan untuk merekrut karyawan baru, tidak banyak orang yang tahu bahwa itu tidak sesederhana yang diperkirakan banyak orang.

Anda memerlukan strategi rekrutmen yang kuat untuk berhasil mencari talenta yang tepat dan bisa beradaptasi dengan tempat kerja. Ini juga berpengaruh terhadap produktivitas karyawan.

Sebuah survei baru-baru ini menunjukkan bahwa hampir 80 persen bisnis berjuang untuk merekrut karyawan baru.

Berbagai faktor dapat menjelaskan mengapa banyak pemberi kerja merasa sulit untuk menarik staf baru ke dalam tim mereka. Untuk beberapa perusahaan, bisa jadi karena gaji yang mereka tawarkan.

Orang lain mungkin merasa kesulitan karena tidak mendapatkan manfaat ketika bekerja dengan Anda, ini akan menurunkan produktivitas karyawan selama bekerja dengan Anda.

Alasan lain yang mungkin menjadi faktor penyebab kesulitan yang dihadapi banyak orang adalah karena strategi perekrutan mereka.

Untuk menarik individu-individu berbakat terbaik untuk melamar lowongan yang tersedia di perusahaan. Penting untuk memiliki strategi rekrutmen yang solid dapat membantu mendorong mereka untuk mengirimkan CV atau lamaran mereka.

Jika Anda ingin menarik individu berbakat ke perusahaan Anda, berikut adalah beberapa strategi rekrutmen yang patut dicoba.

Skema Rekomendasi Karyawan

Karyawan Anda mungkin punya kenalan seseorang yang bisa menjadi kandidat potensial pada lowongan kerja yang sedang Anda buka.

Misalnya pada area tertentu, seperti pemasaran atau copywriting, beberapa karyawan mungkin melihat seseorang dari waktu mereka selama universitas atau dari peran sebelumnya.

Karyawan ini dapat merekomendasikan teman mereka ke perusahaan untuk posisi yang tersedia.

Membuat skema rekomendasi karyawan dapat menjadi alat rekrutmen yang kuat. Karyawan dapat menjadi duta bagi perusahaan.

Mereka dapat berbagi pengalaman dan keuntungan bekerja di sana dan mendorong teman mereka untuk bergabung.

Sebagai ucapan terima kasih, perusahaan dapat menawarkan hadiah kepada karyawan tersebut karena mereferensikan teman mereka.

Menawarkan keuntungan semacam ini dapat mendorong karyawan untuk menemukan orang yang menurut mereka cocok untuk suatu peran.

Ini menunjukkan kepada anggota tim baru bahwa perusahaan menghargai pendapat karyawan dan akan perlahan meningkatkan produktivitas karyawan.

Pasang Lowongan Pekerjaan Online

Memposting peluang kerja secara online adalah cara yang efektif untuk mengiklankan lowongan pekerjaan di perusahaan Anda.

Produktivitas Karyawan

Meningkatkan visibilitas dalam internet adalah salah satu cara untuk membantu memastikan bahwa calon potensial melihat posisi pekerjaan sebanyak mungkin.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan  layanan iklan papan pekerjaan online.

Ini dapat digunakan untuk mengekspos posisi yang tersedia lebih jauh, berpotensi meningkatkan jumlah total kandidat yang melamar.

Jika Anda memposting pekerjaan secara online, ini dapat membantu Anda memperluas jangkauan target Anda.

 Memiliki jangkauan yang lebih luas ini bisa berarti Anda menarik individu berbakat yang akan menjadi kandidat sempurna untuk pekerjaan yang Anda rekrut.

Sehingga mudah bagi Anda untuk mendorong peningkatan produktivitas karyawan jika mereka memang berbakat sejak awal.

Tingkatkan Proses Wawancara

Tahap wawancara lamaran pekerjaan sangat penting dalam proses rekrutmen. Ini lebih dari sekadar melihat apakah kandidat adalah orang yang tepat.

Ini adalah kesempatan bagi kandidat untuk melihat sekilas bagaimana bisnis Anda bekerja.

Ada situs web dan forum online yang memungkinkan orang untuk berbagi pengalaman mereka tentang perusahaan dari sudut pandang karyawan.

Mereka dapat mendiskusikan bagaimana rasanya bekerja dengan perusahaan Anda. Mereka dapat membuat daftar pro dan kontra dan menawarkan cara untuk meningkatkan bisnis.

Selain itu, ada opsi di mana individu dapat berbagi pengalaman diwawancarai oleh perusahaan.

Mereka berdiskusi tentang bagaimana orang-orang yang melakukan wawancara berperilaku, dan jika proses wawancara yang panjang menunjukkan kurangnya rasa hormat terhadap kandidat.

Membaca ulasan negatif tentang proses wawancara yang buruk bisa cukup untuk mencegah individu berbakat melamar suatu peran. Maka segera pertimbangkan untuk meningkatkan proses wawancara Anda saat ini.

Ini bertujuan untuk menciptakan kesan pertama yang solid bagi kandidat, menunjukkan kepada mereka bahwa Anda tertarik dengan keterampilan dan potensi pertumbuhan mereka di perusahaan.

Pastikan Anda mengajukan pertanyaan menarik yang mendorong kandidat untuk memberikan jawaban yang berwawasan luas.

Tawarkan informasi bermanfaat tentang peran dan apa yang diharapkan kandidat jika mereka berhasil.

Tawarkan Manfaat Bagi Karyawan

Peran pekerjaan dan apa yang termasuk di dalamnya adalah alasan awal calon karyawan akan mempertimbangkan untuk melamar posisi tersebut.

Jika berada pada bidang dan posisi yang mereka inginkan, kemungkinan besar mereka akan mempertimbangkan untuk melamar.

Bagi banyak karyawan , tunjangan yang ditawarkan seringkali menjadi faktor penentu yang memotivasi mereka untuk melamar.

Ada berbagai fasilitas yang dapat ditawarkan perusahaan. Beberapa di antaranya dapat mencakup mendorong staf untuk beristirahat dan berjalan selama waktu istirahat mereka.

Ini dapat membantu mereka untuk menjauh dari pekerjaan untuk mengisi ulang. Ketika mereka kembali bekerja, mereka merasa lebih termotivasi dan siap untuk menyelesaikan tugas-tugas berikut dalam daftar mereka.

Fasilitas lainnya dapat mencakup jam kerja yang fleksibel atau kesempatan untuk bekerja dari jarak jauh.

Beberapa perusahaan sudah mencobanya dan ini terbukti meningkatkan produktivitas karyawan.

Menarik talenta terbaik ke perusahaan dapat menjadi tantangan, terutama ketika bersaing dengan bisnis lain.

Menerapkan strategi untuk menarik talenta terbaik dapat membantu meningkatkan peluang keberhasilan perusahaan Anda.

Anda dapat menemukan kandidat yang paling cocok untuk peran tersebut dan dapat membantu perusahaan tumbuh seiring produktivitas karyawan.

Pada akhirnya, Anda akan membantu membangun dan mempromosikan perusahaan sebagai tempat yang memberi mereka kesempatan untuk unggul dan berkembang. Sebuah kualitas yang diinginkan banyak kandidat.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar