Trik Menabung untuk Liburan yang Anti Gagal, Wajib Dicoba!

Diperbarui pada September 15th, 2022 at 01:53 pm

Tanpa terasa, tahun 2022 sudah memasuki bulan kesembilan yang artinya tinggal tiga bulan lagi sebelum menuju 2023. Tentu jelang akhir tahun seperti ini, ada banyak di antara kita yang mulai merangkai rencana liburan.

Bicara soal liburan di kondisi ekonomi seperti saat ini yang baru saja mengalami kenaikan harga BBM bersubsidi, tentu bukanlah perkara mudah. Namun bukan berarti tidak mungkin. Anda hanya perlu tahu bagaimana cara menabung untuk liburan yang tepat, supaya keinginan healing bisa terwujud.

Karena memang pada dasarnya, berlibur bukanlah menghamburkan uang, tapi memiliki manfaat mengembalikan jiwa dan raga ke kondisi yang lebih baik.

Menabung Untuk Liburan

Ada banyak sekali cerita orang jadi semangat bekerja kembali setelah liburan sejenak. Untuk itulah menyisihkan waktu di akhir tahun untuk berlibur setelah bekerja penuh selama 12 bulan bukanlah sebuah dosa.

Nah, untuk mewujudkan keinginan liburan itu, ada baiknya Anda mempelajar trik menabung untuk liburan akhir tahun berikut ini. Dijamin, anti gagal!

1. Pilih Tujuan

Langkah pertama agar bisa menabung untuk liburan adalah dengan menentukan tujuan wisata. Anda bisa berlibur di dalam negeri atau luar negeri, sesuai keinginan.

Di dalam negeri ada banyak pilihan destinasi berlibur mulai dari Yogyakarta, Bali sampai Labuan Bajo atau mungkin Papua. Tentunya semakin populer tempat wisata, budget akan mempengaruhi.

Dengan menentukan tujuan ini, Anda akan tahu besaran anggaran yang bakal dibutuhkan. Misalkan saja saat ini tinggal tiga bulan jelang akhir tahun dan Anda ingin solo traveling ke Labuan Bajo selama satu pekan, setidaknya butuh Rp10 juta (termasuk tiket PP pesawat). Artinya, Anda harus bisa mengumpulkan minimal Rp3 juta per bulan di tabungan.

Jika tujuan itu berpindah ke Singapura, Malaysia atau bahkan Korea Selatan, tentu budget bisa saja membengkak karena butuh mengurus paspor.

Jangan menentukan tujuan liburan di akhir, karena bisa saja budget yang dipersiapkan nanti kurang.

Setelah destinasi wisata ditetapkan, Anda bisa mulai menetapkan akomodasi yang diperlukan mulai dari penginapan, tiket masuk ke tempat wisata, biaya makan selama liburan sampai transportasi yang bakal digunakan.

2. Pakai Rekening Khusus

Nah, setelah tujuan wisata diketahui dan sudah membuat rencana anggaran termasuk akomodasi di dalamnya, maka jangan tunggu lama untuk membuka rekening khusus.

Yap, inti dari trik sukses menabung untuk liburan adalah Anda menyisihkan dana traveling itu di tempat khusus. Hal ini bertujuan supaya dana liburan tidak tercampur dengan pos-pos keuangan wajib setiap bulannya.

Saat ini ada banyak sekali instansi perbankan yang menawarkan kemudahan membuka rekening secara online hanya melalui aplikasi mobile banking saja.

Baca juga, 7 Tips Agar Bisa Beli Rumah Untuk Sandwich Generation

Dengan adanya rekening khusus liburan ini, Anda bisa memisahkannya dengan uang pengeluaran bulanan. Jika perlu, rekening khusus itu tidak memiliki fitur kartu ATM atau penarikan tunai sewaktu-waktu, demi mencegah jiwa konsumtif yang mendadak bisa muncul.

3. Konsisten Sisihkan Dana

Jika rekening khusus sudah dimiliki, maka hal berikutnya supaya kegiatan menabung untuk liburan ini sukses besar adalah Anda harus konsisten.

Karena sudah tahu berapa budget dan tujuan liburan, maka Anda sudah tahu berapa banyak nominal yang wajib disisihkan setiap bulannya.

Biasanya bagian untuk liburan ini mengambil porsi 10% sampai 30% dari penghasilan bulanan. Kalau penghasilan bulanan Anda masihlah UMR di kisaran Rp4 juta, maka setidaknya harus menyisihkan dana sebesar Rp400 ribu – Rp1,2 juta setuap bulannya.

Apakah dana sebesar itu cukup ke Labuan Bajo yang butuh Rp10 juta selama sepekan menggunakan transportasi pesawat pulang-pergi?

Kalau Anda memulai menabung untuk liburan sejak awal tahun, maka setidaknya butuh 10 bulan dan tepat di akhir tahun, liburan terwujud.

Namun jika Anda baru memulainya di bulan September, dana yang bisa Anda milik hanyalah di kisaran Rp1,2 juta – Rp4,8 juta.

Kalau sudah begini, Anda harus kembali ke langkah awal yakni mengubah tujuan liburan atau memaksimalkan pengeluaran traveling seperti memilih penginapa murah, hingga sarana transportasi yang lebih terjangkau.

Ingat, jangan sampai kewajiban menyisihkan penghasilan untuk budget liburan ini mengganggu pos keuangan wajib setiap bulan.

4. Pilah-Pilih Kebutuhan

Supaya kegiatan menabung untuk liburan ini bisa berjalan lancar, setidaknya memang gaya hidup wajib diubah.

Misalkan saja, Anda masih suka nongkrong di coffee shop setiap hari dengan teman-teman atau berbelanja online, maka bukan tak mungkin kalau penghasilan bakal terbebani dan tabungan untuk traveling yang dikumpulkan terpakai.

Kalau sudah begini, keinginan untuk berlibur bakal menguap begitu saja. Untuk itulah kuatkan tekat untuk senantiasa menyisihkan uang secara konsisten dan tentunya menghindari hidup konsumtif.

Kebiasaan hidup hemat yang dimulai demi tabungan liburan akhir tahun ini bisa menjadi perilaku positif yang baik diterapkan seterusnya.

5. Cermati Investasi

Pada dasarnya memperoleh dana untuk liburan akhir tahun tak hanya bisa dilakukan lewat menabung saja.

Ada banyak instrumen investasi lain yang bisa dipertimbangkan terutama untuk jangka pendek. Kalau Anda termasuk investor dengan tipe profil konservatif, maka deposito dan reksadana jelas dapat dipertimbangkan.

Namun kalau Anda cukup berani dan punya profil risiko agresif, tak ada yang menyalahkan kalau Anda memilih saham atau P2P Lending sebagai instrumen pilihan berinvestasi.

Di mana selain memperoleh imbal hasil, peluang capital gain juga terbuka lebar.

6. Cari Penghasilan Tambahan

Merasa tabungan masih kurang tapi waktu jelang liburan makin dekat? Solusi terbaik adalah dengan mencari penghasilan tambahan.

Anda bisa membuka bisnis online kecil-kecilan atau menjadi part-time bidang pekerjaan lain, selain pekerjaan utama. Bisa juga menawarkan jasa desain, foto atau menulis online, yang bukan tak mungkin bakal meningkatkan penghasilan.

Baca juga, 8 Tips Mengurangi Over Budget Acara Pernikahan

Jika pilihan penghasilan tambahan di atas terlalu sulit, maka manfaatkanlah media sosialmu untuk menjadi seorang influencer.

Anda bisa menawarkan produk milik orang lain juga lewat konsep bisnis affiliate yang tentunya memberikan tambahan gaji bulanan.

7. Berburu Promo

Nah, hal terakhir yang membuat upaya menabung untuk liburan bisa semakin lancar adalah coba berburu promo.

Biasanya semakin jelang akhir tahun, ada banyak sekali platform tiket wisata dan akomodasi yang menawarkan promo. Anda bisa memanfaatkannya supaya memaksimalkan budget liburan.

Promo juga biasanya ditawarkan lewat penerbit kartu kredit untuk pembelian tiket pesawat terbang.

Anda bisa saja memakainya, asalkan memahami betul kalau pembelian dengan kartu kredit, sudah pasti membebani pengeluaran di kemudian hari untuk pembayaran tagihan. Ingat, jangan sampai liburan menyenangkan, eh pulangnya malah membawa banyak hutang.

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah sulit menabung untuk liburan? Tentu tidak, bukan? Intinya jika Anda lakukan dengan sungguh-sungguh, niat yang kuat dan senantiasa konsisten, keinginan berlibur akhir tahun entah dilakukan secara sendiri ataupun dengan teman-teman, keluarga terdekat hingga orang tersayang bukanlah mimpi lagi.

Jadi tunggu apalagi? Wujudkan keinginan healing demi menyambut tahun 2023 nanti dengan mulai menabung untuk liburan sejak sekarang!

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar