Langkah Mempromosikan Bisnis Dengan Facebook Marketplace

Facebook memberikan kesempatan bagi para penggunanya untuk mempromosikan bisnis, ikuti langkah mempromosikan bisnis dengan facebook marketplace.

Media sosial tidak pernah sepopuler ini, terutama dengan platform seperti Facebook, Instagram, dan TikTok yang kini semakin populer.

Dengan popularitas yang meningkat ini, sebaiknya pelajari cara memanfaatkan salah satu platform ini untuk mencapai pertumbuhan bisnis Anda.

Pada artikel kali ini kita akan bicara mengenai langkah mempromosikan bisnis dengan facebook marketplace.

Apa itu Facebook Marketplace?

Facebook Marketplace adalah pasar online yang menciptakan jalan bagi pengguna Facebook untuk membeli dan menjual produk.

Facebook Marketplace saat ini tersedia di sekitar 50 negara seluruh dunia. Dengan alat ini, Anda dapat memanfaatkan jutaan pengguna Facebook setiap hari dan menghasilkan keuntungan untuk bisnis digital atau konvensional Anda.

Jika Anda seorang pemilik bisnis dan Anda belum mulai menggunakan Facebook Marketplace untuk bisnis Anda, tidak ada waktu yang lebih baik untuk memulai daripada sekarang.

Panduan ini akan memberikan pengetahuan mendalam tentang apa itu Facebook Marketplace dan mengapa fitur itu menjadi alat yang penting.

Kemudian akan kami beritahu kepada Anda bagaimana langkah mempromosikan bisnis dengan facebook marketplace.

Sebelum Facebook Marketplace meluncur pada tahun 2016, satu-satunya platform untuk aktivitas terkait perdagangan adalah grup jual beli Facebook.

Ini pada dasarnya adalah grup Facebook yang memungkinkan pengguna membuat daftar barang untuk dijual.

Pengguna juga dapat mencari produk yang mereka inginkan, setelah menemukannya kemudian Anda dapat melakukan transaksi melalui kolom komentar atau Facebook Messenger.

Facebook Marketplace muncul untuk meningkatkan fitur itu dan menjadi lebih fungsional.

Ini menawarkan seluruh fitur seperti toko, yaitu pengguna dapat dengan mudah membeli dan menjual produk mereka ke pengguna lain.

Namun, Facebook Marketplace tidak memfasilitasi pembayaran. Sehingga pembeli harus bertransaksi melalui transfer ke rekening konvensional atau antar Ewallet.

Baik individu maupun bisnis dapat menggunakan Facebook Marketplace untuk menjual produk baru atau yang sudah mereka miliki sebelumnya kepada audiens lokal.

Pengguna dapat menelusuri seluruh unggahan pada marketplace, memilih kategori, atau langsung ke toko pilihan mereka.

Dengan Facebook Marketplace, Anda dapat menampilkan berbagai produk yang Anda jual dan mengiklankannya menggunakan fitur daftar gratis.

Facebook memberikan dua opsi, iklan yang muncul secara natural atau Anda ingin meningkatkan promosi dengan membayar sejumlah uang.

Baca juga: Istilah ARA dan ARB Dalam Dunia Saham

Bagaimana Cara Kerja Facebook Marketplace?

Facebook Marketplace bekerja menggunakan konsep yang sangat mendasar.

Facebook | Folder Bisnis

Facebook memperbolehkan penjual untuk membuat daftar produk yang mereka jual dan mencantumkan lokasi mereka pada satu titik map agar calon pembeli mudah menjangkaunya.

Ketika calon pembeli yang ingin membeli produk ini datang ke Marketplace untuk mencari, Facebook akan menyusun daftar barang yang cocok untuk calon pembeli.

Facebook Marketplace kemudian menampilkan berbagai produk yang lokasinya paling dekat dengan calon pembeli, setidaknya ada dalam satu kota.

Setelah pengguna menunjukkan minat pada suatu produk dan bersedia membeli produk, mereka dapat menghubungi penjual melalui Facebook Messenger. Mereka berdua sepakat tentang cara pembayaran dan produk dapat dikirimkan.

Dengan ini Facebook tidak ikut campur dalam proses transaksi, Facebook tidak berperan sebagai platform Ecommerce seperti Shopee atau Bukalapak.

Namun tugas Facebook Marketplace adalah menggunakan algoritma-nya untuk membuat produk tertentu lebih terlihat oleh calon pembeli.

Apalagi jika mereka sebelumnya menyukai, menunjukkan minat, atau mencari produk semacam itu di Facebook atau di Marketplace.

Mengapa Anda Harus Mempromosikan Bisnis Melalui Facebook Marketplace?

Dengan lebih dari 2,9 miliar pengguna bulanan , Facebook Marketplace menawarkan jumlah calon pembeli yang sangat besar.

Ini menciptakan lingkungan yang menjanjikan untuk bisnis eCommerce kecil.

Jadi, Facebook Marketplace memiliki kemampuan untuk memperluas jangkauan bisnis Anda dan membuka Anda untuk audiens yang lebih besar.

Berikut adalah lebih banyak alasan untuk mempromosikan bisnis dengan Facebook Marketplace:

1. Ketersediaan Berbagai Alat Pemasaran

Bisnis eCommerce dapat mengakses berbagai alat di platform Facebook Marketplace. Ada juga beberapa alat pemasaran yang dapat Anda gunakan dalam mengotomatisasi proses penjualan Anda.

Mereka termasuk chatbots untuk menanggapi pertanyaan populer dan tanggapan otomatis untuk pertanyaan dari pelanggan.

2. Kemampuan untuk Menjual kepada Pelanggan secara Individual

Satu-satunya cara pembeli dan penjual pada Facebook Marketplace dapat berkomunikasi satu sama lain adalah melalui Messenger

 Ini berarti bahwa penjual harus berinteraksi kepada pembeli secara satu-satu, membuat seluruh proses menjadi individual.

Pelanggan dapat menghubungi Anda secara langsung dengan pertanyaan mereka dan Anda dapat menjawabnya secara real-time.

Ini membuatnya lebih mudah untuk mempertahankan minat mereka untuk membeli. Karena Anda dapat menjawab pertanyaan mereka secara langsung sebelum mereka kehilangan minat.

Menjawab pertanyaan secara langsung juga membantu memberikan suasana kepercayaan dan kenyamanan bagi pelanggan. Ini akan memudahkan mereka untuk menindaklanjuti dengan pembelian.

3. Pengalaman Personal Pelanggan

Algoritma Facebook Marketplace bekerja dengan menunjukkan kepada pengguna Facebook produk yang paling relevan bagi mereka berdasarkan tindakan dan aktivitas mereka di aplikasi.

Dengan cara ini, bisnis dapat dengan mudah menemukan pelanggan yang tepat. Sehingga akan meningkatkan peluang konversi Anda karena produk Anda dilihat oleh audiens yang tepat.

4. Pendaftaran Gratis

Facebook Marketplace adalah platform gratis bagi penjual untuk mendaftar dan mengelola produk mereka

 Ini berarti Anda dapat membuat daftar produk Anda dan mulai mengelolanya secara gratis dalam beberapa menit.

Ini memainkan peran penting dalam menghemat biaya dan meningkatkan penjualan Anda, sehingga meminimalisir biaya promosi.

Meski Anda perlu mengoptimalkan Facebook ads jika ingin mendapatkan tingkat promosi lebih banyak. Keterangan mengenai Facebook Ads ada pada bagian bawah artikel ini.

5. Tidak Ada Batasan Metode Pembayaran

Facebook tidak menawarkan media yang memfasilitasi pembayaran antara pembeli dan penjual.

Ini berarti bahwa tidak ada batasan pada metode pembayaran yang dapat Anda gunakan dan Anda memiliki kebebasan untuk memilih dari sejumlah metode pembayaran.

Beberapa metode pembayaran yang bisa Anda gunakan antara lain transfer bank, Gopay, Dana, Pay Later dan lain sebagainya.

Anda juga dapat memilih untuk menerima pembayaran secara tunai. Ini tentang bagaimana Anda membuat kesepakatan dengan calon pembeli.

Cara Mengatur Toko Anda di Facebook Marketplace

Sebagai pedagang online, Anda harus memiliki akun Facebook untuk mengatur toko Anda pada Facebook Marketplace.

Jika Anda sudah memiliki akun personal Anda juga dapat menggunakannya. Atau mungkin ingin membuka akun baru sesuai nama toko Anda, boleh-boleh saja.

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat daftar produk Anda untuk calon pembeli dan pengguna lain.

Daftar produk ini akan muncul pada Marketplace, umpan berita mereka, dan area lain di Facebook yang Anda inginkan.

Ingatlah bahwa sebelum Anda dapat mulai menjual secara resmi di Facebook Marketplace, Facebook harus menyetujui daftar produk Anda.

Anda harus memastikan bahwa produk yang Anda jual sesuai dengan kebijakan dan pedoman dari Facebook. Ada larangan untuk menjual senjata api, narkoba, dan barang berbahaya lain.

Berikut adalah prosedur langkah demi langkah tentang cara mengatur toko Anda di Facebook Marketplace:

1. Aktifkan Checkout Pada Facebook untuk Toko Anda

Sebelum memulai, Anda ingin memastikan bahwa Anda telah mengaktifkan Checkout di Facebook untuk toko eCommerce Anda.

Sebagai pebisnis digital, Anda dapat dengan mudah melakukan ini dengan menyiapkan pembayaran transaksi melalui transfer atau Ewallet.

Ini memberi pelanggan Anda kemampuan untuk menyelesaikan pembelian mereka langsung dari Facebook Marketplace.

Ingatlah bahwa Anda masih perlu menangani inventaris dan pesanan Anda melalui antarmuka Ecommerce. Facebook hanya akan menghubungkan Anda dengan pelanggan.

2. Siapkan Facebook Marketplace

1 : Masuk ke halaman Facebook Anda.

2 : Pada panel sebelah kiri kemudian klik Marketplace

3 : Klik Jual atau Buat daftar baru dari menu di sebelah kiri Anda.

Fb | Folder Bisnis

4 : Pilih jenis produk yang ingin Anda daftarkan. Tiga opsi berbeda akan ditampilkan di layar Anda, Item Dijual , Kendaraan Dijual , dan Rumah Disewakan.

5 : Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memberikan detail produk yang ingin Anda daftarkan. Ini mencakup apa yang ingin Anda jual , harga , lokasi Anda , deskripsi produk, dan hingga 10 gambar produk.

Mempromosikan Bisnis Dengan Facebook Marketplace
langkah mempromosikan bisnis dengan facebook marketplace 7

6 : Setelah selesai, klik Posting untuk membuat daftar produk Anda dipublikasikan di pasar

Anda sekarang telah mempublikasikan daftar produk Anda di Facebook Marketplace. Daftar Anda harus disetujui oleh Facebook dalam waktu 24 jam. Setelah itu terjadi, sekarang saatnya untuk mulai menjual.

Kapan pun Anda perlu mengakses toko Anda, Anda selalu dapat menggunakan tab toko yang terletak pada halaman bisnis Facebook Anda.

Cara Mengatur Iklan Dengan Facebook Ads

Dengan mencantumkan produk Anda, Anda memudahkan calon pembeli untuk menemukannya, melakukan pembelian, dan bagi Anda untuk mendapatkan pendapatan untuk bisnis Anda.

Facebook Ads adalah fitur berbayar agar Anda semakin leluasa menjangkau calon pembeli dan mempromosikan bisnis dengan Facebook Marketplace.

Mempromosikan Bisnis Dengan Facebook Marketplace

Namun, Anda dapat memilih untuk menarik lebih banyak perhatian ke produk Anda dengan menggunakan Iklan Facebook.

Berikut cara mengiklankan produk Anda dengan Facebook Ads:

1. Pilih Tujuan Iklan Anda

Buka tab Pengelola Iklan dan pilih tujuan Anda. Ada berbagai tujuan yang dapat Anda pilih sebagai berikut:

  • Kesadaran merek
  • Lalu lintas
  • Konversi
  • Lalu Lintas Toko

Pilih tujuan Anda dan klik lanjutkan.

2. Isi Detail Kampanye Iklan

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengisi detail kampanye iklan Anda. Ini termasuk mengetikkan nama kampanye dan memilih pengoptimalan anggaran kampanye.

Anda kemudian harus memberi nama set iklan, dan mengisi detail dan petunjuk lain yang diperlukan tergantung pada tujuan iklan yang Anda pilih.

3. Tetapkan Anggaran

Setelah menyelesaikan detail kampanye iklan, Anda harus menetapkan anggaran. Ini bisa berupa anggaran harian atau anggaran seumur hidup untuk kampanye iklan.

Anda kemudian harus menentukan jumlah dan memilih berapa lama Anda ingin kampanye Anda berjalan, kapan Anda ingin iklan dimulai dan kapan harus berakhir.

4. Pilih Audiens dan Penempatan Anda

Saat memilih audiens Anda, ada dua opsi untuk Anda pilih. Anda dapat memilih Pemirsa yang Ada atau Pemirsa Baru.

Langkah selanjutnya adalah memilih Penempatan Otomatis . Ini adalah opsi terbaik jika Anda ingin memaksimalkan anggaran dan menampilkan iklan Anda di tempat yang paling menarik perhatian mereka.

Baca juga: Jangan Cemas! Ini Strategi Jual Beli Saham Saat Pasar Bergejolak

5. Pilih Pengaturan Iklan dan Format Materi Iklan

Pilih di mana Anda ingin iklan Anda akan tampil: ini bisa di Facebook atau Instagram. Kemudian, Anda memilih format iklan yang bisa berupa gambar tunggal, korsel, atau video.

Anda bisa mengetikkan headline dan menyisipkan sedikit deskripsi tentang produk yang muncul pada halaman iklan media. Terakhir, Anda harus menulis ajakan bertindak yang menarik untuk iklan tersebut.

6. Buat Template Pesan

Template pesan adalah kesempatan bagi Anda untuk mendorong calon pelanggan menghubungi Anda setelah mengklik iklan.

Anda dapat menggunakan template pesan untuk memulai percakapan, menentukan pengalaman pengguna khusus, atau menghasilkan prospek.

7. Siapkan Pelacakan dan Publikasikan

Pilih pelacakan konversi dan lanjutkan untuk memublikasikan kampanye Anda. Facebook akan meninjau iklan Anda dan menyetujuinya jika memenuhi peraturan mereka sebelum iklan Anda muncul kepada audiens Anda.

Hal-hal yang Perlu Anda Pertimbangkan Saat Berjualan di Facebook Marketplace

Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan jika berencana untuk mempromosikan bisnis dengan Facebook Marketplace. Simak beberapa langkah berikut:

Mempromosikan Bisnis Dengan Facebook Marketplace

1. Pengiriman dan Waktu Pengiriman

Sebagai penjual, Facebook mengharuskan Anda untuk mengirimkan semua pesanan dalam waktu 3 hari sejak pesanan dibuat dan pelanggan harus menerimanya dalam waktu 7 hari.

Ini berarti Anda harus memastikan bahwa Anda dapat memenuhi persyaratan ini. Jika Anda menjalankan bisnis yang menjual barang-barang buatan tangan atau buatan sendiri.

Misalnya, Anda mungkin harus sangat berhati-hati dengan menyatakan jumlah yang Anda miliki sehingga Anda tidak memiliki masalah dengan pasokan.

2. Komunikasi yang Efektif adalah Kuncinya

Seperti hampir semua saluran penjualan lainnya, Anda akan menerima banyak pertanyaan dan pesan dari pembeli dan orang-orang yang tertarik dengan produk Anda.

Meskipun kelihatannya banyak yang harus ditangani, Anda harus belajar dan menguasai seni berkomunikasi dengan calon pembeli.

Anda juga harus belajar bersabar dengan pelanggan Anda saat menjawab pertanyaan mereka secara tepat waktu dan profesional.

Facebook bahkan menghargai komunikasi yang efektif dengan pelanggan dengan menyediakan dua layanan yang berbeda. Facebook messenger atau Whatsapp.

Ada juga lencana untuk menilai bagaimana pelayanan seorang penjual.

Lencana pertama adalah Lencana Sangat Responsif yang diberikan kepada penjual yang merespon semua pelanggan potensial mereka dengan cepat.

Yang kedua adalah Community Recommended Badge yang diberikan kepada seller yang memiliki rating tinggi di Marketplace.

Memiliki nilai yang tinggi pada lencana ini dapat meningkatkan reputasi Anda sebagai penjual di Facebook Marketplace dan membantu pelanggan lebih memercayai bisnis Anda.

Tips Sukses Berjualan di Facebook Marketplace

Mempromosikan bisnis dengan Facebook Marketplace memiliki kelebihan seperti yang telah kita bahas sebelumnya.

Diantaranya termasuk fakta bahwa ini adalah platform yang ideal untuk menjangkau audiens yang lebih luas, menemukan pelanggan baru, dan membangun hubungan pelanggan yang sehat.

Itu sama-sama datang dengan beberapa tantangan. Salah satunya adalah persaingan yang ketat.

Persaingan yang akan Anda hadapi tidak hanya terbatas pada bisnis lain. Ini akan mencakup pengguna individu yang menjual produk serupa dengan Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda sukses menjual melalui Facebook Marketplace:

1. Tingkatkan Kesadaran Merek dan Kemampuan untuk Ditemukan

Salah satu cara paling cepat untuk meningkatkan laba Anda dan mendapatkan lebih banyak pendapatan adalah dengan meningkatkan kesadaran brand dan kemampuan untuk ditemukan.

Maka mempromosikan bisnis dengan Facebook Marketplace adalah salah satu cara Anda meningkatkan kemampuan untuk ditemukan.

Facebook selalu menjadi platform media sosial utama sebelum pengenalan fitur komersialnya. Artinya, pengguna Facebook selalu menemukan sesama pengguna lain dan tidak akan kesulitan menemukan bisnis dan merek pada Marketplace.

Facebook Marketplace merampingkan saluran penjualan dan konversi Anda, memastikan bahwa Anda menjangkau pelanggan yang telah menunjukkan minat pada produk Anda atau produk serupa.

Jika Anda menyiapkan iklan, Anda bahkan dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan dengan konten iklan yang persuasif.

Selain iklan, cara lain untuk meningkatkan visibilitas merek dan produk Anda di Facebook Marketplace adalah dengan memanfaatkan bagian kategori.

Facebook Marketplace memiliki 11 kategori utama yang dibagi menjadi subkategori yang lebih spesifik.

Menempatkan produk Anda dalam kategori yang tepat meningkatkan kemungkinan audiens target Anda akan menemukannya.

Selain itu, produk Anda akan muncul pada lebih banyak halaman Feed dari pengguna Facebook lain jika Anda memiliki pengikut yang cukup besar pada profil bisnis Anda.

Jadi, masuk akal untuk berupaya mendapatkan lebih banyak pengikut pada halaman bisnis Anda.

Jika Anda dapat melakukannya, Anda akan meningkatkan kemampuan menemukan produk dan kesadaran merek Anda di Facebook Marketplace.

2. Bangun Kepercayaan dengan Audiens Anda

Salah satu faktor penting yang membina hubungan baik antara pedagang online dan pelanggan adalah kepercayaan.

Mempertimbangkan bahwa pelanggan Anda mungkin tidak pernah bertemu langsung dengan Anda, bisnis dan merek Anda harus menginspirasi beberapa tingkat kepercayaan dan keyakinan.

Facebook Marketplace menawarkan beberapa fitur berbeda yang membantu Anda menginspirasi kepercayaan pada audiens target Anda. Yang pertama dari fitur ini adalah Facebook Messenger.

Messenger memungkinkan Anda untuk terhubung dengan pelanggan Anda pada tingkat pribadi. Dengan menggunakan template komunikasi yang baik yang mencerminkan nada dan suara merek Anda, Anda dapat menginspirasi kepercayaan pada pelanggan Anda.

Anda juga memiliki kesempatan untuk membangun kepercayaan melalui halaman bisnis Facebook Anda.

Dengan memberikan informasi yang cukup dan transparan tentang merek Anda di halaman bisnis Anda dan memberikan jawaban atas pertanyaan umum. Anda dapat meningkatkan kepercayaan audiens Anda terhadap bisnis Anda.

Ada peluang yang sangat bagus bagi Anda untuk membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan dengan menawarkan fasilitas yang eksklusif untuk Marketplace.

Ini mempromosikan rasa nilai yang membantu Anda terikat dengan pelanggan Anda, sehingga memungkinkan mereka menjadi pelanggan loyal.

3. Lacak Produk yang Paling Laris di Marketplace Facebook

Platform Ecommerce biasa dan Facebook Marketplace adalah dua platform yang sama sekali berbeda.

Ini berarti bahwa audiensnya sedikit berbeda dan pola pembelian mereka mungkin berbeda.

Ini juga dapat berarti bahwa produk yang paling laku di toko Ecommerce Anda mungkin berbeda dari produk yang paling laku pada Facebook Marketplace.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melacak produk yang laris manis di Facebook Marketplace.

Dengan melacak produk ini, Anda dapat memaksimalkan iklan Facebook Anda. Anda dapat menggunakan informasi yang Anda dapatkan untuk meningkatkan iklan Anda.

Juga dapat mengetahui produk mana yang akan dipromosikan. Ini meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan konversi dan penjualan yang lebih baik.

Anda dapat memeriksa bagian kategori untuk menentukan produk yang berkinerja baik di Facebook Marketplace.

Anda juga dapat mengunjungi halaman bisnis lain untuk melihat produk populer. Pilihan paling atas dari toko ditampilkan kapan pun Anda mengunjungi toko.

4. Personalisasi Pengalaman Pembeli Anda

Algoritma Facebook menampilkan iklan kepada pengguna yang telah menunjukkan minat pada produk Anda atau produk serupa.

Anda dapat menggunakan ini untuk keuntungan Anda dengan menargetkan pelanggan potensial dan pelanggan yang sudah ada.

Kebanyakan orang berfokus untuk menjangkau pelanggan baru dengan iklan mereka dan mengabaikan pelanggan yang sudah ada.

Pelanggan Anda yang sudah ada kemungkinan besar akan membeli dari Anda lagi karena sebelumnya mereka telah menunjukkan minat pada bisnis Anda.

Anda juga dapat membuat dan menargetkan pemirsa serupa dengan iklan Marketplace Anda.

Cara lain untuk mempersonalisasi pengalaman pembeli Anda adalah melalui chatbots. Gunakan chatbots untuk terhubung dengan pengguna yang telah menunjukkan minat pada salah satu produk Anda.

Dengan chatbots, Anda dapat menindaklanjuti pelanggan Anda segera setelah mereka menghubungi Anda.

5. Uji Produk Baru

Salah satu cara cepat dan mudah untuk menguji produk atau ide baru Anda adalah melalui Facebook Marketplace.

Dengan memanfaatkan kemampuan Facebook Marketplace untuk merampingkan saluran penjualan Anda.

Anda selalu dapat menguji produk dan ide Anda dengan memeriksa apakah mereka cocok dengan minat audiens target Anda.

Bagian baiknya adalah tidak dikenakan biaya apapun untuk uji coba produk. Anda hanya perlu membuat daftar, itu saja.

Facebook Marketplace juga merupakan cara yang baik untuk mempromosikan produk baru Anda.

Jika mau, Anda dapat memberi tahu pelanggan Anda di deskripsi produk bahwa Anda sedang bereksperimen dengan produk tersebut.

Ada juga kesempatan bagi Anda untuk bermain-main dengan harga produk Anda untuk menentukan cara terbaik pelanggan Anda menanggapi kenaikan harga dan diskon.

Kesimpulan

Facebook Marketplace adalah platform hebat untuk pedagang online yang ingin menjual produk mereka ke audiens yang lebih luas. Ini adalah platform gratis yang mudah diatur dan digunakan.

Meski Anda sudah mempunyai toko pada platform Ecommerce, tidak ada salahnya untuk mempromosikan bisnis dengan Facebook Marketplace.

Ini juga efektif untuk membawa calon pembeli mengunjungi landing page Anda, buat postingan pada Facebook Marketplace sebagai pancingan untuk mendatangkan trafik ke web Anda.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar