Membangun Website untuk Bisnis, Penting atau Tidak?

Di zaman digital seperti sekarang, keberadaan website untuk bisnis sudah sering ditemukan. Namun pertanyaannya adalah, apakah memang website tersebut sangat penting bagi perkembangan sebuah bisnis?

Apalagi jika memahami bahwa membangun sebuah website bukanlah hal mudah. Anda juga harus mengeluarkan uang cukup banyak untuk bisa mendapatkan website yang baik. Sehingga hal ini akan menambah kebutuhan modal.

Sehingga banyak pebisnis yang merasa ragu untuk membangun website. Mereka berpikir bahwa lebih baik modalnya digunakan untuk kebutuhan lain seperti memasang iklan atau memberikan promosi.

Di sisi lain, terdapat para pebisnis yang menganggap memiliki sebuah website adalah sebuah keharusan. Melalui artikel ini, kami akan mencoba menguraikan jawaban mengenai nilai penting sebuah website.

Manfaat Memiliki Website untuk Bisnis

Membangun Website untuk Bisnis, Penting atau Tidak
Membangun Website untuk Bisnis, Penting atau Tidak/Unsplash

Untuk memahami nilai penting sebuah website, tentu harus dilihat dari manfaat yang akan didapatkan. Semakin banyak dan berguna manfaat website, artinya semakin penting keberadaan website tersebut.

Sebaliknya, jika website tidak memiliki manfaat yang signifikan, maka keberadaannya tidak begitu penting. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari sebuah website.

  • Media Komunikasi

Sebuah website dapat menjadi media komunikasi kepada para pelanggan. Tentunya media komunikasi ini sangat penting sebagai tempat untuk membangun hubungan dengan para pelanggan agar lebih baik.

Melalui website, Anda bisa memberikan informasi seputar launching produk baru, visi perusahaan dan beberapa informasi lainnya. Informasi terkait alamat dan juga nomor telepon perusahaan juga biasanya ditampilkan di website.

  • Branding

Selain sebagai media komunikasi, pemanfaatan website untuk bisnis juga bisa diterapkan dalam hal branding. Sebagai seorang pebisnis, tentu Anda sudah memahami betapa pentingnya melakukan branding.

Branding akan mampu membuat para pelanggan loyal dan tetap memilih produk Anda ketika berbelanja. Oleh karena itu branding merupakan sebuah upaya wajib yang tidak boleh dilupakan.

Untuk melakukan branding tentu dibutuhkan strategi yang baik agar orang-orang memahami citra bisnis Anda dengan tepat. Keberadaan sebuah website akan sangat membantu dalam melakukan strategi tersebut.

Anda bisa memanfaatkan website sebagai tempat untuk melakukan beragam campaign sesuai dengan brand image yang hendak dibangun. Dengan begitu brand image perusahaan akan lebih cepat terbangun.

  • Meningkatkan Kredibilitas

Keberadaan website untuk bisnis juga mampu meningkatkan kredibilitas di mata pelanggan. Sebab bisnis Anda jadi terlihat profesional. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan para pelanggan untuk membeli produk Anda.

Apalagi mengingat kondisi kompetisi di dalam dunia bisnis saat ini, kredibilitas merupakan hal yang sangat penting. Anda bisa kalah bersaing hanya karena dianggap kurang profesional dalam menjalankan bisnis.

  • Melakukan Penjualan

Sebuah website juga bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk melakukan penjualan. Bahkan saat ini sudah tersedia beragam cara untuk membuat toko online Anda sendiri di dalam sebuah website.

Hal ini memiliki beberapa kelebihan seperti memudahkan pelanggan untuk melakukan pembelian produk, mengurangi biaya admin, mengatur tampilan toko online sesuka hati dan beberapa hal lainnya.

Sebab seperti yang Anda tahu, setiap marketplace memiliki beban biaya admin jika Anda ingin berjualan produk di website mereka. Sementara saat ini kebanyakan pelanggan lebih senang berbelanja secara online.

  • Mendapatkan Data Pelanggan

Website untuk bisnis juga sangat bermanfaat untuk mendapatkan data pelanggan. Data seperti tingkat penjualan produk, produk yang paling banyak dilihat, respon pelanggan dan beragam hal lainnya bisa didapatkan melalui website.

Data ini selanjutnya bisa digunakan untuk beragam keperluan di masa mendatang. Contohnya adalah digunakan untuk menyusun strategi pemasaran baru yang lebih optimal dan tepat sasaran.

Sebab sudah bukan rahasia lagi bahwa perilaku belanja bisa berubah dari waktu ke waktu. Apalagi jika bisnis Anda bergerak di bidang yang memiliki pergerakan cepat seperti industri fashion atau kuliner.

Tuntutan untuk melakukan adaptasi terhadap perubahan yang cepat sangat besar. Tanpa adanya bantuan data, bisa saja Anda mengambil strategi yang keliru sehingga justru akan menurunkan penjualan.

Oh iya, kami juga sudah membuatkan artikel di pos sebelumnya tentang 5 Fungsi Website untuk bisnis, silahkan kamu bisa membacanya.

Tips Membuat Website untuk Bisnis

Tips Membuat Website untuk Bisnis
Tips Membuat Website untuk Bisnis/Unsplash

Setelah Anda melihat manfaat sebuah website, maka bisa disimpulkan bahwa kehadiran website begitu penting. Karena dengan adanya website, sangat membantu Anda dalam meningkatkan nilai penjualan dan kepercayaan pelanggan.

Namun masih banyak pebisnis yang enggan membuat website karena bingung mengenai cara membuatnya. Jika Anda juga memiliki kebingungan yang sama, maka silahkan simak tips dari kami berikut ini.

  • Sesuaikan Anggaran

Untuk membuat sebuah website memang dibutuhkan uang. Uang ini digunakan untuk membeli domain dan melakukan hosting sehingga website Anda bisa online dan diakses oleh banyak orang.

Sebenarnya kebutuhan anggaran untuk membangun sebuah website sangat bervariasi. Anda bisa memiliki sebuah website dengan modal hanya sekitar tiga juta rupiah hingga puluhan juta rupiah.

Perbedaan anggaran ini biasanya ditentukan oleh cara Anda dalam membangun website, pilihan domain dan hosting serta beberapa hal lainnya. Sehingga pastikan Anda menyesuaikan anggaran untuk membangun sebuah website.

  • Gunakan Jasa Freelance

Sebagai upaya membangun website untuk bisnis, terkadang terdapat bagian tersendiri yang mengurusi hal tersebut. Namun tentu hal ini akan sangat sulit diterapkan oleh bisnis yang baru berkembang.

Namun bukan berarti bisnis yang tidak memiliki bidang IT tidak bisa memiliki bisnis. Sebab Anda bisa memanfaatkan jasa freelance untuk membantu Anda dalam membangun website.

Untuk biaya yang dikenakan juga biasanya sudah termasuk dengan biaya domain dan hosting. Sehingga Anda tidak perlu lagi pusing memikirkan kebutuhan anggaran untuk beragam keperluan membangun website.

Namun pastikan Anda memilih jasa freelance profesional agar bisa mendapatkan website berkualitas baik. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah layanan maintenance yang akan diberikan ketika website telah dijalankan.

  • Jangan Abaikan Tampilan

Berbicara mengenai pembangunan website untuk bisnis, maka tidak bisa berhenti hanya pada fungsi. Anda juga harus memperhatikan tampilan website sebaik mungkin agar manfaat website bisa optimal.

Sebab seperti yang kami sampaikan di atas, website juga bermanfaat sebagai media melakukan branding. Sehingga pastikan tampilan website Anda juga menunjang brand image yang diharapkan.

Hal-hal seperti pemilihan warna, tampilan font hingga gambar atau video di dalam website sangat penting untuk menunjang hal ini. Sehingga pastikan Anda mengontrol pihak yang membangun website untuk memperhatikannya.

  • Pastikan Responsif

Ketika membuat sebuah website, Anda harus memastikan website akan responsif untuk berbagai macam perangkat. Sebab saat ini sudah banyak jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses website.

Selain laptop atau PC, perangkat seperti smartphone dan tablet adalah perangkat yang banyak digunakan untuk mengakses website. Sementara tampilan website di laptop, smartphone dan tablet pasti berbeda.

Sehingga jika tampilan website tidak responsif, akan membuat pengguna smartphone atau tablet tidak nyaman. Pada akhirnya mereka akan langsung keluar dari website yang telah Anda buat.

Tips Memperbanyak Pengunjung dalam Website

Tips Memperbanyak Pengunjung dalam Website
Tips Memperbanyak Pengunjung dalam Website/unsplash

Hal yang tidak kalah penting dari memiliki website adalah mendatangkan banyak pengunjung ke dalam website tersebut. Sebab website akan sia-sia jika ternyata tidak ada yang melihatnya.

Tentunya untuk mendatangnya banyak pengunjung ke sebuah website membutuhkan strategi. Berikut ini akan kami berikan beberapa tips yang bisa Anda manfaatkan untuk memperbanyak pengunjung ke website Anda.

  • Perhatikan Konten

Jika Anda ingin mendatangkan banyak pengunjung ke dalam website, Anda harus memperbanyak konten. Sebab konten merupakan salah satu daya tarik utama yang membuat orang-orang mengunjungi website.

Selain memperbanyak konten, Anda juga harus memperhatikan kualitasnya. Konten yang banyak hanya akan berakhir sia-sia jika tidak memiliki kualitas sama sekali. Oleh karena itu pastikan Anda memperhatikan konten dengan baik.

  • Buat Promosi Khusus Website

Jika Anda menggunakan website sebagai toko online, maka Anda bisa membuat promosi khusus. Contohnya adalah memberikan voucher potongan harga yang hanya berlaku di dalam website.

Selain akan meningkatkan pengunjung ke dalam website untuk bisnis Anda, cara ini juga mampu meningkatkan penjualan. Sehingga meski harus mengeluarkan modal tambahan, keuntungan Anda juga akan meningkat.

  • Perhatikan SEO

SEO atau search engine optimalization merupakan hal yang sangat penting dalam membangun sebuah website. Karena SEO akan menentukan hasil pencarian website Anda di halaman mesin pencari.

Karena perlu diakui bahwa kebanyakan traffic sebuah website datang dari mesin pencari. Sehingga dengan berada di halaman depan mesin pencari, kemungkinan website Anda dikunjungi banyak orang akan semakin besar.

Nah, jika ingin tau lebih dalam SEO, bisa membaca artikel sebelumnya berjudul, 9 tools SEO yang bisa kamu coba.

  • Promosikan Website melalui Media Sosial

Anda juga perlu mempromosikan website di media sosial agar lebih banyak orang yang mengunjunginya. Memasang url website di bio Instagram merupakan salah satu contoh yang bisa Anda lakukan.

Dengan begitu orang-orang yang memfollow Anda di media sosial akan mudah mengakses website. Selain itu Anda juga akan lebih mudah untuk mengarahkan orang-orang untuk mengunjungi website.

  • Ciptakan Forum dalam Website

Cara lain yang bisa Anda manfaatkan untuk memperbanyak pengunjung website adalah dengan menciptakan forum. Buatlah halaman sebagai tempat pengunjung untuk berinteraksi satu sama lain di dalam website Anda.

Dengan begitu orang-orang memiliki alasan untuk selalu mengunjungi website. Pengadaan forum ini juga akan mampu mempererat hubungan brand Anda dengan para pelanggan. Sehingga mereka bisa lebih loyal.

Kesimpulan

Melihat dari penjelasan di atas, maka dapat dikatakan bahwa keberadaan website untuk bisnis sangatlah penting. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh pebisnis jika memiliki bisnis.

Mulai dari kemudahan untuk berkomunikasi dengan para pelanggan, meningkatkan penjualan hingga mendapatkan data untuk kebutuhan pembuatan strategi di masa mendatang. Sehingga meski membutuhkan modal, memiliki website adalah sebuah keharusan.

Tentunya website harus dibuat sebaik mungkin agar bisa memberikan manfaat optimal. Tidak perlu khawatir jika Anda ataupun tim Anda tidak memiliki kemampuan untuk membuat website.

Sebab saat ini sudah tersedia banyak layanan pembuatan website yang profesional dan terpercaya. Hanya saja pastikan website dibuat sesuai dengan brand image perusahaan serta responsif untuk berbagai perangkat.

Selain itu, konten di dalam website juga sangat penting untuk diperhatikan. Sebab konten merupakan salah satu daya tarik utama yang membuat banyak orang mengunjungi sebuah website.

Tanpa adanya konten berkualitas, website Anda akan sepi pengunjung. Pada akhirnya, manfaat dari hadirnya website tidak akan bisa dirasakan. Sehingga jangan sampai Anda mengabaikan konten di dalam website.

Jika website banyak dikunjungi, maka penjualan melalui website juga akan lebih mudah dilakukan. Dengan begitu kehadiran website untuk bisnis akan sangat terasa dampaknya pada peningkatan keuntungan perusahaan.

Tinggalkan komentar