7 Langkah Membangun Budaya Perusahaan Yang Luar Biasa

Budaya perusahaan merupakan cara Anda mengelola situasi internal bisnis Anda. Ikuti 7 langkah membangun budaya perusahaan yang luar biasa.

Kami akan menggunakan istilah Budaya perusahaan dan Budaya kerja secara bergantian pada artikel ini, karena ini memiliki arti yang sama.

Jangan Anda kira hanya perusahaan besar saja yang perlu membangun budaya kerja. Bahkan usaha warung nasi saja perlu sebuah budaya yang menjadi karakter kerja sebuah tempat usaha.

Kami akan memberitahu Anda mengapa budaya perusahaan penting untuk merekrut dan mempertahankan talenta terbaik.

Kemudian tentang bagaimana cara menciptakan budaya perusahaan yang hebat untuk bisnis Anda. Budaya perusahaan yang fantastis dapat mengurangi biaya rekrutmen dan retensi.

Karyawan yang sedang menentukan jalan karir tentu akan tertarik pada budaya kerja yang memberi kesempatan untuk berkembang.

Maka penting untuk Anda mempunyai visi dan misi jangka panjang agar berhasil menciptakan budaya perusahaan yang hebat.

Artikel ini ditujukan untuk pemilik bisnis yang ingin menciptakan budaya kerja yang bekerja untuk semua karyawan.

Bisnis Anda hanya akan menjadi baik dengan membangun kebaikan pada orang-orang yang bekerja untuknya, itulah sebabnya budaya perusahaan sangat penting.

Jika Anda mengikuti langkah-langkah yang benar, Anda akan berada di jalan yang tepat untuk menciptakan budaya perusahaan yang fantastis.

Baca artikel ini sampai tuntas untuk mengetahui bagaimana menjadikan bisnis Anda tempat yang bagus untuk bekerja bermanfaat bagi karyawan dan perusahaan Anda.

Jangan lewatkan juga 7 langkah yang harus diambil untuk mengembangkan budaya perusahaan yang positif.

Apa Itu Budaya Perusahaan?

Budaya perusahaan adalah nilai, tujuan, dan perilaku bersama bisnis. Ini mempengaruhi bagaimana karyawan berinteraksi, cara pekerjaan dijalankan dan keputusan yang dibuat perusahaan.

Budaya kerja mencakup unsur-unsur berikut:

Misi Perusahaan

Misi perusahaan mencerminkan tujuan perusahaan. Ia merupakan alasan mengapa bisnis Anda ada, apa yang ingin Anda capai dan apa yang Anda hargai.

Misi yang kuat itu penting untuk memberikan karyawan alasan yang jelas mengapa mereka bekerja di perusahaan Anda. Tentu sesuatu alasan lain di luar kebutuhan gaji.

Gaya Manajemen

Ada beberapa gaya manajemen yang dapat diadopsi oleh bisnis saat menciptakan budaya perusahaan. Kuncinya adalah tetap berpegang pada yang Anda pilih.

Lingkungan Kerja

Saat membangun budaya kerja, pertimbangkan bagaimana Anda ingin karyawan Anda berkolaborasi. Jika Anda berada di kantor, apakah itu terdiri dari ruangan terbuka yang luas atau bilik berdinding?

Jika semua orang bekerja dari rumah, apakah mereka diharuskan untuk absen secara teratur atau sesuai kebutuhan?

Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini saat menciptakan lingkungan kerja yang Anda inginkan untuk bisnis Anda.

Harapan

Karyawan hanya ingin melakukan pekerjaan dengan baik, dan memenuhi kebutuhan kerja mereka adalah urusan pemilik bisnis dan eksekutif.

Dengan budaya kerja yang baik, karyawan harus tahu apa yang diharapkan dari mereka dan konsekuensi jika mereka gagal.

Semakin transparan Anda, semakin baik budaya perusahaan yang akan Anda ciptakan.

Sasaran

Bisnis membutuhkan tujuan untuk tumbuh, dan karyawan harus memahami tujuan tersebut untuk mencapainya.

Minta karyawan untuk berusaha keras memenuhi pencapaian yang berkontribusi pada tujuan bisnis.

Melakukannya dapat meningkatkan produktivitas, terutama jika ada insentif saat target pencapaian terpenuhi.

Apa Manfaat Budaya Perusahaan Yang Baik?

Budaya perusahaan yang baik memiliki manfaat bagi pemberi kerja dan karyawan. Ada manfaat yang bisa dirasakan oleh karyawan dan ada juga manfaat bagi perusahaan.

Manfaat Bagi Karyawan

Jika Anda menciptakan budaya kerja yang hebat, karyawan Anda akan selalu menantikan waktu untuk datang bekerja dan akan bangga dengan hasil mereka.

Baca juga: 8 Media Sosial Untuk Promosi Bisnis Anda

Berikut adalah beberapa manfaat budaya perusahaan bagi karyawan:

Transparansi

Sebuah survei menemukan bahwa transparansi adalah faktor No. 1 dalam kebahagiaan karyawan.

Ketika budaya bisnis Anda fokus pada transparansi, semua orang tahu apa yang diharapkan dari mereka, bagaimana bisnis berjalan dan arah perusahaan.

Semangat tim yang positif

Budaya kerja yang baik dapat menyatukan karyawan. Ketika semua orang berbagi nilai dan misi, seluruh tenaga kerja Anda akan melebur dalam sebuah tim.

Kepuasan kerja. Jika karyawan Anda menyukai lingkungan kerja mereka dan senang dengan orang-orang yang bekerja dengan dan untuk mereka, kemungkinan besar mereka akan puas dalam pekerjaan mereka.

Peningkatan Kesejahteraan

Lingkungan kerja yang “Toxic”tidak hanya dapat membahayakan produktivitas tetapi juga kesehatan karyawan Anda.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa karyawan di perusahaan dengan tingkat stres tinggi menghabiskan lebih banyak untuk perawatan kesehatan.

Mereka juga melewatkan lebih banyak hari kerja dan mengalami lebih banyak kecelakaan di tempat kerja.

Budaya kerja yang sehat dapat melakukan sebaliknya. Ketika karyawan Anda tidak merasa kewalahan atau takut kehilangan pekerjaan, kesejahteraan mereka mungkin meningkat.

Manfaat Bagi Pemilik Bisnis

Budaya kerja yang fantastis juga menguntungkan pemilik bisnis. Berikut adalah beberapa keuntungannya:

Mengurangi Biaya Rekrutmen Dan Retensi

Merekrut dan mempertahankan karyawan bisa mengeluarkan biaya yang mahal. Cara utama untuk mencegah karyawan agar tidak resign adalah dengan menciptakan budaya kerja yang fantastis, karena karyawan akan tetap tinggal di perusahaan jika mereka bahagia di sana.

Peningkatan Keterlibatan

Perusahaan yang menumbuhkan budaya kerja terbuka dan kolaboratif cenderung memiliki karyawan yang terlibat dengan aktif.

Keterlibatan itu berdampak langsung pada produktivitas dan pada gilirannya akan meningkatkan keuntungan perusahaan.

Karyawan Yang Lebih Sehat

Keseimbangan kehidupan kerja sangat penting untuk menjaga talenta terbaik.

Budaya kerja yang mendukung keseimbangan kehidupan kerja yang lebih sehat akan memiliki karyawan yang lebih sehat secara keseluruhan. Hanya akan ada lebih sedikit alasan bagi pekerja untuk mengambil cuti sakit.

Munculkan Budaya Perusahaan Dalam Visual

Jika Anda menawarkan budaya perusahaan yang fantastis kepada karyawan, orang akan mendengarnya, baik dari mulut ke mulut atau dan terpampang di tempat kerja.

Ketika karyawan memuji budaya hebat perusahaan Anda, akan jauh lebih mudah untuk merekrut bakat.

Bagaimana Budaya Perusahaan Dapat Menjadi Kunci Sukses

Budaya perusahaan sama uniknya dengan pemilik bisnis yang menciptakannya. Yang sukses didasarkan pada alasan mereka memulai bisnis.

Manfaat budaya perusahaan yang baik bagi karyawan mencakup transparansi, semangat kerja tim yang positif, kepuasan kerja dan peningkatan kesejahteraan.

Kemudian manfaat untuk bisnis meliputi pengurangan biaya, peningkatan keterlibatan, karyawan yang lebih sehat, dan citra yang lebih baik.

“Ketika tiba saatnya bagi Anda untuk mulai mempekerjakan karyawan, Anda bisa mempekerjakan mereka dengan mempraktekkan budaya saling mencintai dan mendukung.

Tidak melulu budaya perusahaan harus berlandaskan kedisiplinan dan kerja keras, namun dengan saling mendukung mereka akan bekerja dengan lebih baik dan tentu produktif.

Ketika budaya perusahaan diselaraskan dengan misi bisnis, peluang keberhasilannya meningkat.

Misalkan Anda membuka toko perlengkapan bayi dan anak kemudian mempekerjakan beberapa ibu muda.

Anda bisa melakukan pendekatan berbasis kebutuhan ibu. Ijinkan para ibu untuk membawa bayi mereka ke tempat kerja.

Jika mereka sedang haid hari pertama, beri mereka waktu untuk istirahat ketika sedang dilanda nyeri.

Jika seorang anak mereka sakit, minta mereka tinggal di rumah. Jika harus menjemput anak sekolah di tengah hari, ijinkan mereka pergi.

7 Langkah Membangun Budaya Perusahaan Yang Fantastis

Menciptakan budaya perusahaan yang hebat membutuhkan waktu dan komitmen, dan itu harus dibangun di atas fondasi yang kuat.

Ikuti 7 langkah berikut untuk memastikan budaya perusahaan Anda sukses:

1. Tentukan Tujuan Anda

Budaya perusahaan yang sukses didasarkan pada misi, visi dan nilai-nilai inti, yang harus mendorong semua keputusan Anda.

Misalnya, apakah Anda akan melekatkan kepekaan sosial pada praktik bisnis Anda? Apa yang Anda lakukan untuk mewujudkan nilai dan tujuan inti Anda?

Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan semacam itu dan sesuaikan dengan visi misi Anda.

2. Melakukan Penelitian

Untuk menciptakan budaya perusahaan yang fantastis, Anda harus memahami apa yang memotivasi karyawan Anda dan apa yang paling penting bagi mereka.

Misalnya, jadwal kerja yang fleksibel hanya bagus jika itu yang diinginkan oleh staf Anda.

Anda juga harus melihat dampak tindakan apa pun terhadap laba perusahaan Anda. Misalnya, tidak masuk akal untuk menawarkan makan siang gratis jika itu akan membuat bisnis bangkrut.

Baca juga: 9 Langkah Analisis Kompetitif Untuk Kembangkan Bisnis Anda!

3. Dapatkan Umpan Balik Dari Karyawan

Baik Anda sedang menciptakan budaya perusahaan dari awal atau mencoba menemukan kembali budaya yang sudah ada, suara karyawan harus didengar.

Jika karyawan tidak bahagia di tempat kerja, produktivitas mereka akan menurun.

Lakukan survei pada karyawan untuk mengetahui perasaan mereka. Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan untuk ditanyakan:

  • Apakah Anda merasa pendapat Anda dihargai?
  • Berapa kali Anda berbicara dengan supervisor Anda dalam tiga bulan terakhir?
  • Apakah Anda memiliki sumber daya dan alat yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan Anda?
  • Apakah Anda pikir manajer Anda mendengarkan Anda?

4. Buat Rencana Anda

Berbekal riset dan hasil survei karyawan, mulailah menciptakan budaya perusahaan. Itu berarti mulai untukmenyusun misi Anda, mencantumkan nilai-nilai perusahaan, dan merencanakan bagaimana perusahaan akan mencapai tujuannya.

Saat mengembangkan rencana Anda, ingatlah bahwa, selain berfokus pada perusahaan Anda secara keseluruhan, budaya perusahaan Anda harus memperhitungkan keadaan individu karyawan.

Budaya dimulai dari masyarakat dan budaya perusahaan harus mampu memenuhi kebutuhan unik karyawan.

5. Minta Saran Tentang Rencana Tersebut

Sebelum Anda mengimplementasikan rencana Anda, minta saran dari eksekutif dan karyawan. Tentu Anda tidak ingin menciptakan budaya perusahaan yang dibenci semua orang.

Dengarkan umpan balik, dan bersedia untuk melakukan penyesuaian. Budaya perusahaan berkembang seiring dengan bisnis dan karyawannya.

6. Terapkan Rencana Anda

Setelah Anda menyelesaikan rencana Anda dan semua orang sudah siap, inilah saatnya untuk mulai mengimplementasikannya. Itu tidak berarti mengubah seluruh struktur organisasi dalam semalam.

Sebaliknya, buat perubahan secara perlahan. Misalnya, dengan mempekerjakan karyawan dengan nilai-nilai bersama atau menyesuaikan persyaratan manajemen.

7. Memantau Kemajuan

Evaluasi apa yang berhasil dan apa yang tidak. Komunikasi dan transparansi adalah komponen kunci dari budaya perusahaan yang sukses. Jika perubahan diperlukan, jangan takut untuk melakukannya.

Menciptakan budaya perusahaan yang fantastis membutuhkan waktu, tetapi jika Anda tetap pada rencana Anda dan mengubahnya di sepanjang jalan. Anda akan memiliki bisnis yang dinamis dan berkembang yang merupakan tempat kerja yang didambakan.

Kesimpulan

Untuk menciptakan budaya perusahaan yang fantastis, tentukan misi, visi, dan tujuan Anda.

Kemudian minta umpan balik dari karyawan; memantau kemajuan; dan menerapkan perubahan yang diperlukan.

Ini akan memperhalus cara Anda untuk mempraktekkan budaya perusahaan dengan perlahan namun pasti.

Tinggalkan komentar